Senin, 18 Februari 2019

Cara Membuat Bros dari Manik-Manik dan Mutiara Sintetis



Bros adalah aksesoris yang identik digunakan oleh para perempuan. Bros biasanya digunakan sebagai hiasan di kebaya, jas atau hijab. Banyak ragam dan jenis bros yang bisa ditemui di pasaran. Tapi bagaimana kalau kita membuat Bros sendiri. Ya kali ini saya akan membuat toturial mengenai, Cara Membuat Bros dari Mutiara Sintetis.

Mutiara sintetis adalah salah satu bahan aksesoris yang paling gampang di cari, selain itu harganya pun bisa dibilang cukup murah. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. 

Nah kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tutorial cara membuat bros dengan menggunakan mutiara sintetis dan kawat aksesoris. Yuk simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Kalung Mutiara


Bahan dan Alat untuk Membuat Bros dari Manik-manik Mutiara Sintetis





Lempeng tembaga, peniti bros, batu alam, mutiara sintetis ukuran 8mm,6mm dan 4mm, kawat aksesoris dan tang (long nose pliers).

Cara Membuat Bros dari Manik-manik Mutiara Sintetis 




-Siapkan lempeng tembaga dan kawat bros uk. 0.4mm. Potong kawat kurang lebih 40-50cm.


                                                                           
-Buat ikatan mati pada bagian depan lempeng (perhatikan bagian depan dan belakang lempeng dengan seksama). Cara ikatan mati adalah dengan masukan kawat dari bagian depan ke bagian belakang lempeng, sisakan kawat sepanjang -+2-3cm di bagian depan lempeng. Tarik kawat yang panjang ke lobang terdekat yang ada di bagian lempeng, kemudian madukan kembali kawat ke lobang pertama seperti anda sedang membuat jahitan jelujur. Lipat dan plintir sisa kawat 2-3cm yang terdapat di bagian depan lempeng.   



-Pasang peniti bros di bagian belakang lempeng, buat ikatan kuat dengan cara memasukan kawat ke lobang peniti kemudian buat kaitan ke lobang terdekat. Tarik kawat dengan kencang, dengan begitu peniti akan terikat pada lempeng dengan kencang dan kuat, buat ikatan pada kedua lobang peniti seperti terlihat pada gambar.


   
-Setelah peniti terpasang, kembalikan ujung kawat ke bagian depan lempeng,lanjutkan dengan memasang batu persis di bagian tengah lempeng dengan cara masukan kawat ke lobang batu kemudian masukan kawat ke lubang lempeng yang berada dekat dengan ujung lubang batu bagian bawah (lihat gambar). Buat ikatan dengan kuat dengan cara memasukan kawat ke lubang terdekat keluarkan kawat kemudian masukan kembali kawat ke lubang batu. Buat ikatan kembali di lubang batu bagian atas.


   

-Setelah batu terpasang dengan kencang, kita bisa mulai memasang mutiara sintetis. Posisikan kawat di bagian depan lempeng, posisikan ujung kawat dekat dengan lubang batu. Pasang mutiara sintetis ukuran 8mm terlebih dahulu, dengan cara masukan mutiara ke dalam kawat kemudian tarik kawat ke lubang terdekat yang ada di samping kiri-kanan. Posisi lubang mutiara harus berada di samping kiri dan kanan, agar kawat tidak terlihat. Pastikan kawat yang mengikat mutiara tidak longgar.
   


-Pasang mutiara mengelilingi batu yang berada di bagian tengah lempeng, caranya kurang lebih sama dengan cara menjahit manik-manik pada baju hanya medianya saja yang berbeda. Usahakan untuk menaruh mutiara selang-seling dengan ukuran yang berbeda-beda, gunakan mutiara uk. 8mm dan 6 mm.


   
-Ulangi langkah sebelumnya, sampai mutiara uk. 8mm dan 6mm terpasang mengelilingi batu. Setelah itu baru gunakan mutiara uk. 4mm, taruh mutiara ukuran 4mm di bagian yang terlihat kosong atau renggang. Tetapi jangan Tarik kawat terlalu kencang, posisikan mutiara uk. 4mm ini sedikit lebih tinggi dari mutiara yang lainnya. Agar ruang kosong dan longgar tertutup dengan sempurna. 

Tips : Ketika memasang mutiara uk. 4mm, posisikan jempol tangan kiri diatas mutiara untuk menahan mutiara tertarik ke bawah. Ketika mutiara telah terpasang dengan pas, plitir kawat sebanyak 2 kali agar  posisi mutiara tidak berubah.

Baca Juga : Membuat Cover Sofa Sendiri


 
-Isi bagian yang terlihat renggang dan kosong dengan mutiara uk. 4mm, mutiara sintetis yang paling kecil ukuranya. Isi sampai bagian yang renggang tidak terlihat lagi. Setelah selesai buat ikatan mati kembali kemudian sembunyikan ikatan mati diatara mutiara dengan bantuan tang.


Selesai, bros siap digunakan.

Bagaimana menurut kalian, cukup bagus atau tidak ? Membuat bros memang  tidak mudah, apalagi kalau kita belum terbiasa. Dibutuhkan keterampilan dan kesabaran yang cukup, dikarenakan proses membuatnya tidak singkat, apalagi untuk para crafter pemula.

Jika kalian berminat untuk membuatnya, kalian bisa membeli bahan beserta tutorial bros ini. Silahkan hubungi kontak email yang ada di top menu ya.

Semoga postingan cara membuat bros dari mutiara sintetis ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.



25 komentar on "Cara Membuat Bros dari Manik-Manik dan Mutiara Sintetis"
  1. Ada kepuasan tersendiri ya bisa buat bross sendiri. Mau ah kapan-kaapan aku cari bahan-bahan untuk buat brossnya dulu

    BalasHapus
  2. Kereeeen ... Saya jd pengen bikin sendiri. Buat hadiah Mama yg suka palai bross. Moga bisa dan awet dipakai... Makasih share idenya, mbak

    BalasHapus
  3. Brosnya kelihatan mewah, Mbak. Keren banget bisa bikin bros sendiri

    BalasHapus
  4. ihh cakepnyaaa.. kalo aku coba.. telaten gak ya kira2 hahah..

    BalasHapus
  5. cantik sekali bros dari manik-manik buatan kamu ... btw tahun 2008-2009 aku pernah jualan kalung yang dibikin sendiri gitu, lumayan laku lho hahahah

    BalasHapus
  6. Lempeng logam gitu belinya di mana, mak. Pengin ajak anakku bikin2 seperti ini karena dia suka banget pakai aksesoris di bajunya.

    BalasHapus
  7. Mba, koq sepertinya gampang bikinnya. Padahal aku yakiiin ini suliiittt banget. Jadi pengin belajar kobochan aahhh

    BalasHapus
  8. Waaa kok telaten banget sih mbak. Aku dari awal liat munter2in kawat udah jiper duluan.
    Tapi pengen belajar karena anak perempuanku suka banget doing diy things kayak gini

    BalasHapus
  9. Lempengnya aja udah cantik ya. Ini lubangnya kecil2 banget. Kudu telaten deh masangnya

    BalasHapus
  10. Mbak cantik sekali ini. Bikin kelihatan elegan penampilan. Mewah karena bahannya yaa. Memang mesti telaten ya bebikinan begini. Dirimu keren!

    BalasHapus
  11. hwaaa cantiknyaaa... aku pingin bikin juga. kudu beli tang khususnya dulu nih :D

    BalasHapus
  12. hwaaa kreatif sekali. Butuh telaten yang untuk membuat bros ini. Kalau kawatnya diganti pakai benang bisa nggak mbak. Benang yang kuat, misalnya benang pancing gitu

    BalasHapus
  13. kayanya gampang ya, bikinnya. tapi pasti aku ga bisa...hehehe...
    mba, bikin yang biru pasti bagus deh :)

    BalasHapus
  14. Cantik sekali ya setelah jadi, anggun jika dipakai di acara pesta..

    BalasHapus
  15. Kelihatannya mudah, tapi gimana ya kalau saya yang mempraktekkannya.
    Selain dibutuhkan keuletan juga perlu kesabaran untuk memasukan muatiara sentetis berbagai ukuran itu.

    Saya mentongnya kalau ada mutiara sintetis dibuat kalung atau gelang. Belum pernah coba buat bros, semoga saya juga bisa buat nih..

    BalasHapus
  16. Bagus brosnya mba, jadi pengen berkreasi juga bikin bros. Lempeng tembaganya itu beli paketan atau bisa satuan mba.

    BalasHapus
  17. Wah baguuuss. AKu dulu pernah beajar tapi gak telaten haha :D
    Masih ada tang2nya gtu., Gak tau akunya mungkin yg gk ada bakat nyeni bikin 2 kyk gtu apa ya, tapi dulu pengen banget bisa haha curcol

    BalasHapus
  18. Masya Allah, hasilnya keren banget Mbak. Perlu ketekunan, kesabaran dan kegigihan untuk menyelesaikannya. Salut.

    BalasHapus
  19. Cantiknyaaa. Butuh ketelatenan ya Mak bikin beginian.

    BalasHapus
  20. masyaAllah, cakep bener hasilnya mbak.. dan paduan warnanya serasi banget lho, keliatan banget elegannya..

    BalasHapus
  21. Cantik amat sih itu bikin brosnya, bolehlah aku dibuatkan 1 biar tambah cantik kayak kamu. Tapi beneran deh aku kalau disuruh buat kayak gitu kayaknya gak sabaran, hahahahaa... Mending moto aja udah aku mah, beres.

    BalasHapus
  22. Mba Awie.. cakepnyaa. Dan kayaknya kamu lebih fresh deh mba ^^
    Tangannya bisaan. Aku suka bikin2 ginii mbaa, klo diajarin dan lihat tutorial model ginii sukaaaa

    BalasHapus
  23. Waah..brosnya cantik. Kalau buat bros sendiri, pasti bentuknya sesuai dengan keinginan kita ya..jadi lebih puas.

    BalasHapus
  24. Ya Allah~
    Cantiknyaa...

    Anakku suka bebikinan beginian. Bros, gelang, kalung.
    Tapi saat ini (karena masih berusia 8 tahun) bahannya masih yang ringan-ringan.

    BalasHapus
  25. Ya ampun cantik banget sih, mba. Cocok buat acara formal nih, bisa buat bisnis ini, mba. Tante juga senang disain aksesoris dan dijadiin bisnis

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature