Senin, 26 Februari 2018

Cara Membuka dan Menutup Jump Ring


Hola Teman-teman, 

Kali ini saya akan memberikan tips cara mengunakan jump ring yang biasa digunakan pada proyek handmade accessory. Sebenarnya ini tuh postingan receh banget, receh sereceh receh nya 😅. Walaupun begitu kalau kalian tahu bagaimana cara menggunakan jump ring dengan baik dan benar, project membuat aksesoris akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Jump ring


Jump ring atau kawat berbentuk lingkaran termasuk bahan dasar aksesoris yang biasanya terbuat dari besi tembaga. Jump ring memiliki fungsi sebagai penghubung yang menghubungan 2 buah komponen dalam proses pembuatan aksesoris. Jump ring dibuat dari banyak jenis bahan, ukuran dan fungsi yang berbeda-beda.

jumpring digunakan sebagai penghunung lobster claps dengan loop pada manik-manik
Jump ring biasa digunakan sebagai penghubung yang menghubungan pendant atau charms pada aksesoris gelang atau kalung. Walaupun sekilas mempunyai fungsi yang sepele, akan tetapi penggunaan jump ring pada aksesoris akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Penggunaan jump ring akan membuat aksesoris sempurna dan lebih mudah digunakan. Seperti pada contoh gambar diatas, jump ring yang dihubungkan dengan claps dan loop akan membuat rangkaian gelang menjadi lebih mudah dibentuk dan digunakan.

Jump ring yang digunakan sebagai penghubung claps atau pendant adalah opened jump ring, yaitu jump ring yang bisa dibuka dan ditutup dengan menggunakan bantuan tang.

Baca juga basic tutorial dalam membuat aksesoris lainnya :

1. Cara Membuat Loop Menggunakan Head Pin
2. Cara Membuat Loop Menggunakan Eye Pin

Bagaimana Cara Membuka dan Menutup Jump Ring ?

Caranya sangat mudah, kalian hanya membutuhkan alat bantu tang saja. Gunakan tang dengan ujung bundar atau round nose pliers dan flat nose plier, yaitu tang mempunyai ujung datar. caranya bisa dilihat di gambar dibawah ini :

Posisikan kedua tang pada jump ring, dengan posisi tangan seperti digambar

Buat gerakan menarik pada tang, dengan gerakan berlawanan arah. Hingga jump ring terbuka.

Ketika jump ring telah terbuka, masukan manik- manik atau charm kedalamnya

Rekatkan kembali jump ring yang terbuka dengan bantuan flat nose pliers. Rapihkan sampai posisi kawatnya menutup sempurna.

Charm atau pendant siap digunakan
Mudah sekali bukan caranya ? Seperti yang saya  bilang di atas, postingan ini adalah postingan receh. Walaupun begitu insha Allah bisa memberikan manfaat bagi kalian yang tertarik dengan aksesoris buatan tangan.

Jika ada pertanyaan seputar tema " Jewelry Making " silahkan kirimkan pertanyaan kalian ke : filly.awie@gmail.com. 

Selamat mencoba...


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah mampir di sini. Silahkan komen dan share artikel ini, semoga bisa memberikan bermanfaat bagi banyak orang.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature