Rabu, 21 Februari 2018

Gaya Busana Casual dan Fashionable untuk Hijabers

Gaya busana casual bisa diartikan sebagai gaya busana yang santai, informal dan nyaman. Gaya busana yang bisa digunakan sehari-hari dan membuat kalian bergerak bebas dan nyaman digunakan. Gaya fashion casual ini sangat cocok digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, dimana di sini terdapat musim panas yang panjang dan iklim udara cenderung panas. 

Fashion casual identik dengan gaya fashion anak muda dan mahasiswa, tapi sebenarnya gaya busana santai cocok untuk digunakan oleh siapapun dari segala usia yang memiliki jiwa yang muda dan bebas. Walaupun begitu kita tetap harus memperhatikan gaya busana casual yang pas dan sesuai dengan kondisi pekerjaan dan tempat. Jangan sampai busana yang anda kenakan terlalu santai hingga dianggap tidak sesuai dan tidak menghargai orang sekitar. 

Apalagi kalau kalian adalah seorang hijabers seperti saya, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita mau mengenakan busana casual. Ya saya termasuk dalam golongan orang yang masih belajar dalam berbusana muslim. makanya masih ada banyak details yang harus saya perhatikan, agar gaya busana saya sesuai dengan aturan agama tapi juga bisa tetap mengikuti trend fashion yang ada.

Tinggal di negara dengan iklim tropis dan musim panas yang panjang plus mengenakan hijab akan memberikan tantangan tersendiri bagi para hijabers Indonesia. Kenyaman dalam berbusana menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan, jangan sampai baju sudah keren, jilbab sudah mentereng tapi keringat gebyos sampai tembus di ketiak kiri dan kanan bahkan di punggung belakang. What a  nightmare banget ya kalau sampai kayak gitu. 😭


Bahan pakaian yang digunakan dan model busananya bisa menjadi faktor yang menentukan kenyamanan ketika pakaian dipakai. Yuk kita simak beberapa tips gaya busana casual yang fashionable tetapi tetap nyaman untuk dipakai oleh hijabers.

Bergaya Casual dengan Tunik



Tunik merupakan salah satu jenis busana yang nyaman untuk dipakai oleh hijabers, designnya yang longgar bisa  memberikan ruang gerak yang cukup bagi si pemakai. Belum lagi designnya yang panjang menutupi bagian *maaf pantat, jadi nggak perlu khawatir dengan bagian belakang tubuh. Pilih tunik dari bahan yang nyaman seperti katun, design tunik dengan details yang unik bisa menjadi membuat focal point pada busana yang kita kenakan. Mix and matched tunik dengan celana panjang dan sepatu sneakers berwarna senada. Kalian nggak perlu repot-repot menambahkan aksesoris lagi karena details baju yang pakai sudah cukup memberikan details.

Atasan Putih dan Jeans



Cara untuk tampil casual yang anti gagal adalah dengan memadukan atasan putih dengan celana berbahan denim/jeans. Untuk menambahkan warna dan details gunakan aksesoris seperti kalung dan tas serta hijab yang memiliki warna atau tone yang senada. Jangan lupa untuk memakasi sepatu andalan, untuk memperlihatkan kesan sedikit format gunakan sepatu dengan tumit tinggi. Tapi jika kalian ingin menampilkan kesan yang santai tetapi tetap rapi, bisa menggunakan sepatu jenis flat.

Simple Pleats Culottes with Short Blouse



Celana kulot bisa menjadi pilihan untuk tampilan yang casual dan nyaman. Kulot termasuk dalam kategori celana dengan lebar yang besar, yang bisa memberikan ruang gerak yang bebas serta ruang untuk bernafas bagi kulit di area kaki kita. Designnya yang lebar memberikan kesan besar pada si pemakai, untuk mengimbanginya gunakan atasan dengan model yang slim, simple blouse atau crop top.

Look Stylish with Shirt Dresses



Kemeja bisa memberikan kesan santai sekaligus formal, tergantung dari bagaimana kalian mempadupadankannya. Kemeja dress (= kemeja yang memiliki panjang sampai selutut ) bisa menjadi pilihan gaya busana yang casual yet formal. Design kemeja yang panjang akan memberikan kenyamanan bagi seorang hijabers, kalian nggak perlu takut bagian tubuh bagian belakang terekspos. Tambahkan beberapa jenis aksesoris seperti statement necklace, kaca mata atau topi untuk memberikan details pada gaya busana kalian.

Casual is Denim



Bahan denim atau jeans memang identik dengan gaya casual, baju apapun yang dibuat dari berbahan denim akan langsung diidentifikasikan sebagai baju casual dan santai. Ya mungkin karena bahannya yang memang cocok untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari dan kegiatan santai karena itu denim sudah menjadi trademark-nya casual outfit. Walaupun begitu kalian bisa tetap terlihat stylish dan #swag walau hanya memakai denim. Caranya adalah padukan denim dengan outer, sleeveless vest atau cardigan panjang, jangan lupa padukan jeans dengan aksesoris dari kulit agar tampilan kalian bisa terlihat semakin wow walau casual.

Flowy Dresses


Dress model lebar dari bahan katun jepang bisa menjadi pilihan untuk tampilan no too casual style. Bahannya yang dingin dan nyaman di kulit bisa memberikan kenyaman bagi hijabers yang tinggal di tempat dengan iklim tropis. Design dress yang lebar akan memberikan ruang gerak yang cukup dan kesan feminin bagi hijabers. Model pakaian seperti ini juga bisa dipakai ke acara semi formal yang digelar di siang hari.


Baju Muslim Modern yang ada saat ini telah menyesuaikan dengan trend fashion yang ada di dunia, bagi hijabers masa kini tampil fashionable bukan lagi sebuah hal sulit atau tabu. Untuk bisa mengikuti gaya busana terkini yang sesuai dengan kepribadian kalian, kita perlu untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Kenali bentuk badan, selera dan apa yang bagus dan tidak bagus untuk dipakai, karena setiap pribadi adalah istimewa dan unik. Kenakan gaya busana yang menggambarkan diri kalian masing-masing. Karena fashion bisa ditiru tapi style akan tetap melekat di diri sang pemiliknya.

Untuk kalian para Mahmud dan Macan alias Mamah Muda dan Mamah Cantik, pernah nggak sih merasakan dilema sudah dandan cantik dengan outfit yang oke *eh tapi pas mau photo susah banget. Susah karena anak-anak nempel terus minta digendong mamahnya, sebenernya seneng banget ya kalau anak-anak nempel sama mamahnya. Tapi kadang mamah juga kan pengen eksis, ya kan? 😭

Untuk bisa dapat photo #OOTD ala-ala kadang Stroller bayi harus selalu ikut kemana-mana, jadi kalau adek lagi bobo bisa ditaruh di stroller sebentar kemudian mamah bisa dipotret sejepret dua jepret. 😁

Kalau kalian suka gaya busana yang casual atau formal? yuk ngabsen di bawah ini ...
21 komentar on "Gaya Busana Casual dan Fashionable untuk Hijabers"
  1. Selalu suka deh sama stylenya Awie. Casual yet fashionable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Ka Ery, akupun suka sama style kaka. Bold yet fashionable 💕.

      Hapus
  2. Pangling ma foto yg di pantai ituuu.... kereenn Awie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu photo di pantai bara, Tanjung Bira ka. Berdasarkan pengalaman photo di Bira itu nggak pernah failed, hasilnya selalu keren 😍.

      Hapus
  3. wah style-nya keren-keren euy. aku dari kemarin pengen beli tunik tapi nggak jadi-jadi karena takut nggak bagus di badanku. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba, kalau menurut aku tunik itu salah satu model pakaian yang cocok untuk siapa aja. Cuma tinggal dibedakan kalau untuk badan yang kecil/kurus bisa pakai model a line, kalau yang berbadan sedikit besar bisa pakai model tunik yang lurus. Gitu sih Mba kalau menurut aku he he he.

      Hapus
  4. Keren kak, modis dan tetap keliatan santai sukaaa 😍

    BalasHapus
  5. saya suka fashion" di foto-dotonya teh awi sederhana tetapi tetap elegant diliatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka gaya klasik yang simple tapi timeless, btw terimakasih aisyah 🙏.

      Hapus
  6. Keren banget makk.. Asyik liatnya... Kunaksir sepatunya di foto pertama

    BalasHapus
  7. Selalu suka fashiota kakak. Apalagi paling kalau pakai baju hasil desain sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih barbie cuu Ida Basarang, baju yang putih dan dress bunga-bunga bikin sendiri. Habis gemana dong, kalau bikin sendiri itu ngirit, jadi teteh bisa jajan lebih banyak 😂😂😂.

      Hapus
  8. Tuniknya duh bikin meleleh hihi, mba Awi... semuanya keceee ^^
    Yg flower bebikinan yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba Ucig, iya yang flower bikin sendiri mba.

      Hapus
  9. a lady with tunic goals
    halah* heehhehe
    teteh memang selalu stunning dengan tunik2 nyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halahhh yang komen apalagi fashion blogger andalanku 😍😍.

      Hapus
  10. aku kalau pakai tunik terlihat jadi pendek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo masa Mba? Model tuniknya seperti apa mba? Pakai tunik memang agak tricky ya, model dan panjang tunik harus disesuaikan dengan bentuk badan.

      Hapus
  11. Mbaaa.. suka banget style nya..
    Andaaaiii saya selangsing ini huhuhu :')

    BalasHapus
  12. Paling pangling memang klo teh awiee posting masalah fashionnn 😍😍😍 kerennn selaluuu :)

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature