Dengan Poligami, Apakah Pernikahan Bisa Happy ??



Tulisan ini adalah sebuah tulisan balasan dari tulisan trigger post #KEBloggingCollab yang ditulis Mba Aya ( Kartika Nugmalia). Mba Aya mengajak kami (Emak-emak anggota KEB group : Najwa Shihab) untuk menuliskan sebuah tulisan opini tentang poligami. Awalnya saya sempat kekurangan ide untuk menulis topik ini, karena bahasan kali ini bukan topik obrolan biasa ya Mak, luar biasa bikin pusing dan deg-degan. Ketika menulis ini saya berusaha santai dan berusaha menjaga mood positive, plus sambil megangin perut karena takut maag saya kambuh gara-gara memikirkan topik poligami ini ๐Ÿ˜€. Sebelum membaca tulisan balasan saya, sebaiknya baca tulisan Mba Aya dulu yuk : Ada Apa dengan Poligami

Kenapa kata poligami rasanya selalu identik dengan sebuah praktek berumah tangga  yang ada dan diajarkan dalam Islam ya ?. Padahal poligami itu tidak hanya ada di Islam doang lho. Seperti yang di sebutkan oleh mba aya dalam tulisannya bahwa praktek poligami sudah ada dari zaman kerajaan dari dahulu kala bahkan praktik poligami sudah di kenal dari awal peradaban manusia.

Masa iya begitu??

Sayapun setuju sekali dengan pendapat Mbak Aya, bukankah pada zaman dahulu kala seorang raja boleh memiliki istri lebih dari satu, belum lagi ratusan selir atau hareem yang juga dimilikinya. Bukankah hal itu merupakan hal yang lumrah dan sah-sah saja pada zaman itu. Pada masa itu adakah yang protes atau demo ketika sang Raja berpoligami?. Contohnya Raja Montezuma II dari kerajaan Aztec yang dikabarkan memiliki 4.000 selir. Pada masa itu menurut aturan masyarakat dan kebudayaan di sana bahwa para bangsawan wajib memiliki banyak banyak selir sesuai dengan kemampuan mereka ๐Ÿ˜ฎ.

Pada zaman Rassulullah Muhammad SAW, turun ayat yang menjadi dalil poligami dengan membatasi poligami hanya sampai 4 istri. Pada saat itu Qois bin Tsabit merupakan salah satu sahabat Rassul SAW, yang ketika masuk islam sudah berpoligami dengan 8 istri. Ketika turun surat An-Nisa ayat 3, Rassullah SAW memerintahkan kepada Qois bin Tsabit untuk menikah hanya dengan 4 orang istri saja, kemudian harus menceraikan yang lainnya. ( CMIIW )

"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.[An-Nisa: 3]."
Jika kita baca ayat di atas, tersirat bahwa syarat utama poligami adalah keadilan, dan adil merupakan sebuah hal yang berat untuk dilakukan. Ini kalau menurut saya lho ya, ketika berbicara tentang rasa dan hati akan sangat sulit mengukur bentuk adil dalam pembagiannya. Lain halnya ketika kita diminta untuk memberikan hal yang tangible, seperti memberikan benda/makanan/rumah *eh. Rasa sayang, cinta dan benci adalah hal yang sulit untuk diukur dan ditimbang. Kalaupun ada sosok lelaki yang bisa adil dalam hal membagi hati, cinta dan kasih sayang, mungkin hal tersebut yang menjadi kunci suksesnya rumah tangga poligami. Sikap adil memang merupakan sikap yang sejatinya berat untuk dilakukan, hal inipun di sebutkan pada kalimat pertama dari ayat 129 dari surat A-Nisa ini.

"Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri- istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [An-Nisa: 129] "

Poligami atau Monogami ?

Poligami bukanlah sebuah bahasan yang ringan apalagi menyenangkan untuk dibahas (ini menurut saya lho ya), ketika akan membicarakan hal ini dalam hati saya langsung terasa sedikit rasa getir,bimbang,takut bercampur dengan rasa ingin tahu yang besar. Apalagi ketika harus membicarakannya dengan suami, ada rasa sedikit bimbang ketika mau mengutarakan perihal poligami ini. Kenapa mak?? Takut #Zonk Mak ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†, kebanyakan tanya-tanya nanti disangka lagi dikasih angin segar dan sepoi sepoi lagi, kalau salah-salah ngomong stabilitas rumah tangga bisa terguncang *garuktembok. Untungnya saya kenal baik suami saya, kami memang sering membahas segala tetek bengek urusan rumah tangga, kami menganut prinsip boleh membicarakan apapun. Karena menurut kami yang penting itu bukan topik pembicaraannya, tapi dengan siapa hal ini dibahas. Lebih baik membahas banyak hal dengan suami dan keluarga terdekat, curhat sepuasnya bebas-bebas aja. Dibanding saya harus bebas curhat sama teman lelaki yang bukan mahram saya, begitupun sebaliknya.

Setiap keluarga memiliki nilai-nilai yang dianut dan dipakai dalam kehidupannya masing-masing, saya tidak sedang membandingkan keluarga manapun. Tetapi menurut saya, poligami atau monogami semua itu kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Banyak keluarga yang sukses dengan praktik poligami, keluarga adem,ayem tentrem. Sudah banyak contohnya bukan? Mungkin kalian kenal Ustadz Arifin Ilham. Tapi banyak juga rumah tangga yang tidak bisa bertahan dengan kondisi suami beristri lebih dari satu. Begitupun dengan praktik monogami, tidak semua rumah tangga monogami sukses 100%, banyak juga yang gagal. Semua balik lagi ke prinsip dan nilai-nilai yang dianut oleh tiap rumah tangga.

Poligami atau monogami bukalah sebuah kunci kesuksesan dalam berumah tangga. Karena dalam berumah tangga dibutukan banyak hal lain selain kesetiaan dan komitmen, walaupun 2 hal tersebut merupakan salah satu faktor utama. Ketika saya memutuskan untuk menikah, pastinya saya sudah memastikan bahwa suami dan saya sudah menyetujui pakem-pakem dan nilai-nilai yang akan kita gunakan kelak ketika berumah tangga. Karena berumah tangga itu bukan perkara, "Ya usah jalanin aja dulu, apa yang terjadi ya gemana nanti..", yang pasti itu bukan prinsip saya. Menikah atas dasar cinta dan ingin bahagia sepertinya terdengar mainstream tapi hal tersebut memang sebaiknya harus ada untuk membangun pondasi berumah tangga yang kuat dan kokoh. Sebagai mahluk yang katanya diciptakan dari Mars dan Venus ini, suami dan istri memiliki banyak sekali perbedaan. Maka ada baiknya kita berkompromi terlebih dahulu tentang hal-hal basic yang akan dihadapi di awal-awal pernikahan. Jadi nih ya kalau pendekatan itu jangan cuma tanya kamu suka sama artis siapa?? karena artis yang kalian sama-sama sukai nggak akan membantu kalian melalui beratnya awal-awal masa berumah tangga *lho ๐Ÿ˜.

Buat saya salah satunya termasuk membicarakan perkara poligami dan monogami diawal sebelum pernikahan terjadi, karena buat saya poligami atau monogami ini perkara pilihan sekaligus prinsip. Memilih berpoligami, dengan dibicarakan jauh hari akan lebih fair buat pasangan yang dinikahi. Dibanding ketika sudah lama menikah dan menjadi suami istri, di tengah jalan sang suami baru mengemukakan niat yang berbeda. Bukankah banyak yang begitu ya? ada sebagian yang sukses ada yang pernikahannya hancur berantakan. Padahal membangun rumah tangga itu susah banget lho, tapi memang panjang pendeknya masa berjodoh kita dengan pasangan pastinya sudah ditentukan oleh Allah SWT. Kita cuma bisa berusaha.

Semua balik lagi ke masing-masing personal, mau pilih mana sok lah bebaskeun. yang penting keluarga ikhlas dan bahagia. Jika anda merasa poligami adalah sebuah konsep yang cocok dan baik dalam rumah tangga anda, sah-sah saja hal itu dilakukan. 1 hal yang harus kita ingat bahwa sebuah pernikahan adalah bentuk ikatan yang  mengikat 2 individu menjadi satu. Jadi sebuah pilihan dan keputusan yang dibuat baik oleh suami atau istri, pasti akan membawa baik manfaat atau akibat bagi pasangannya. Jadi saya setuju dengan saran Mba Aya, bahwa jujur dan mau berkomunikasi merupakan sebuah sikap yang wajib dilakukan, jika poligami adalah pilihannya.

Intermezzo


Buat saya dan suami perkara poligami merupakan urusan yang besar dan tidak mudah, dan bukan termasuk nilai-nilai yang kami anut. Bukan karena kami tidak mau taat terhadap perintah-NYA, tetapi lebih karena beratnya kehidupan saat ini. 

Bapak dan Ibu yang mungkin sedang membaca tulisan ini, yuk kita bayangkan jika Bapak dan Ibu merupakan masyarakat urban dengan tingkat perekonomian menengah kebawah yang berdomisili di daerah BoDeTaBek. Suami Ibu bekerja di Jakarta, dimana setiap habis subuh beliau harus berangkat kerja bisa dengan kendaraan sendiri. Kalau berangkat dengan mobil pribadi harus berangkat jam 05.15, kalau dengan motor bisa berangkat  jam 06.00, kalau naik commuterline bisa naik kereta yang 06.30 (udah maksimal banget ya ini). Pulang kerja minimal jam 20.00 udah alhamdulillah banget ini, Ibu-ibu bisa sumringah kalau Bapak bisa pulang jam segitu. Kalau lagi ada meeting atau hal-hal lainnya, bisa pulang ke rumah entah jam berapa. Kadang bertemu anak-anakpun susah, karena waktunya habis untuk berjibaku dengan kemacetan dan bekerja. 

Ibu-ibu banyak yang harus berperan ganda, sebagai ibu dan ayah sekaligus. Ya ngurus rumah, ya jadi supir juga, bahkan nggak sedikit ibu-ibu yang juga jadi mandor tukang bangunan. Buat para ibu hal tersebut bukan sebuah masalah besar, semua dilakukan sebisa mungkin demi terjaganya stabilitas rumah tangga yang nyaman dan bahagia. Bagaimana dengan Bapak? Buk, kalau ibu di suruh bayangkan Ibu pasti menangis. Bayangkan Bapak setiap pagi harus naik commuterline yang isinya orang semua dempet-dempetan berebutan pegangan di dalam kereta agar tidak jatuh, berhimpitan bahkan tanpa jarak 1cm memisahkan. Naik kereta di jam orang kerja itu lebih sadis dan berat dari arena hunger games lho bu?. Bapak yang ketika berangkat tadi sudah ganteng dan wangi, ketika turun dari kereta api kayak apa? jangan dibayangin ya bu. Belum lagi aksi dorong-dorongan ketika turun dari kereta api, mirip lomba tarik tambang waktu tujuh belas-an. Kalau ibu nggak percaya coba ibu tanyain ke bapak ๐Ÿ˜€.
Belum lagi kalau suami Ibu kerjaanya menyangkut tugas keliling daerah, jarang ada di rumah bahkan jarang ngajakin jajan (gemana mau jajan bareng, pulang aja enggak ๐Ÿ˜“). Akhirnya ibu harus berperan ganda menghandle banyak pekerjaan yang seharusnya dilakukan bersama-sama, seperti mengasuh anak contohnya. 

Hidup di zaman sekarang ini memang berat dan banyak tantangan, karena itu dibutuhkan kerjasama yang hebat antara bapak dan ibu sebagai kepala dalam rumah tangga. Karena tugas bapak dan ibu itu berat, yaitu membesarkan anak generasi millenial untuk siap hidup di zaman yang lebih luar biasa dari zaman orang tuanya. Mungkin ada baiknya bahagiakan dulu yang ke-1, baru kita bicara yang lainnya.

Kesimpulannya Poligami atau monogami semua balik lagi ke masing-masing individu yang menjalani pernikahan tersebut. Karena cuma kita yang tahu, dengan cara apa dan bagaimana kita bisa bahagia. Semoga tulisan ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kata-kata dan opini yang menyinggung. 

Tempat Wisata Murah di Bali, Cantik dan Nggak Nguras Kantong


(sumber:m-kuta.com)

Kalian pasti pada setuju kalau Bali disebut sebagai surga bagi wisatawan, baik dari mancanegara maupun turis lokal. Namun seiring dengan perkembangan zaman, beberapa tempat wisata di Bali pun ikut naik kelas dan harganya sudah tidak lagi murah. Mulai dari penginapan sampai dengan makanan, banyak yang mematok harga mahal karena memang berada di tempat wisata

Namun bukan berarti semua hal berharga mahal di Bali. Masih banyak lho penginapan, makanan dan juga tempat wisata yang murah meriah di Pulau Dewata. Sayangnya, tidak semua orang tahu kalau ada tempat-tempat wisata murah di Bali.

Nah buat kamu yang pengen liburan ala backpacking atau cuma punya dana cekak buat ke Bali. Coba deh simak 4 tempat wisata di Bali yang murah meriah ini.

Pantai Kuta


(sumber:masdonie.blogspot.com)
Pantai ini memang mainstream, hampir semua orang yang ke Bali datang ke Kuta. Karena ke Bali tanpa ke Pantai Kuta, rasanya qo kayak kurang afdol ya. Tentu saja bukan tanpa alasan, karena Kuta memang cantik dan lokasinya pun sangat mudah dijangkau. Banyak penginapan dengan harga terjangkau di kawasan Kuta dan Seminyak. Memang bukan hotel yang mewah, namun cukup nyaman dan aman, serta berjarak sangat dekat dengan pantai Kuta dan Seminyak. Jadi kamu bisa menghemat biaya transportasi dari penginapan menuju tempat-tempat ngehits yang bertebaran di Kuta. Lumayankan bisa tour ke cafe-cafe instagramable yang ada di sana, buat nongkrong dan photo-photo ๐Ÿ˜‰.

Pantai Sanur


Asyiknya Bali adalah semua akses menuju ke pantai tidak ditarik biaya, alias gratis. Termasuk di Pantai Sanur, tempat matahari terbit dengan indahnya di ufuk Timur. Pantai Sanur merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu datangi ketika di Bali.

Di kawasan Sanur juga terdapat banyak penginapan murah meriah, dengan harga di bawah Rp 150 ribu per malam. Selain itu juga ada warung makan yang murah, namun punya rasa yang sangat istimewa seperti Warung Mak Beng yang lokasinya tepat di tepi pantai Sanur. Cocok bangetkan untuk kalian yang sedang merencanakan liburan low budget ke Bali.

Ubud


(sumber:vogue.com)
Menikmati Ubud tidak harus menginap di villa atau resort yang mahal. Kamu juga bisa menikmati kawasan ini dengan jalan-jalan dan melihat pemandangan sekitar yang masih asri dan terjaga dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengabadikan pemandangan Ubud di layar camera anda, kemudian upload ke media sosial yang kalian punya.

Nusa Dua


(sumber:blog.baliswissvilla.com)

Di kawasan ini memang banyak resort mahal yang cantik. Namun bukan berarti kamu nggak bisa menikmati wisata murah meriah tapi tetap seru di sana. Salah satunya adalah Water Blow, tempat di mana kamu bisa merasakan serunya dihempas ombak yang menyembur dengan kencang di tepi karang. Di sekitar tebing karang sudah dibangun akses seperti jembatan. Berdirilah di sana dan rasakan air laut yang menghempas. Seru dan yang pasti, murah meriah.

Masih di kawasan Nusa Dua, kamu bisa menemukan pantai cantik bernama Suluban. Ombak di pantai ini dikenal besar dan karena itulah Suluban jadi favorit para surfer untuk menantang nyali. Selain itu di Suluban juga terdapat goa yang cantik, dengan air laut yang bisa masuk ke dalamnya. Memikat!

(sumber:surf-forecast.com)

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Denpasar, tempat-tempat wisata di atas adalah alternatif liburan murah selama di Bali. Agar liburanmu makin hemat, kalian bisa sewa sepeda motor selama di sana. Dengan harga sewa yang murah untuk rentang waktu sehari semalam, sepeda motor bisa membawamu ke banyak tempat dengan mudah dan murah meriah.

Pada dasarnya, wisata pantai dan gunung di Bali tidaklah mahal. Hampir semuanya memberikan akses gratis tanpa tiket masuk, hanya perlu membayar parkir. Yang menjadi pertimbangan agar lebih murah tentu saja jarak dan pemilihan tempat makan dan menginap. Dua hal inilah yang sebenarnya membuat liburan di Bali menjadi mahal. Padahal bisa disiasati bukan? 

Setelah membaca ini, yakin nggak mau liburan ke Bali?? Yuk ah sama-sama cari promo tiket ke Bali. Teteh juga sepertinya sudah terlalu lama sibuk di dapur, jadi butuh hideaway dengan piknik ke Bali ๐Ÿ˜‰. 

#SannengTalks 8 : Pernikahan Terbaper #RaisaXHamish atau #BAE ??

Photo source : https://www.instagram.com/thebridestory/?hl=en

Pada awal bulan September ini publik dibuat baper oleh 2 penikahan artis papan atas yang berita pernikahannya di beritakan sangat viral di berbagai media sosial. Penikahan penyanyi cantik Raisa Adriana dengan aktor tampan Hamis Daud dan pernikahan Chyntia Bella dengan Engku Emran menjadi sebuah moment pernikahan yang membuat banyak netizen baper sekaligus patah hati. Alhamdulillah para artis ini telah berhasil menyempurnakan setengah ibadahnya, dengan melaksanakan penikahan. Yang belum menikah, yuk ah di segerakan ๐Ÿ˜Š.

Kedua pernikahan ini seperti menjadi sebuah agenda perbincangan nasional, terlihat dari berbagai postingan di media sosial yang mengunggah banyak berita dan photo pernikahan beredar secara massive dan viral. Terlebih setiap postingan yang diupload juga menyertakan tagar #haripatahhatinasional jilid 2 untuk pernikahan #RaisaXHamish dan #BAE untuk pernikahan Bella dan Emran. Busyet banget #patahhati aja pakai jilid 1 jilid 2 segala ๐Ÿ˜….

Mungkin karena Teteh tergolong sudah cukup dewasa dan sudah sold out, jadi saya bisa menerima berita ini dengan sedikit lapang dada alias lumayan biasa saja. Teteh lebih #patahhatinasional oleh harga listrik sekarang, dibanding oleh pernikahan #RaisaxHamish. Jadi saya nggak terlalu ambil pusing mereka mau menikah sama siapa. Karena kenal ajah enggak, saudara aja bukan, ya cuma sekedar ngefans yang standar saja. Trus kalau mau posting sesuatu khusus buat mereka juga teteh takut, takut nggak dibaca sama mereka ๐Ÿ˜….

Walaupun begitu penikahan kedua artis papan atas ini bisa dibilang cukup phenomenal dan menghibur. Bagaimana nggak phenomenal plus menghibur?? Pas tanggal 3 September 2017 di semua medsos yang saya miliki, seketika banyak sekali postingan berita nikahnya #RaisaxHamish, segala macem photo dan video seliweran setiap buka timeline. Seharian penuh berita dan gambar diunggah dan di repost oleh banyak pihak, dari media sampai rakyat jelata. Untungnya banyak juga berita dan gambar yang menghibur. Dari upload photo editan muka pasangan pengantin di Instagram sampai kicauan kocak bertagar #patahhatinasional di Twitter. Hampir semua postingannya lucu-lucu, ada juga sih yang maksain ๐Ÿ˜… tapi justru karena maksain itu jadi kocak. Nggak percaya? sok lah search sendiri ajah.

Seandainya saya menikah sama Hamish Daud ๐Ÿ˜Š
Foto asli diambil dari : tribunnews.com

Nah lain lagi dengan berita pernikahan versi #BAE, acara pernikahan yang direncanakan sangat rapi untuk tidak tercium media dan publik ini. Akhirnya bisa ketahuan juga oleh media dan publik, setelah Bella mengunggah photo pengajian di rumahnya. Seketika netizen berbondong-bondong mengucapkan rasa bahagianya dan juga ikut serta mendoakan agar pernikahan Bella SAMAWA dan bahagia.

Ketika kabar pernikahan akhirnya tercium oleh publik, banyak netizen yang menyambut baik pernikahan yang diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia ini. Walaupun banyak juga yang salah fokus malah sibuk memberikan komen perihal makeup lah, bulu mata lah, photo ketika sang suami sedang sholatlah. Padahal mah kalau menurut saya nih ya, pernikahan itukan kalau bisa seumur hidup sekali ya. Ini kalau saya lho ya, 1 kali ajah lah cukup. Jadi ketika menikah itu pasti kita para perempuan pengen terlihat pangling, cantik secantik-cantiknya. Kalau bisa Lebih cantik dari KD atau Luna Maya, karena kalau makeup yang biasa-biasa ajah kan udah sering pastinya. Apa salahnya makeup sedikit tebel atau bold, toh yang bayar tukang makeup kan kita sendiri (*eh minta sama calon suami dong ya, kan kita dandan cantik buat dia kan ya๐Ÿ˜†). Acara juga acara kita sendiri, kita yang rencanain, kita juga yang sibuk. Terus kenapa orang lain yang pada sibuk komen? Coba #EtaTerangkanlah ??. 

Nah dari kedua pernikahan yang saya bahas ini, akan di bahas juga oleh teman-teman saya di #SannengTalks8. Yuk baca juga tulisan Ka Ery dan Qiah di sini :

Tulisan Ka Ery & Tulisan Qiah

Officially married: @raisa6690 and @hamishdw ❤️ We're starting Facebook LIVE from the venue soon so stay tuned at Bridestory Indonesia Facebook page or simply click our profile link! #BridestoryXRaisaHamish Copyright of Bridestory.com @thebridestory | Wedding Consultant: Hilda by Bridestory @by.hilda | Venue: AYANA Midplaza Jakarta @ayanajakarta #ayanajakarta | Wedding Organizer: @arteaorganizer | Pemandu Adat Akad: Ibu Lien Herlina | Photography and Videography: @davidsalimphotography @davidsalim | Decoration: @cosaprojects | Flowers: @mimsybotanical | Furniture: @trouvevintage | Tableware Rentals: @thehosttable | Lighting: @lightworks.id | Bride's Dress & Attire Akad: @verakebaya | Men's Formal Wear Akad: @verakebaya | Family's Dress & Attire: @verakebaya | Bride's Make Up Akad: @marlenehariman | Bride's Hair & Headpiece: Sanggar 27 | Bridesmaid's Dress: @petiteandthebuns | Invitation: @thedistilleryasia | Favors & Gift: @teanco.id @teanco.gifts | Design box favors & gift: @thedistilleryasia | Soundsystem: @aphsoundlab | Mahar box: @rose_arbor_seserahan @mahar_by_rosearbor | Wedding Ring: @tiffanyandco | Groom's Grooming: @barry_ritonga
A post shared by Bridestory (@thebridestory) on

Kalau seandainya saya diminta untuk memilih mana diantara kedua pernikahan ini yang merupakan pernikahan #terbaper ??, jawaban saya sudah pasti ya pasangan #RaisaXHamish lah. Gemana netizen nggak baper cyiiin, mereka berdua secara fisik sudah mirip seperti pasangan Ratu dan Raja yang ada di dongeng cerita. Princess cantik dan Prince charming ๐Ÿ˜, sama-sama single, cantik dan ganteng banget plus idola para lelaki dan prempuan se-Indonesia Raya. Pesta yang digelarpun merupakan pesta pernikahan impian bagi setiap calon pengantin, pesta resepsi digelar di hotel mewah di Ibukota lengkap dengan dekorasi yang indah dan acara yang meriah. Selain itu pada waktu resepsi pernikahan Raisa memakai gaun rancangan designer kelas dunia : Elie Saab, ini perancang idola teteh banget ๐Ÿ˜. Karena acara resepsi #RaisaXHamish bertema International Wedding, jadi merekapun melakukan dansa setelah resmi menjadi MR & Mrs. Wyllie plus ada photo official kiss pula ๐Ÿ˜˜ mirip sekali dengan pesta dansa di dongeng princess yang sering saya lihat di channel disney.

Alasan lain kenapa saya memilih #RaisaXHamish sebagai pernikahan #Terbaper karena seingat saya, seumur hidup saya baru kali ini saya melihat netizen begitu antusiasnya untuk menyatakan patah hati secara berbarengan. Saya jadi teringat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang sempat disiarkan secara global ke seluruh dunia. Seluruh dunia serta merta ikut bahagia, saya saja sampai ikut menonton plus ikut bahagia. Walaupun skala pernikahan #RaisaXHamish masih skala nasional, tapi semangad dan antusias para netizen dalam menanggapi acara ini bisa dibilang luar biasa. Terbukti dari tanggapan Bapak Presiden Jokowi dalam pidatonya di acara Dies Natalis Ke 60 UNPAD, Bapak Presiden memberikan tanggapan atas banyaknya komplain mengenai ' 2 aset Negara yang lepas ke tangan asing'. Netizen sampe segitunya yaa ๐Ÿ˜…, #RaisaXHamish you rock man !!!


Tapi sebagai fans cukup berat Cynthia Bella, saya amat sangat terinspirasi dari pernikahan #BAE ini. Terlepas dari pesta, gaun dan tetek bengek detail pernikahan dan pestanya, saya kagum dan salut pada perempuan cantik ini. Setelah cerita cintanya yang kadas diberitakan di sana sini, Bella lebih memilih diam dengan tidak menanggapi banyak berita yang beredar, diam seribu bahasa. Saya bayangkan jika itu terjadi pada diri saya yang bukan siapa-siapa, bukan artis papan atas seperti Bella. Pasti saya sudah pusing dan stress harus menanggapi banyak pihak yang kepo bertanya ini itu, apalagi hidup di jaman sekarang di mana informasi dan berita bisa tersebar dengan sangat cepat. Haduh kebayang banget pasti banyak orang akan chat dan bertanya ini itu, belum lagi cerita yang sebenarnya terjadi bisa berkembang bahkan beranak dengan tambahan bumbu praduga dan bumbu opini. Membayangkannya saja sudah pusing, apalagi kalau hal itu adalah kenyataan๐Ÿ˜ฑ.

Sedangkan Bella adalah artis tanah air yang memiliki penggemar luar biasa banyak, apapun yang Bella pakai, lakukan dan putuskan pasti akan di sorot oleh media dan para fansnya. Begitupun dengan cerita mengenai pertunangannya yang kandas. Publik seketika ikut bersimpati, membahas dan ada juga yang bergossip, ya tentunya hal ini merupakan sebuah resiko dari profesi seorang publik figur. Saya salut dengan sikap Bella di tengah badai patah hati yang sedang melanda, beliau tetap positive dan tetap melakukan kegiatan produktif sebagai seorang aktris. Dan Bella tidak membutuhkan waktu lama untuk segera bangkit untuk memulai kisah cinta yang baru, hal tersebut terlihat dari postingan IGnya yang mengisaratkan ada sosok baru dalam hidupnya. Ketahuan deh akhirnya kalau saya sering kepo-in IGnya Bella ๐Ÿ˜….

Sampai akhirnya tersebar photo pernikahan Bella dan Engku Emran di media sosial. Kira-kira butuh berapa lama Bella bangkit dari patah hatinya?? hanya butuh hitungan bulan. Ada banyak hal yang bisa kita petik dari perjalanan cinta Bella sampai akhirnya bertemu dengan Engku Emran. Bahwa setiap orang pasti akan bertemu dengan jodohnya, cepat atau lambat. Dan untuk orang yang bukan jodoh kita, mau diusahakan sekuat apapun kalau bukan jodoh pasti akan berpisah dengan cara-NYA. Ada banyak cara dan skenario bagaimana Tuhan memisahkan kita dengan orang yang bukan jodoh kita, bisa dengan kejadian yang pahit dan menyedihkan misalnya. Tapi lebih baik berpisah sekarang sebelum terjadi pernikahan, dibandingkan harus berpisah nanti setelah semuanya terjadi. Kenapa? karena pastinya lebih sakit cyiinn ๐Ÿ˜ญ.

Hal lainnya yang bisa saya ambil adalah, apapun yang sudah terlepas dari hidup kita sebaiknya cepat-cepat kita tinggalkan dan lupakan. Kalaupun harus diingat kembali, ingatlah sebagai pelajaran hidup yang bisa kita ambil hikmahhnya. Jangan terlalu diingat-ingat juga, karena ngapain juga diingat kalau dia aja nggak ingat kalian, sia-sia banget jadinya. Jadi buat kalian yang masih sering dihantui oleh bayang-bayang para mantan, sebaiknya bayangan itu segera ditenggelamkan๐Ÿ˜†. Mantan??? hempas cantik aja cyiin, masih banyak kanditat lain yang lebih oke dari barisan para mantan. Yuk mending cari lelaki yang mau cepat-cepat halalin kamu, dibanding yang sibuk PHP kamu. Hari gini masih mau di PHP-in emang kalian pizza ???? ๐Ÿ˜€✌.

Jadi kesimpulannya #RaisaXHamish memang belum ada lawannya dalam membuat patah hati para netizen se-Indonesia. Dan Bravo buat Bella yang bisa membuat netizen tercengang dengan betapa cepatnya dia bangkit dari #patahhati. Kalau menurut kalian pernikahan siapakah yang paling bikin kalian #baper?






Sosialisasi Logo Branding Explore Makassar 2017


Sumber photo : http://pesona.indonesia.travel/berita/reposisi-logo-wonderful-dan-pesona-indonesia-2016/

Wonderful Indonesia Dan 10 Destinasi Wisata Indonesia



Bersamaan dengan penetapan logo terbaru Wonderful Indonesia 2017, Kementrian Pariwisata juga ikut menetapkan 10 Destinasi Branding yang akan mendukung pariwisata Indonesia di kancah Internasional. Ke-10 Destinasi Pariwisata Indonesia tersebut telah dilaunching di Gedung Sapta Pesona Jakarta, yang merupakan Kantor Kementrian Pariwisata (KemenPar) pada 14 Juni 2017. 10 Destinasi yang telah ditetapkan beserta branding dan logo pariwisatanya adalah : Bali-The Island of Gods, Stunning-Bandung, Majestic-Banyuwangi, Enjoy-Jakarta, Java-Cultural Wonder (Jogja-Solo-Semarang), Friendly-Lombok, Colorful-Medan, Wonderful-Riau Islands (Kepri), Explore-Makassar, Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat).

Ke 10 destinasi pariwisata ini merupakan bagian dari Branding Wonderful Indonesia 2017. Branding ini dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan wisatawan baik asing maupun lokal datang ke Indonesia dan daerah wisatanya. Dengan adanya branding destinasi daerah pariwisata, setiap daerah yang telah ditetapkan dalam 10 destinasi pariwisata bisa melakukan upaya promosi pariwisata yang bersinergi dengan promosi Wonderful Indonesia.


Menurut Mentri Pariwisata Bapak Arief Yahya, yang di kutip dalam siaran pers : Launching 10 Destinasi Branding Baru dan Pameran A New Chapter of WI. Bapak Mentri menyebutkan bahwa :" Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15juta dan meningkat menjadi 20juta pada tahun 2019".

Saat ini Indonesia berada diposisi ke-42 dalam Destinasi Wisata Dunia, dimana pada tahun sebelumnya berada di posisi 47 Dunia. Indonesia bahkan mengalahkan negara tetangga Malaysia yang berada di posisi 90-an. Harapan kedepannya Indonesia bisa meraih posisi yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Baca Juga : Durian Otong Emas Si Manis Berduri Dari Kab. Luwu

Explore Makassar Sebagai Salah Satu Destinasi Pariwisata Indonesia

Tari Paraga dipertunjukan sebagai tari pembukaan di acara kemarin

Pada tanggal 31 Juli 2017 lalu, di Hotel Aston makassar telah disosialisasikan kepada masyarakat dan media mengenai Logo Destinasi Branding Kota Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata dalam program Wonderful Indonesia. Acara yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Makassar ini dibuka oleh Wakil 2 Walikota Makassar Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si, yang dalam pidatonya mengucapkan rasa terimakasih yang dalam atas terpilihnya Makassar menjadi salah satu destinasi wisata dalam Wonderful Indonesia. Juga sekaligus menyatakan dukungan pemerintah Kota Makassar dan masyarakatnya agar program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si memberikan pidato sambutannya

Setelah Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si secara resmi membuka acara pada siang itu, sambut dilanjutkan oleh Ibu Elizabet Hutagaol yang merupakan Kepala Bidang Komunikasi Media Ruang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara KemenPar. Dalam Pidatonya Ibu Elizabet menyebutkan bahwa Kota Makassar memiliki potensi yang luar biasa dalam hal pariwisata. Baik dalam hal  budaya, kuliner, handycraft  dan juga menjadi gerbang penghubung antara wilayah barat dan timur Indonesia. Dengan begitu harapannya Makassar bisa menjadi tempat eksplorasi pariwisata bagi wisatawan dalam negri dan manca negara.

Ibu Elizabet Hutagaol ketika membacakan pidatonya

Ibu Elizabet menjelaskan alasan penggunaan gambar kapal phinisi yang dipasang pada logo eksplore Makassar. Pemasangan gambar kapal phinisi ini menggambarkan simbol jati diri, dari karakter masyarakat yang tegas dan berani. Selain memiliki nilai sejarah, Phinisi juga mencerminkan budaya bahari. Yang dianggap cocok dengan posisi geografis kota Makassar yang berada di waterfront city. Ibu Elizabet juga menyebutkan bahwa Branding Eksplore Makassar telah dipromosikan dibeberapa negara seperti Singapura, Malaysia, China dan Jerman.

Harapan kedepannya Logo Branding Explore Makassar bisa digunakan untuk produk lain selain produk pariwisata. Karena itu dibutuhkan dukungan dari banyak pihak baik dari Pemerintah maupun masyarakat luas, agar terlaksana dan suksesnya Branding Ekplore Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang mendunia.

Logo Branding Explore Makassar


Sumber photo : http://lintasterkini.com/

Dalam diskusi yang dipimpin oleh Bapak Hendra Nik A. selaku moderator dan juga Kepala Badan Promosi Pariwisata Dispar Makassar. Dalam diskusi bersama 2 narasumber yang di undang, yaitu Ibu Laila Chairi M.Si (Dosen Komunikasi) dan Bapak DR. Heri Margono. Dalam diskusi interaktif ini dijelaskan secara detail tentang Logo Explore Makassar baik secara filosopi dan komposisinya. 

Ibu Laila Chairi M.Si membawakan presentasinya mengenai Logo Branding Explore Makassar

Ibu Laila Chairi M.Si dalam presentasinya menjelaskan tentang Logo Branding Explore Makassar, bahwa dalam logo tersebut terdapat nilai nilai yang mencerminkan masyarakat kota Makassar. Nilai-nilai tersebut adalah : membumi, open, jujur, ramah, lembut, pantang menyerah, terbuka dan tegas. Beberapa nilai yang disebutkan tadi juga sering saya dengar dalam penjelasan karakter sombere.

Logo Explore Makassar menggambarkan nilai unsur budaya yang agung serta alam yang memukau. Masyarakat yang ramah dan siap menyambut pengunjung, menjadikan pintu gerbang modern yang menghubungkan anda dengan keajaiban Bumi Indonesia timur. Logo Explore Makassar merupakan logo yang terintegrasi dengan logo Wonderful Indonesia. Dalam penggunaan logo harus mengikuti aturan dan ukuran baku yang telah ditetapkan oleh KemenPar.

Sedangkan nara sumber lainnya yaitu Bapak DR. Hery Margono, memberikan penjelasan tentang percepatan dari program Explore Makassar. Bahwa untuk mensukseskan kegiatan Branding Explore Makassar harus memperhatikan unsur yang disebut 5A, yaitu : 
➤Attractiveness = adanya daya tarik yang menjadikan tempat pariwisata sebagai sebuah daya tarik yang membuat wisatawan ingin datang berkunjung
➤Access = Akses ke tempat wisata harus di bangun dengan baik
➤Amenities (fasilitas pendukung) =  Fasilitas pendukung wisata seperti hotel, jalan dan lain sebagainya harus di perhatikan dan di tingkatkatkan.
➤Awwarness = membangun kesadaran kesadaran masyarakat atas potensi lokal yang di miliki daerahnya
➤Anciliary = kesediaan orang untuk terlibat dari berbagai pihak, agar program Explore Makassar bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Jika ke-5 hal tersebut dapat terlaksana dengan baik, akan memberikan kemudahan bagi para wisatan baik asing maupun lokal untuk datang dan berkunjung ke Makassar.

Untuk mensukseskan sebuah brand menjadi dikenal dan memiliki daya jual yang tinggi, diperlukan proses yang panjang serta peran serta banyak orang. Tugas pempromosikan kota Makassar tidak hanya ada di pundak Pemerintah baik KemenPar dan DisPar Makassar saja, tapi juga membutuhkan dukungan sepenuhnya dari masyarakat kota Makassar. Mari kita sukseskan Branding Explore Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata Indonesia.  Dengan ikut serta membangun kesadaran masyarakat dan bersedia ikut serta untuk memasarkan pariwisata yang ada di kota Makassar.

Blogger bersama Bp. Hery Margono dan Bp. Roem dari Dispar Makassar

Yuk kita mulai dengan memperkenalkan 10 destinasi wisata yang ada di kota Makassar, ke-10 tempat destinasi yang saya tahu :
1. Pantai Losari
2. Pantai Akarena
3. Makan Syekh Yusuf
4. Benteng Fort Rotterdam 
5. La galigo Museum
6. Pelabuhan Paotere
7. Trans Studio Makassar
8. Monumen Mandala
9. Makan Pangerang Diponegoro
10. Masjid Amirul Mukminin  (Masjid Terapung)

Dari ke 10 destinasi wisata diatas, yang mana saja yang sudah kalian datangi? atau mungkin masih banyak destinasi lain yang saya belum ketahui, yuk tambahkan di bawah ini...



Sumber Tambahan : http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=3612

Hologram Cafe Instagram-Able Kekinian


Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang
-Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Holografi-

Hello semua, seperti biasa setiap hari senin kita bertemu lagi di cerita #Sannengtalk. Tema #SannengTalk kali ini diberikan oleh Ka Ery, beliau meminta kami membahas tentang Hologram  Cafe & Eatery. Kebetulan kami bertiga pernah lunch bareng di sana. Selain itu Hologram juga kami jadikan tempat pemotretan untuk tema #SannengTalk5 kemarin. Yuk mari kita bahas sama-sama tentang Cafe and Eatery yang bisa di bilang masih gress alias baru buka ini.

Hologram Cafe & Eatery


Hologram cafe buka sejak tanggal 12 Mei 2017 ini masih tergolong cafe baru di kota Makassar. Walaupun begitu Hologram sudah bisa menarik banyak pengunjung untuk datang. Kota Makassar bisa dibilang selalu update dalam hal trend restauran dan kuliner. Hal tersebut bisa kita lihat dari begitu banyaknya pilihan cafe dan restaurant yang ada, katanya sih Orang Makassar suka sekali sama wiskul (wisata kuliner). Kegiatan makan di luar rumah dan ngopi-ngopi di cafe sudah menjadi bagian dari kebudayaan orang-orang di sini. Pantesan ya Makassar terkenal dengan berbagai makanan enaknya.

Menjamurnya cafe dan restauran di Kota Makassar membuat banyak pengusaha kuliner harus berusaha extra agar tempatnya tetap didatangi para pelanggan dan pengunjung baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan menu makanan dan minuman yang enak, pun ramah di kantong pelanggan. Selain itu cafe dan restoran pun harus menonjolkan keunikan tema dan tempat yang nyaman bagi setiap pelanggan yang datang.


Hologram cafe yang terletak di Jl. Onta Lama No. 54 Makassar ini mengadaptasi gaya retro. Retro style dapat di artikan sebagai gaya kekinian yang mencerminkan gaya yang pernah ada di masa lalu. Retro style biasa menggabungkan beberapa style interior dibeberapa era berbeda untuk menjadi sebuah style baru. Gaya retro sendiri lebih umum digambarkan sebagai gaya design interior yang ada di tahun 50-an, 60-an dan 70-an. Gaya retro akan memanjakan mata kita dengan menampilkan gabungan warna-warni dan style baik dalam furniture, dekor dan details lainnya. Hologram cafe bisa dibilang cukup sukses mengadaptasi style ini, dengan menggunakan warna toska sebagai warna dominan, cafe ini disulap menjadi sebuah tempat yang menarik dan tidak membosankan.

Sesuai dengan namanya Hologram cafe juga berhasil menghadirkan nuansa warna warni seperti yang bisa di lihat dalam sebuah gambar hologram. Di sini sempurat warna warni itu di aplikasikan dalam berbagai media. Dari mulai warna dinding, furniture, dekorasi dan masih banyak lagi.


Baca juga tulisan Hologram Versi Ka Ery dan Versi Qiah 

Beberapa waktu lalu, kami ber-3 (Saya, Ka Ery, Qiah) sempat melakukan photo #OOTD ala ala di Hologram. Photo untuk tema #SannengTalk5 yang pada saat itu membahas tentang ini. Untuk pemotretan #OOTD ala ala, kami ber-3 berusaha mencari cafe yang unik, cantik dan kekinian. Kalau bisa sih cafe baru, biar bisa sekalian review ๐Ÿ˜…. Setelah mencari-cari dan berdiskusi akhirnya pilihan kami jatuh ke Hologram Cafe & Eatery. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih Hologram sebagai tempat pemotretan. Selain karena cafe baru alasan lainnya adalah :

➤ Terang Karena Cahaya Matahari


Sebagai seorang yang suka photography, saya suka sekali dengan tempat yang terang oleh cahaya matahari. Kalau tempatnya terang dan sumber cahaya matahari yang masuk banyak, Insha Allah akan menghasilkan photo dengan qualitas yang cukup baik. Saya pakai camera DSLR Canon 1100D, kalau memotret di tempat yang remang-remang atau kurang cahaya dengan menggunakan lensa kit. Membuat saya mengalami banyak kendala dan hasil memotretnyapun kurang bagus. Photo yang dihasilkanpun kadang blur bahkan banyak noisenya. Entah memang karena kameranya yang kurang canggih atau kemampuan motret saya yang drop cyiinn ๐Ÿ˜…. Jadi kalau ada job review cafe atau job motret lainnya, saya harus memastikan tempatnya terang atau tidak. Jangan sampai udah datang ke tkp pas di sana cameranya nggak compatible dengan kondisi tempat yang lowlight. Hologram merupakan kafe yang terang dan berlimpah cahaya matahari, artinya ramah untuk camera canon 1100D saya ๐Ÿ˜†.

Salah satu meja dengan kursi bench ini terdapat di Lt.2 Hologram cafe.

Baca Juga : Makanan Gastronomi Kekinian Di Myko Hotel Makassar

➤ Konsepnya Unik


Konsep retro yang diadaptasi oleh Hologram, membuat setiap sudut cafenya terlihat unik, kekinian dan intagram-able. Kekuatan sebuah cafe yang memiliki instagram-able faktor, bisa menjadi daya tarik yang kuat untuk mendatangkan para pegunjung. Hal itu bisa dibilang kaya penglarisan zaman sekarang ๐Ÿ˜…. Semakin bagus konsep cafenya semakin banyak yang penasaran dan ingin datang, menu pun menjadi sebuah daya tarik yang harus dikemas dengan cantik dan capture-able. Gaya hidup zaman sekarang menuntut kita datang ke cafe bukan hanya untuk makan, tapi juga harus melakukan mandatory-selfie dan memotret makanan yang kita pesan. Demi apa coba??? This is the reality, whether you like it or not ๐Ÿ˜Š. Some people doing it for fun and some other doing it to gain follower ๐Ÿ˜€. Never underestimate the power of social media!


➤ Steal-able Interior Look

Dekorasi dinding tangga yang steal-able

Kalian kalau datang ke cafe selain untuk makan biasanya ngapain? Kalau saya datang ke cafe yang pasti sih karena lapar mau makan, Ya iyalah masa mau cari rinso ๐Ÿ˜…. Selain untuk makan banyak orang datang ke cafe untuk nongrong atau kongkow-kongkow bersama keluarga dan teman dekat, bahkan kadang meeting juga di cafe. Sebagai IRT yang kadang penat dengan kegiatan sehari-hari, cafe bisa menjadi salah satu tempat untuk mencari inspirasi. Salah satunya adalah inspirasi dalam urusan mendekor rumah. Cafe dengan design interior yang cantik bisa menghadirkan banyak ide dibenak Teteh. Nah di Hologram ini banyak sekali details interior look yang menurut saya steal-able banget. Sebenernya bikin hati Ibu-ibu bahagia itu gampang banget lho, tinggal ajak ke cafe trus pas pulang ajak lah ke Home Decor Store untuk belanja furniture dan printilan dekorasi rumah baru. InshaAllah Teteh mah langsung bahagia ๐Ÿ˜.

Nah bagus nih bikin rak kaya gini, mungkin bisa pesan ke tempat pembuatan pagar rumah

➤Bersih dan Nyaman


Sekeren-kerennya cafe kalau kondisinya tidak bersih dan tidak nyaman pasti pelanggan tidak akan betah untuk berlama-lama di sana. Apalagi buat orang yang agak OCD kayak saya ini, kebersihan cafe terutama rest roomnya menjadi salah satu faktor utama selain makanan dan konsep. Untungnya Hologram  memiliki semua faktor itu. Terlebih di Lt.1 dipasang kaca besar di amping tangga yang menuju ke lantai 2. Kaca tersebut sebenarnya pintu masuk menuju rest room, kondisi rest room juga bersih dan didekor cantik persis seperti tema cafe Hologram. Aksen kaca tersebut juga mempunyai fungsi membuat ruangan cafe terlihat lebih besar dan bersih, sehingga para pengunjung betah berlama-lama di sana. Di Hologram juga tersedia Mushola, ini nih saya selalu suka dengan cafe di Makassar. Hampir setiap cafe di kota ini selalu menyediakan ruangan sholat untuk para pengunjung. Musholanya terletak di Lt.2 cafe, persis disebelah tangga ketika memasuki Lt.2. Di Lt.2 juga terdapat panggung untuk pertunjukan musik akustik yang biasa di gelar setiap Jum'at Malam.


➤ Menu Enak Harga Bersahabat


Berbicara tentang cafe hal pertama yang kita bicarakan seharusnya adalah tentang menu makanan dan minuman, sesuai dengan fungsinya cafe adalah tempat makan. Cafe dengan menu yang enak dan harga sesuai, akan berpotensi menjadi cafe andalan yang ramai dikunjungi pengunjung. Hologram cafe menghadirkan makanan ala westren dan Indonesia didalam daftar menunya. Menu yang disajikan berupa menu pizza, appetizer, main course, dessert dan beverages. Harganyapun bisa dibilang cukup affordable dimulai dari harga 15K untuk menu minuman dan Harga tertinggi sebesar 80K untuk menu main course. Ada beberapa menu best seller yang direkomendasikan oleh Chef, dan menu tersebut telah kami coba ketika makan siang bersama di sana.


Menu Hologram Mixed fries ini dibandrol dengan harga 45K (before tax), berisikan sosis goreng, nugget dan french fries yang cukup banyak dan mengenyangkan. Satu hal yang nggak kalah penting, rasanya enak.


Menu ayam penyet dibandrol dengan harga 38K (before tax), satu menu lengkap ayam, nasi plus soup ini rasanya enak sekali. Sajian ayam goreng yang gurih yang dipenyet bersama sambal matah yang pedas nyoyyy ini bikin makan jadi lahap sekali.



Pizza Hologram style merupakan salah satu menu best seller yang direcommend oleh chef. Dibandrol dengan harga 68K (before tax), terdapat 8 potongan pizza yang bisa disantap bersama-sama. Pizza dough nya tipis dan lembut berbeda dengan pizza ditoko sebelah *eh, toppingnyapun meriah dan kaya akan keju. Jadi bikin lidah bahagia dan perut menari-nari kegirangan.

Iced Thai tea 25K (before tax)

Iced green tea 25K (before tax)

Baca juga : UrbanistBox Cafe Dan Kantor Anti Mainstream Di Makassar

Dari beberapa alasan diatas, kami berfikir Hologram memang tempat yang tepat untuk dijadikan tempat makan dan memotret. Yuk kita lihat hasil pemotretan yang kami lakukan di sana.

Photo sumber : qiahladkiya.com
Pemotretan dibagian depan cafe dengan backgroud glass mural yang cantik dan menarik. *Eh dibelakang juga ada model cilik sedang liatin bundanya yang lagi sibuk memotret saya ๐Ÿ˜†.

Pic. source : qiahladkiya.com

 Picture source : qiahladkiya.com

Pic. source : qiahladkiya.com

Terimakasih sudah mampir disini, semoga tulisan ini bisa memberikan informasi mengenai tempat nongkrong baru yang kekinian di Makassar. Kalau menurut kalian Hologram cafe ini keren dan kekinian nggak? Saya suka sekali nongkong di cafe dan restoran yang kekinian dan instagram-able. Bagaimana dengan kalian? suka yang kekinian atau yang vintage yuk bahas disini...

Hologram Cafe & Eatery

Jl. Onta lama no.54, Makassar
Buka : Setiap Hari, jam 09.00-24.00 Wita
Telepon : 082280888202 - 081224022233
Ig : @hologram_cafe

Merdeka Berbahagia Menerima Hidup Apa Adanya


Kemerdekaan Indonesia

Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia telah 20 hari berlalu. Bendera yang berkibar di depan-depan rumah dan tiang pagar gedung di jalan protokolpun telah banyak yang diturunkan. Bendera itu dibersihkan kemudian dilipat dan ditaruh di dalam lemari. Ditaruh di sana sampai tahun depan, baru kemudian dikibarkan lagi.

72 tahun sudah kita menghirup udara kemerdekaan, terbebas dari belenggu penjajahan dan penindasan. Masa-masa penjajahan yang berlangsung ratusan tahun menjadi sebuah pelajaran penting bagi setiap anak bangsa. Penting!! Karena penjuangan yang dilakukan para pahlawanlah bangsa ini bisa merdeka. Berkorban nyawa, harta dan segala upaya mereka lakukan agar Negara dan Bangsa ini merdeka. Setelah para Proklamator Bangsa memproklamirkan Proklamasi dan Bendera Merah Putih dikibarkan, semenjak itu Indonesia Merdeka. Merdeka menjadi bangsa yang berdaulat.

Arti kemerdekaan dan kedaulatan Negara salah satunya adalah bisa mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi rakyatnya. Karena negara yang merdeka bebas menetapkan kebijakan yang membawa kebaikan dan kemakmuran bagi bangsa dan rakyatnya. Terus kalau kalian gemana? Apa arti merdeka bagi kalian?

Baca juga : #CurhatTeteh : 24 Jam Bersama Kerjaan Yang Nggak Pernah Beres

Hidupku Kemerdekaanku


Kalau saya di tanya: " Apa arti kemerdekaan buat saya dan hidup saya ?". Sebelum menjawabnya saya akan terdiam dan hening selama beberapa saat. Memikirkan baik-baik apa yang akan saya ucapkan, menimbang lagi dan lagi sambil mikir lagi *gituaja terus sampai besok ๐Ÿ˜…. Jujur ini pertanyaan yang susah-susah gampang untuk di jawab. " Hidup merdeka itu hidup bahagia tanpa belenggu, bebas tidak di jajah, damai tanpa kebencian. " - arti merdeka bagi Awie-

Sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) arti merdeka bisa diejawantahkan dalam bentuk yang sangat sederhana. Merdeka itu pagi-pagi cucian kelar, sarapan sudah lengkap, berbenah juga selesai disitu Teteh merasa merdeka sekali. Merdeka bisa juga berarti pagi-pagi dapat kiriman rantangan dari tetangga yang isinya lauk pauk lengkap untuk makan seharian. Ya Allah ini mah rezeki banget plus merdeka karena nggak usah masak seharian.

Contoh diatas adalah merdeka dalam bentuk terbebas dari pekerjaan rutin Emak-emak ya. Arti kemerdekaan sesungguhnya bagi saya adalah ketika saya bisa bahagia menerima hidup apa adanya. Berdamai dengan diri sendiri dan menerima keadaan dan kondisi hidup kita seutuhnya. tapi kadang tanpa kita sadari banyak prilaku diri kita yang bertolak belakang dengan apa yang kita ucapkan. Bilangnya sih "...nggak apa-apa deh rumah gue segini doang, sempit juga gue bahagia. Asal Suami gue baik sama setia, gue mah bersyukur aja". *Eh giliran tetangga beli tanah belakang rumah, hidup kita mendadak nggak tenang. Sibuk cari informasi tetangga dapat uang dari mana bisa beli tanah belakang ๐Ÿ˜…. Mendadak merasa terbelenggu dan terjajah sekali sama tanah di belakang rumah ๐Ÿ˜€. Jika itu terjadi pada hidup kalian, mungkin jiwa kalian lagi berkabut coba mainkan lagunya #EtaTerangkanlah.

Ada juga kejadian kayak begini, bilangnya nggak punya uanglah, bokeklah atau mau ngiritlah. *Eh giliran browsing situs belanja online terus liat icon SALE 50% OFF muncul di halaman paling depan. Langsung mendadak amnesia dengan segala niat yang sebelumnya diucapkan. Merdeka dari perilaku konsumtif adalah satu hal cukup sulit saya lakukan. bagaimana mau merdeka? Kalau setiap buka smartphone halaman yang pertama kali muncul adalah situs belanja online atau Instagram yang isinya kata-kata sale, hurufnya di-highlight atau kadang kata-kata sale malah kedap-kedip kaya lampu disko bikin mata yang ngantuk langsung mendadak segar. Sumpah saya tuh merasa terjajah banget sama online shop, belum lagi transaksinya gampang bangetkan hanya dengan pencet tombol pesan udah kelar ajah kegiatan belanja ๐Ÿ˜†. Katanya terjajah tapi tombol pesan di situs belanja online tetap di pencet, tidak lupa langsung buka internet banking buat transfer. Ini apanya terjajah??? mending nyanyi lagi deh #EtaTerangkanlah

Akhirnya saya sadar bahwa arti kemerdekaan yang sesunguhnya itu adalah bisa membebaskan belenggu baik yang di sebabkan oleh orang lain maupun diri sendiri. Baik belenggu yang besifat fisik, non fisikal, intimidasi, bully, fikiran negatif dan lain sebagainya. Karena itu merdeka bagi saya adalah ketika saya berdamai dan berbahagia dengan menerima hidup apa adanya.

Berdamai dan berbahagia bisa saya lakukan dalam contoh simple sbb :


➤Banyak Bersyukur
Banyak bersyukur merupakan sebuah bentuk perdamaian yang saya lakukan dengan prilaku konsumtif. Bersyukur dengan apa yang saya punya di lemari, di dalam dompet, di rumah dan lain sebagainya. Cara lainnya yang saya lakukan adalah dengan menanamkan pola fikir bahwa baju dan sepatu dan apapun yang saya punya dalam bentuk barang hanyalah benda mati. Dan semua itu nggak akan dibawa mati, cuma berguna untuk kita pakai di dunia yang sementara ini saja, jika dishadaqahkan baru bisa menjadi amalan yang berguna di akhirat kelak. Emang shopping dosa ya? Shopping untuk hal-hal yang diperlukan boleh-boleh aja qo, setelah bekerja keras sekian lama nabung sedikit demi sedikit akhirnya bisa beli tas idaman. Boleh dan sah-sah saja selama caranya baik dan tidak berlebihan dan tidak melupakan kewajiban pokok yang wajib dilakukan. Asal jangan sampai BPJS ( Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita ) #eaaaa ๐Ÿ˜Š.

➤ Berdamai dengan kekurangan diri
Berdamai dengan kekurangan diri karena sesungguhnya nggak ada manusia yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT. Tuhan menciptakan setiap manusia berbeda-beda dengan kemampuan dan keunikannya masing-masing. Si anu pintar masak, si anu pintar mendesign, si anu dan anu dan masih banyak lagi. Kita ada untuk saling melengkapi dan karena perbedaan itu dunia jadi berwarna. Saya yang nggak bisa naik motor, dengan itu saya pakai jasa ojek online. Coba kalau nggak ada orang kaya saya ini, mana laku itu tukang ojek ๐Ÿ˜…. Jangan jadi nggak percaya diri hanya karena kalian nggak bisa masak, karena saya yakin kalian punya keterampilan lain yang lebih dominan dan menonjol dari memasak. Lagian sekarangkan udah ada layanan Go-food, kalau lapar tinggal pesan aja gampangkan ya kan ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚.

➤ Menjalani Hidup Apa Adanya
Menjalani hidup yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa, dengan segala cobaan dan rintangan yang ada didalamnya. Merupakan sebuah bentuk keyakinan saya kalau Tuhan YME adalah perencana hidup yang terbaik. Apapun kesulitan dan rintangan yang saya hadapi, saya harus yakin kalau Allah akan mengabulkan doa-doa dan harapan yang telah saya panjatkan. Ketika jalan hidup ini tidak sesuai seperti yang kita rencanakan, yakinlah bahwa Tuhan memintamu untuk bersabar. Seperti contoh buat kalian yang berstatus #Mblo, jangan pernah lupa 1 hal " There's nothing wrong with being #Jomblo ๐Ÿ˜‰". Kalian yang sedang menanti jodoh dan bingung harus nungguin di mana karena sampai sekarang jodoh yang ditunggu nggak kunjung datang. Nggak usah sedih dan berkecil hati, karena apa hayo? Pertama yakin kalau Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Ke-2 yakin bahwa dari sebelum kita lahir di dunia ini, Allah SWT sudah menuliskan siapa jodoh kita di Kitab Lauh Mahfuzh. Jadi nggak usah takut nggak kebagian jodoh, anggap saja jodohmu masih terjebak macet di suatu tempat, macet ke arah Bekasi misalnya *lho. Yang kalian perlu lakukan adalah menunggunya dengan sikap setia, yaitu menjaga diri sebaik mungkin dan jangan lupa tetap berdoa ya cyiin.

Atau mungkin untuk kalian yang belum diberikan keturunan seperti saya, bertahun-tahun menikah belum juga sukses mendapatkan keturunan. Padahalkan nikah untuk bahagia ya? ๐Ÿ˜… Tapi ketika belum dikasih keturunan langsung mendadak nggak bahagia, bahkan ada yang menjadikan alasan itu untuk melakukan hal yang tidak sepatutnya atau bahkan sampai bercerai karena alasan keturunan. Semua ini adalah ujian, bersabarlah dan sikapi semuanya dengan menjalani hidup penuh rasa syukur. Jangan biarkan sebongkah batu menghalangi pemandangan indah yang ada di belakangnya. Lewati batu itu dan lihat apa yang membentang didepannya. Setiap ujian yang datang Insha Allah akan membawa hikmah dan kebaikan bagi diri dan hidup kita dimasa yang akan datang. Tetaplah positif thinking dan berusaha sebaik mungkin.

Jangan Lupa Bahagia

Berbahagia menjalani hidup apa adanya adalah kunci sebuah kebahagiaan yang hakiki. Jika kita sudah bisa menerima segala kekurangan dan ketidak kesuaian yang terjadi dalam hidup, Insha Allah hati rasanya lebih ikhlas dan bahagia menjalani hidup ini. Merdeka dari belenggu konsumerisme dan belenggu fikiran negatif adalah sebuah tindakan yang sepertinya sepele tetapi sebenarnya tidak mudah. Terlebih saat ini kita hidup di zaman yang serba instant dan cepat ini, hidup kita di sibukkan oleh kegiatan sosial dan media sosial. Dengan akses internet saat ini apa yang tadinya tidak terdengar jadi mudah dan cepat menyebar, apa yang tadinya tidak terlihat kadang muncul di depan mata tanpa diminta.

Bahkan kadang kita salah memotivasi diri, lebih penting terlihat bahagia di banding merasakan kebahagiaan itu sendiri. Lebih sibuk mencari follower dan like, dibanding mencari teman sejati. *Eh itumah saya banget, sibuk cari follower *getok kepala sendiri dulu.

Yuk mari kita memerdekakan diri dari belenggu fikiran, nafsu dan prasangka hati. Berbahagialah karena kita hidup di zaman dimana kemerdekaan telah di raih. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang membebaskan Negara dan Bangsa ini dari  belenggu penjajahan. Maksimalkan kemerdekaan ini dengan menjadi pribadi positif, berbahagia dan bermanfaat bagi sesama

Memaknai kemerdekaan bisa di lakukan dengan banyak cara, seperti apa yang di tuliskan oleh Mba Julia Amrih. #3 cara mensyukuri kemerdekaan yang bisa kalian baca di >>>> Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan dalam Program #KEBloggingCollab untuk kelompok: Najwa Shihab.

Yuk baca juga Tulisan tentang arti kemerdekaan menurut teman-teman #KEBloggingCollab, linknya ada di bawah ini :

Mak Sumayyah
http://masihkecilaja.blogspot.co.id/2017/09/merdeka-itu-pilihan.html

Mba Anindita
http://www.aninditaayu.com/kemerdekaan-dan-kebebasan-berpendapat/

Mak Alfu
http://www.alfulaila.com/2017/09/merdeka-tanpa-anak.html?m=1

Mak Aya
http://www.kartikanugmalia.com/2017/09/merdeka-sebuah-cita-cita.html

Mak Idah
http://www.cerisfamily.com/2017/08/mengenalkan-kemerdekaan-kepada-sikecil.html