Minggu, 17 November 2019

Maltofer Solusi Pemenuhan Zat Besi di 1000 Hari Pertama Kehidupan.



Datang ke acara Maltofer Women Community Makassar dan belajar banyak tentang ‘Pentingnya Zat Besi di 1000 Hari kehidupan Pertama” bukan hanya membeikan manfaat dan informasi penting seputar pentingnya zat besi bagi tubuh manusia, khususnya batita. Acara ini juga sukses membangkitkan memori masa lalu saya ketika masih kanak-kanak.

Saya dan Anemia

ki-ka : kakak saya - adik - saya, dari kecil saya memang picky eater jadinya badan saya lebih kurus dari saudara-saudara saya yang lain.

Apa hubungannya zat besi dan cerita kanak-kanak ? Bagi saya hubungannya sangat erat. Waktu kecil dulu, semenjak bersekolah di sekolah dasar dan diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera di setiap hari Senin pagi dan kadang di Sabtu Siang. Ya di sekolah saya dahulu SDN Cipaku Bogor, pada Hari Sabtu sebelum pulang sekolah kadang kami diminta untuk ikut serta dalam latihan upacara persiapan untuk Seninnya.

Saat itulah saya pun mulai dihadapkan oleh kondisi ganguan kesehatan. Gangguan yang dimaksud adalah, saya suka pingsan ketika mengalami dehidrasi saat berdiri terlalu lama, apalagi berdiri di bawah terik matahari. Walaupun saya tinggal di Kota Bogor yang katanya kota hujan dan sejuk, tapi matahari yang ada di Kota Bogor sama qo panasnya sama matahari di kota lainnya. “Ya iyalahh, lo kata matahari department store ada di mana-mana.”😄

Walaupun tidak pingsan setiap minggu, tapi saya masih ingat kalau saya sering mengalami kondisi pusing-pusing bahkan adakalanya sampai pingsan. Bisa dua bulan sekali bahkan pernah sebulan sekali berturut-turut pada saat mengikuti upacara.

Mama dan Papa sempat khawatir dengan kondisi saya, beberapa kali saya dibawanya ke dokter. Hasil pemeriksaan dokter katanya saya mengidap anemia. 

"Anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah (hemoglobin) yang sehat, akibatnya tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga membuat kondisi pucat dan cepat lelah “.

Zaman dulu sih saya belum ngerti apa itu anemia, tahunya biar nggak sering pingsan ya disuruh makan banyak sama mama, makanannya pun lebih banyak protein hewani, minum suplemen zat besi dan sesekali mama buatkan jus bit buat saya. Ya buah bit dikenal memiliki manfaat baik bagi penderita kekurangan zat besi karena buah bit diketahui mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan kaya akan zat besi. 

Kebetulan saya termasuk anak yang picky eater, susah sekali makan kalau lauknya nggak sesuai. Jadi ya ini jadi masalah saya juga sih, jadinya asupan makanan yang dibutuhkan sulit terpenuhi. Makanya harus dibantu juga oleh asupan makanan yang kaya akan zat besi dan pastinya harus konsumsi suplemen zat besi.

“Kondisi anemia saya alami sampai masuk di usia 10 tahunan kemudian berangsur-angsur membaik semenjak saja tidak menjadi picky eater lagi, sudar jarang pingsan hanya sesekali pusing saat dehidrasi saat beraktifitas berat seperti olahraga. Saat menginjak usia remaja kondisi tubuh saya rasakan semakin baik, gejala anemia yang dulu saya rasakan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya . 


Maltofer Woman Community Makassar, Solusi Pemenuhan Zat Besi di 1000 Hari Pertama Kehidupan



Zat adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena memiliki peran penting bagi produksi hemoglobin dan ketersediaan jumlah darah dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi dari Zat Besi adalah untuk mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Kondisi anemia yang terjadi pada saya di masa kecil, salah satu penyebabnya adalah kekurangan zat besi dalam tubuh. Belajar dari pengalaman, untuk itu saya bisa dibilang sudah cukup akrab dengan yang namanya suplemen zat besi. Body friendy iron!

dr. Carlinda Ekawati dari PT. Combiphar dan dr. Viktor Shiahaya dokter spesialist anak dari RS Siloam Makassar
Belajar dari pengalaman yang tidak menggenakan di masa lalu, ketika PT. Combiphar menggelar acara Maltofer Women Community 2019 di Makassar, saya langsung tertarik untuk ikut. Lumayan bisa sekalian belajar kalau nanti punya anak.

Acaranya diadakan pada hari Minggu, 3 November 2019 di Hotel Aston Hotel and Convention Makassar, bertajuk " Pentingnya Zat Besi di 1000 Hari Pertama Kehidupan". Acara dihadiri oleh para mahmud (mamah muda), macan ternak (mamah cantik nganter anak) dan para moms kece lainnya yang pastinya menyayangi dan peduli akan kesehatan keluarga.

Acara dibawakan oleh Bp. Herry Firmanto selaku Brand Activation Manager PT. Combiphar, dr. Victor Siahaya Tjandra, Dokter Spesialis anak dari RS Siloam Makassar dan dr. Carlinda Ekawati dari PT. Combiphar

Topik seputar zat besi rasanya bukan termasuk bahasan yang sering dibahas saat talk show, padahal zat besi adalah nutrisi yang memberikan manfaat penting bagi kehidupan manusia lho. Bahkan zat besi menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam kehidupan seorang anak dari semenjak masa pembentukan dan masa kehamilan.

Seperti yang disebutkan oleh dr. Viktor Sahaya, bahwa bahwa asupan zat besi sudah diperlukan semenjak masa konsepsi dari 0 hari pada masa pembuatan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Zat besi memberikan manfaat penting pada masa periode kritis perkembangan janin, yaitu saat pertumbuhan janin dan pada masa pembentukan otak dan organ tubuh vital lainnya yang terjadi di masa kehamilan. Kebutuhan akan zat besi pun tetap berlangsung setelah bayi lahir.

Zat besi tidak hanya bertugas untuk mengantarkan oksigen, dari ibu ke janin. Zat besi juga menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan pada saat pembetukan otak dan organ vital lainnya saat bayi dalam kandungan. Kekurangan zat besi bisa berakibat fatal, mulai dari bayi lahir prematur, berat badan rendah, kekurangan gizi hingga bahaya kesehatan lainnya.


Bp. Herry Firmanto dari PT. Combiphar 
Zat besi menjadi nutrisi penting bagi pertumbuhan bayi baik saat masih dalam kandungan juga saat lahir kelak. Pada saat dalam kandungan asupan zat besi disalurkan oleh darah dari ibu ke janin. Pada saat bayi lahir asupan zat besi diberikan melalui ASI dan asupan makanan tambahan.

Tidak hanya acara talk show di #maltoferwomencommunity #makassar juga diadakan lomba mewarnai bagi putra-putri peserta yang yang datang ke acara ini.
Biasanya persoalan terjadi ketika balita sudah memasuki fase mengkonsumsi makanan tambahan, karena asupan utama zat besi tidak di-supply oleh ibu lagi. Makanan tambahan menjadi sumber utama pemenuhan zat besi. Terus anaknya susah makan 😭.

Praktek menyuapi anak ketika anak mulai memilih-milih makanan memang tidak semudah teorinya, tapi Dr. Viktor Siahaya menyarankan untuk membuat jadwal makan yang konsisten untuk anak dan merubah mindset bahwa anak banyak makan pasti sehat . 

Mengingat persoalan anak susah makan sepertinya jadi masalah yang banyak dihadapi oleh para ibu. “Ketika anak meminta stop, maka stop menyuapi. Tunggu sejam atau dua jam baru disuapi lagi …” Dr. Viktor Siahaya berusaha menyemangati para peserta yang memiliki masalah anaknya susah makan. Yang penting perhatikan asupan nutrisinya dan jadikan kegiatan makan jadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Karena asupan zat besi masih bisa digantikan oleh konsumsi suplemen yang sesuai dengan usia anak.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh manusia dan tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Dalam hal ini menjadikan zat besi harus dikonsumsi melalui makanan sehat dan juga suplemen zat besi setiap harinya.

Manfaat Zat Besi di 1000 HPK Anak 


Sebelum acara dimulai, peserta diminta untuk memeriksakan darah dan Hb nya, tidak terkecuali para balita yang menggemaskan ini.
Pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang juga disebut sebagai masa Golden Age masa keemasan yang tidak mungkin terulang lagi. 

1000 HPK dibagi dalam dua fase kehidupan. Fase pertama pada masa prenatal yang berlangsung selama 270 hari, mulai dari masa konsepsi pembentukan janin hingga bayi dilahirkan. Fase kedua pada masa postnatal berlangsung selama 730 hari setelah bayi dilahirkan hingga usianya menginjak 24 bulan.


Manfaat Zat besi pada Masa Prenatal


Pada 270 HPK saat janin masih dalam kandungan, zat besi memberikan manfaat baik bagi janin dan ibunya. Untuk itu ibu hamil membutuhkan asupan zat besi lebih besar dari manusia lainnya, karena zat besi yang dibutuhkan oleh janin di-supply oleh ibunya. Ibu dan janin sama-sama membutuhkan asupan zat besi, walaupun manfaat yang dirasakan oleh ibu dan janin berbeda.

Ibu yang kekurangan zat besi akan melahirkan anak dengan masalah defisiensi zat besi juga. Ya anemia dan defisiensi zat besi ternyata bisa diturunkan. Untuk itu zat besi menjadi suplemen yang wajib dikonsumsi di masa kehamilan.

Manfaatnya Zat besi bagi janin dan ibu hamil adalah sebagai berikut.


Manfaat Zat Besi Bagi Janin

Manfaat Zat Besi bagi Ibu Hamil


Manfaat Zat Besi pada Fase Postnatal

Masa keemasan selanjutnya berlangsung selama 730 hari setelah bayi lahir. Pada fase setelah bayi dilahirkan, perlu diketahui bahwa bayi lahir mendapatkan cadangan zat besi yang berasal dari darah ibunya. Pada 6 bulan pertama asupan zat besi diperoleh dari ASI, baru setelahnya asupan zat besi harus ditambah melalui pemberian makanan tambahan yang sesuai dengan usianya. 

Di sini terlihat sekali betapa ibu yang sehat dan tercukupi kebutuhan zat besi menjadi tolak ukur bagi terpenuhinya asupan zat besi bayinya. Asupan zat besi yang cukup harus dipenuhi oleh Ibu terlebih dahulu, sebagai pemberi nutrisi utama saat bayi baru lahir. Baru setelah lewat dari usia 6 bulan, asupan makanan menjadi sumber utama zat besi bagi bayi.

Manfaat zat besi bagi bayi usia 0-24 bulan adalah sebagai berikut,


Kebutuhan zat besi tidak hanya berlangsung di 1000 HPK anak kita saja, nutrisi penting ini wajib kita perhatikan dan konsumsi sepanjang hidup kita. Mengingat zat besi memiliki fungsi penting yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh, bersama dengan hemoglobin. Jadi ya ibaratnya sepanjang kita masih bernafas, peran zat besi masih kita butuhkan.

Zat besi memiliki segudang manfaat, selain manfaat yang sudah saya sebutkan di atas zat besi juga memiliki manfaat bagi system enzimatik pada tubuh, metabolisme energi, menjaga kesehatan rambut, kuku serta jantung dan masih banyak lagi.

Zat besi bisa diperoleh dari mana ?

Zat besi tidak diproduksi oleh tubuh, untuk itu kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi agar kebutuhan akan zat besi bisa terpenuhi.

Zat besi bisa didapatkan dari dua jenis makanan berikut, yaitu Non-Heme Iron : zat besi yang bisa ditemukan di tanaman (selain unggas, daging dan ikan) dan Heme Iron : yang bisa ditemukan dalam jenis makanan yang berasal dari hewani. Kandungan zat besi pada Heme Iron lebih mudah diserap oleh tubuh.

Zat besi bisa ditemukan di beberapa contoh makanan seperti  di bawah ini :



Ketika kebutuhan akan zat besi tidak cukup terpenuhi hanya dari asupan makanan saja, maka kita perlu mengkonsumsi asupan zat besi dalam bentuk Suplemen Zat Besi. Maltofer suplementasi penambah zat besi dengan kandungan Iron (III) Polymaltose Complex (IPC) bisa menjadi solusi pemenuhan zat besi bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Selain sebagai suplemen, Maltofer juga bisa dijadikan obat bagi penderita anemia defisiensi dan terapi mencegahan defisiensi zat besi.

Maltofer Body Iron Friendly, Solusi Pemenuhan Nutrisi Zat Besi


Maltofer tablet kunyah rasa coklat yang enak sekali
Maltofer adalah suplementasi zat besi oral untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada anak, remaja dan dewasa. Pada saat acara #MaltoferWomenCommunity di Makassar dr. Carlinda Ekawati, dari PT. Combiphar menjelaskan bahwa #Maltofer mengandung Iron Polymaltose Complex (IPC), yaitu senyawa yang larut di air yag terdiri dari inti besi hidroksida dan dan polymatose shell.

IPC diserap secara aktif dan terkontrol oleh tubuh, jadi kalau kita mengkonsumsi Maltofer tubuh hanya akan menyerap zat besi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Sehingga kita tidak perlu khawatir tubuh akan menderita kelebihan zat besi. Begitu yang diterangkan oleh dr. Carlinda Ekawati saat ujicoba melarutkan maltofer dalam segelas air.

Kebutuhan akan zat besi pastinya berbeda untuk masing-masing individu sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya. Hal tersebut bisa dilihat di bawah ini :



Ada banyak produk sumplemen zat besi yang beredar di pasaran, yang pastinya memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing. Yang membedakan Maltofer dengan produk sejenis adalah merupakan produk supplement zat besi yang tidak hanya aman untuk dikonsumsi tapi juga memiliki rasa yang enak. Mengingat kebanyakan suplemen zat besi bukanlah suplemen yang enak ketika dirasakan di lidah, biasanya berasa getir dan memiliki bau yang khas.

dr. Carlinda Ekawati sedang membandingkan kebaikan Maltofer dengan produk sejenis, dari tampilan fisik larutan Maltofer sudah terlihat lebih unggul. 

Fakta Maltofer lebih istimewa 


- Penyerapan aktif dan terkontrol dan memiliki manfaat yang terbukti secara klinis
- Efek yang sangat minimal terjadinya konstipasi dan rasa mual. Dan aman bagi pasien penderita sakit lambung
- Iron Polymaltose Complex (IPC) dalam Tablet kunyah pertama yang ada di Indonesia
- Rasa coklat Swiss yang enak dikonsumsi
- Bisa menjadi obat bagi penderita anemia defisiensi
- Tidak menyebabkan ketergantungan dan minim efek samping.
- Bisa diminum bersama teh dan makanan lainnya. 
- Untuk Maltofer tablet kunyah, praktis dikonsumsi dan mudah dibawa kemana-mana

4 Jenis Maltofer yang bisa anda beli di pasaran adalah sebagai berikut :


Sumber gambar : http://maltofer.combiphar.com/tentang/

Maltofer 30Ml Drop bisa dikonsumsi oleh bayi hingga dewasa.
Maltofer 150 Ml Sirup bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa, di setiap 1mg Maltofer mengandung 10 mg Fe. 
Maltofer Iron Polymatoltose Complex Tablet Kunyah, bisa dikonsumsi untuk anak usia 12 tahun – dewasa. Tablet kunyah yang praktis dengan rasa coklat yang enak untuk dikonsumsi.
Maltofer Fol Tablet Kunyah, Iron Polymatoltose Complex Folic Acid. Mengandung Folic Acid nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.


Cara mengkonsumsi Maltofer bisa dilakukan pada saat makan atau segera setelah makan. Untuk jumlah dosis yang sesuai ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau mengecek kadar Hb dalam darah.

Karena setiap individu memiliki kebutuhan akan zat besi berbeda-beda seperti yang saya sebutkan pada tabel kebutuhan zat besi di atas.

Kekurangan zat besi bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi tubuh kita. Bahaya kesehatan umum tersebut adalah sebagai berikut :

- Menghambat fungsi motorik dan kecerdasan pada bayi dan anak-anak
- Menurunkan daya ingat dan susah berkonsentrasi
- Mudah lelah dan sesak nafas serta kulit pucat
- Kerontokan pada rambut dan terganggunya kesehatan kuku
- Sakit kepala 
- Lidah dan mulut bengkak
- Anemia dan defisiensi zat besi, pada balita bisa berujung pada kekurangan gizi.



Pernah mengalami anemia saat kecil membuat saya menjadi lebih peduli untuk mengkonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung zat besi. Sudak cukup sekali saja saya terkena anemia sampai badan saya lemah dan sering pingsan, lesson learned. Apalagi sekarang saya sudah bertemu dengan #MaltoferIndonesia, dengan rasa yang enak dan mudah dibawa ke mana saja. Jadi nggak perlu khawatir akan terkena anemia lagi. Bye bye anemia.

Informasi lebih lengkap tentang Maltofer dan Pentingnya Zat Besi di 1000 Hari Pertama Kehidupan bisa kalian dapatkan di http://www.maltofer.combiphar.com/


Mbak Ika Puspita blogger dari Semarang bersama Blogger Perempuan Makassar



Sumber tambahan :

http://maltofer.combiphar.com/pentingnya-zat-besi-pada-anak/
https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/1/5/9162/Bisa-Cegah-Keguguran-Ini-7-Manfaat-Zat-Besi-bagi-Bumil
https://www.alodokter.com/pentingnya-zat-besi-untuk-tubuh
http://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-konsumsi-tablet-fe-bagi-ibu-hamil
https://www.alodokter.com/besi



26 komentar on "Maltofer Solusi Pemenuhan Zat Besi di 1000 Hari Pertama Kehidupan."
  1. saya suka rasa coklat tablet kunyah Maltofer ini.. Alhamdulillah bisa ketemu suplemen zat besi yg aman dan bermanfaat untuk tubuh..

    BalasHapus
  2. Wajahnya Awie sejak kecil sampai sekarang gak berubah yaa.
    Pantesan juga bodynya selalu langsing, rupanya sedaru kecil emang seperti itu yaa karena termasuk amak yang picky eater.

    BalasHapus
  3. Maltofer ini rasanya enyaaaakk bgt
    coklat swiss yg sedap ketika di-emut
    pokoke daku syukaaak, dan super hepi karena jadi banyak info seputar kekuranagn zat besi dll

    BalasHapus
  4. wah sampai ada tablet kunyahnya ya. penasaran pengen coba kayak gimana rasanya.
    aku kadang suka anemia, tau2 muter kliyeng2. perlu suplemen maltofer nih buat stok di rumah

    BalasHapus
  5. Zat besi memang sangat penting bagi tubuh. Saat hamil dulu, dokter juga memberiku vitamin zat besi.
    Maltofer ini jenisnya banyak ya, dari yang drop sampai tablet kunyah rasa cokelat yang enak. Mau beli ah buat stok di rumah.

    BalasHapus
  6. Zat besi seolah kecil ya padahal perannya penting juga untuk pembentukan otak pada 1000 hari pertama.

    Teteh sekarang sudah tidak picky eater, Kan?

    Sehat selalu ya, Teh.

    BalasHapus
  7. Saudaraku teryata kekurangan zat besi, mba. Dan ini teryata berdampak bagi tumbuh kembang, Sesuatu yang memang dianggap sepele tapi teryata penting ya

    BalasHapus
  8. Memang mpasi itu dianggap perlu karena di usia 6 bulan ada lonjakan kebutuhan zat besi yang tidak bisa dipenuhi dengan asi aja. Makanya butuh pendamping.
    Itu para balita apa ga jejeritan pas tes hb? Hihihi..

    BalasHapus
  9. Saya juga sampai sekarang kalau kepanasan tuh pusing-pusing Mbak, kayaknya musti coba maltofer deh. Dulu sempet pakai penambah darah merk S tapi tiap habis minum itu kayak mau muntah. Apalagi yg merk T sirup ya ampun kayak vampir minum darah wkwkwk

    BalasHapus
  10. kebutuhan zat besi bagi ibu hamil paling besar, ya. Kerasa sih mba waktu aku anemia rasanya lemes banget. Tiap pagi enggak semangat. Trus dari dokter dianjurkan minum suplemen zat besi, khawatir berpengaruh ke janin.

    BalasHapus
  11. Wah, ada ya rasa coklat... Asyik nih, enak, mengonsumsinya enggal akan bikim mual...

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu kalau ada tablet zat besi yang dikunyah.. kayanya, konsumsi zat besi saat hamil, jadi lebih mudah ya. Karena konsumsinya, jadi kaya makan makanan sehari-hari..

    BalasHapus
  13. Tablet zat besi bisa dikunyah gini pastinya rasanya enak beda sama obat mengandung zat besi lainnya nih.

    BalasHapus
  14. Pengen nyobain yang maltofer tablet kunyah. Dan pas lagi hamil juga nih. 1000 HKP seorang anak memang sangat penting, ya. Dimulai sejak bayi dalam kandungan. Semoga saya enggak terkena anemia. Aamiin..

    BalasHapus
  15. Ternyata perempuan paling banyak menderia kekurangangan zat besi ya. Kalau minum vitamin penambah darah kadang suka enak, tapi pas nyobain maltofer yang rasa coklat ini enak banget gak berasa eneknya

    BalasHapus
  16. Memang snagat penting sekali nih zat besi baik buat bumil atau adek bayi :D
    Kebetulan aku penderita anemia dan anakku pernah kena ADB juga sempat menjalani terapi zat besi gini. Makanya kalau pas terdiagnosa hB rendah sebaiknya konsumsi obat kek maltofer gini ya mbak, tentu sebelumnya cek ke dokter :D

    BalasHapus
  17. Perempuan memang paling rentan terkena anemia karena sering mengalami siklus haid. kebetulan sekali ada maltofer hingga kebutuhan zat besinya bisa terpenuhi

    BalasHapus
  18. Lengkap banget, Mak, manfaat zat besi bagi tubuh. Saya juga dulu sering pingsan, pernah hampir pingsan di bus saat pulang sekolah hahaha. Bahkan pas hamil saya masih anemia, huhu sedih. Maltofer recommended yah untuk menjaga Kebutuhan zat besi.

    BalasHapus
  19. Sumber vitamin yang sangat baik ya mba.. ada tablet kunyahnya ya?

    BalasHapus
  20. Selain makan makanan yang mengandung tinggi zat besi bisa ditambah Maltofer juga setiap hari ya

    BalasHapus
  21. Temenku SD juga ada yang dikit-dikit pingsan, padahal anaknya bisa dibilang gak kurus.
    Aku jadi pengin ikutan pingsan kaan...kayanya keren gitu, jadi anak cewe yang gak bisa aktivitas banyak.
    **biar dimanjain, hehehe...

    Tapi alhamdulillah, meski aku ga sarapan...aku gak pernah pingsan.
    Huuuhuu~

    Jadi ternyata sekarang baru tahu bahwa zat besi ini salah satu hal yang penting untuk metabolisme tubuh agar lebih baik.

    BalasHapus
  22. Matahari walau panasnya sama, tapi utk daerah2 dingin biasanya teriknya ga terlalu, cuma mgkn krn terbiasa dingin. Jadi panas dikit ya nyeleket banget. Xixixi.. iih kok jadi ngomongin matahari.

    Btw, ibu2 hamil sekarang mah enak ya. Sudah banyak multivitamin utk penambah zat besi anak.

    BalasHapus
  23. Maltofer emang wajib dikomsumsi bagi seorang yang terkena anemia, karna maltofers dapat membantu hal tersebut yah teh,. selain itu maltofer emang suplemen yang baik untuk dikomsumsi

    BalasHapus
  24. Belum pernah nyobain tapi kayaknya tertarik karena ada tablet kunyahnya. Emang jujurbaja aku paling malas minum multivitamin untuk zat besi krn berasa aneh aja. Tapi katanya Maltofer ini enggak kayak yg biasa

    BalasHapus
  25. Emang iya penting banget di 1000hpk
    Kerasa banget enaknya pakai maltofer pas hamil kemaren. Cepet banget

    BalasHapus
  26. Deh tidak bikin eneg pale itu Maltofer di' karena rasa cokelat plus bisa jadi alat jaga jaga kalau kurang zat besi

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature