Selasa, 09 Januari 2018

Review Same Resort : Hotel dengan Spot Sunset Terbaik di Tanjung Bira


Satu bulan lebih sedikit yang lalu saya dan paksu melakukan perjalanan ke Tanjung Bira, untuk saya ini merupakan perjalanan yang ke dua kali. Ya' Buat saya sih yang kedua kalinya, kalau si Paksu kayaknya sudah yang sekian kalinya. Maklum profesi paksu kan ada sedikit kemiripan sama supir antar kota antar provinsi, kerjaannya keliling ke sana ke mari dan jalan ke sana ke sini. Walaupun sering muter dan keliling ke sana ke mari, tapi alhamdulillahnya paksu bukan Bang Toyib. Paksu masih selalu pulang dan perginya pun nggak nyampe tiga kali puasa tiga kali lebaran. 😆

Jalan-jalan ke Tanjung Bira kali ini sebenarnya acara kantornya Paksu, ya' acara family gathering plus acara arisan Ibu-ibu para istri karyawan. Karena saya dan paksu suka sekali memotret, kami memutuskan untuk berangkat terpisah dari rombongan. Ya' kami memilih pergi dengan menggunakan mobil sendiri saja. Maksudnya biar fleksibel dan nyaman ketika kami ingin menyalurkan hobby memotret atau hunting spot memotret. .*Nah seperti saya bilang di atas, paksu sudah biasa melakukan perjalanan antar kota antar provinsi jadi kalau cuma harus nyetir ke Bira doang mah gampil lah .😆

Same Resort Tanjung Bira, Bulukumba Sulawesi Selatan



Perjalanan ke Tanjung Bira - Bulukumba kami tempuh selama empat jam tiga puluh menit, jarak yang terbentang dari Makassar  ke Tanjung Bira kurang lebih sekitar 187 kilo. Hanya bisa dilalui oleh perjalanan darat, sampai dengan saat ini belum ada rute penerbangan ke sana. Karena di Bulukumba belum tersedia landasan pacu dan bandara. Untuk kalian yang belum pernah melancong ke sini, Bulukumba terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak pantai yang cantik, selain Tanjung Bira ada 2 pantai lainnya yang juga terkenal yaitu pantai Bara dan Appalarang. Untuk bisa sampai ke sini kalian nggak perlu khawatir dengan rute atau kondisi jalanannya. Jalan raya menuju Kabupaten yang berada di ujung bagian selatan pulau Sulawesi ini sudah memiliki jalanan aspal yang nyaman dan hampir bisa dibilang lancar tanpa kemacetan. 

Kabupaten Jeneponto - Sulawesi Selatan
Di sepanjang perjalanan ke Bulukumba kalian akan disuguhi pemandangan lautan dan pegunungan di sisi kiri dan kanan jalan. Dalam perjalanan ke Bira kalian akan melewati sebuah Kabupaten bernama Jeneponto, di mana di sisi kiri dan kanan jalan akan terlihat banyak sawah dan tanah lapang plus segerombolan kuda yang sedang merumput. Kuda memang menjadi binatang peliharaan bagi masyarakat Jeneponto, bahkan kuda juga dijadikan sebagai bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Jangan aneh kalau kalian lewat Jeneponto ada banyak penjual coto kuda di sepanjang jalan. Bahkan di sana juga terdapat pasar kuda yang dikenal dengan nama "Pasar Tolo" yang berada di kelurahan Tolo, Jeneponto.

Kalau perjalanan sudah sampai Jeneponto berarti kalian sudah menempuh setengah perjalanan, setelah Kab. Jeneponto masih ada Kab. Bantaeng baru kemudian Kab. Bulukumba. Untuk sampai ke Tanjung Bira, dari Bulukumba masih harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit lagi.

 Meja receptionist hotel yang berdara di lantai 1, berhadapan langsung dengan lobby dan ruang makan

Untuk urusan penginapan kalian nggak perlu khawatir karena di pantai Tanjung Bira tersedia banyak sekali tempat menginap, dari penginapan kelas melati sampai hotel berbintang bahkan rumah penduduk yang disewakan juga ada. Jadi nggak perlu bingung mau menginap di mana, tinggal pilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget saja. Untungnya Acara family gathering kantor paksu diadakan di Same Resort, yang merupakan hotel berbintang 4 dengan konsep hotel yang moderen. Qo untung sih?? Iya saya merasa beruntung karena hotel ini sudah masuk dalam bucket hotel list yang ingin saya datangi kalau ada waktu liburan ke Bira lagi, makanya teteh jadi semangat pengen ikut pas tahu acaranya akan dilakukan di sini. 😅 teteh ogah rugi.


Pemandangan pantai Tanjung Bira dimabil dari area balkon lantai 1 same resort
Menurut saya ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika menginap di same resort, salah satu keuntungan yang menurut saya nyata banget adalah posisinya yang berada persis di depan pantai Tanjung Bira.  Jadi kalau mau main ke pantai tinggal koprol doang cuss langsung sampai, *ya kalee atlet senam cuma jalan ke pantai aja pakai gaya koprol 😀. Akses langsung ke pantai Bira bisa dilalui dari bagian belakang hotel, di bagian ini juga terdapat kolam renang dan balkon yang menghadap langsung ke pantai. 

Lobby hotel yang berhadapan langsung dengan area makan
Area makan di lantai 1


Same resort memiliki 3 buah bangunan hotel dengan area parkir yang cukup luas, 2 bangunan berlantai 2 terletak di  area bagian depan mengambil tempat di sisi kiri dan kanan hotel. Bangunan berlantai 3 berada di bagian tengah, merupakan bangunan utama dari hotel ini. Di bangunan utama inilah lah terdapat fasilitas kolam renang, ruang makan dan akses ke pantai.

Pantai Bira dilihat dari balkon kamar lantai 3
Hotel ini tergolong hotel baru yang berada di kawasan Tanjung Bira, mulai beroperasi pada bulan Desember 2016 jadi baru 1 tahun eksis di sini. Setiap kamar hotel di bangunan utama dilengkapi dengan balkon yang menghadap ke laut, so it's a plus banget ya. Bisa melihat pemandangan lautan lepas dari jendela dan balkon kamar merupakan sebuah nilai tambah yang sulit untuk di saingi oleh penginapan lainnya. Apalagi kalau balkonnya menghadap ke spot matahari terbenam, such a privilege banget.

Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam dari Balkon Kamar

Melihat Sunset dari balkon kamar
Sunset yang dilihat dari balkon hotel di lantai 1
Saya dan paksu menginap di lantai tiga hotel, di kamar kami terdapat balkon yang menghadap ke laut. Di hotel ini pemandangan Matahari terbenam bisa di lihat dari banyak spot, seperti dari balkon kamar, balkon ruang makan hotel, kolam renang atau dari pantai Tanjung Bira yang letaknya persis di bawah hotel. Posisi same resort memang persis menghadap ke arah Matahari terbenam. Jadi kalau cuaca lagi cerah, kalian pasti bisa melihat sunset dari hotel ini.



Pemandagan dari balkon hotel
Ketika pertama kali saya datang ke Tanjung Bira, saya dan paksu memilih Amatoa resort sebagai tempat menginap kami. Amatoa resort yang berada di atas tebing karang dan dengan bangunan yang didominasi oleh batuan berwarna putih memang sangat cantik dan eksotis, ceritanya bisa kalian baca di sini. Berbeda dengan amatoa resort, same resort menampilkan hotel bergaya modern dengan design bangunan bergaya Mediterania. Design fasad bangunan hotel yang berlabati dua, memiliki tampilan fasad dengan design lengkungan seperti yang biasa terlihat pada bangunan berdesign Mediterania. Terdapat juga pilar tinggi di setiap bagian depan bangunan hotel, yang memberikan aksen megah dan kesan mewah sekaligus cantik. Bangunan utama hotel ini didominasi oleh jendela yang besar pada bagian depan dan belakang, sehingga membuat kesan terang dan terbuka. 





So far menurut saya same resort bisa memberikan kenyaman dan kemudahan bagi para tamu yang menginap di sana. Area parkir yang luas dan berada di bagian depan dan basement hotel juga bisa menjadi point plus. Untuk urusan makanan, ya' bisa dibilang standar tapi tidak mengecewakan. Dan saya lupa memotret menu makanannya, wakwawkwkwk.

Salah satu kelebihan lain yang bisa kalian dapatkan adalah letaknya yang juga dekat dengan pantai Bara. Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya dan berteksture seperti susu bubuk ini, hanya berjarak sekitar tiga kilo meter saja dari same resort. Akses ke pantai Bara bisa dilalui menggunakan kendaraan roda empat atau kalau kalian suka dengan gaya hidup sehat, kalian bisa jalan kaki  kesana berjalan menyusuri jalan aspal atau via pantai Bira. Cerita tentang pantai Bara nanti saya ceritakan terpisah aja ya 😉.


Pantai Bara
Buat saya liburan ke pantai merupakan liburan yang selalu menyenangkan maklum cyinn teteh kan anak pantai 😅, melihat birunya lautan yang terhampar di depan mata bisa membuat hati teteh terasa damai dan bahagia. Di pantai Bira terdapat banyak sekali jenis rekreasi air yang bisa kalian pilih, seperti berenang, main banana boat, snorkeling dan diving merupakan beberapa contoh pilihannya. Kalau kalian sedang malas bersentuhan dengan air laut, kalian bisa ber-swa foto ria di pantai Bara karena di sana banyak terdapat spot photo yang cantik dan instagramable.

Kalau kalian termasuk anak pantai juga nggak sih? Anak yang doyannya liburan ke pantai ...


20 komentar on "Review Same Resort : Hotel dengan Spot Sunset Terbaik di Tanjung Bira"
  1. Uwaaahhhh cakeep abiiis pemandangan dr balkonnya ya mba. Ini tempat yg udh lama aku masukin ke list sih, trutama janeponto. Sbnrnya krn penasaran ama rasa coto kuda :D. Tp memang kalo udh ke sana, mnding sekalian trs ke bulukumba yaaa :D. Moga nanti bisalah kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun Mba Fanny penasaran sama coto kuda, aku malah nggak berani makan coda. Kalau sudah sampai Jeneponto, wajib mampir ke Bulukumba karena memang jaraknya lumayan dekat. Yuk sini explore Sulawesi Selatan...

      Hapus
  2. Saya juga anak pantaiii *toss*
    Pankapan ke Bira lagi, coba melipir ke Panrang Luhu melihat pembuatan kapal phinisi. Letaknya sebelum dermaga penyeberangan ke Selayar.

    Btw tumben tulisan teh Awie banyak typo hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku nggak baca lagi berkali-kali, langsung ka publish jadi banyak typo. Terimakasih Ka koreksinya, nanti sa betulkan 😘.
      Mauka lihat pembuatan kapal phinisi. Photo2 di dalam lambung kapal, pasti keren yaa.

      Hapus
  3. Seneng banget bisa nginap di Resort yang pemandangan lautnya undah banget, dari kamar langsung bisa lihat laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, mumpung masih di Makassar mau mencoba explore banyak tempat pariwisatanya 😊.

      Hapus
  4. Ya Allah.. Tanjung Bira.. inginnya diriku ke sana menikmati keindahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba Prim, main ki ke sana. Beneran nggak bakal nyesel deh, soalnya cantik banget 😍.

      Hapus
  5. MashaAllah bagus banget viewnya mbak.
    Btw itu fotonya pake kamera apa? Bagus hasilnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, pantai Tanjung Bira memang terkenal indah banget. Saya pakai camera canon m5 Mba, lensa fix 50mm dan lensa kit.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Nginap di hotel yang belakang/depannya pantai, itu impian saya banget mba. Siapa tahu one day bisa nginap disana. Aaamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah bisa Mba, semoga doa nya terkabul ya 😇. Aamiin ...

      Hapus
  8. Aku juga suka ke pantai apalagi nginep di resort gitu. Surga dunia banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos sesama anak pantai, woywoywoy anak pantai 🎶... suka damai ...🎶

      Hapus
  9. Woww... Sunsetnya bikin orang iri dan ingin kesana. :)

    Rasanya ingin bikin juga lukisan cahaya seperti yang Mbak lakukan. Keren. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sunset adalah lukisan terbaik dari alam ya Mas.
      Btw thanks sudah mampir 🙏.

      Hapus
  10. Aah.. Bertahun-tahun saya gak pernah lagi ke Bira. Baca ini jadi pengen banget ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka Ery mainnya ke luar negri terus sihh 😁. Bira cantik ya, nggak ngebosenin main ke sini.

      Hapus
  11. Nah sayang, kemarin ke makassar ga sempetin main ke bira. Ternyata ada hotel seciamik ini. Bisa menikmati sunset dari balkon kayak di hotel pulau pulau hits lainya ya kak. Kayaknya cocok di buat mengkinap beberapa hari jika berlibur ke bira

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature