Selasa, 23 Juni 2020

DIY Membuat Dekorasi Dinding Murah Meriah dan Instagrammable dari Piring Rotan

"Dekorasi dinding dari piring rotan"

-DIY Home Decor : Membuat Dekorasi Dinding Murah Meriah dan Instagrammable dari Piring Rotan-. Sebagai penggemar DIY ( Do it Yourself) project, saya sering mencoba untuk membuat hal-hal baru di rumah. Tidak hanya membuat DIY project untuk sesuatu yang saya pakai, saya juga suka sekali melakukan DIY untuk urusan dekorasi dan perabotan rumah. Biar makin betah di rumah saja. Apalagi saat pandemi kayak gini, tinggal di rumah saja memang sebaiknya kita lakukan demi kebaikan dan keselamatan banyak orang. 

Mendekor dinding rumah dengan lukisan atau kolase foto sepertinya sudah mainstream yaa, bagaimana coba menghias dinding dengan peralatan dapur saja. Ya peralatan dapur bisa juga dijadikan hiasan, saya akan mencoba mendekorasi dinding ruang makan dengan menggunakan piring rotan yang harganya murah meriah. Piring rotan yang sering kalian temukan saat makan pecel ayam atau makan nasi kuning di warung kaki lima.


Bahan yang Dibutuhkan


Awalnya saya ingin membuat hiasan dinding menggunakan placemat dari eceng gondok yang lagi hits itu, sayangnya placemats eceng gondok lumayan sulit didapatkan di Makassar. Kalaupun ada harganya bisa berkali-kali lipat dari harga toko yang ada di market place. Pertimbangan saya kalau harga bahan bakunya saja sudah cukup mahal, mending saya beli hiasan dinding yang kece sekalian di Informa. Ngapain repot-repot cari ide dan bikin sendiri 😂😂.


Yuk kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan

- Piring dari rotan dan bambu dengan pattern dan ukuran berbeda (22cm, 23cm, 25cm dan 30cm)
- Tampah bambu diameter 49cm
- Palu
- Paku ukuran kecil


Membuat Dekorasi Dinding dari Piring Rotan




Sebelum kita mulai memaku piring ke dinding, cobalah untuk membuat rencana pola design dekorasi yang kita inginkan. Caranya coba susun piring-piring tersebut di lantai. Membuat pola design di lantai  jauh lebih mudah dari pada menyusun langsung dinding. 

Pola seperti apa yang kalian mau? Apakah memasang piring dengan pola melingkar, asimetris atau pola menyebar sembarangan. The choice is yours!

Kalau masih bingung, kalian bisa coba buka pinterest dulu. Coba cari pola yang unik atau aesthetic yang sesuai dengan ketersediaan ruang dinding yang kalian miliki di rumah. Jangan batasi kreatifitas kalian, ayo mainkan palunya segera he he he.

Suasana ruang makan sebelum hiasan dinding dipasang.


'tampah bambu sebagai hiasan dinding'
Mulai dari bahan dengan ukuran paling besar

Karena kebetulan dinding ruang makan saya masih kosong dan bebas dari hiasan dinding, saya merasa bebas untuk memilih pola yang saya inginkan. Tips dari saya : mulailah susun pola dari bagian tengah atau dari piring dengan ukuran terbesar. 

Jangan lupa untuk memadukan pattern dan ukuran piring rotan yang ada, agar hasilnya tidak monoton. Saya membuat pola selang-seling dalam penempatan piring rotan, piring dengan pattern dan ukuran yang sama tidak akan saya taruh bersebelahan. Mixing pattern dan ukuran adalah kunci keberhasilan design pola yang unik dan tidak membosankan.

'Dekorasi dinding dari piring rotan'


"Hiasan dinding dari piring rotan"
Almost there!

Setelah mendapatkan pola yang diinginkan, mulai paku satu persatu piring rotan ke dinding. Mulai pekerjaan dari center atau bagian vocal point, lanjutkan sampai selesai. Use your imagination!

"Hiasan dinding dari piring rotan"
Pola asimetris yang saya buat.

Cukup gunakan paku yang kecil saja ya, karena piring rotan ini tidak berat jadi paku kecil sudah cukup kuat untuk menahannya di dinding. Selain itu dengan memakai paku yang kecil kita nggak perlu buang-buang-buang tenaga buat memukul. Ya kecuali kalau kalian lagi emosi dan butuh pelepasan, bolehlah menjadikan kegiatan paku-memaku ini sebagai pelepasan emosi. Rumah jadi kece emosi pun reda 😂.

"Hiasan dinding dari piring rotan"
Saya tambahkan kaca rotan di bagian tampah bambu biar makin kece.


'DIY Home Decor : Membuat Hiasan Dinding Murah Meriah dari Piring Rotan'


Biaya yang Dibutuhkan


Kira-kira berapa sih modal yang harus dikeluarkan untuk membuat dekorasi dinding dari piring rotan ini? Saya hanya membutuhkan modal sekitar seratus ribuan saja, karena kebetulan untuk paku dan palu sudah tersedia di rumah jadi yang saya butuhkan cuma piring rotan dan bambu saja.

Piring rotan saya beli di supermarket dekat rumah, setahu saya piring rotan dan tampah bambu seperti ini banyak dijual di pasar. Ya mungkin kalau beli di pasar tradisional harga bisa lebih murah ya.

"Hiasan Dinding dari Piring Rotan"

Sebagai referensi inilah jumlah biaya yang saya habiskan untuk membuatnya,
Piring rotan uk. 25 cm = Rp. 6.500 x 3 = Rp. 19.500
Piring rotan putih uk. 23cm = Rp. 11.600 x 3 = Rp. 34.800
Piring bambu uk. 22 cm = Rp. 7.100
Piring bambu uk. 30cm = Rp. 17.900
Tambah bambu uk. 49cm = Rp. 23.500
Total yang dikeluarkan = Rp. 102.800

Dengan biaya yang cukup terjangkau saya sudah bisa membuat dekorasi dinding yang lumayan aesthetic untuk ruangan makan. Lumayan lah ya, buat background foto ootd juga bisa banget.



Bagaimana menurut teman-teman, cukup murah meriah bukan? ada yang tertarik untuk membuatnya juga di rumah?  Yuk bagikan pendapat kalian dengan komen di bawah ini, kalau ada ide DIY Home Decor lainnya boleh dong ikut dibagikan juga.


DIY Wall Decor


6 komentar on "DIY Membuat Dekorasi Dinding Murah Meriah dan Instagrammable dari Piring Rotan"
  1. Kereeeen mba awiiie :D. Sukaaa ih ngeliatnya. Malah ga kepikiran menggunakan tampah dan piring rotan begini jd hiasan dinding. Ternyata kereeeen :D.

    Aku memang ga terlalu kreatif sih kalo urusan dekor. Rumah juga jrg aku hias2 Krn ga mentingin itu sbnrnya. Yg ptg udah nyaman utk tempat tinggal. Tapi kalo melihat rumah temen2 yg didesign apik, unik, kreatif, ntah Napa jd kepengin juga hahahaha. Walopuuuun nth kapan mau bener2 ngerealisasiin nya :D.

    semoga Krn skr toh aku udh di rumah trus sjk resign, jd termotivasi lah untuk mulai mendekor rumah :D.

    BalasHapus
  2. Ini kreatif banget. Gak kepikiran alat makan rotan dan perabotan masak lainnya jadi dekorasi. Bujetnya minimalist lagi. Mudah dipraktekkan. Di rumah banyak soalnya haaha

    BalasHapus
  3. Ini yg namanya kreatif!
    Rumah jadi cantik dekor hasil kreasi sendiri dengan bahan yang mudah didapat dan berbiaya murah.

    Kalo di rumah saya, di dinding ruang tengah digantungin piring2 souvenir dari berbagai kota dan negara.
    Jadi, kalo teteh traveling ke mana gitu, ole2nya cukup piring bergambar atau bertuliskan kota atau negara yang didatangi ya teh, hihii...

    BalasHapus
  4. Aduh gemes banget mba. Sederhana tapi cantik. Bagus unt background foto ya. Tp lucu juga kalau misalnya di pilox lg ya mba 😍

    BalasHapus
  5. Inspirasinya darimana, kak?
    Cantik banget aiiih~
    Makan jadi lebih romantis karena ruang makannya instagramable.

    BalasHapus
  6. Hasilnya kok keren ya Kak hahaha, gemes banget jadinya bisa lebih hidup gitu ya
    aku jadi pengen juga Kak.

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature