Kamis, 22 Juli 2021

Tutorial Konektor Masker Hijab dari Kristal dan Mutiara, bisa untuk Ide Usaha Rumahan.


Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk berubah, banyak perubahan terjadi di hampir semua aspek kehidupan. Pandemi telah merubah pola berbisnis, pola berkomunikasi, kegiatan belajar-mengajar, aktifitas bekerja, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Beberapa tahun lalu tidak pernah terfikirkan oleh saya kalau masker akan menjadi benda yang wajib digunakan saat kita berada di ruang publik dan berpergian. Saat ini masker sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu ada dan di bawa saat keluar rumah. Akibat dari kelangkaan masker medis  di awal pandemi, produk masker berinovasi dengan cepat. Akhirnya jadi banyak bermunculan jenis masker baru yang dibuat dengan berbagai macam model dan dari banyak jenis kain. Proses kreatif pun tidak berhenti sampai di situ, setelah masker lalu muncul juga aksesoris pendukungnya. Mulai dari konektor masker, tali masker dan tempat menyimpan masker.


Konektor Masker Hijab




Untuk para hijaber seperti saya, pastinya membutuhkan masker yang bisa memahami gaya berpakaian kami. Masker hijab dengan tali panjang atau karet full kebelakang adalah pilihan yang paling pas, hal tersebut membuat pilihan saya jadi lebih terbatas. Nah untuk menyiasatinya, hadirlah aksesoris konektor masker hijab sebagai solusi. Terpujilah crafter yang membuat ide konektor masker hijab! 

Dengan konektor masker hijab, para hijabers juga bisa ikut memakai masker ear loop yang unyu-unyu dan kekinian. Sebenernya bisa aja sih pakai masker ear loop dulu, baru lanjut pakai hijab. Tapi masalah akan muncul pas melepas masker saat mau makan atau wudhu. Karena posisinya dikaitkan ke kuping, saat melepasnya bisa bikin rambut keluar dari ciput. Pun tatanan hijab yang sudah rapi sempurna  membuat ilusi pipi tirus bisa terancam jadi berantakan. Jadi solusi paling baik ya' menggunakan konektor masker hijab.


Cara Membuat Konektor Masker Hijab dari Kristal dan Mutiara




Ada banyak jenis dan model konektor masker hijab yang dijual di pasaran, tapi sebagai penganut prinsip ekonomi kreatif. Saya memilih untuk DIY atau membuat sendiri konektor masker hijab dari kristal dan mutiara.

Selain untuk digunakan sendiri, konektor masker hijab yang akan saya buat ini layak banget untuk dijual dan dijadikan ide usaha. Lumayan lho bisa jadi sumber penghasilan di saat pandemi seperti ini. Seperti apa cara membuat nya? Yuk baca tutorial konektor masker hijab dari kristal dan mutiara  di bawah ini.



Bahan yang dibutuhkan :


- Kristal tetes = 30 butir
- Mutiara sintetis 0.6mm = 8 butir
- Senar ukuran 0.2m sepanjang 35cm x 2 buah
- Kodokan 2 buah
- Stopper 2 buah
- Jump ring 2 buah
- Lobster clap = 2 buah

Alat bantu tang ujung datar dan gunting.

Cara membuatnya :



Siapkan 2 buah senar yang telah digunting, kemudian masukan stopper ke dalam senar, taruh di bahian ujung senar. Pipihkan stopper menggunakan tang ujung datar.

Kemudian masukan kodokan kedalam senar, posisikan stopper ke dalam kodokan. Kemudian tutup kodokan menggunakan tang.


Mulai rangkai manik-manik ke dalam senar, dimulai dengan manik kristal tetes kemudian mutiara sintetis.


Lanjutkan rangkaian manik-manik dengan memasukan 2 buah manik kristal di setiap senar, kemudian tutup dengan mutiara sintetis sehingga membuat pola rangkaian seperti terlihat di gambar.


Buat pola rangkaian manik-manik sebanyak 7 buah, kemudian akhiri dengan manik-manik kristal tetes. Sehingga akan terbentuk rangkaian manik-manik sepanjang kurang lebih 20cm.


Setelah rangkaian manik-manik selesai dibuat, tutup rangkaian tersebut dengan memasang kodokan dan stopper. Setelah kodokan terpasang di kedua ujung konektor masker, lanjutkan dengan memasang lobster clap. Gunakan jump ring untuk menghubungkan kodokan dan lobster clap.

Konektor masker hijab selesai dibuat.

Untuk step by step tutorial yang lebih jelas, bisa kalian simak di video di bawah ini ya.



Bahan dan alat bantu yang digunakan di video ini bisa kalian dapatkan dengan mudah di market place Jika tidak mau menggunakan kristal kaca, kalian bisa menggantinya dengan mutiara sintetis atau manik-manik akrilik. Jika senar aksesoris tidak tersedia, bisa diganti dengan senar pancing ukuran 0.2 s/d 0.5 mm.




Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mencoba membuatnya juga? Kalau ada pertanyaan seputar DIY cara membuat aksesoris silahkan drop pertanyaan di bawah ini, atau hubungi email yang saya taruh di label contact di atas.

Selamat mencoba!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature