The Perfect HideAway At Amatoa Resort Tanjung Bira

Mei 04, 2017 fillyawie 6 Comments



Weekend lalu saya dan suami sempat menginap di Amatoa Resort, ceritanya pengen liburan dan melarikan diri dari hecticnya Kota Makassar. Berangkat dengan membawa mobil dan mengandalkan google maps sebagai penunjuk arah. Sebenarnya suami sudah pernah beberapa kali ke Bulukumba dan Tanjung Bira, tapi untuk perjalanan dengan menyetir sendiri ini merupakan pertama kalinya. Jadi sepanjang jalan google maps selalu online.

Keindahan Tanjung Bira sudah tidak di ragukan lagi, laut berwarna Biru Turquise dengan air yang jernih dan pasir putih yang lembut menjadi pemandangan akan anda temukan selama berlibur ke sana. 

190KM

Amatoa Resort yang terletak di Bonto Bahari, Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar berjarak kira kira 190KM, kemarin saya cek di google maps. Berkendara dengan mobil kira kira memakan waktu 5-6 jam-an, dengan gaya nyetir santai nggak kebut2an ya. Kebayangkan klo gaya nyetir kenceng berapa lama 😊.

Dari Makassar menuju Tanjung Bira, ada 5 Kabupaten yang harus di lewati sepanjang perjalanan ke sana. Yaitu : Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba, ketika sampai di Bulukumba kita masih harus berkendara sekitar 40menit untuk sampai di ujung kaki pulau Sulawesi ini. Kondisi jalanan di setiap Kabupaten lumayan mulus dan nyaman di lalui oleh kendaraan kami, dan pastinya bebas dari kemacetan yang biasa kami temukan di Makassar. Kami berangkat sekitar jam 09.00 Wita dan sampai di Tanjung Bira sekitar jam 14.00 Wita. 

Papan Petunjuk Arah

Ketika Memasuki kawasan wisata Tanjung Bira kendaraan dan pengunjung harus membayar tiket retribusi, untuk kendaraan roda empat di kenakan tiket 20K dan 10K untuk pengunjung. Amatoa Resort terletak di bukit karang yang ada di atas pantai, kalau anda bawa kendaraan sendiri dan belum pernah ke sana mungkin ada baiknya bertanya sama orang sekitar. Jalan masuk ke Amatoa ada di sisi kiri sebelum Hotel Anda, dari situ tinggal naik ke atas, kemudian anda akan menemukan papan petunjuk arah. Kurang lebih ada 2 papan penunjuk arah, tinggal di ikuti aja.

Infinity Pool


Kamar No.5

Di Amatoa Resort hanya tersedia 7 kamar yang bisa di booking oleh pengunjung. Dan kami memesan 1 bulan sebelumnya, di Agoda.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. ketika cek in kami mendapatkan kamar No.5 yang merupakan kamar Tripel dengan 2 tempat tidur (1 double bed + 1 single Bed), dengan posisi persis di depan Infinity Pool yang terkenal itu. Di depan kolam renang sendiri tersedia 3 unit kamar, dengan posisi menghadap langsung ke laut lepas.



Keuntungannya, You'll get the best view, dapet suasananya juga karena persis di depan laut lepas angin dan deburan ombak terdengar jelas sekali. Selain itu jadi gampang kalau mau berenang di pool atau di laut, istilahnya tinggal koprol doang. Kerugiannya, lack of privacy. Karena kamar kita di depan kolam, dan kolam yang cantik keren ini jadi tempat tujuan setiap penghuni hotel baik untuk berenang, leyeh leyeh, selfie dan welfie jadi pastinya kalau di luar rame langsung kedengeran ke kamar kita.


Pemandangan dilihat dari depan kolam renang

Ini pertama kalinya saya menginap di sini, kesan pertama ketika masuk ke sini resortnya cantik di dominasi oleh bebatuan berwarna broken white bercorak alam, di sepanjang jalan masuk dan beberapa area menuju ke laut lepas. Cantik dan sangat mendukung sekali untuk gaya hidup masa kini yang sedikit sedikit motret cekrek2 trus upload di social media 😁.




Kamar No.5

Kamar yang di bangun di resort ini di dominasi oleh bangunan kayu dan tegel batu dan gaya interior yang cantik. yang paling saya suka sih tempat tidur yang di buat dari tegel batu dan di hiasi kelambu, jadi romatis banget kesannya. Design interiornya juga simple tapi cukup menarik. Persis di bagian depan di dominasi oleh kaca di sepanjang area kamar, dengan pemandangan infinity pool dan laut lepas berwarna hijau kebiruan (Turquoise) terpampang nyata di depan kamar.




Sayang sekali bangunan kamarnya sudah terlihat termakan usia, banyak cat dinding yang mulai rontok. Semoga hal ini menjadi perhatian bagi pengelola hotel.


Beautiful details


Di dalam Kamar No.5 ini fasilitas apa saja yang bisa anda dapatkan ketika Cek in : 
- welcome drink
- Kulkas Kecil 
- Lemari Baju
- Kotak Brankas
-Kamar Mandi dengan Air panas

Kurang lebih seperti tergambar di photo ini, sayang kondisi kamar dan peralatan penunjangnya sudah cukup tua. bahkan tidak di sediakan boiler untuk merebus air panas untuk nyeduh popmie *eh

Back To Nature Bathroom

Di Amatoa resort kamar mandi yang di sediakan pun berasa banget nuasa alam nya. Kamar mandinya di dominasi oleh bebatuan dan di hiasi oleh bebatuan karang yang muncul dari dalam tanah. Jujur kalau buat saya yang penakut ini, it's a bit spooky. Bagimana enggak?? batu karang kan pasti bolong bolong ya, kebayang kalau ada binatang yang hidup di dalam sana eh trus keluar pas kita lagi mandi atau lagi ngapain gitu. haduh ngerinya sampai sampai saya males ke kamar mandi, belum lagi kondisi atap kamar mandi yang di tutup rapat tanpa ada exhaust dan jendela sebagai tempat sirkulasi udara. Kebayang kan ini kamar mandi, agak remang remang gemana gitu. Dan akhirnya saya memang memergoki seekor binatang di tiang kamar mandi, ahh horor banget kalau di ceritakan. Terlepas dari cerita horor yang saya alami, pemandangan yang di suguhkan di luar menjadi pelipur lara yang luar biasa.







Nah kalau kalian cari kamar resort dengan suasana dan interior yang menonjolkan nuansa alam, kamar yang saya tempati pas banget untuk selera kalian. Mandi di bawah pancuran air sambil di kelilingi pohon dan bebatuan, dapet banget suasana pantainya



Ranting gantungan baju/handuknya lucu ya πŸ‘

Beautiful Details



Hal apa saja yang akan kita dapatkan ketika menginap di Amatoa Resort?? jawaban saya cukup : Pemandangan dan lebih banyak pemandangan. Ketika menginap di sini tidak diragukan lagi anda anda mendapatkan sebuah pemandangan yang luar biasa. Posisi Resort ini persis bersebrangan dengan Pulau Liukang, menjadikan Pulau Liukang menjadi Pemandangan yang akan lihat anda selama menginap di sini. Dimana ketika malam hari terlihat kerlap kerlip lampu di sebrang sana, dengan hembusan angin dan ombak yang terdengar sangat jelas dari depan kamar yang kami tinggali. Selain itu Hamparan laut yang luas dengan warna yang cantik terasa bagaikan therapy untuk mata kita yang sudah bosan melihat polusi dan kemacetan.




famous Infinity Pool yang menghadirkan pemandangan indah selama berenang merupakan salah satu godaan yang sulit untuk di lewatkan . Aapalagi berenang ketika sunset, bisa jadi moment yang romatis kalau datang bersama pasangan ( catat : Halal!! 😁). Sayang kemarin ketika saya berenang di sana, langitnya sedang mendung jadi nggak bisa melihat sunset.



Amatoa Resort bisa di bilang sangat pintar dalam mendekor resort yang tidak begitu besar ini. banyak sekali details yang hadirkan untuk menambah cantik suasa resort. Seperti banyak pajangan kerang dalam ukuran besar, pohon cactus yang cantik, tangga kayu ke laut, pagar kayu di sepanjang tebing dan masih banyak lagi. yang kehadirannya membuat suasana menginap anda menjadi terasa berbeda.
Selain itu cocok sekali untuk anda si pecinta Instagram, yang wajib upload photo2 kekinian ala2 selegram, di sini tempatnya.









Tangga yang menuju area laut lepas, airnya bening sekali kadang banyak sekali ikan berenang di area ini. Sayang ombaknya besar sekali kalau anda mahir berenang, wajib nih nyemplung di sini. Anda bisa mendapatkan kesempatan berenang bersama ikan2, terutama ikan teri banyak sekali di sini. Ada juga saya lihat ikan Baracuda kemarin lewat di sini. Tapi untuk perenang yang tidak handal seperti saya, saya cuma berani diam diantara karang. karena kalau kita nggak berpegangan kuat bisa kehempas ombak. Ombaknya Persis seperti kata Syahrini hempas datang lagi, di hempas datang lagi.

Rent a Boat


Nah kalau mau mandi di pantai, Amatoa resort berjarak kurang lebih 10-15 menit dati pantai Tanjung Bira. Ke pantai Tj.Bira tinggal jalan kaki tapi agak jauh sih, kemarin saya bawa mobil ke sana. Kalau mau melakukan kegiatan olah raga air seperti snorkling atau pergi ke Pulau Liukang atau Kambing. Kalian bisa sewa kapal, bisa sewa di hotel dengan membayar 550K untuk 4 orang penumpang plus alat snorkling dan pelampung dan trip ke 1 pulau, kalau mau trip ke 2 pulau bisanya nambah 2x lipatnya πŸ˜•.




Jernih airnya sampai pemandangan di dalam air terlihat dengan jelas, Photo ini saya ambil menggunakan camera iphone5s

Perfect Hideaway 

Jika anda mencari tempat liburan yang nggak cuma nyaman tapi juga bisa membuat kita melupakan kepenatan dan menghilang dari rutinitas sehari hari. Amatoa resort merupakan tempat yang cocok untuk anda datangi. Di kamar hotel tidak di sediakan Televisi dan jaringan Internet WIFI hanya tersedia di bagian resto. Jadi anda akan fokus bersantai dan menikmati liburan anda.




Kalau mau datang ke sini dari Makassar, baiknya berangkat pagi2 sekali. Sebelum cek in ke Hotel bisa main dulu ke pantai Tanjung Bira atau Pantai Bara yang berjarak hanya hitungan menit. Karena posisi Amatoa cukup terpencil jadi malas bolak balik ke pantai, selain di dalam resort ada restoran jadi kalau lapar gampang tinggal pesan makanan.

Saya jamin anda akan tercengang dengan pemandangan laut di sini, snorkling di sini juga menjadi kegiatan liburan yang amat sangat saya rekomendasikan. Ini pertama kalinya saya snorkling di Sulawesi, walaupun sempat mabuk laut saya nggak kapok dan pengen sekali mengulangi snorkling lagi di sini.

Restoran Resort dengan posisi persis Depan Pantai

Keindahan Tanjung Bira sudah tidak di ragukan lagi, walaupun jauh woth it banget untuk di datangi. Hamparan Laut biru turquoise yang anda lihat bagaikan sebuah lukisan yang luar biasa indah di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa dan di beri nama Indonesia ini patut kita cintai dan hargai.



Sarapan Yang di sajikan di Amatoa Resort



Janki lupa datang ke Tanjung Bira ...

Amatoa Resort

Address : Jalan Pasir Putih No. 6, B I R A, Bonto Bahari, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten                            Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571
Phone    : 0812-4296-5500  

You Might Also Like

6 komentar:

  1. Masya Allah..keren bgt mbak Awie 😍😍.. Kemarin dapat harga berapa kamarnya mbak? Trus 7 kamar itu ukuran dan fasilitasnya sama semua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Alfu sudah mampir, kamarnya beda2 ada double, triple dan family room (buat 5orang klo nggak salah). Harganya mulai 1,1an kalau beli di agoda.com (best offer). Lumayan banyak discountnya πŸ‘πŸ˜

      Hapus
  2. Emang bener2 keren yaa..ala di Maldives gitu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka memang klo pemandangan dan ambience nya memang juara banget ini resort πŸ‘.

      Hapus
  3. Wah Tanjung Bira ternyata.memiliki harta alam yang memesona. Resort nya bagus banget mbak ���� kamar mandinya natural gitu. Kolam renangnya keren. Tempat tidurnya ala2 honey moon kayak kerajaan gitu menarik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Nurul, Tj.Bira memang merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Sulsel. Banyak pantai berpasir putih yang cantik, tj.bira dan pantai bara merupakan salah satu yang πŸ‘. Terimakasih sudah mampir ke sini πŸ™πŸ’

      Hapus