Kamis, 24 November 2016

Membuat Cover Sofa Sendiri (DIY Making Sofa Cover)





 Hi,

Udah lama nggak bikin tulisan dan ngeblog.
mau aktif ngeblog lagi ah sekarang... yuhuuuu...

Saya mau sharing cerita tetang sofa di rumah. si sofa tempat duduk yang sudah bertahun2 mengisi ruang tamu saya. Pasti pernah bosen lah ya sama perabotan rumah tangga, yang sudah bertahun2 ada di rumah. Dan kalau bisa sih pengennya setiap tahun kita ganti perabotan, biar nggak bosen. Tapi kan nggak segampang itu yaa, xixixi pastinya ada banyak hal yang harus di pertimbangkan.

Hal2 yang menjadi pertimbangan tersebut salah satunya terkait dengan Dana, karena harga sebuah sofa yang nyaman dan empuk tidaklah murah pastinya. Selain itu sofa lama mau di buang kemana, untung2 kalau ada yang mau bawa. kalau enggak kita pastiya harus sewa kendaraan pick up untuk buang itu sofa, tapi buang kemana???.

Paling pilihan terbaiknya adalah jual sofa second anda di OLX, kondisi sofa harus masih bagus ya. selain itu harus sabar nunggu yang berminat sama sofa kita yaaa, ingat sabar yaaa.

Tampilan sofa lama
Karena saya orangnya nggak sabaran, saya pilih option lain saja. Yaitu saya memilih mendandani sofa lama saya agar tampilannya terlihat baru, dengan membuatkan cover sofa.

Saya buatkan cover/sarung sofa agar tampilannya terlihat baru kembali dan berbeda.

Bagaimana cara membuatnya, saya jelaskan ditulisan di bawah ini ya.

Cara Membuat Cover Sofa



Sebelumnya saya minta maaf tidak ada foto step by step cara membuat covernya, karena lupa buat photo. saya lampirkan foto cara pasang cover yang sudah jadi saja ya.

ukur bagian sofa dari kaki depan sofa sampai kaki belakang x lebar sofa.
siapkan bahan sesuai ukuran yang telah di buat ( lebihkan masing2 sisi 3cm, buat kampuh jahitan )  


Langkah2 memasang cover/sarung sofa adalah 

1. Ukuran lebar sofa dan panjang nya dari kaki sofa depan sampai kaki sofa belakang 



Buat ukuran lebar sofa dan panjang sofa
 lebar di ukur dari kaki kiri sofa ke kaki kanan sofa
 panjang di ambil dari kaki bagian depan melintasi bagian dudukan sofa sampai kaki bagian belakang

2. Setelah dapat ukuran, potong bahan Nya. Kami pakai bahan blackout ukuran 130cm lebar , 225cm  panjang. Keliling kain dijahit dengan jahitan stik balik atau dijelujur seperti menjahit ujung celana juga bisa. Jangan lupa tiap ujungnya di kasih tali kira2 min. 10cm. Untuk ikatan ke kaki sofa. Lihat gambar di bawah ya.


Kain black out yang sudah di jahit dan di beri tali
3. Covering kain yang sudah di siapkan ke sofa 


4. Ikat tiap ujungnya kain ke kaki sofa bagian depan Dan belakang


5. Rapih kan bahan cover sofa dengan menyelipkan bahannya ke dalam sisi bagian depan dan sisi kiri kanan sofa.





6. Pasti kan sofa sudah tercover dengan rapih


7. Kemudian pasang cover cushionnya (sarung bantal)


8. Selesai, tambahkan accent bantal kecil dengan sarung warna warni untuk menambah warna dan pada dekorasi ruang tamu anda.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi teman2 yang mempunyai sofa lama dan ingin mendekornya agar terlihat seperti baru kembali.

Oh iya untuk informasi tambahan saya memakai bahan black out, yang saya beli di Pasar Cipadu, Tangerang. Beli online juga bisa dan banyak yang jual, untuk teman2 yang di luar kota bisa coba cari bahan black out di Instagram.

Kalau soal harga, harga kain black out di Pasar Cipadu pastinya murah banget. Berbagai macam kain Black out dan kanvas di bandrol dengan harga mulai dari 35rb-55rb. tergantung penjualnya. Asal mau panas2an udah bisa borong banyak banget di sana.

Selamat berkreasi.


1 komentar on "Membuat Cover Sofa Sendiri (DIY Making Sofa Cover)"

Custom Post Signature

Custom Post  Signature