Tips Padu Padan Aksesori Statement Necklace (#SannengTalks11)

November 06, 2017


Fashion aksesoris merupakan salah satu hal yang sangat saya sukai, selain karena saya pernah berprofesi sebagai designer handmade accessory. Dan jauh sebelum itu saya memang suka dengan berbagai macam akseosoris seperti gelang, kalung, bros dan segala pernak pernik. Dunia fashion merupakan sebuah bisnis yang dinamis, di dalamnya tidak hanya melulu membahas tentang outfit dan trend terkini.

Aksesoris merupakan salah satu fashion item yang selalu update date mengikuti fashion trend, juga membawa peranan penting dalam industri fashion, sebuah style fashion yang ditampilan merupakan kolaborasi padu padan dari outfit dan aksesoris. Karena itu outfit dan aksesoris merupakan fashion item yang saling menunjang, berjalan beiringan dan tidak dapat dipisahkan.

Karena itu dalam dunia fashion barang-barang aksesoris seperti tas, perhiasan, sepatu dan lainnya, telah menjadi produk fashion yang berkembang pesat dan juga membawa keuntungan besar bagi para designernya. Tidak hanya dilihat dari tampilan outfit, fashion aksesoris juga bisa menjadi media bagi fashion people dalam mengekspresikan fashion style signature-nya.

Apakah itu Statement Necklace ?


Statement necklace adalah aksesoris kalung yang bisa memberikan sebuah kesan menonjol dan bold, pada busana/gaya yang kita gunakan. Kalung ini biasanya di-design dalam ukuran yang cukup besar, design yang unik dan menarik, bold dan pastinya merupakan aksesoris yang menampilkan vokal point dalam gaya busana yang kita kenakan. Statement necklace bisa dibuat dengan memadukan berbagai macam bahan aksesoris dan warna, atau bisa juga menggunakan bahan aksesoris dengan ukuran yang cukup besar, karena itu kalung ini bisa dibilang sangat menarik perhatian ketika dikenakan. Yang pasti kalung ini juga bisa menunjukan gaya/kepribadian dari sang pemakai, orang yang menyukai statement necklace dikenal sebagai orang yang mempunyai kepribadian yang menonjol, kreatif dan percaya diri. Aduh itu mah kepribadian yang cucok banget sama Teteh 😄.

Dulu pas zaman ngantor saya paling suka pakai statement brooch, brosnya saya sematkan di kerah jas atau di bagian kiri atas kemeja hem atau jas. Ketika memakai outfit yang lebih casual, saya selalu memilih statement necklace sebagai aksesoris andalan dan ter-favorite. Statement necklace juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan tampilan gaya yang ekspresif dan unik, terutama ketika kita menggunakan pakaiannya yang plain atau berwarna polos dan design yang simple. Trust me, statement necklace surely can elevate your style from plain to bold, from boring to stylish.

Sebagai mantan handmade jewelry designer, saya mengoleksi banyak sekali statement necklace dan hampir 99% dari kalung yang saya miliki adalah hasil karya dan design saya sendiri (ogah rugi banget yaa *catet), yeyyy sekalian promosi 😆. Yuk kita lihat seperti apakah statement necklace yang menjadi favorite saya dan bagaimana tips padu padannya.

Long Dangle Statement Necklace 



Statement necklace ini berukuran cukup panjang, karena designnya cukup rame maka saya membuatnya hanya dengan 1 unsur warna saja. Kalung statement yang panjang bisa sangat membantu kita dalam membuat tampilan yang stylish dan unik, tapi ingat ketika kita memakai kalung yang cukup besar dengan design unik, pakailah baju dengan design yang simple dan warna yang senada atau polos. Biar gaya tampilan busana kita nggak terlihat terlalu ramai dan berlebihan, ingat ada kalanya "less is more" 😊.

Statement necklace dipadukan dengan khimar

Bib Statement Necklace



Bib necklace adalah kalung dengan panjang yang menutupi sebagian dari area dada kita. Design dan material yang digunakan dalam membuat bib necklace kayaknya bebas-bebas aja sesuai selera sang designer. Kalung ini cantik dipadankan dengan baju strapless atau atasan dengan bentuk kerah bulat dan simple. 


Multi Layered Statement Necklace



Multi layered necklace biasanya dibuat dari beberapa layer rantai atau beads/manik, untuk membuat kesan bertumpuk dan chunky. Untuk menampilkan kesan statement, kalung seperti ini biasa di-design dengan menampilkan bermacam-macam bahan aksesoris. Proses pembuatan kalung seperti ini cukup memakan waktu dan membutuhkan skill yang cukup dari seorang jewerly maker. Kalung ini sangat cantik untuk padu padan dengan t-shirt polos dan celana jeans, atau bisa juga dipakai bersama dress dan jacket jeans atau cardigan.

Statement necklace dipadukan dengan kain etnik.

Baca juga : 3 Fashion Items yang harus ada di Lemari

Chain Statement Necklace



Statement necklace yang dibuat dari rantai dengan ukuran besar dan ornamen spike beads, bisa menjadi attention grabbers banget ketika berbusana. Design yang simple tetapi tetap bisa mencuri perhatian dan membuat tampilan kita menjadi lebih stylish. Kalung aksesoris dari rantai besar merupakan salah satu aksesoris yang classic dan tak lekang dimakan zaman. Jadi pastikan kalung dengan material rantai sudah ada dalam kotak aksesoris kalian ya.

Chain necklace dipadukan dengan busana putih polos.

Statement necklace merupakan salah satu aksesoris yang bisa membuat tampilan kita lebih menonjol, terutama ketika pakaian/outfit yang kita pakai designnya simple atau berwarna polos. Bermain dengan statement necklace dalam menciptakan gaya fashion andalan merupakan hal yang sangat menyenangkan dan menantang. Asal kita tahu bagaimana cara memadu padankannya dan jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya "less is more", saya sih yakin nggak bakalan fashion failed. Tips yang paling penting dalam memadukannya adalah, gunakan outfit berwarna polos atau berpattern simple kemudian adjust panjang kalung agar sesuai dengan tinggi badan anda. Dan tampillah dengan percaya diri 👍.

Baca juga : Tulisan tentang aksesoris favorit Ka Ery  dan Qiah

Setelah kalian tahu gaya saya dalam menggunakan aksesoris, sok atuh share di sini tentang aksesoris favorite kalian. Pasti ada dong yang aksesoris andalan yang kalian sukai dan idam-idamkan selain cincin kawin 😀, yuk bisikin *eh komen dong di bawah sini...



You Might Also Like

11 comments

  1. Favorit kita sama ternyata yaa... Kalung.
    Tapi teteh kalungnya cantik2 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka, kalung memang aksesoris yang paling oke untuk di mix and match.
      Aku mah kalungnya doang yang cantik, kalau ka Ery kalung plus orangnya juga cantik 😍.

      Hapus
  2. Sama kayak mamaku mba. Dia kolektor segala macam kalung :D. Kdg aku cukup liat perhiasan mama kalo memang butuh sesuatu utk dipake :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren Mamanya Mba Fanny, suka koleksi kalung juga ya. Enaknya bisa pinjam koleksi Mama :)

      Hapus
  3. Mba Awie aku baru ngeh ternyata tinggal di Pamulang ya dulunya hihi
    Aku suka kalung dulu jaman kuliah. Ih koleksinya cakep2 mbaaa.. klo perhiasan aku nggak gitu suka. Kalung aksesoris ajaaaa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi iya Mba Ucig saya anak Pamulang. Iya saya juga paling suka kalung sebagai aksesoris, soalnya gampang mix and match nya.

      Hapus
  4. Kalungnya cantik-cantik sekali... :D Suka lihatnya, tapi memang jujur saja saya tidak gemar mengenakan aksesoris apa pun. Apalagi saat punya anak, takut kecantol ke mana-mana..hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mba, ha ha ha iya mba kalau punya balita mending nggak pakai aksesoris dulu ya biar aman.

      Hapus
  5. Ternyata kalung yang bold menonjol gtu cocok jg ya buat yg berhijab. Saya kira selama ini tu cocoknya yg kalung dengan rantai panjang dan liontin besar aja hehe.
    TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya sih semua kembali ke selera masing-masing, kebetulan saya sukanya statement necklace sebagai aksesoris yang stating my style gitu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community