Jumat, 02 Oktober 2020

Inspirasi Gaya Busana Batik untuk Hijaber



- Inspirasi Gaya Busana Batik untuk Hijaber -. Batik adalah warisan budaya milik bangsa Indonesia. Semenjak ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, kain batik jadi makin populer di masyarakat. Kantor baik pemerintahan atau publik bahkan sekolah-sekolah mulai menetapkan peraturan untuk menggunakan baju batik. Baju batik biasanya wajib digunakan di hari Kamis atau Jumat. Ya kayak hari ini pas hari Jumat, pas hari Batik Nasional.

Batik jadi  semakin dicintai. Kain batik yang dulunya identik sebagai kain jarik padanan kebaya dan tunik brokat, bahkan pengguna kain batik banyak didominasi oleh ibu-ibu paruh baya. Tapi lain dulu lain pula sekarang, berkat peran serta para designer handal yang ada di dalam negri kain batik masa kini berhasil disulap menjadi berbagai jenis model pakaian.

Fashion brand Indonesia diramaikan oleh brand mode yang membuat pakaian ready to wear hingga adibusana dari kain batik sebagai ciri khas designnya. Batik semakin memberi warna di industri fashion Indonesia.

Pilihan busana dari kain batik begitu beragam, busana untuk para wanita berhijab pun tersedia dengan berbagai pilihan gaya. Mulai dari busana santai hingga busana untuk mengadiri pesta pernikahan. Walaupun terbuat dari kain batik yang terkesan sangat ethnic, busana batik tetap bisa membuat kalian semua terlihat chic dan keren lho. 

Sebagai penggemar fashion, kalau sudah menyangkut pakaian saya termasuk orang yang sangat pemilih dan selalu berusaha tampil maksimal. Pakai busana batik pun harus terlihat chic dan fashionable, untuk itu saya sangat memperhatikan warna, model baju dan pilihan aksesoris penunjang.

Hai para hijabers agar tetap fashionable dan cantik saat memakai batik, mungkin gaya inspirasi busana batik dari saya bisa memberikan inspirasi bagi kalian semua. Mari kita simak inspirasi gaya busana batik untuk wanita berhijab ala Fillyawie di bawah ini. 

Padu padan Setelan Batik dengan Kain




Pilihan busana atasan kaftan dengan cutting yang loose seperti ini sangat nyaman digunakan. Selain karena potongannya yang longgar, gaya styling pun bisa dibuat macam-macam. Baju atasan bisa dimasukan ke dalam kain, dipasangkan bros di bagian depan atau dibiarkan apa adanya juga tetap keren. Untuk terlihat lebih maksimal, padukan hijab dan aksesoris dengan warna senada. 

Gaya Santai dengan Bawahan Batik





Baju dari kain batik selalu saya bawa ketika travelling, karena bahannya yang nyaman saat digunakan enak buat jalan-jalan. Sayangnya beberapa batik memiliki pattern gambar yang terlihat cukup ramai dan dengan warna yang bold. Agar terlihat ethnic namun tetap casual, saya memadukan palazzo batik dengan atasan kaos crop top polos berwarna putih. 

Padu padan Vest Batik





Kain batik tidak melulu harus dijahit jadi daster, kemeja atau kain lilit. Vest batik bisa jadi salah satu pilihan yang cantik untuk bergaya semi formal. Padukan vest batik dengan wide leg pants untuk tampil modis ke acara formal. Untuk tampilan yang lebih casual pilihan celana linen dan leather belt akan membuat kalian terlihat effortless chic.

Cantik dengan Kaftan Batik






Tampil tetap modis dengan one piece kaftan bisa menjadi pilihan gaya busana saat menghadiri acara pernikahan, pesta atau undangan pengajian. Kaftan biasanya memiliki potongan yang sangat longgar, agar terlihat tetap modis, pilih design kaftan dengan detail yang unik. Detail tali atau draperi bisa membuat tampilan terlihat elegan.

Padu padan Batik Set




Bergaya dengan batik set, bisa sedikit tricky. Potongan yang longgar atau pattern bahan yang ramai bisa membuat kita terlihat berlebihan. Agar terlihat tetap keren dan fashionable, pilihan baju atasan dengan detail asimetris bisa membuat tampilan kalian terlihat bold dan memiliki personality. Sebagai penyeimbang gaya, gunakan hijab berwarna polos.

Batik Encim untuk Penyuka Warna Pastel



Batik tidak melulu berwarna gelap dengan corak yang ramai. Batik encim dari Pekalongan bisa menjadi pilihan gaya busana juga cantik untuk kalian yang menyukai warna pastel. Kain batik encim biasanya digunakan sebagai kain untuk padu padan kebaya encim berwarna polos dengan aksen bordiran. Kain batik encim khas Pekalongan memiliki warna yang lembut dan terang. Pattern batik pun didominasi oleh gambar bunga yang cantik berwarna-warni. 

---

Pakai batik bisa terlihat makin cantik kan? Btw semua baju batik di atas saya design dan jahit sendiri lho. Kalau kalian bagaimana suka pakai baju batik dengan model seperti apa. Tolong share dong style batik andalan kalian.

Batik adalah warisan budaya, semoga warisan ini bisa diperlihara dan dijaga terus ya. Agar anak cucu kita bisa mengenal batik sebagai salah satu budaya negrinya. Karena di dalam selembar batik ada banyak pesan, filosofi  dan sejarah yang sarat makna. 

Salah satu cara termudah untuk melestarikan budaya adalah dengan selalu memakainya, inshaallah saya selalu bangga saat mengenakannya. Dan yang terpenting jangan lupa selalu beli kain batik dari pengrajin dan penjual lokal ya.

Selamat hari batik semua, sudah kah kalian memakai batik saat di rumah saja? Batik selain daster dan piyama ya gaes. 😁


1 komentar on "Inspirasi Gaya Busana Batik untuk Hijaber"

Custom Post Signature

Custom Post  Signature