Cita Rasa Negri Sakura di KOI Japanese Restaurant

Mei 29, 2017 fillyawie 16 Comments



“ Sebutkan saja menu makanan Jepang yang anda sukai, semua tersedia  di KOI Japanese Restaurant - Hotel Clarion Makassar

Sebuah pesan singkat masuk ke Line saya, bertanya : " Ka Awie hari senin kita makan siang yuk, kumpul2 sebelum bulan ramadhan. Bisa ikut join nggak Kak?"
Pesan itu datang dari Qiah, teman blogger yang paling sering saya tanyain permasalahan tentang blogging. Secara memang Ibu muda ini, salah satu Blogger andalan di Makassar.
" Senin ya, hmm boleh deh. tapi ketemuan di mana?" saya jawab kemudian.
Padahal buat saya ketemuan di mana ajah nggak masalah, saya kan anak baru di sini masih meraba2 tempat dan kafe buat nongkrong2. Walaupun sudah ada beberapa tempat masukan list 'nice place to hang out'.
Pesan balasanpun langsung saya terima :
" Kak, pernah makan di KOI Hotel Clarion belum? kita makan di sana yuk Ka? ".
" oo Saya belum pernah makan di sana, mau deh nyobain lunch di sana"
"Ok kak, Senin siang ya Kak jam 12an kita janjian di sana"
"Ok, siap "

Jadilah Senin siang minggu lalu saya memesan Gojek OL dengan tujuan Hotel Clarion Makassar, Rencananya mau makan siang sama teman2 sambil silaturahim sebelum bulan Ramadhan datang. Sebelum ke pergi ke Hotel Clarion saya harus pergi membayar tagihan air di depan komplek terlebih dahulu. Setelah tagihan air sudah di bayar, langsung cuss ke KOI Japanese Restaurant di Hotel Clarion untuk makan siang di sana sekalian nongkrong nongkrong dan gosip2 sebelum bergosip di larang 😆😅. 

Kalau kalian mendengar kata kata Japanese Restaurant, kira kira apa hal pertama yang terbersit dalam benak kalian? Apakah semangkuk Ramen yang  gurih nyoyy dengan taburan wijen dan potongan cabe yang bisa bikin bibir kita jontor tapi nggak kapok kapok buat terus menyuput kuahnya ramen, atau potongan sushi yang berjajar kaya rapi di taburin telur ikan terbang yang blink blink bikin nyess pengen langsung di lahap, atau Shabu Shabu yang kalau di ibaratkan mungkin seperti bowl of Happiness karena terdiri dari panci besar berkuah dengan isi rebusan yang enak semua, atauu…



Sambil naik Gojek ngebayangin menu makanan jepang yang kira kira mau saya pesan nanti. Di pelupuk mata sudah terbayang semua menu yang saya sebutkan tadi. Sambil berdoa dalam hati dengan sangat hikmad, Ya Tuhan semoga teman teman memesan menu yang berbeda2 ya, biar saya bisa icip icip semua menu yang ada *eh.

Alhamdulillah sampai di Hotel Clarion dengan selamat, trus langsung merapat ke KOI Restaurant yang ada di Lt.1 ½. 
Baca Juga : Borderless Experience of Taste di Masakini Makassar

Truly Japanese Restaurant 


Seperti kebanyakan Restoran Jepang KOI Japanese Restaurant di dekor dengan ambience yang cozy dan suasana yang agak gelap dan syahdu. Sepertinya Lighting restaurant memang di design untuk menimbulkan suasana nyaman bagi pengunjung. Sebagai penyeimbangnya di dalam KOI Restaurant digunakan banyak sekali furniture yaitu dining table dan dining chair yang di dominasi oleh kayu dan jok kursi berwarna creme, begitupun dengan bagian plafonnya pun di dekor dengan kayu berwarna senada dengan furniture. 




KOI restaurant buka dari jam 10.00-22.00 Wita, buka setiap hari Open All Day. Melayani para pengunjung restoran yang ingin menikmati menu shabu2, Yakiniku, Tempanyakki, Berbagai jenis Shusi dan Ramen, Shasimi dan berbagai hidangan Jepang lainnya. 

KOI merupakan restoran yang memang menspesialisasikan diri dalam hidangan Japanese Food. Restoran ini merupakan Restaurant Hotel Clarion, yang hadir di Makassar semenjak tahun 2011.  Itu menurut cerita pihak Restaurant yang sempat saya tanya2, ketika menunggu teman2 yang lain. Kalian sudah kah mampir ke sini? Jangan mau kalah sama anak Tangsel yang nyasar di Makassar ini ya xixixi

Cantik ya Perempuan di lukisan ini 

Cobain Menu Ini deh


Ini memang kali pertama saya makan di KOI Restaurant, biasanya kalau pertama kali datang ke sebuah restaurant saya biasanya cari menu yang ada tanda Chef Recommendation. Maksudnya menu2 yang di rekomen sama Chefnya, pastinya menu yang enak dan best seller. Sambil nunggu teman yang lainnya datang saya sempetin untuk lihat menu2 yang di pajang persis di depan Restaurant, berkali kali membolak balikkan buku menu untuk mempersingkat waktu pas memesan makanan nanti. 

Siang itu saya janjian dengan 5 orang teman lainnya, makan siang sambil chit chat silaturahmi sebelum bulan puasa datang. Kami memang memilih Restaurant Jepang biar tetap ada menu nasinya, Kan namanya juga lunch bareng. Kalau orang Indonesia belum makan namanya kalau belum mengunyah nasi. Dan pada akhirnya ketika semua orang sudah datang dan saat untuk order makananpun tiba, kami menanyakan menu menu apa saja yang best seller atau banyak di pesan orang kalau datang ke sini. Niatnya mau pesan semua menu best sellernya, biar bisa di rasain dan di ceritain di sini. Setelah mendengarkan penjelasan dari Mba Waitress akhirnya kami sepakat memesan beberapa menu untuk di makan bersama. Menu yang selalu menjadi tujuan para pelanggan ketika datang ke sini.

Appetizer, Ala Carte and  Sushi

Gyoza , harga : 53K++

Mixed Sashimi, Harga 119K++

Di KOI Japanese Restaurant selain menyediakan menu Shabu Shabu dan Yakiniku, kita juga bisa memesan menu ala carte. Karena Menu nya banyak sekali, siang itu kami memilih menu appetizer dan sushi yang di sarankan oleh waitress yang melayani kami. Pilihan appetizer jatuh ke Tempura, Gyoza dan mixed shashimi. Rasa dari tempuranya crunchy dan gurih, sama juga dengan gyozanya kulitnya lembut dan sedikit crunchy isian cincangan daging dan udang nya pun banyak dan gurih. Pilihan yang cocok sekali untuk di jadikan appetizer untuk semakin menggugah selera makan kita.

Ebi Tenpura, Harga : 73,5K++

Salmon Okonomiyaki on process

Salmon Okonomiyaki

Untuk penggemar Okonomiyaki yang merupakan menu yang terbuat dari tepung yang di campur sayuran, daging dan seafood kemudian di berikan campuran air jadi mirip adonan pancake lalu panggang di atas panggangan tempanyakki. Rasanya agak2 mirip bakwan tapi adonannya lebih lembut seperti pancake. Di Koi Japanese restaurant hanya tersedia 1 menu okonomiyaki yaitu : Salmon Okonomiyaki, yang berasa lembut gurih2 nyoyy banget deh. Dengan taburan katsuobushi atau yang lebih di kenal dengan nama bonito flakes nya yang tipis tipis gurih membuat okonomiyakinya makin crunchy dan gurih.

Baked Sushi salmon, Harga 86K++

Sedangkan untuk menu sushinya, kemarin pesan baked salmon sushi untuk kami santap bersama2. Rasa sushinya cukup enak dan tidak amis. Sampai2 dalam sekejap itu piring salmon ludes nggak bersisa. Worthed it banget, wajib di pesan ya kalau ke KOI Resturant lagi.

Shabu-Shabu



Untuk kalian yang suka Japanese wiskul (wisata kuliner) pasti shabu shabu merupakan hidangan yang sudah tidak asing lagi di telinga kalian ya. Shabu2 yang merupakan makanan khas jepang yang terdiri dari irisan (Nabemono) daging sapi yang tipis yang di celup celup dalam panci berisi kaldu yang di panaskan di atas meja. Kemudian di santap dengan saus khusus yang bernama godamare atau ponzu yang sudah di taburi oleh wijen putih.



Jika kita menyantap shabu2 biasanya kita di tawarkan untuk memilih jenis kaldu yang akan di gunakan sebagai kuah celupannya. Di KOI Restaurant tersedia 2 jenis kaldu untuk menu shabu shabu yaitu kaldu sapi dan tomyam. Siang itu kami memilih kaldu sapi sebagai kuah celupan nabemono kami. 

Kaldu sapi yang tersedia di sini rasanya sangat ringan (light broth), hampir tidak begitu terasa kandungan sapinya. Untuk kalian yang diet atau takut kegemukan, bisa makan shabu shabu di sini karena kaldunya ringan sekali. Daging yang di gunakan pun berkualitas cukup baik, cepat sekali matang ketika di celup selain itu juga lumer ketika di kunyah. Dari semua pilihan nabemono (daging dan seafood) menurut saya daging sapi merupakan pilihan yang istimewa dan wajib di coba. Karena pilihan lainnya kurang lebih berasa seperti di restoran shabu2 lainnya. Pilihan nabemono lainnya ada daging ayam, seafood dan berbagai macam sayuran. Untuk menambah cita rasa shabu2, jangan lupa tambahkan bawang putih cincang dan cabai rawit ke dalam mangkuk shabu shabu anda.



Untuk menikmati menu shabu shabu, anda cukup membayar 135K++, kurang lebih jadi 160K setelah di  hitung dengan tax/orang. Seperti pada restoran shabu2 kebanyakan , menyantap shabu2 atau Yakiniku di KOI Restaurant anda bisa menyantap menu shabu2/yakiniku ALL YOU CAN EAT sepuasnya plus dengan berbagai macam dessert (bubur kacang, es cendol, cake dan buah-buahan).

Shabu2 on Process, photo credit : www.emaronie.com

Yakiniku


Harga menu Yakiniku di badrol sama dengan Shabu2 135K++, All you can eat menu plus dessert. Kalau Shabu2 di celup dalam hotpot, Yakiniku merupakan hidangan yang di panggang di atas api, Di KOI sendiri di sediakan berbagai macam hidangan yang bisa di panggang oleh kita sendiri di atas panggangan yang di sediakan di atas meja. Berbagai macam hidangan berupa satai daging (sapi/ayam), irisan tipis daging (sapi/ayam), berbagai jenis seafood, jeroan, sosis dan masih banyak lagi.




Ketika menyiapkan hidangan Yakiniku, jangan lupa untuk mencelupkan daging/seafood terlebih dahulu ke dalam niku tare (saos yang di taburi oleh wijen). Kemudian setelah hidangan matang, celupkan ke dalam soto tare (saus tanpa wijen) baru kemudian siap di santap.

Kalau mau seru bisa minta panggang sendiri semua hidangan yang kita pilih, apalagi kalau makan bersama keluarga dan anak anak. Bisa jadi kegiatan makan yang seru karena bisa masak sendiri, tapi kalau anda malas kena asap pannggangan, silahkan meminta untuk di panggangkan oleh chef yang bertugas. Insha Allah rasanya lebih enak kalau di panggangkan Chef .

Ramen

Ramen merupakan menu Japanese food yang sedari awal kedatangan sudah saya tandain, karena menu ini meruapakan menu Japanese food yang paling saya suka. Ramen atau mie kuah merupakan menu yang di adaptasi dari negara China. Semangkuk Ramen terdiri dari rebusan mie yang kenyal dan kuah kaldu yang yang kental. Iya saya memang penyuka kuah kaldu yang kental, walaupun ada beberapa ramen berkaldu cukup light yang biasanya berasal dari seafood. Ketika ingin memesan ramen, Pihak KOI Restaurant menyarankan saya untuk memesan Spicy Ramen yang merupakan menu best seller di sana.

Spicy Ramen, harga 64K++


Spicy Ramen di KOI Japanese Restaurant merupakan menu ramen dengan kuah kental berwarna kemerahan, dengan tingkat kepedasan yang cukup sedang ( kalau menurut saya). Di sajikan dengan homemade noodles yang kenyal, sayuran, telur dan sea food ( squid and tempura). Rasanya bagaimana? Saya baru tinggal 6 bln di Makassar agak susah2 gampang mencari restoran ramen di sini. Kalaupun ada tidak semua hidangan ramennya Juara. Untuk Spicy Ramen di KOI Japanese Restaurant rasanya cukup enak. Karena kuahnya cukup thick, tingkat kepedasannya pun ramah di mulut dan perut, too bad the ajitsuke tamago is over cooked. Iya sayangnya telur ajitsuke nya terlalu matang dan kuning telurnya tidak seperti telur ramen yang seharusnya, yaitu berwarna bening kecoklatan.

Healty Beverages Menu

Purple Angel, harga 43,5K++

Pernah nggak sih kalian perhatiin kalau makan di restoran Hotel biasanya menuman yang di jual harganya lumayan mahal cyiin, beda harganya dengan harga minuman di restoran biasa ya. Mungkin memang di buat sedemikan sebagai bagian dari strategi marketing ya, tapi *eh masa kita pesan makanan doang. Kalau makan doang nanti seret kan, kalau makan pecel ayam sih nggak apa2 ada aer kobokan *eh. Nah makanya kalau pesan minuman di hotel restaurant kadang saya suka lama milihnya kelihatan banget ya ogah ruginya. Sambil tanya tanya ini isinya apa aja, rasanya gemana? Cocok nggak untuk di minum dengan hidangan yang saya pesan. Panjangkan kaya wawancara kerja. Setelah bertanya2 ini itu akhirnya saya memutuskan untuk memesan Purple Angel.
Purple angel yang berisi buah blue beri yang di mixed sama yogurt trus di blend. Rasanya manis asem seger gitu, cocok untuk teman makan sushi atau yakiniku. Karena kalau makan ikan atau daging panggang area mulut kita berasa agak berlemak gemana kan ya, menyerutput minuman yang manis asem dan menyegarkan sangat cocok untuk mengembalikan kesegaran mulut kita. 

 D'sexiest, Harga 43,5K++

Straberry Juice, 36K++

Teman saya Inar memesan D’sexiest yang berisi jus sayuran hijau di campur dengan buah2an, rasanya juga enak menyegarkan qo nggak horor berasa pahit sayuran. Sedangkan Dwi seperti bisa memesan Jus strawberry.

Dessert yang bisa di cicipi sepuasnya, jika anda memesan menu shabu shabu dan yakiniku

bubur kacang merupakan salah satu dessert yang tersedia di sini

KOI Japanese Restaurant cocok banget untuk makna bareng keluarga, terutama menu shabu-shabu dan Yakinikunya. Makan jadi seru karena pakai acara masak2 bersama, selain itu menunya all you can eat, makan sampe puas sepuasnya.


Photo Bersama, photo credit : www.qiahladkiya.com

Alhamdulillah makan siang dan chit chat bersama teman2 berlangsung sangat menyenangkan, seru membahas moment tunangan babang Hamish *lho lho 😆😅. Selain itu saling sharing menu jadi bisa ngerasain semua menu yang ada juga merupakan sebuah trik yang menguntungkan buat kita semua. 

Silahkan singgah ke KOI Japanese Restaurant di Hotel Clarion Makassar untuk merasakan Japanese Food yang sesungguhnya.

Koi Japanese Restaurant

Grand Clarion Hotel & Convention

Jl. AP. Pettarani no. 3Makassar, Indonesia

Open : 10.00 Am - 22.00 Pm






You Might Also Like

16 komentar:

  1. Wih lengkapnya pilihan makanannya... mana shabu-shabu dan yakiniku bisa sepuasnya lagi! Baca ini pas waktunya mau makan malam... lapeer. saya belum pernah coba ke KOI Resto, so nggak bakal nolak kalo diajak makan disana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Intan, iya lengkap banget menunya. Saya juga nggak bakalan nolak Mba kalau di ajak ke sini lagi 😬😃

      Hapus
  2. Omaigatttt. Ramennya begitu menggiurkan kak Awie.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangettt Yani, gurih nyoyy banget lagi 😊👍

      Hapus
  3. Seru bgt yg lunch bareng. Tumben gak liat anaknya dwi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Ka Lia, pake acara ngebahas abang Hamish pujaan hati 😂😂. Gaza ada di depan kita lagi jalan ke sana ke mari ketika mamanya sibuk photo 😬.

      Hapus
  4. I always love japanesse food...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too 😀. Thank u for visiting my blog 😉.

      Hapus
  5. Duuuuh, spicy ramennya bikin laper. Semoga segera ada di Malang deh :'D


    www.sophiamega.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya warna kuah ramennya bikin ngiler ya Mba.
      Terimakasih sudah mampir di sini 😉

      Hapus
  6. kereennn foto2 dok nya mbak Awiee.. lengkap bagus ulasannyaaa sukaaaaa

    BalasHapus
  7. Ah salah nih, saya ke sini siang2 pas puasa :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk, gapapa Ka Niar itung2 uji nyali : )

      Hapus
  8. Ini postingan kesekian mi saya BW tentang KOI. Jadi tambah baper ... eh bilang laper dilarang kaan lagi puasa, nda lama lagi saya cusss mi kesini juga deh. Apalagi ada minuman fave berry n yoghurt nya. ootd, board Pinteresnya kita banyak yang samaan ya. saya juga suka all about necklace, storage, decor, DIY, sewing, and healthy food. Salam kenal yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ka Novie, suka makan di KOI juga ya. Enak semua ya makanannya. saya suka sekali sama aksesoris ka, dan pinterest itu ibarat guidance book buat saya he he he. Terimakasih Ka sudah mampir.

      Hapus