Hologram Cafe Instagram-Able Kekinian

September 03, 2017


Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang
-Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Holografi-

Hello semua, seperti biasa setiap hari senin kita bertemu lagi di cerita #Sannengtalk. Tema #SannengTalk kali ini diberikan oleh Ka Ery, beliau meminta kami membahas tentang Hologram  Cafe & Eatery. Kebetulan kami bertiga pernah lunch bareng di sana. Selain itu Hologram juga kami jadikan tempat pemotretan untuk tema #SannengTalk5 kemarin. Yuk mari kita bahas sama-sama tentang Cafe and Eatery yang bisa di bilang masih gress alias baru buka ini.

Hologram Cafe & Eatery


Hologram cafe buka sejak tanggal 12 Mei 2017 ini masih tergolong cafe baru di kota Makassar. Walaupun begitu Hologram sudah bisa menarik banyak pengunjung untuk datang. Kota Makassar bisa dibilang selalu update dalam hal trend restauran dan kuliner. Hal tersebut bisa kita lihat dari begitu banyaknya pilihan cafe dan restaurant yang ada, katanya sih Orang Makassar suka sekali sama wiskul (wisata kuliner). Kegiatan makan di luar rumah dan ngopi-ngopi di cafe sudah menjadi bagian dari kebudayaan orang-orang di sini. Pantesan ya Makassar terkenal dengan berbagai makanan enaknya.

Menjamurnya cafe dan restauran di Kota Makassar membuat banyak pengusaha kuliner harus berusaha extra agar tempatnya tetap didatangi para pelanggan dan pengunjung baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan menu makanan dan minuman yang enak, pun ramah di kantong pelanggan. Selain itu cafe dan restoran pun harus menonjolkan keunikan tema dan tempat yang nyaman bagi setiap pelanggan yang datang.


Hologram cafe yang terletak di Jl. Onta Lama No. 54 Makassar ini mengadaptasi gaya retro. Retro style dapat di artikan sebagai gaya kekinian yang mencerminkan gaya yang pernah ada di masa lalu. Retro style biasa menggabungkan beberapa style interior dibeberapa era berbeda untuk menjadi sebuah style baru. Gaya retro sendiri lebih umum digambarkan sebagai gaya design interior yang ada di tahun 50-an, 60-an dan 70-an. Gaya retro akan memanjakan mata kita dengan menampilkan gabungan warna-warni dan style baik dalam furniture, dekor dan details lainnya. Hologram cafe bisa dibilang cukup sukses mengadaptasi style ini, dengan menggunakan warna toska sebagai warna dominan, cafe ini disulap menjadi sebuah tempat yang menarik dan tidak membosankan.

Sesuai dengan namanya Hologram cafe juga berhasil menghadirkan nuansa warna warni seperti yang bisa di lihat dalam sebuah gambar hologram. Di sini sempurat warna warni itu di aplikasikan dalam berbagai media. Dari mulai warna dinding, furniture, dekorasi dan masih banyak lagi.


Baca juga tulisan Hologram Versi Ka Ery dan Versi Qiah 

Beberapa waktu lalu, kami ber-3 (Saya, Ka Ery, Qiah) sempat melakukan photo #OOTD ala ala di Hologram. Photo untuk tema #SannengTalk5 yang pada saat itu membahas tentang ini. Untuk pemotretan #OOTD ala ala, kami ber-3 berusaha mencari cafe yang unik, cantik dan kekinian. Kalau bisa sih cafe baru, biar bisa sekalian review 😅. Setelah mencari-cari dan berdiskusi akhirnya pilihan kami jatuh ke Hologram Cafe & Eatery. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih Hologram sebagai tempat pemotretan. Selain karena cafe baru alasan lainnya adalah :

➤ Terang Karena Cahaya Matahari


Sebagai seorang yang suka photography, saya suka sekali dengan tempat yang terang oleh cahaya matahari. Kalau tempatnya terang dan sumber cahaya matahari yang masuk banyak, Insha Allah akan menghasilkan photo dengan qualitas yang cukup baik. Saya pakai camera DSLR Canon 1100D, kalau memotret di tempat yang remang-remang atau kurang cahaya dengan menggunakan lensa kit. Membuat saya mengalami banyak kendala dan hasil memotretnyapun kurang bagus. Photo yang dihasilkanpun kadang blur bahkan banyak noisenya. Entah memang karena kameranya yang kurang canggih atau kemampuan motret saya yang drop cyiinn 😅. Jadi kalau ada job review cafe atau job motret lainnya, saya harus memastikan tempatnya terang atau tidak. Jangan sampai udah datang ke tkp pas di sana cameranya nggak compatible dengan kondisi tempat yang lowlight. Hologram merupakan kafe yang terang dan berlimpah cahaya matahari, artinya ramah untuk camera canon 1100D saya 😆.

Salah satu meja dengan kursi bench ini terdapat di Lt.2 Hologram cafe.

Baca Juga : Makanan Gastronomi Kekinian Di Myko Hotel Makassar

➤ Konsepnya Unik


Konsep retro yang diadaptasi oleh Hologram, membuat setiap sudut cafenya terlihat unik, kekinian dan intagram-able. Kekuatan sebuah cafe yang memiliki instagram-able faktor, bisa menjadi daya tarik yang kuat untuk mendatangkan para pegunjung. Hal itu bisa dibilang kaya penglarisan zaman sekarang 😅. Semakin bagus konsep cafenya semakin banyak yang penasaran dan ingin datang, menu pun menjadi sebuah daya tarik yang harus dikemas dengan cantik dan capture-able. Gaya hidup zaman sekarang menuntut kita datang ke cafe bukan hanya untuk makan, tapi juga harus melakukan mandatory-selfie dan memotret makanan yang kita pesan. Demi apa coba??? This is the reality, whether you like it or not 😊. Some people doing it for fun and some other doing it to gain follower 😀. Never underestimate the power of social media!


➤ Steal-able Interior Look

Dekorasi dinding tangga yang steal-able

Kalian kalau datang ke cafe selain untuk makan biasanya ngapain? Kalau saya datang ke cafe yang pasti sih karena lapar mau makan, Ya iyalah masa mau cari rinso 😅. Selain untuk makan banyak orang datang ke cafe untuk nongrong atau kongkow-kongkow bersama keluarga dan teman dekat, bahkan kadang meeting juga di cafe. Sebagai IRT yang kadang penat dengan kegiatan sehari-hari, cafe bisa menjadi salah satu tempat untuk mencari inspirasi. Salah satunya adalah inspirasi dalam urusan mendekor rumah. Cafe dengan design interior yang cantik bisa menghadirkan banyak ide dibenak Teteh. Nah di Hologram ini banyak sekali details interior look yang menurut saya steal-able banget. Sebenernya bikin hati Ibu-ibu bahagia itu gampang banget lho, tinggal ajak ke cafe trus pas pulang ajak lah ke Home Decor Store untuk belanja furniture dan printilan dekorasi rumah baru. InshaAllah Teteh mah langsung bahagia 😁.

Nah bagus nih bikin rak kaya gini, mungkin bisa pesan ke tempat pembuatan pagar rumah

➤Bersih dan Nyaman


Sekeren-kerennya cafe kalau kondisinya tidak bersih dan tidak nyaman pasti pelanggan tidak akan betah untuk berlama-lama di sana. Apalagi buat orang yang agak OCD kayak saya ini, kebersihan cafe terutama rest roomnya menjadi salah satu faktor utama selain makanan dan konsep. Untungnya Hologram  memiliki semua faktor itu. Terlebih di Lt.1 dipasang kaca besar di amping tangga yang menuju ke lantai 2. Kaca tersebut sebenarnya pintu masuk menuju rest room, kondisi rest room juga bersih dan didekor cantik persis seperti tema cafe Hologram. Aksen kaca tersebut juga mempunyai fungsi membuat ruangan cafe terlihat lebih besar dan bersih, sehingga para pengunjung betah berlama-lama di sana. Di Hologram juga tersedia Mushola, ini nih saya selalu suka dengan cafe di Makassar. Hampir setiap cafe di kota ini selalu menyediakan ruangan sholat untuk para pengunjung. Musholanya terletak di Lt.2 cafe, persis disebelah tangga ketika memasuki Lt.2. Di Lt.2 juga terdapat panggung untuk pertunjukan musik akustik yang biasa di gelar setiap Jum'at Malam.


➤ Menu Enak Harga Bersahabat


Berbicara tentang cafe hal pertama yang kita bicarakan seharusnya adalah tentang menu makanan dan minuman, sesuai dengan fungsinya cafe adalah tempat makan. Cafe dengan menu yang enak dan harga sesuai, akan berpotensi menjadi cafe andalan yang ramai dikunjungi pengunjung. Hologram cafe menghadirkan makanan ala westren dan Indonesia didalam daftar menunya. Menu yang disajikan berupa menu pizza, appetizer, main course, dessert dan beverages. Harganyapun bisa dibilang cukup affordable dimulai dari harga 15K untuk menu minuman dan Harga tertinggi sebesar 80K untuk menu main course. Ada beberapa menu best seller yang direkomendasikan oleh Chef, dan menu tersebut telah kami coba ketika makan siang bersama di sana.


Menu Hologram Mixed fries ini dibandrol dengan harga 45K (before tax), berisikan sosis goreng, nugget dan french fries yang cukup banyak dan mengenyangkan. Satu hal yang nggak kalah penting, rasanya enak.


Menu ayam penyet dibandrol dengan harga 38K (before tax), satu menu lengkap ayam, nasi plus soup ini rasanya enak sekali. Sajian ayam goreng yang gurih yang dipenyet bersama sambal matah yang pedas nyoyyy ini bikin makan jadi lahap sekali.



Pizza Hologram style merupakan salah satu menu best seller yang direcommend oleh chef. Dibandrol dengan harga 68K (before tax), terdapat 8 potongan pizza yang bisa disantap bersama-sama. Pizza dough nya tipis dan lembut berbeda dengan pizza ditoko sebelah *eh, toppingnyapun meriah dan kaya akan keju. Jadi bikin lidah bahagia dan perut menari-nari kegirangan.

Iced Thai tea 25K (before tax)

Iced green tea 25K (before tax)

Baca juga : UrbanistBox Cafe Dan Kantor Anti Mainstream Di Makassar

Dari beberapa alasan diatas, kami berfikir Hologram memang tempat yang tepat untuk dijadikan tempat makan dan memotret. Yuk kita lihat hasil pemotretan yang kami lakukan di sana.

Photo sumber : qiahladkiya.com
Pemotretan dibagian depan cafe dengan backgroud glass mural yang cantik dan menarik. *Eh dibelakang juga ada model cilik sedang liatin bundanya yang lagi sibuk memotret saya 😆.

Pic. source : qiahladkiya.com

 Picture source : qiahladkiya.com

Pic. source : qiahladkiya.com

Terimakasih sudah mampir disini, semoga tulisan ini bisa memberikan informasi mengenai tempat nongkrong baru yang kekinian di Makassar. Kalau menurut kalian Hologram cafe ini keren dan kekinian nggak? Saya suka sekali nongkong di cafe dan restoran yang kekinian dan instagram-able. Bagaimana dengan kalian? suka yang kekinian atau yang vintage yuk bahas disini...

Hologram Cafe & Eatery

Jl. Onta lama no.54, Makassar
Buka : Setiap Hari, jam 09.00-24.00 Wita
Telepon : 082280888202 - 081224022233
Ig : @hologram_cafe

You Might Also Like

12 comments

  1. Saya suka cafe ini! Interiornya keren, warna tosca-nya cantik tapi gak norak.
    Kapan2 harus ke sini lagi nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita nongki di sini lagi. Saya paling suka sama lukisan abstrak mosaic yang warna warni, keren sekali di pasang di dinding warna tosca.

      Hapus
  2. bener banget mbak awie, life style jaman sekarang tujuannya buat upload ke instagram huehehe saya juga kadang kalo diajak ngafe tanya dan telusur dulu mau dimana, kalau bagus viewnya pasti kita betah, betah banged deh kalo di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di sini betah banget, tapi datangnya weekday sama pas afterlunch kali ya. Biar nggak begitu ramai, jadikan bisa photo2 sebebasnya :).

      Hapus
  3. Nice. Tempatnya instaramable bgt. Makan bisa banyak cekrak cekreknya nyari spot buat foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, Instagramable dan nyaman sekali cafenya.

      Hapus
  4. Ketce banget mbk tempatnya, nyaman pula. apalagi buat foto2 n selfie2. heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, cocok banget buat selfie 😊.

      Hapus
  5. Ke makassar juli lalu dan baru baca postingan ini sekarang, seandainya tau lebih dulu aku udah kesini buat foto-foto XD makasih infonya mbak, keren banget cafenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kalau ke Makassar lagi, mampir ke sini Mba. Karena Seru banget tempatnya 😊. Makasih sudah mampir.

      Hapus
  6. Liat foto2nya aku jadi kangen teteh tapi lebih kangen ditraktir *eh hahahaha

    Bagus banget teh foto2nya, review cafenya bikin pengen ksana jugaaaaa. Aku gak gaul banget masa gatau tempatnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk di tlaktir di sini yukk. Ish Tari mah masa anak muda nggak tahu tempat ini, aku juga baru taunya kemarin dari Qiah 😅.

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community