Senin, 01 Maret 2021

Belanja di IKEA Alam Sutera di Era New Normal. Perhatikan Hal Berikut ini


Pergi ke tempat umum di era new normal menjadi hal yang kontradiktif bagi sebagian orang. Ada  sebagian orang yang masih mencoba bertahan untuk tetap di rumah saja, demi keselamatan diri dan orang-orang terkasih yang tinggal bersama mereka. Ada juga yang sebagian telah beraktifitas seperti biasa, karena kondisi mengharuskan seperti itu atau juga karena alasan pribadi lainnya. Pada akhirnya semua balik lagi ke individu masing-masing, yang paling penting adalah di manapun kalian berada jangan lupa kalau pandemi belum reda, protokol kesehatan harus selalu dijalankan tanpa kecuali. 

Saya termasuk individu saat memutuskan untuk keluar rumah harus ada alasan yang benar-benar penting, biasanya keluar hanya untuk belanja kebutuhan pokok dan rumah tangga atau untuk urusan perbankan dan legal yang tidak bisa dilakukan secara online dan diwakilkan. 

Bulan lalu kondisinya sedikit berbeda, setelah hampir satu tahun nggak nongkrong-nongkrong sama teman dan ngemall, lebih banyak mengurung diri di rumah saja. Saya putuskan untuk pergi ke luar sebentar, pergi ke IKEA Alam Sutera jadi pilihan saya untuk melepas kejenuhan yang sudah mulai mengambil alih keceriaan dan ide-ide kreatif saya. Hitung-hitung sekalian survey harga untuk project dapur idaman yang entah kapan akan mulai dilakukan pembangunannya.
 
Belanja di IKEA Alam Sutera di era new normal pastinya berbeda dengan masa-masa sebelum pandemi. Penerapan protokol kesehatan jadi hal utama yang wajib untuk dipatuhi demi  kesehatan dan keselamatan pengunjung dan para karyawan yang berkerja di sana. Seperti apa prokes yang harus kalian perhatikan saat pergi ke IKEA Alam Sutera di era new normal ini? Yuk baca cerita saya saat pergi ke IKEA Alam Sutera di bulan Ferbuari kemarin.


Belanja di IKEA Alam Sutera di Era New Normal. Perhatikan Hal Berikut ini ...





Saat awal lockdown di pandemi Toko IKEA sempat ditutup untuk sementara waktu dan dibuka kembali di bulan Juni 2020. Saat dibuka kembali IKEA Alam Sutera langsung memberlakukan penerapan protokol kesehatan, dan mewajibkan para pengunjung untuk aware dengan kebiasan baru di era new normal. 

Pemberlakukan Satu Pintu Masuk




Daftarkan nama dan jumlah rombongan yang pergi bersamaan dengan anda

Saat penerapan protokol kesehatan, IKEA Alam Sutera hanya membuka satu pintu untuk masuk ke dalam toko, yaitu pintu masuk yang terletak di basement area parkir. Pintu lobby yang ada di depan toko untuk sementara waktu ditutup. 


Wajib Daftar dan Mengisi Form Pernyataan Bebas COVID-19



Isi dengan jujur ya.

Saat sampai di area basement, sebelum masuk ke area toko kalian akan diminta untuk cek suhu tubuh dan menginfokan jumlah orang yang datang bersama kalian beserta 1 nama penanggung jawab untuk dicatat di buku tamu. Setelah itu kalian akan diberikan form pernyataan bebas COVID-19, wajib dibaca dan dibubuhi ceklis ya.

Kalau sudah berani membubuhkan ceklis, artinya kalian berani tanggung jawab dunia akhirat ya he he he. Kalau pernyataan yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan artinya kalian berbohong. Kalau hal tsb sampai terjadi, kalian berdosa banget. Angel wiss angel lah mbuh!


Antri Bos!



Kursi untuk mengantri, di area pintu masuk di basement

Kalau toko dalam kondisi tak ramai pengunjung sih enak, bisa cepet masuk ke toko. Tapi lain cerita kalau toko lagi ramai, mau nggak mau kalian duduk terlebih dahulu dan mengantri menunggu giliran untuk bisa masuk ke dalam toko. Fyi antrian tidak hanya berlaku di area basement ya, untuk kalian yang datang menggunakan kendaraan pribadi harap stok kesabaran banyak-banyak. Karena antrian mobil di jalan raya depan IKEA Alam Sutera sudah mengular puluhan meter panjangnya, sampai-sampai ada bapak security yang akan mengatur antrian di jalan. Ada peluang usaha nih buat Kang Mizone sama Kang Aqua he he he.  

Kebetulan saya datang naik taxi online jadi saya minta di-drop di dekat halte, dari situ jalan kaki ke basement IKEA. Antri dengan tertib dan berjarak berlaku nggak hanya di pintu masuk dan parkiran ya, wajib antri di manapun seperti saat melihat area display, toilet, cafetaria, dan lainnya.


Cuci Tangan Dulu




Tukar form yang sudah diceklis dengan name tag pengunjung. Setelah dapat name tag, dipakai ya. Sebelum masuk ke toko, pengunjung wajib mencuci tangan bisa cuci di wastafel atau pakai hand sanitizer gel terlebih dahulu. Area cuci tangan tersedia di samping pintu masuk. Habis itu baru deh boleh masuk ke dalam toko IKEA Alam Sutera. 



Perhatikan Dot Kuning!




Warna kuning adalah warna IKEA. Biar nggak bingung harus lewat mana, kalian tinggal perhatikan area lantai yang kalian lewati. Ikuti garis kuning sebagai penanda that you're in the right track dan juga perhatikan dot kuning sebagai penanda tempat di mana kalian harus berdiri. 


Balita dan Lansia Dilarang Masuk



Selama berada di dalam toko, mbak-mbak announcer akan selalu mengingatkan penerapan protokol kesehatan secara berkala. Announcer akan mengingatkan bahwa anak-anak balita (bayi di bawah lima tahun) dan lansia dengan usia di atas 60 tahun tidak diperkenankan berada di area toko, Ibu hamil dan menyusui juga nggak boleh. Jadi teman-teman sayangi dirimu ya, jangan maksain untuk datang kalau kalian termasuk dalam kategori di atas. Pas saya ke sana, saya lihat ada ibu hamil lolos belanja belanji. *Eh tapi nggak tahu juga sih hamil apa enggak ya, maklum pandemi kayak gini banyak yang berat badan naik termasuk saya juga. Perut saya juga buncit banget kek orang hamil, padahal enggak wkwkwk. 

Fyi tempat bermain anak Smaland juga ditutup.


Saat di Cafetaria




Memasuki area cafetaria IKEA  sama seperti saat mau masuk ke dalam toko. Sebelum masuk ke cafetaria, ada petugas yang akan mengatur apakah tamu bisa langung masuk atau harus menunggu terlebih dahulu di area tunggu. Untungnya pas saya datang area cafetaria masih lumayan sepi jadi bisa langsung masuk dan makan di sana.



Setiap pengunjung yang makan di sana tidak boleh berkerumun, maksimal kerumunan yang diperbolehkan adalah 5 orang saja. Area minuman panas dan minuman ringan yang bisa free refill ditiaadakan, jadi semua minuman yang dijual adalah minuman kemasan. Untuk roti dan croissant dimasukan dalam wadah kertas jadi aman ya. Peralatan makan bisa diminta kepada petugas yang jaga di bilik peralatan makan.


Jangan Kasih Turun Maskernya!




Masker wajib untuk selalu dipakai, kecuali saat makan di cafetaria. Accouncer akan terus mengingatkan pengunjung untuk selalu memakai masker. Mau berfoto di dalam toko juga wajib pakai masker, ingat ya pakai masker nggak bakalan mengurangi kecantikan dan kehenseman wajah kalian. Mau foto tanpa masker di dalam toko? tunggu nanti kalau pandemi sudah berlalu, tapi ya gemana pandemi mau cepet usai kalau masih ada saja orang-orang yang suka foto-foto di dalam toko tanpa masker. Padahal mbak announcernya tak henti-hentinya terus mengingatkan kepada pengunjung untuk tetap memakai masker. Udah dingatkan masih ngeyel aja terus. Tolonglah kurang-kurangin lah egoisnya!


Jaga Jarak Bosque!


Announcer juga mengingatkan untuk selalu jaga jarak minimal 1 meter antar sesama pengunjung. Untuk itu saya harus mau mengantri dan bersabar menunggu pengunjung di depan saya menyelesaikan aktifitasnya terlebih dahulu. Kalau nggak mau ngantri dan jaga jarak, malu dong sama parkiran mobil di IKEA. Parkiran mobilnya aja berjarak.


Check in & Check out


Untuk kalian yang datang ke toko IKEA Alam Sutera dengan check in di aplikasi atau situs web "Tangerang Live - Aman Bersama" dengan scan QR code Toko Ikea dan kemudian isi data diri di sana. Kemudian jangan lupa untuk melakukan check out saat selesai belanja dan keluar dari toko. Kebetulan saya datang di pagi hari, jadi kondisi toko IKEA masih lumayan sepi, nggak ada antrian saat masuk ke dalam toko. Saya isi data manual seperti yang saya ceritakan di atas, nggak check in di apps IKEA, plus pas daftar nggak disuruh juga sama bapaknya. Hope I'm doing the right way yeahh. 

----




Belanja di IKEA Alam Sutera di era new normal bisa terasa sangat melelahkan dari biasanya. Sudah setahun lamannya badan saya yang dibiarkan keenakan rebahan doang, akhirnya pas diajak muter-muter ikea jadi ngos-ngosan kewalahan. 

Patut juga kita sadari bahwa dengan pergi ke keluar rumah berarti kita sudah paham akan resiko yang ada. Untuk itu jaga kesehatan dan keselamatan diri kita dan orang lain, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan di manapun berada. Saya jaga kamu, kamu juga jaga saya! Saling jaga biar pandemi bisa segera usai dan reda. Mau belanja langsung ke IKEA Alam Sutera atau memilihi belanja dari rumah saja, pilihan balik lagi ke masing-masing individu. Mari kita saling menjaga raga dan hati jangan fokus pada perbedaan.

Trus kapan kalian mau borong perabot dari IKEA?? Hayo udah ngincer apa aja?
1 komentar on "Belanja di IKEA Alam Sutera di Era New Normal. Perhatikan Hal Berikut ini"
  1. Waaah teteh.. kangen bangeeet ke ikeaa, mau makan ice creamnya aaaaa

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature