Kamis, 19 Mei 2011

Cara membuat Loop menggunakan Head Pin (Free tutorial " making simple loop")

Hai, Teman2

Sebelumnya kita sudah belajar membuat simple loop dengan menggunakan eyepin ya, untuk yang belum membacanya silahkan baca di sini. kali ini kita belajar membuat simple loop dengan mengunakan head pin. 

Apakah perbedaan eye pin dan head pin?

Dari bentuknya saja sudah terlihat perbedaan ya. Selain itu eye pin dan head pin memiliki fungsi yang berbeda. Eye pin bisa digunakan sebagai bahan dasar yang dirangkai dengan manik-manik dalam pembuatan kalung atau gelang. Bentuk eye pin yang memiliki loop di tiap sisi bisa dijadikan rangkaian yang tidak terputus atau sambung menyambung. 


Sedangkan untuk head pin, kawat dengan bentuk datar di satu sisi sekilas terlihat memiliki bentuk seperti paku. Head pin biasa diguankan dalam pembuatan pendant atau anting, untuk lebih jelasnya mari kita simak cara membuat loop dengan menggunakan head pin di bawah ini...

Bahan dan alat



batu ukuran 1,5mm, head pin dan spacer.

cutter plier, chain nose plier, round nose plier


Cara Membuatnya



langkah 1




Masukan head pin kedalam lobang manik-manik dan spacer. Posisikan manik-manik di bagian ujung head pin. Kemudian beri jarak sekitar 1 cm dan potong kawat yang masih tersisa. Bengkokan ujung kawat dengan menggunakan round nose pliers. bengkokkan hingga membentuk sudut siku2 (90 derajat) seperti terlihat pada gambar di atas.

langkah ke2




Bentuk setengah lingkaran di ujung kawat dengan bantuan round nose pliers, kemudian lanjutkan dengan membentuk lingkaran penuh dengan bantuan ujung roung nose pliers (lihat gambar). Bentuk lingkaran sampai ujung kawat bertemu dengan sudut siku tepat di tengah lingkaran


Lingkaran loop akan terlihat seperti ini

Pembuatan loop pada head pin akan terlihat seperti gambar diatas, rangkaian manik-manik yang dirangkai dengan head pin bisa anda gantungkan pada anting-anting atau kalung. Apakah anda tertarik untuk mencobanya ?

Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan ke ; filly.awie@gmail.com

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih telah mampir di sini. Silahkan komen dan share artikel ini, semoga bisa memberikan bermanfaat bagi banyak orang.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature