Rabu, 18 November 2020

DIY Cara Membuat Standing Pot dari Kayu


-DIY Cara Membuat Standing Pot dari Kayu-. Houseplant atau tanaman dalam ruangan menjadi salah produk yang  paling banyak dicari di tahun 2020. Saat pandemi menjadi moment baik bagi para petani tanaman, alhamdulillah bisa memetik hasil dari kerja kerasnya selama ini. Tanaman hutan dan kebun yang tadinya dianggap tanaman liar atau dibiarkan begitu saja, mendadak berubah jadi primadona tanaman yang banyak dicari dan diburu oleh masyarakat. Harganya pun seketika naik drastis, wajar ya demand nya lagi tinggi soalnya. Rezeki bapak dan ibu tani, saya jadi ikutan seneng lho.

Saya pun ikut-ikutan berburu houseplant. Walaupun tanaman yang cari cuma tanaman yang murah-murah saja, maklum lagi pandemi gini musti pintar-pintar mengelola keuangan. Alhamdulillah akhirnya punya 9 pot tanaman, lumayan banyak ya. 

Biar makin betah di rumah saja jadi kepengen bikin DIY project untuk mempercantik dekorasi di rumah.   Saya putuskan untuk membuat standing pot atau dudukan pot untuk tanaman di rumah. Biar si anak-anak hijau ini terlihat makin cantik dan instagrammable. 

Membuat Standing Pot dari Kayu Balsa



Untuk membuat DIY project standing pot ini bahan utama yang diperlukan adalah kayu. Kayu yang gunakan boleh kayu apa saja ya, seperti kayu kaso, pinus, balsa dan lainnya. Untuk mempermudah proses pengerjaannya, saya memilih untuk menggunakan kayu balsa saja. Maklum saya termasuk anak baru untuk urusan potong-memotong kayu.

Kayu balsa adalah kayu yang biasa digunakan para pengrajin aeromodelling. Kayu ini memiliki karakteristik kayu yang ringan dan lentur. Dengan begitu kayu balsa jadi mudah untuk dipotong dan permukaan kayunya pun sudah halus dan siap pakai. Nggak perlu repot-repot diserut kembali. Kayu balsa juga banyak dijual di market place, jadi bisa dibeli secara online. Saya nggak perlu repot ke toko bangunan. Semua bahan bakunya saya beli di Shopee, ini bukan iklan lho xixixi.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Standing Pot


Sebelum memulai DIY project ini kalian harus memastikan terlebih dahulu kira-kira mau bikin standing pot ukuran berapa? Pastikan berapa ukuran tinggi dudukan pot yang akan dibuat dan ukuran diameter pot yang nantinya akan ditaruh di sana. Jadi kalian bisa membeli kayu sesuai dengan kebutuhan DIY project. Nggak kurang nggak berlebihan juga. Pun sesuaikan ukuran standing pot dengan ukuran ruangan yang ada di rumah. 

Rencananya saya akan membuat 3 buah standing pot dengan ukuran tinggi dudukan 50 cm, 40 cm dan 20 cm untuk pot tanaman dengan ukuran diameter 20 cm - 25cm. 

Bahan yang dibutuhkan adalah sbb :



- Kayu Balsa
- Baut/Sekrup

Alat yang digunakan sbb: 




- Gergaji bisa yang manual atau listrik
- Bor
- Penggaris
- Pulpen/pensil

Untuk kalian yang tidak punya alat bor bisa diganti dengan paku dan palu.

DIY Cara Membuat Standing Pot dari Kayu


nggak punya meteran bangunan, jadi saya mengukur pakai penggaris untuk memotong bahan wkwkwk.

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, pastikan terlebih dahulu ukuran standing pot atau dudukan pot nya. Karena kunci kesuksesan DIY project ini adalah ukuran, kalau ukurannya tepat inshaallah nggak akan gagal.

Contohnya seperti yang saya buat di bawah ini. Saya akan membuat standing pot dengan ukuran tinggi x lebar adalah 50 cm x 25 cm. Untuk itu kayu yang saya butuhkan adalah 4 buah kayu ukuran 50cm dan 4 buah kayu ukuran 25cm. Kebetulan saya membeli kayu berukuran panjang x lebar x tinggi = 50 cm x 2,5cm x 2,5 cm. 

Jadi saya tidak perlu memotong kayu terlalu banyak he he he. Memang sengaja sih cari ukuran kayu yang pas buat DIY project standing pot ini.

Kurang lebih seperti ini tampilan kayunya,  sebelum semua dirakit jadi standing pot.

Siapkan 6 buah kayu balsa ukuran panjang x lebar x tinggi 50 cm x 2,5 cm x 2,5 cm. 4 buah kayu akan saya gunakan sebagai kakinya. Potong 2 kayu lainnya  menjadi 2 bagian. Sehingga saya akan memiliki 4 buah kayu dengan ukuran 25 cm x 2,5cm x 2,5 cm.


DIY Standing Pot


Kemudian ambil 2 buah kayu ukuran 25 cm tersebut dan buat cerukan di bagian tengahnya. Ukuran cerukan kayu adalah 1/2 dari ukuran tinggi/tebal kayunya. Karena saya menggunakan kayu dengan ketebalan 2,5cm, jadi cerukan kayu yang saya buat adalah 1/2 x 2,5cm = 1,25cm. 

DIY Standing Pot
Pastikan tidak salah ukur ya, bisa posisinya pas dan kelihatan rapih seperti ini.


Bor baut persis di bagian tengah kayu

Gabungkan kedua kayu yang akan saya jadikan alas/dudukan untuk menyimpan pot ini, caranya dengan memasang baut di bagian tengah kayu menggunakan mesin bor. Jika tidak memiliki bor bisa menggunakan palu dan paku saja. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.


Pondasi standing pot


DIY Standing Pot
Agar standing pot bisa berdiri dengan kuat dan stabil, buat pondasi bagian bawah seperti ini ya


Ambil kayu ukuran 50 cm yang telah disiapkan tadi, kemudian gabungkan ke 4 buah kayu tersebut dengan 2 buah kayu ukuran 25 cm seperti gambar di atas. Bor baut besi di bagian tengah menggunakan mesin bor. Saya membuat pondasi agar kaki standing pot nya bisa berdiri kuat dan stabil. 


DIY Standing Pot


Ukur tinggi pot yang akan ditaruh di atas standing pot, ukuran tersebut dijadikan patokan untuk menaruh kayu yang tadi sudah kita buat sebagai alas/dudukan pot nya. Tandai ukuran tinggi di bagian kaki standing pot dengan bantuan pensil/pulpen. Gabungkan kayu alas pot tersebut ke bagian kaki menggunakan bantuan bor. Hasilnya seperti gambar di atas.


DIY Standing Pot
Standing pot ukuran tinggi 50 cm dan 40 cm.


DIY Standing Pot


Voila! Standing pot telah selesai dibuat.


DIY Standing Pot


Ulangi proses seperti di atas untuk membuat standing pot kayu dengan ukuran tinggi 40 cm dan 20 cm.

----

Untuk kalian yang ingin membuat DIY project ini, apalagi kalau kalian temasuk pemula dalam urusan potong-memotong kayu. Saya sarankan untuk membuatnya menggunakan kayu balsa. Kayu balsa sangat mudah untuk dipotong oleh gergaji manual, jadi nggak menghabiskan tenaga untuk proses menggergaji. Karena menggergaji itu ternyata susah sekali.

Sayangnya kayu karakter kayu yang ringan adalah kekurangannya. Kayu balsa tidak akan mampu menahan beban pot tanaman yang terlalu besar. Untuk tanaman monstera yang besar dan sejenisnya, sebaiknya buat standing pot dari kayu yang lebih kuat seperti kayu kaso, pinus dan lainnya.

Untuk tampilan yang lebih maksimal kalian bisa mewarnai standing pot ini menggunakan cat kayu. Yang pasti standing pot atau dudukan pot ini bisa jadi dekorasi yang murah meriah namun menambah cantik dan estetik suasana rumah.




Jadi bagaimana teman-teman menarik nggak ide DIY project kali ini? 

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan komen di bawah ini atau bisa juga follow media social saya di @fillyawie, kalian bisa lihat karya DIY saya di sana. 


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature