Cara membuat Loop menggunakan Eyepin (Free tutorial " making simple loop")

Mei 19, 2011

Simple Loop 


Simple loop adalah landasan/dasar untuk membuat aksesoris buatan tangan yang menggunakan bahan dasar kawat (wire working) atau eye pin dan head pin. Metode sederhana ini dapat membantu anda dalam mengerjakan banyak hal dalam proyek membuat aksesoris sendiri, jadi  teknik ini memang harus benar-benar anda kuasai. Simple loop itu sendiri bisa dibuat dengan beberapa macam metode. Kali ini saya akan mengulas cara membuat loop yang paling sederhana saja ya, cara yang paling mudah yang bisa dipelajari oleh kalian yang baru mau memulai membuat aksesoris buatan tangan.

Bahan yang Harus Disiapkan

Tehnik simple loop biasa dilakukan pada proses pembuatan aksesoris dari kawat yang berbahan dasar logam. Ada yang terbuat dari tembaga yang dilapisi oleh : aluminium, enamel, perak dan lain sebagainya. Kawat tembaga bahan aksesoris memiliki banyak sekali ukuran, tersedia sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Kawat tembaga biasanya berikan nomor ukuran sesuai dengan diameternya, menurut common jewelry uses of wire (AWG) kawat yang diberi ukuran besar justru memiliki diameter yang kecil, begitupun sebaliknya. 

Ukuran yang biasa digunakan mulai dari ukuran 32 gauge = 0.20 Milimeter sampai 10 gauge = 2.5 milimeter. Setiap ukuran kawat dugunakan untuk fungsi yang berbeda-beda, seperti kawat dengan ukuran gauge terbesar yaitu 32' dan memiliki diameter terkecil bisa digunakan untuk proyek wire working seperti untuk coiling, weaving dan knitting atau membuat rajutan pada kawat.

Kawat dengan ukuran terkecil yaitu 10 gauge bisa digunakan untuk membuat rangka bangle/cuff atau bisa dibuat aksesoris kawat dengan proses ditempa. Nah untuk membuat tehnik loop sebaiknya menggunakan kawat ukuran berapa ya ?

untuk membuat eye pin, head pin dan jump ring sebaiknya gunakan kawat dengan ukuran 20-22 gauge. Kawat dengan ukuran 20-22 gauge bisa dibilang memiliki kelenturan yang pas untuk dibengkokan dan dibentuk loop (lingkaran) dan  juga  cukup keras untuk dibuat rangkaian gelang dan kalung dengan tehnik loop.

Untuk kalian yang nggak mau repot membuat kalung atau gelang memakai kawat, kalian bisa membeli eye pin atau head pin tembaga yang siap digunakan. Eye pin dan head pin siap pakai bisa dibeli di penjual bahan aksesoris.

head pin : kawat tembaga dengan ujung datar

Eye pin ; kawat tembaga dengan loop di salah satu sisinya.


Cara Membuat Loop 

Siapkan bahan dan alat :

bahan : manik kristal dan eye pin

alat : cutter plier, round nose plier, needle nose plier

Langkah pertama




Masukan eyepin kedalam lubang yang terdapat di manik kristal. Kemudian posisikan manik2 di ujung eyepin, beri jarak sekitar 1cm dari ujung terluar manik-manik. Kemudian potong kawat eye pin yang masih tersisa.

langkah ke 2




Bengkokkan ujung kawat (yang 1cm tadi) menggunakan tang ujung bundar (round nose pliers), hingga membentuk sudut siku-siku (90 derajat). Kemudian buatlah bentuk setengah lingkaran di ujung kawat. Ketika sudah terbentuk setengah lingkaran, lanjutkan membuat lingkaran penuh dengan bantuan ujung bagian tang. Lakukan sampai ujung kawat menutup dan membentuk pola lingkaran.



Kurang lebih seperti ini jadinya. Tehnik membuat loop ada;ah tehnik dasar untuk membuat proyek aksesoris seperti kalung, gelang atau anting. Jika kalian sudah menguasai tehnik ini, kalian pasti bisa membuat berbagai macam aksesoris.

Mudah Mudah caranya, Selamat mencoba ...

Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan email ke : filly.awie@gmail.com








You Might Also Like

1 comments

  1. Makasii tutorialnya
    ... sgt berguna utk crafter pemula spt sy...

    BalasHapus

Follow Me

Press

Blogging Community