Sabtu, 16 Januari 2021

DIY Cara Membuat Kalung Mutiara Air Tawar


Saya pernah membuat tulisan DIY cara membuat kalung mutiara di blog ini tapi mutiara yang digunakan adalah mutiara sintetis alias mutiara kw yang dirangkai dengan mengggunakan senar. Hasilnya sangat cantik dan bisa dikomersilkan, walaupun begitu saya ingin juga memiliki kalung mutiara asli, biar lebih awet dan tidak mudah rusak.

Untuk itu kali ini saya akan membuat kembali kalung mutiara dengan menggunakan mutiara asli, yaitu mutiara air tawar. Bahan yang digunakan untuk merangkainya pun berbeda dari sebelumnya, kali ini saya akan mencoba merangkai dengan menggunakan benang jahit nylon. 

Untuk kalian yang baru coba-coba memulai membuat aksesoris sendiri, DIY kalung mutiara ini bisa menjadi pilihan DIY project for beginner. Cara pembuatannya cukup mudah, bahan dan alat yang digunakanpun sangat mudah untuk ditemukan atau dibeli online.


DIY Cara Membuat Kalung Mutiara Asli




Kalung mutiara adalah aksesoris wanita yang bisa dibilang tak lekang oleh zaman. Dari zaman dahulu saat negri ini dijajah, kalung mutiara telah menjadi salah satu aksesoris yang banyak dipakai para noni Belanda. Saya pernah baca bahwa mutiara pertama kali digunakan sebagai aksesoris mulai dari tahun 420 Sebelum Masehi. Duh jauh banget kan dari zaman millenial ini.

Bentuk dari kalung mutiara yang sederhana dan terkesan monoton, malah menjadikannya sebagai aksesoris tak lekang zaman dan mudah untuk dipadukan denngan tren gaya fashion di setiap era. Bahkan kalung mutiara asli buatan rumah mode terkenal adalah barang berharga dan bisa dikoleksi yang nantinya bisa diwariskan secara turun-temurun.

Ada banyak cara dan metode untuk membuat kalung mutiara asli, baik mutiara dari kerang air laut maupun dari air tawar. Kali ini saya akan mencoba untuk membuat kalung mutiara dengan menggunakan mutiara air tawar saja, karena harga lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Saya akan merangkai kalung mutiara air tawar dengan menggunakan benang nylon. Untuk tahu bagaimana cara membuatnya, yuk baca terus tulisan ini sampai selesai.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kalung Mutiara Air Tawar




Bahan dan alat adalah sebagai berikut :

- Mutiara Air Tawar
- Benang Nylon
- Jarum beading
- Kaitan kalung / toggle clap
- Lem transparan
- Jump ring / ring kaitan
- Crimp bead / Stopper
- Tang aksesoris
- Gunting



Saya menggunakan benang nylon ukuran benang jahit, karena di rumah hanya memiliki yang ukuran tersebut. Untuk membuat rangkaian yang benangnya dibuat double saja.


Cara Membuat Kalung Mutiara Air Tawar


Saya akan membuat kalung dengan ukuran panjang sekitar 70cm, kalau dipakai kalung akan sampai di bawah dada. Karena saya pakai hijab, agar kalungnya bisa terlihat dan tidak tertutup hijab, jadi saya buat sedikit panjang. Tapi balik ke selera masing-masing, kalian bisa membuat panjang kalung sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian. 

Seperti apa cara membuat kalung mutiara air tawar ini, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.



Potong benang sepanjang 80cm sebanyak 2 kali. lalu masukan benang ke dalam beading needle lalu buat ikatan mati di bagian ujung potongannya.



Masukan ikatan mati di bagian ujung benang tsb ke dalam cripm bead atau  stopper yang biasa digunakan untuk membuat kalung. Lihat gambar di atas.



Setelah ujung bagian benang terpasang crimp bead, kalian bisa mulai memasukan mutiara air tawar ke dalam benang dengan bantuan beading needle.


Lobang mutiara air tawar biasanya dibuat sangat kecil, jarum jahit tidak akan bisa masuk ke sana. Untuk itu kalian membutuhkan beading neddle untuk menyelesaikan project diy ini. Cara lainnya adalah bisa menggunakan kawat dan senar.


Setelah panjang kalung mutiara air tawar yang diinginkan selesai dikerjakan, lalu buat ikatan mati di  mutiara paling ujung atau mutiara yang dimasukan paling akhir. Pastikan ikatannya tidak longgar dan rangkaian mutiaranya rapat.


Kemudian pasang kembali crimp bead / stopper di ikatan mati yang tadi dibuat.





Potong sisa benang kemudian masukan jump ring ke dalam lobang crimp bead bersamaan dengan toggle clap/kaitan kalung ke dalamnya.


Pasang jump ring dan toggle clap di kedua sisi kalung, seperti pada gambar. Setelah selesai, bagian crimp bead bisa dibubuhkan lem transparan E 6000, untuk mengamankan ikatan benang agar lebih ikatannya lebih kuat.


Mudah bukan cara membuatnya? Untuk melihat cara pembuatannya secara langsung kalian bisa menontonnya video di bawah ini : 



Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi kalian yang membacanya. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di bawah kolom komentar ini ya.


Panjang kalung ketika dipakai.

Sampai berjumpa lagi di DIY Project selanjutnya. Selamat mencoba!

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature