Makanan Gastronomi Kekinian Di MYKO Hotel Makassar

Juni 19, 2017





"Gastronomi atau tata boga adalah seni, atau ilmu akan makanan yang baik (good eating).[1] Penjelasan yang lebih singkat menyebutkan gastronomi sebagai segala sesutu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman .[1] Sumber lain menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner).[1][2] Hubungan budaya dan gastronomi terbentuk karena gastronomi adalah produk budidaya pada kegiatan pertanian sehingga pengejawantahan warna, aroma, dan rasa dari suatu makanan dapat ditelusuri asal-usulnya dari lingkungan tempat bahan bakunya dihasilkan.[3]" 
- Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gastronomi -

Gastronomi

Di Indonesia kita lebih familiar dengan istilah kuliner di banding gastronomi, kuliner sendiri merupakan salah satu bagian dari ilmu gastronomi. Seperti yang di sebutkan di awal bahwa Gastronomi ini merupakan sebuah seni tata boga untuk menghasilkan makanan yang baik, di mana di dalamnya mencakup pemilihan bahan, menyiapkan makanannya, seni pelayanannya, dan rasa nikmat, budaya yang mempengaruhi dan gaya masakan. Gastronomi menjadi bagian ilmu tata boga yang mempunyai banyak turunan. Sebagai orang yang awam tentang ilmu tata boga, dan sampai saat ini hanya bertindak sebagai penikmat makanan. Saya tidak begitu ambil pusing memikirkan sebuah proses yang panjang dalam sepiring menu yang akan saya santap, karena kalupun harus memasak paling cuma bisa masak oseng2 sayuran. Tetapi untuk sebuah restaurant terutama restaurant di hotel berbintang, dalam menjalankan sebuah bisnis tata boganya pengelola wajib memperhatikan banyak aspek dan memahami Seni Gastronomi guna menghasilkan makanan yang baik.

Pada Presentasi yang di bawakan oleh Chef Lucky Suherman, Executive Chef Myko Hotel Makassar, Chef menjelaskan setiap hidangan yang akan di hadirkan pada malam itu. Seperti menjelaskan dari mana bahan nya berasal, apakah bahan lokal kah? atau di kirim dari daerah lain kah? atau import kah?. Dan juga sedikit menceritakan latar belakang hidangan yang akan di sajikan nanti. Di sebutkan juga bahwa semua hidangan akan di sajikan dalam porsi kecil yang cantik, karena akan ada 7 buah hidangan yang akan di sajikan walaupun semua dalam porsi kecil tapi karena menu nya banyak, para tamu di jamin akan kenyang juga pada akhirnya. 

Pada saat itu perut yang kosong karena puasa mendadak bertabuh kencang minta cepet2 magrib, sudah tidak sabar pengen melihat seperti apa makanan gastronomi yang akan di hadirkan malam nanti. Makanan gastronomi biasanya di hidangkan dengan sangat stylish, porsi yang hidangkan biasanya small amount alias dikit banget, tetapi setiap hidangan yang di sajikan sudah di persiapkan dengan konsep yang matang dan details oleh Chef di dapur. Bukan cuma sekedar ber cita rasa tinggi, tapi juga harus memiliki gaya/style dan seni dalam penyajiannya. Penyajiannya dan gaya stylingnya di persiapkan dan di diskusikan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan proses memasak. Bahkan dalam seni tata boga gastronomi beberapa restaurant melakukan riset dan menggambarkan gaya styling makanannya terlebih dahulu sebelum masuk ke dapur, styling dengan signature yang memperhatikan aspek estetika yang tinggi. Jadi makanan yang di antar ke meja anda akan jadi makanan di buat dengan proses dan konsep yang details, yang tidak hanya enak di makan tapi harus details dan  enak di lihat oleh mata.

Baca Juga : Cita Rasa Negri Sakura di KOI Japanese Restaurant

MYKO Hotel & Convention Center



MYKO Hotel & Convention Centre, merupakan hotel yang terintegrasi dengan Mall Panakukkang. Sebuah pusat bisnis dan perbelanjaan yang terletak di jantung Kota Makassar. Hotel yang dengan gaya viktorian yang di dominasi oleh warna emas ini memiliki 217 kamar siap huni dengan 6 type kamar yang berbeda2. Fasilitas lainnya yang di miliki oleh MYKO Hotel adalah, tersedianya 1 buah Ball Room, 6 Ruang Meeting dan  6 outlet Restaurant.



MYKO Hotel yang baru buka di awal tahun 2017 ini, sangat mudah di akses karena posisinya persis bersebelahan dengan Mall Panakukkang, banyak sekali kendaraan umum yang lewat di depan Hotel. Belum lagi daerah Panakukkang merupakan salah satu pusat kawasan bisnis dan perniagaan di Makassar. Walaupun masih ada beberapa pembangunan yang masih harus di selesaikan, seperti pembangunan tempat parkir. Hotel ini terbilang cukup nyaman dan menyenangkan untuk di kunjungi.


Food Tasting


Acara Gastronomique Tasting Food di Myko Hotel & Convention Center Makassar, yang di adakan pada hari Kamis 15 Juni 2017. Pada saat presentasi Executive Chef Lucky Suherman, sudah menjelaskan menu yang akan mereka hadirkan di acara malam itu. Terdapat1 menu takjil dan 7 hidangan yang berupa signature dish, ke-7 plus 1 hidangan tersebut merupakan hidangan andalan yang terdapat di 5 outlet restaurant yang berada di Hotel MYko Makassar.


Daftar Menu Hidangan dan Outletnya  yang di hadirkan malam itu adalah sbb,

1)    Spinach-Jade Dumpling – Futo Soka – Chicken Lo Mai Gai (Hana Japanese Fusion & Dimsum)

2)    Golden Maple Pumpkin CrΓ¨me  (MYKO Banquet Kitchen Team)

3)    Chicken & Beef Skewer  (The Fig Tree Dining Room)

4)    Reconstructed Singapore Chili Crab  (Dinghao Signature)

5)    Chicken Tandoori & Beef Medallion  (d’ Olea Executive Dining)

6)    Banana ‘Epe’ – Banana Fritter – Mango Glutinous – Ice Cream Shell  (MYKO Pastry Team)
7)    Traditional Heritage Brew-Sarabba (MYKO Cafe)

Takjil


Makan malam akan di mulai bersamaan dengan waktu berbuka puasa, jadi sebelum adzan berkumandang kami sudah di persilahkan datang ke D'Olea Resturant yang ada di lantai 23 di Hotel Myko Makassar. Dan di persilahkan untuk duduk manis sambil menunggu hidangan di sajikan di meja kami masing2. Satu persatu waitress mulai berdatangan untuk menyajikan hidang pertama, yaitu Takjil. Yang di sajikan bersama Grape Juice bebas alkohol sebagai minumannya.

Takjil Yang di sajikan berupa 3 buah potongan kecil kue tradisional, yaitu kue lapis, kue ijo dan bolu ditambahkan juga 2 buah kurma sebagai pembatal puasa para tamu undangan. Kuenya di dominasi oleh rasa manis dan lembut, porsinya kecil dan nggak mengenyangkan. Pas banget  untuk menjadi hidangan yang membatalkan puasa, sebelum mempersiapkan diri untuk makan menu lainnya.


Sushi & Dim Sum 


Untuk hidangan ke-2 merupakan signature dish dari Outlet Hana Japanese Fusion and Dimsum Restaurant. Ada 3 buah sajian yang di hidangkan di depan saya, yaitu. Spinach Jade Dumpling, Futo Soka dan Chicken Lo Mai Gai. Hidangan yang pertama saya coba adalah Spinach Jade Dumpling, dari namanya saja sudah cukup menjelaskan hidangan ini ya. Hidangan yang merupakan dumpling yang di buat dari bayam, berisikan ayam cicang yang gurih dan lembut. Dumpling yang berwarna hijau jade ini juga di sajikan bersama tumisan daun bayam di bagian bawahnya. Its taste good , and actually I want some more πŸ˜…. 


Futo Soka yang di hidangkan adalah sushi maki dengan potongan kepiting soka di bagian atasnya. Sushinya enak sekali, toping potongan kepiting soka dan saos mayo nya juga enak dan crunchy sekali. Too bad they only serve one piece on every plate πŸ˜’. Sedangkan Cicken Lo Mai Gai, merupakan hidangan nasi tim ketan ayam yang di serve dengan taburan daging beef kering yang gurih dan manis, nasi ketannya lembut dan rasanya nasi tim ayam dengan texture agak mirip lemper.

Sambil menunggu hidangan selanjutnya saya sempatkan sholat magrib dulu di mushola yang berada di lantai 5. Dari Lobby hotel di lantai 3, naik tangga terus belok kiri.

Baca Juga : Golden Asian Restaurant Hotel Four Points Makassar

Pumpkin Creme 


Untuk hidangan ke 3 di sajikan, Golden Maple Pumpkin Creme. Signature dish dari MYKO Banquet Kitchen Team. Sop krim labu kuning dengan isian jamur dan sirup maple, rasanya manis,gurih dan creamy sekali. Tetapi di karenakan saya tidak suka labu dan creme soup, saya jadi merasa kurang menikmati hidang yang satu ini. Untuk kalian yang suka hidangan creme soup, mungkin menu ini cocok kalian coba. Rasa manis dari maple sirupnya terasa cukup, dan nggak bikin eneg.

Skewer


Chicken and Beef Skewer merupakan signature dish  dari The Fig Tree Restaurant. Menu perpaduan sate ayam dan beef yang ada dalam satu tusukan, di hidangkan bersama lontong, mie kering goreng, kerupuk dan acar. Yang istimewa sate ini di sajikan dengan bumbu sate yang di haluskan/uleg secara manual dan di buat dari bahan bahan lokal yang ada di Makassar. 

Rasanya Juara banget, dagingnya empuk dan gurih di masak dengan ketelitian. Karena menggunakan 2 buah jenis daging berbeda. Saus kacangnya terasa pas dan enak banget, styling menunya juga juara. Taste so delicious, I wish I could ask : " 5 tusuk satai lagi please ... "πŸ˜“. Tapi ya begitulah makanan gastronomi di serve sangat stylish dan porsi yang tidak berlebihan. Dengan begitu terpampang nyata seni yang ingin di tunjukan di atas sebuah piring makan.

Chili Crab


Hidangan Ke 5 bernama Reconstructed Singapore Chili Crab, signature dish dari Restaurant Dinghao. Menu ini terdiri atas fuyonghai kepiting yang di sajikan bersama saus cabe dan bawang, di makan dengan nasi dan mantau goreng. Fuyonghai kepitingnya mempunyai rasa manis khas kepiting, sepertinya daging kepiting yang di masukan ke dalamnya cukup banyak. Sehingga texture fuyonghainya kenyal bertexture daging kepiting. Saus cabai dan bawangnya terasa pedas dan gurih. Sehingga menyeimbangakan rasa fuyonghai kepiting yang manis. Untuk menyeimbangkan rasa, makan fuyonghainya harus sambil di cocol ke sausnya, biar rasa manis,pedas dan gurihnya menyatu.

Chicken Tandoori and Beef Mendalion


Menu ke 6 merupakan menu dari D'Olea Restaurant, tempat di mana kami makan malam saat itu. Terdapat 2 buah menu yang di sajikan,  Chicken Tandoori dan Beef Mendalion. Hidangan chicken tandoori yang merupakan menu khas dari India di sajikan bersama dengan nasi kebuli dan acar ketimun. Ayam tandoori D'Olea Restaurant ini terasa sangat gurih sekaligus pedas, bumbu rempah2 dan tandoori masala yang di gunakan dalam hidangan ini terasa sangat kuat. Beberapa kali saya makan makanan India, ketika hidangan masuk mulut dan di kunyah rasa rempah rempah langsung keluar menyelimuti mulut saya. Rasanya rempahnya sampai naik ke tenggorokan dan tercium masuk ke area hidung, hal ini merupakan ciri khas hidangan India. Ayam tandoori yang di hidangkan kemarin terasa gurih dengan aroma rempahnya masih bisa di toleransi. Ayamnya pun empuk sekali, bikin effortless ngunyahnya. Dagingnya lembut dan rasanya cocok di santap dengan nasi kebuli.

Sedangkan untuk Beef Mendalionnya, buat saya sih Juara. Daging sapi has dalam nya di masak medium rare terasa lembut, gurih dan gampang banget di kunyah, di sajikan bersama sauteed mushroom yang gurih dan saus bbq yang mempunyai cita rasa manis, asam dan gurih. Di bagian topingnya di sajikan daun bawang panggang yang moist dan cocok di makan bersama daging.

Pastry


Hidangan penutup di sajikan  4 buah jenis hidangan yang cantik dan manis, terdiri atas Banana fritter atau pisang goreng yang manis dan crunchy, di sajikan bersama marshmallow panggang. Manggo Glutinous, atau pulut mangga hidangan ala Thai yang terdiri atas pulut ketan yang di beri topping potongan mangga kemudian di siram santan gurih. Di hidangkan seporsi suapan yang di taruh dalam gelas kecil. Jadi kalau mau makan tinggal di amm aja masukin mulut semua. 


Pisang Epe', merupakan dessert khas makassar yang berupa pisa yang di bakar kemudian di siram air gula yang manis. Padahal Pisangnya aja udah manis banget lho, makanya di tambahkan potongan kecil strawberry di atasnya sebagai penyeimbang rasa. 

The best dessert menurut saya adalah si Ice Cream Shell, es krim vanilla yang di masukan dalam shell coklat yang di taruh di atas adonan meringue yang manis sekali. Rasanya ... hmmm enak banget. 

Hidangan penutup yang di sajikan membuat makan malam kami terasa lengkap dan luar biasa. Dessertnya pun pas banget di sajikan setelah menyantap ayam tandoori yang spicy, sehingga makan malam kami di tutup dengan sensasi rasa manis yang luar biasa.

Sarraba


Sebagai Minuman penutup di sajikan Sarabba dari MYKO Cafe, yang merupakan minuman khas Makassar. Sarraba yang di sajikan merupakan minuman hangat yang di buat dari Jahe, dan gula Aren rasanya sama persis dengan wedang jahe yang sering saya minum di kampung halaman.

Padahal Sarabba yang sebenarnya biasanya di tambahkan telur, santan dan sedikit merica. Untung saja malam itu Chef tidak menyajikan sarabba yang menggunakan telur. Kenapa?? karena saya nggak bisa minum apapun jenis minuman yang mengandung telur. Mencium baunya ajah sudah pusing, apalagi sampai minum πŸ˜….

Baca juga : The Perfect Hideaway at Amatoa Resort Tanjung Bira

Chef dan Teamnya sedang mempersiapkan hidangan untuk kami

Saya mendapatkan pengalaman makan malam yang luar biasa malam itu. Makan malam yang nyaman, dimana semua makan  dari hidangan appetizer sampai dessert di serve dengan sangan cantik dan stylish sekali. Rasanya seperti sedang ada di acara food tasting di Food programme yang sering saya tonton di cable tv AFC dan TLC. Dimana pelanggan cukup duduk cantik, semua menu yang di sajikan hari itu akan di terangkan oleh waitress yang betugas. Makan yang di sajikan pun di persiapkan secara freshly made di dapur restaurant. Selain itu pihak restaurant juga menghitung dengan teliti waktu penyajiannya. Agar setiap menu yang keluar bisa di nikmati secara maksimal oleh pelanggan. tidak terburu buru, sehingga saya bisa makan sambil ngobrol nyaman dengan teman2 se-meja. 

Menurut saya menikmati makanan dengan style gastronomy seperti kemarin sangat menarik untuk di coba. Banyaknya hidangan yang di sajikan menambah pengetahuan saya tentang perbendaharaan seni tata boga dan kuliner. Bagi kalian pecinta makanan, wajib banget nyoba Gastronomique Food yang ada di MYKO Hotel & Convention Center Makassar. 

Untuk Informasi Menu Dan Harga silahkan hubungi nomor telephone yang akhir tulisan ini.

Saya dan Teman Teman photo bersama Chef dan teamnya
( photo : https://ungatawwa.wordpress.com/)

Photo by : https://ungatawwa.wordpress.com/


MYKO Hotel & Convention Hotel

Mall Panakukkang, Masale, Panakukkang Kota Makassar. Sulawesi Selatan 90231
Phone : (0411) 4673999

You Might Also Like

12 comments

  1. Wih canggih bgt ada sarabba di hotel mevvah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarraba wedang jahe manis2 anget dan ngangenin πŸ˜…πŸ˜

      Hapus
  2. Ngecesss liat foto2 makannya.. huhuhu Myko ini yg hotel baru kan yak? bagus banget dalemnya ternyata :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak2 Lho makanannya. Iya Tari, hotel MYKO makassar design interior nya mewah dan classic itu. Cakep kayanya bukan resepsi *kode πŸ˜…

      Hapus
  3. duuuuh jadii lapaaar mbaaak. Pengen nyoba sushi dan dim sum nya mbaak. Keren nih hotelnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Muthi, sushi dan dim sum nya enak. Sayang cuma sebiji doang 😁. Terimakasih sdh mampir

      Hapus
  4. Saya waktu itu ngga sempat kebagian sushinya karena kelamaan di toilet :(
    Liat fotonya kak Awie jadi ngiler deeeh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo ndak cicip sushi nya dii? Saya habis sholat, sushinya sudah ada di meja *Alhamdulillah 😬.

      Hapus
  5. Semuanya enak, semuanya kusukaaa �� porsi kecil tapi mengenyangkan, pas sarabba sudah full :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarabba ka Nanie di kasih ke saya kan ya 😁. Itumi pas mau menikmati sarabba, salfok sama acara potret bersama chef dan mau pulang πŸ˜‚πŸ˜‚. Jadi ndak maksimal minumnya.

      Hapus
  6. Mewah sekali restonya, hidangannya ala2 Eropa cara penyajiannya tapi sebenarnya masakan lokal pun disajikan ya mabk? Menarik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, banyak kuliner lokal yang disajikan juga. Disajikan dengan gaya penyajian yang lebih kekinian.

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community