Senin, 04 Maret 2019

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram


Sebagai seorang blogger masa kini, saya tidak hanya dituntut untuk aktif menulis di blog saja. Saya juga perlu memiliki platform media sosial lainnya sebagai media komunikasi dan interaksi, juga sebagai ajang promosi silang dari medsos ke blog, atau medsos ke medsos. Instagram menjadi salah satu medsos yang penting untuk dimiliki oleh para blogger. Instagram bisa dijadikan tempat untuk self branding, promosi dan juga membangun komunikasi dengan banyak orang. Komunikasi dan interaksi ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan engagement rate instagram kamu.

Baca juga : The F Thing Platform Fashion dan Lifestyle Anak Millenial


Know Your Instagram Insight



Contoh insight dari instagram @fillyawie

Saat ini instagram telah menjadi platform media sosial yang sangat populer. Instagram juga banyak digunakan sebagai media tolak ukur kepopuleran seseorang di media sosial. Semenjak di-launching pada bulan Oktober tahun 2010, instagram kini telah berkembang sangat pesat. Baik sebagai platform media sosial, media promosi dan marketing yang dibarengi dengan peningkatan service dan fiturnya.

Sebagai blogger sekaligus influencer ketika apply pekerjaan kerap kali saya ditanyakan jumlah follower instagram. Jumlah follower memang bisa dibilang menunjukan seberapa populernya kamu, semakin banyak yang follow semakin keren. Dengan catatan follower organik ya, bukan follower hasil membeli. 😆

Selain jumlah follower masih ada banyak faktor lainnya yang bisa mengindikasikan seberapa gregetnya kamu di jagad instagram. Salah satunya adalah engagement, cara melihat engagement bisa  dilihat dari informasi data insight.

Instagram kini telah memberikan privilege akun bisnis pada penggunanya, dimana dengan akun tersebut kamu bisa melihat data insight instagrammu. Data insight instagram adalah perangkat analisa yang memberikan informasi mengenai demografi follower, jangkauan feeds yang di-upload, informasi waktu kapan followers kamu online di instagram, impresi dari konten yang di-upload, dst.

Insight instagram juga memberikan informasi mengenai kinerja dari setiap konten yang di-upload, untuk mengukur kampanye atau promosi yang kamu sedang jalankan. Dari insight kita bisa melihat mana postingan yang banyak disukai follower, mana yang dijangkau luas oleh pengguna instagram baik follower mu atau bukan, mana hashtag yang memberikan impresi yang bagus, dan masih banyak lagi. 

Data insight bisa dijadikan sebagai bahan analisa untuk meningkatkan engagemant rate instagram. Agar setiap konten yang kita upload bisa meraih like dan komen yang maksimal. Jangan sampai follower mu ribuan tapi yang like bisa dihitung dengan jari. Itu yang follow manusia atau atau mahluk ghaib *eh. 😬

Perlu kalian ketahui menurut sebuah situs yang bernama omnicoreagency.com, disebutkan bahwa total pengguna instagram setiap harinya dari seluruh dunia berjumlah kurang lebih 500 Juta orang. Sebuah angka yang fantastis bukan? dengan pengguna instagram sebanyak itu berarti masih ada kesempatan bagi  saya #sobatfakirlikedancomment untuk meningkatkan engagement rate dan bisa meraih 💓 dan komen secara maksimal.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram



Engagement rate @fillyawie pertanggal 09 Maret 2019
Sebelum kita berlanjut ke tips bagaimana cara meningkatkan engagement instagram, perlu kita pahami terlebih dahulu arti/maksud dari engagement. Engagement instagram adalah komunikasi dan interaksi yang terbangun antara akun instagram dengan followernya. Sedangkat engagement rate adalah nilai/jumlah persentase dari engagement yang terbangun dengan follower.

Sebagai blogger saya sering kali diminta untuk mengisi nilai engagement rate ketika ditawarkan pekerjaan yang memakai instagram sebagai platform media promosi atau review. Seperti domain authority pada blog, instagram kita juga memiliki nilai engagement. Nilai ini bisa kita hitung sendiri, dengan rumus sbb :

Cara menghitung engagement rate instagram sebenarnya cukup gampang, tinggal menghitung jumlah total (like + komen) yang ada di 12 postingan terakhir instagram kamu kemudian dibagi dengan total jumlah follower.

Kalau nggak mau repot menghitung sendiri, silahkan buka situs instagram kalkulator ini : https://phlanx.com/engagement-calculator. Kamu bisa tahu jumlah engagement rate dengan cepat dan mudah. 

Dari engamement rate instagram, kamu bisa melihat seberapa tinggi  atau rendahnya engagement yang terbangun dengan follower. Semakin tinggi engagementnya, artinya komunikasi dan interaksi yang terjalin semakin baik. Untuk mendapatkan angka engagement rate instagram yang cukup tinggi, kamu bisa melakukan optimasi dengan banyak cara. 

Bagaimana caranya? Kita lanjut di tulisannya selanjutnya yaa. Biar bacanya enak, enggak kepanjangan. Selain itu biar kamu kangen sama saya *eaaa. Kalau kangen cobalah mampir-mampir ke instagram @fillyawie, jangan lupa klik follow juga yaa. 😉

Nilai engagement rate yang sebaiknya dimiliki oleh akun instagram dengan sesuai dengan jumlah followernya , yang diambil dari website socialbuzz.

Sumber data :
https://www.omnicoreagency.com/instagram-statistics/
https://sociabuzz.com/good-instagram-engagement-rate
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature