Senin, 04 Maret 2019

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram


Sebagai seorang blogger masa kini, saya tidak hanya dituntut untuk aktif menulis di blog saja. Saya juga perlu memiliki platform media sosial lainnya sebagai media komunikasi dan interaksi, juga sebagai ajang promosi silang dari medsos ke blog, atau medsos ke medsos. Instagram menjadi salah satu medsos yang penting untuk dimiliki oleh para blogger. Instagram bisa dijadikan tempat untuk self branding, promosi dan juga membangun komunikasi dengan banyak orang. Komunikasi dan interaksi ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan engagement rate instagram kamu.

Baca juga : The F Thing Platform Fashion dan Lifestyle Anak Millenial


Analisa Instagram Insight Mu



Contoh insight dari instagram @fillyawie

Saat ini instagram telah menjadi platform media sosial yang sangat populer. Instagram juga banyak digunakan sebagai media tolak ukur kepopuleran seseorang di media sosial. Semenjak di-launching pada bulan Oktober tahun 2010, instagram kini telah berkembang sangat pesat. Baik sebagai platform media sosial, media promosi dan marketing yang dibarengi dengan peningkatan service dan fiturnya.

Sebagai blogger sekaligus influencer ketika saya mencoba untuk mendaftarkan diri dalam sebuah pekerjaan yang melibatkan media sosial sebagai platformnya,  kerap kali saya ditanyakan atau diminta untuk menginput jumlah follower media sosial utamanya medsos instagram.

Banyak orang bilang sebanyak apa follower-mu menunjukan seberapa populer kamu di jagad instagram, padahal belum tentu juga kan yaa. Hari gini banyak lho yang rela beli follower atau mengaktifkan apps tertentu hanya untuk menambah follower dan like. Semua sah-sah aja sih kalau menurut saya, karena saya yakin me-maintain akun instagram dengan follower banyak juga nggak gampang lho. Semua balik lagi ke niat dan tujuan kita, mau main medis sosial buat happy-happy aja boleh, atau mau serius untuk cari uang bisa juga, atau buat self branding untuk ikut dalam pemilihan calon RT atau calon menantu juga silahkan.

Tapi perlu kamu ketahui juga, semakin besar jumlah follower-mu maka semakin besar juga beban engagement mu. Jumlah angka follower sering sekali dikaitkan dengan jumlah like dan komen. Tahu sendiri kan mamak-mamak macam saya ini, kalau lihat akun celebgram yang angka followernya puluhan sampai ratusan ribu, trus pas cek jumlah likenya qo yaa sedikit banget. Bawaannya jadi pengen julid aja, sambil bilang "...ini followernya real atau enggak sih ?...". 😅

Selain jumlah follower masih ada banyak faktor lainnya yang bisa mengindikasikan seberapa gregetnya kamu di jagad instagram. Salah satunya adalah engagement, untuk melihat engagement mu dengan follower datanya bisa kita dilihat dari informasi data insight Instagram.

Instagram kini telah memberikan privilege akun bisnis pada penggunanya, dimana dengan akun tersebut kamu bisa melihat data insight instagrammu. Data insight dibagi atas 3 kategori yaitu, Content, Activity dan Audience. Data insight yang ditampilkan adalah data dari aktifitas instagrammu selama 7 hari terakhir.

Dalam data Insight Content kamu bisa melihat informasi sbb :


- Feeds post dan Stories dengan data impresi dan jangkauannya dan interaksi yang terjalin dengan follower atau dengan pengguna instagram lainnya yang menemukan kita lewat hashtag, profile atau media lainnya.

Dalam data Insight Activity kamu bisa melihat informasi sbb:


- Jumlah interaksi yang terjalin, yang didapat dari orang yang mengunjungi profile kamu, website klik dan yang mencoba menghubungi nomor telpon kamu via link yang kamu input di instagram.

- Jangkauan, informasi jumlah akun yang menjangkau mu dalam kurun waktu 7 hari terakhir. Pun jumlah impresi selama tujuh hari terakhir, ada punya informasi perbandingan jumlah jangkauan minggu ini dengan jangkauan satu minggu sebelumnya. Lengkap dengan informasi angka naik dan turunnya.

Dalam data Insight Audience kamu bisa melihat informasi sbb : 


- Demografi follower, termasuk didalamnya gender follower, usia dan dari mana berasal
- Informasi waktu kapan followers kamu online dan aktif di instagram, terdiri dari informasi jam dan hari. Informasi ini bisa kita jadikan petunjuk, pada jam berapa sebaiknya kita memposting feeds ke instagram agar jangkauan dan impresi yang didapat bisa tinggi.

Insight instagram juga memberikan informasi mengenai kinerja dari setiap konten yang di-upload di instagrammu. Dari insight per konten kita juga bisa melihat data interaksi, jangkauan dan impresi.

Ada banyak manfaat yang bisa kita lihat dari tampilan data insight di instagram, manfaatnya adalah sbb :


- Untuk mengukur kampanye atau promosi yang kamu sedang jalankan, sejauh apa promosi yang sedang kita jalankan terjangkau oleh follower dan warganet republik instagram.

- Dari insight kita bisa melihat mana postingan yang banyak disukai follower, mana yang dijangkau luas oleh pengguna instagram baik follower mu atau bukan.

- Untuk melihat hashtag mana yang memberikan jangkauan dan impresi terbaik.

- Berapa interaksi yang terjalin dari setiap postinganmu. Jangan sampai setiap postingan kita cuma dianggap angin lalu, di-like sih tapi cuma di-like sambil scroll aja. Fotonya nggak dilihat, captionnya pun nggak dibaca. Dari data ini kita bisa melihat, foto mana yang paling banyak interaksinya. Tandanya foto itulah yang banyak menarik perhatian follower kita.

Data insight ini bisa dijadikan sebagai bahan analisa untuk meningkatkan engagemant rate instagram. Agar setiap konten yang kita upload bisa ter-engaged dengan maksimal. Pun alhamdulillah kalau bisa mendapatkan like dan komen yang maksimal. Seperti yang sudah saya bilang di atas, jangan sampai follower mu ribuan tapi yang like bisa dihitung dengan jari. Itu yang follow manusia atau atau mahluk ghaib *eh. 😬

Perlu kalian ketahui menurut sebuah situs yang bernama omnicoreagency.com, disebutkan bahwa total pengguna instagram setiap harinya dari seluruh dunia berjumlah kurang lebih 500 Juta orang. Sebuah angka yang fantastis bukan? dengan pengguna instagram sebanyak itu berarti masih ada kesempatan bagi  saya #sobatfakirlikedancomment untuk meningkatkan engagement dan bisa meraih 💓 dan komen secara maksimal.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram



Engagement rate @fillyawie pertanggal 09 Maret 2019
Sebelum kita berlanjut ke tips bagaimana cara meningkatkan engagement instagram, perlu kita pahami terlebih dahulu arti/maksud dari engagement. Engagement instagram adalah komunikasi dan interaksi yang terbangun antara akun instagram dengan followernya. Sedangkat engagement rate adalah nilai/jumlah persentase dari engagement yang terbangun dengan follower.

Sebagai blogger saya sering kali diminta untuk mengisi nilai engagement rate ketika ditawarkan pekerjaan yang memakai instagram sebagai platform media promosi atau review. Seperti domain authority pada blog, instagram kita juga memiliki nilai engagement. Nilai ini bisa kita hitung sendiri, dengan rumus sbb :

Cara menghitung engagement rate instagram sebenarnya cukup gampang, tinggal menghitung jumlah total (like + komen) yang ada di 12 postingan terakhir instagram kamu kemudian dibagi dengan total jumlah follower.

Kalau nggak mau repot menghitung sendiri, silahkan buka situs instagram kalkulator ini : https://phlanx.com/engagement-calculator. Kamu bisa tahu jumlah engagement rate dengan cepat dan mudah. 

Dari engamement rate instagram, kamu bisa melihat seberapa tinggi  atau rendahnya engagement yang terbangun dengan follower. Semakin tinggi engagementnya, artinya komunikasi dan interaksi yang terjalin semakin baik. Untuk mendapatkan angka engagement rate instagram yang cukup tinggi, kamu bisa melakukan optimasi dengan banyak cara. 

Bagaimana caranya? Kita lanjut di tulisannya selanjutnya yaa. Biar bacanya enak, enggak kepanjangan. Selain itu biar kamu kangen sama saya *eaaa. Kalau kangen cobalah mampir-mampir ke instagram @fillyawie, jangan lupa klik follow juga yaa. 😉

Nilai engagement rate yang sebaiknya dimiliki oleh akun instagram dengan sesuai dengan jumlah followernya , yang diambil dari website socialbuzz.

Sumber data :
https://www.omnicoreagency.com/instagram-statistics/
https://sociabuzz.com/good-instagram-engagement-rate
11 komentar on "Cara Menghitung Engagement Rate Instagram "
  1. Saya sering mau ikut jadi influencer tapi terkendala karena followers. Hahahaha ini karena saya juga jarang follow orang, ya mohon maaf juga saya butuh orang yang real. Kalau cuma sekedar follow tp tidak ada kontribusi biasanya saya unfollow. Jadi pas ada yang sampai komen merasa senang 😄

    BalasHapus
  2. Saya juga mau jadi influencer macam kakak-kakak tapi sayangnya memang membutuhkan followers yang min.3000 dan saya sendiri masih minim. Masih butuh usaha nih.

    BalasHapus
  3. Sudah follow IGnya kak. Udah difolback punya saya belum ya, heheh. Btw saya langsung cek engagement, baru sekitar 2% lebih, soalnya saya jarang updet IG. Baru berusaha juga nih nambah followers. Btw thanks sharingnya kak, bermanfaat sekali. Jadi termotivasi meningkatkan engagement IG saya.

    BalasHapus
  4. Baru tau ternyata ada cara untuk menghitung rate engagement instagram, jadinya sebagai admin dan buzzer bisa tau seberapa besar engangementnya konten yang di upload.. oiya situs calculator penghitung itu gratis ji kak?

    BalasHapus
  5. Selama ini saya jarang sekali buka ig, malas hehe. Tapi sekarang sadar klo instagram juga penting karena kalau mau ikut event memang biasanya ada syarat minimal followers di ig. Ditunggu tulisan cara mendapatkan engagement rate yang tinggi ya kak

    BalasHapus
  6. Ini menarik, nilai rate sebuah postingan dihitung dari engagement-nya, bukan sekadar dari seberapa banyak followersnya.
    ini lebih fair, karena bisa meminimalisir para pemilik akun yang menggunakan fake followers.

    tapi... sayangnya saya bukan anak instagram hahaha
    punya akun cuma supaya nda dibilang ketinggalan zaman

    BalasHapus
  7. Menarik skali artikelta ini, ig memang jd medsos yg bisa dibilang sangat diminati saat ini, banyak yg buka usaha jg lewat ig, bnyk yg jd influencer jg krn ig. Sy pun lbih suka ig dibanding fb dan twitter hehe

    BalasHapus
  8. Ketika bermain media sosial gak sesederhana dulu lagi ...
    Sekarang semua udah harus dipikirin, mulai dari foto yang akan diposting, caption yang akan diketik, pengaturan feed yang enak dilihat dan sebagainya, demi mendapat lirikan dari yang mau menggunakan jasa kita untuk berpromosi.

    BalasHapus
  9. kemarin - kemarin selalu penasaran kalau liat jumlah like dan komentar pada akun - akun besar hampir tidak ada yang sampai 10%. postingan ini menjawab pertanyaan itu. btw, jadi kangen Kak Filly eh postingan selanjutnya :D

    BalasHapus
  10. Ini tuh keren sekali tetehkuuu. Meskipun gak maintean IG tapi aslik sih saya jadi punya pengetahuan yg oke banget kalau diajak ngobrol soal2 serius kayak gini. Ajarin langsung mau dooong *ngelunjak

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada aplikasi seperti ini. Pengen nyoba juga deh, jadi bisa tahu engagement rate kita. Terimakasih infonya kak hehehe

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature