Sabtu, 02 Januari 2021

DIY Cara Mudah Membuat Tuspin Hijab Mutiara

 

- DIY Cara Mudah Membuat Tuspin Hijab Mutiara -. Sebagai seorang hijaber, tuspin atau peniti hijab menjadi salah satu aksesoris yang sangat bermanfaat agar hijab yang kita kenakan terlihat rapih dan cantik.Tuspin hijab bisa berfungsi sebagai pengganti peniti, berguna dalam merapatkan hijab dengan mudah cukup dengan menyematkannya di bawah dagu.


Selain sebagai peniti, tuspin hijab juga bisa berfungsi sebagai aksesoris yang bisa membuat tampilan gaya hijab terlihat lebih stylish dan tidak monoton. Tuspin bisa juga digunakan sebagai bros.


Cara Mudah Membuat Tuspin Hijab Mutiara


Tuspin biasanya memiliki bentuk seperti jarum berukuran besar, dibuat dari bahan besi tahan karat. Ada berbagai macam bentuk tuspin, tapi saat ini tuspin dengan stopper berbentuk mutiara sintetis sedang banyak digemari oleh hijaber. Selain bentuknya yang sangat uwu, tuspin mutiara memiliki stopper mutiara berukuran besar sehingga lebih mudah disematkan dan tidak mudah hilang jika dibandingkan dengan tuspin biasa dengan stopper besi kecil. 


Sebagai penggemar DIY (do it yourself) tentunya saya merasa tertantang untuk mencoba membuat tuspin hijab sendiri. Seperti apa cara membuatnya? Yuk baca tulisan ini sampai selesai.


Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tuspin Hijab




Bahan dan alat yang harus disiapkan adalah :

- Tuspin hijab dengan stopper mutiara
- Lem bening E6000
- Manik-manik rhinestone dan resin
- Cottonbud
- Papper clips

Manik-manik yang digunakan bisa disesuaikan dengan masing-masing. Jika tidak memiliki manik-manik rhinestone dan resin, kalian bisa menggantinya dengan manik-manik akrilik, mutiara tempel atau bahan lainnya yang kalian miliki di rumah. Yang harus diperhatikan adalah bahan/manik yang akan ditempelkan ke tuspin harus memiliki bagian belakang yang berbentuk datar.




Lem bening yang digunakan harus lem khusus untuk aksesoris atau minimal lem utuk besi. Jangan gunakan lem serba guna yang banyak dijual di pasaran, walaupun sama-sama berwarna bening/transparent tapi kualitasnya berbeda. Saya sudah menggunakan lem E6000 dan F6000 selama belasan tahun, lem ini bisa menempel dengan sangat kuat secara permanen.


Cara Mudah Membuat Tuspin Hijab Mutiara 





Bersihkan terlebih dahulu permukaan tuspin yang akan disematkan manik-manik. Pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Agar manik-manik bisa menempel dengan baik. Pastikan juga jarum tuspin berfungsi dengan baik, tajam dan tidak berkarat.




Bubuhkan lem ke media datar yang tersedia di tuspin. Pastikan tidak membubuhkan terlalu banyak ya, kalau kebanyakan nanti bleber ke sana ke sini plus sayang nanti jadi mubazir he he he.






Sematkan manik-manik rhinestone dibagian yang telah diberi lem, kemudian bersihkan sisa lem yang ada tersisa di sekitar manik-manik dengan menggunakan cottonbud




Setelah selesai membersihkan sisa lem, pastikan kembali posisi manik-maniknya agar tetap berada di bagian tengah bidang datar. Setelah posisi aman, jepit manik-manik dengan papper clips agar posisinya tidak bergeser sampai lem tersebut kering.




Ulangi cara yang sama untuk manik-manik resin berbentuk bunga.



Setelah semua tuspin selesai dibuat,  pastikan papper clip tetap menjepit manik-manik dengan aman. Diamkan selama minimal 1x24jam, setelah itu cek kembali apakah lem sudah kering. Kalau sudah kering, tuspin siap digunakan.




Contoh penggunaan tuspin hijab sebagai pengganti peniti dan bros.




Untuk proses lebih jelasnya kalian bisa menonton video cara membuat tuspin hijab di youtube channel di bawah ini. 



Petunjuk agar Tuspin Hijab Tetap Awet dan Tidak Mudah Berkarat


Agar tuspin hijab tetap tajam dan awet, kalian bisa coba perhatikan petunjuk di bawah  ini :

- Taruh tuspin ditempat kering dan terhindar dari kelembaban. Jika ditaruh dalam wadah, sebaiknya taruh sedikit berjarak dengan aksesoris lainnya. 
- Jauhkan dari minyak wangi dan hair spray saat menggunakan produk-produk tersebut.
- Agar jarum tetap tajam, saat tuspin disimpan taruh posisi jarum ke dalam stopper mutiara.

Bahan-bahan untuk membuat tuspin hijab ini bisa dibeli di market place dan toko craft supplies yang  banyak tersedia di facebook atau instagram. Tinggal cari dengan kata kunci tuspin atau bahan tuspin, inshaallah ketemu.

Semoga tulisan DIY kali ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi. Selamat mencoba! 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature