URBANISTBOX Cafe dan Kantor Anti Mainstream Di Makassar

Juli 14, 2017 fillyawie 10 Comments




Hellow ...
Kemarin teteh sempat nongkrong di Urbanistbox Makassar, tempat nongkrong terbaru anak Makassar yang anti mainstream banget. Dari tampilan nya ajah udah beda, yaitu menggunakan Container bekas yang di jadikan sebagai tenant space. Dimana dari dalam kontainer itu para pemilik cafe akan meracik makanan dan minuman yang kalian pesan. Kalau masak di dapur mah udah mainstream banget kalee. Terlebih setiap kontainer di kasih warna warni yang eye catching banget, terkesan colorful dan menarik perhatian.

Kebetulan pas saya datang sabtu kemarin merupakan acara soft lauching dari U-box Makassar, plus ada acara photography dan lomba makan juga. Di acara ini para pelanggan alias orang yang lagi nongkrong2 ( ya salah satunya saya ) di perkenalkan dengan beberapa owner tenant yang ada di U-box, ya mereka sedikit memberikan banyak informasi tentang makanan atau minuman yang mereka jual di Ubox. Jadi kami para the nongkrongers *haiyahhhh jadi tahu di sini tuh ada makanan apaan ajah sih.





Urbanistbox Makassar


Urbanistbox Makassar yang berada di Jl. Pelita Raya No.41 ini merupakan sebuah konsep bisnis penyediaan ruang/space dengan gaya yang unik alias anti mainstream. Untuk konsep bisnisnya ini Urbanistbox menawarkan 3 buah jenis usaha penyediaan ruangan bisnis dan ruang kerja. 3 buah jenis konsep ruang tsb adalah,



~ U-box 
Ubox merupakan sebuah bangunan berbentuk U, yang di didirikan dari kontainer bekas yang disusun sedemikian rupa membentuk bangunan membentuk huruf U. Menurut Mas Fajar, salah satu perwakilan dari Urbanistbox yang sempat saya tanya2 kemarin. Mengatakan bahwa, U-box sengaja di buat khusus di di sewakan untuk para UKM lokal yang memiliki bisnis makanan dan minuman. Ruangan container yang di sewakan tersedia sebanyak 13 cubical container plus 1 warung box. Sampai dengan saat ini, sudah terdapat 10 tenant cubical container dan 1 warung box yang mengisi U-box. Masih ada 3 buah cubical container, 1 buah di jadikan mushola sementara dan 2 buah available untuk di sewa. Monggo siapa tahu berminat...

Yang seru dari U-box ini walaupun tenant yang di miliki nggak banyak2 banget lah ya, tetapi setiap tenant yang mengisi di sana menjual makanan/minuman yang berbeda satu dengan lainnya tidak akan sama. Seru nggak tuh, jadi sesama tenant akan bersaing secara sehat. Selain itu para pengunjung pun akan bisa mendapatkan pilihan makanan lebih banyak. Perlu di catat lagi nih, kalau kalian makan disini itu smua berasal dari pengusaha kuliner dan UKM Kota Makassar lho. Tujuan Urbanist-box dalam menghidupkan ukm lokal sepertinya patut kita apresiasi, jarang kan usaha cafetaria atau food court yang kaya gini.

Tiang2 besi tempat Working space 'Kamae' nanti akan di bangun

~ Kamae
kamae yang dalam bahasa Indonesia berarti Kemana ini, merupakan sebuah konsep penyediaan working space atau ruang kerja. Kamae yang nantinya akan di bangun di lantai 3 Urbanist-box akan menjadi sebuah pilihan bisnis jasa penyediaan ruangan kerja. Dari ruang kerja yang bisa di sewa bersama2 atau share office space concept dan juga penyediaan pivate office. Pun konsep working spacenya tetap akan menggunakan container. Jadi pengen tahu kayak apa bentuk jadinya nanti.

~ La Marowa
La Marowa merupakan sebuah konsep bisnis restaurant yang juga masih dalam tahap rencana pembangunan. La marowa yang berarti : ramai ini akan berada di belakang U-box yang saat ini sudah berdiri. Berkonsep restaurant 1 lantai yang juga tetap akan menggunakan container sebagai gaya bangunannya.

Dari ke-3 konsep Urbanistbox di atas, baru U-box yang di lauching dalam soft launching kemarin. Dan untuk U-box sendiri saat ini baru buka dari jam 15.00 WITA-22.00 WITA. Rencana dalam waktu dekat para food tenant akan mulai buka dari jam 10.00 WITA, *eh tapi panas nya itu lohhh πŸ˜”.

Kopi Enrekang Di Ubox Coffee Shop



Saking banyaknya tenant yang buka pas launching Sabtu, 7 Juli 2017 kemarin. Saya jadi bingung harus memulai dari mana?? pengennya sih nyobain semua makanan yang ada, lumayan buat sekalian perbaikan gizi *lho.

Sebagai penyuka kopi dan lagi seneng2 nya sama kopi Toraja, di warung box ternyata ada banyak sekali menu coffee yang di jual di sana. Dari kopi  gayo Aceh, robusta, arabica, toraja, enrekang dan masih banyak lagi. Nah pas saya ke sana, Mas Adit sang barista dan juga sebagai pemilik ubox coffee shop yang merupakan Warung Box pertama yang ada di urbanist box ini. Ngajakin saya ngobrol masalah kopi, *kaya iya ajah gue ngerti masalah perkopian. Dan yang lebih menyenangkan hati, pas ngobrol gitu saya di minta untuk stay buat nyobain kopi Enrekang Benteng Alla. Mas Adit yang cekatan banget, langsung meminta pegawainya menggambilkan sebungkus lipid roasted coffee medium Enrekang, yang merupakan biji kopi yang sudah di panggang medium yang pas di buka bungkusnya di sodorkan ke saya. hmmm baunya enak banget, asooyy man! πŸ˜„.



Kopi dengan nama Benteng Alla ini merupakan kopi yang di tanam oleh petani kopi di Enrekang. Di beli langsung dari petani di sana, kemudian di olah menjadi biji kopi siap pakai dan di kemas dalam sebuah bungkus kopi kedap udara. Yang semuanya di lakukan oleh Mas Adit dan teamnya. Sambil menggiling kopi tadi, Mas adit cerita bahwa dia melakukan pengemasan kedap udara untuk kopi2nya bukan tanpa maksud. Beliau melakukan hal tersebut biar kopinya tetap dalam kondisi segar dengan bau seperti baru selesai di panggang, dan gas yang ada di dalam kopi tetap berada di dalam sana.



Kopi pun selesai di giling, kemudian Mas Adit menyiapkan gelas untuk saya sambil memanaskan air untuk menyeduh kopi. Ceritapun berlanjut bahwa di Enerekang banyak petani kopi yang berubah haluan menjadi petani sayuran. Kenapa begitu??? karena kalau menanam kopi 3-5 tahun baru bisa di panen, sedangkan kalau sayuran, tanam tahun ini bisa langsung panen. Kemarin malah ada perkebunan kopi yang sangat luas di babat habis, padahal sudah 2x panen. Petani lebih memilih untuk menanaminya dengan kol dan sayuran yang lain. Sayang sekali bukan? padahal kopi bermerek embel2 kopi Toraja yang di tanam di Enrekang sudah di akui rasanya di dunia.

Sambil terus bercerita tentang rasa dan jenis kopi, akhirnya kopi saya selesai di buatkan. sayapun di minta mencicipi segelas kopi Benteng Alla, pure coffee tanpa gula pastinya. Mau tau nggak rasanya???



Beneran deh mending lo pada datang ke warung box di U-box, lo minta deh segelas kopi Benteng Alla ini. Beuhh... lo rasain sendiri wangi dan enaknya ini kopi. Pokoknya jangan sampe lolos buat di cobain....

Ubox coffe shop and shop drinks ini merupakan sebuah konsep usaha warung box yang di buat langsung oleh Urbanist-box. Sampai saat ini warung box ini baru ada di sini aja. Harapannya ke depannya bisa membukan cabang warung box di tempat2 lainnya.

Food Tenant Andalan Lainnya

Bakso Mozzarella Dapur Mama Puji

Dapur Mama Puji, yang menjual aneka bakso dari bakso super keju, bakmie sampai bakso berbetuk mangok dengan bumbu kacang. Saya memesan bakso super mozzarela yang di bandrol dengan harga 28K, baksonya cukup lembut dan gurih. Pakai bihun pula, kedoyanan saya banget bakso bihun. Cuma Kuahnya agak kurang berasa asin aja, atau memang bisa minta tambah garam ya.

Stawberry Mojito Good Kedai

Good Kedai, di Makassar kayaknya semua orang tahu ini merek minuman yang satu ini. Kedai yang menjual minuman sehat berupa mojito series, yacooles dan lainnya. Membandrol minumannya dari harga 15K-20K saja, kalian udah dapat sekantung besar minuman sehat. Sebagai penggemar mojito saya langsung memesan strawberry mojitos  yaang seger, manis dan ngangenin ini *lho.

Black Burger Roti mo!

Roti Mo!, yang mau makan roti aja yukss di sini.  Roti Mo! yang memiliki menu andalan black burger nya ini menjual berbagai variant menu sandwhich,burger,hotdog dan lainnya. Menunya di bandrol dari harga 22K-45K.



Chocotea L.EN Cofftea

L.EN Cofftea, semua jenis minuman di sini merupakan minuman berbahan dasar teh, teh hijau dan kopi. Semua menu di jual dengan harga 18K-20K cukup murah yaaa. Green tea dan Thai tea ya merupakan menu andalan yang wajib di coba kalau kesini. 



Publice Mks, menjual menu minuman dari milkshake berbagai rasa dengan  harga 16K saja untuk setiap gelasnya. Tersedia rasa bubblegum, oreo, hazzelnut dan masih banyak lagi rasa lainnya. Publice merupakan kepanjangan dari Public Ice seperti di jelaskan oleh pemiliknya sabtu lalu. 



Durian Cantika, Kedai yang menjual makanan dan minuman dari durian. Dari es kopyor Durian sampai serabi durian dan pulut lapis durian. Yamanna hmmm. Harga nya pun bisa di bilang cukup bersahabat, untuk semangkuk es alpukat durian di bandrol dengan harga 22,5K. Dan masih banyak food tenant lainnya yang menyediakan makanan yang berbeda dari yang telah saya sebutkan di atas.

Di Ubox juga di gelar live music setiap Kamis malam dan Jumat malam, jadi makin seru nongkrongnya kan. Selain itu kalau mau sholat juga tersedia di cubical container yang ada di lantai 2, untuk saat ini musholanya ada di sana. Menurut Mas Fajar ke depan akan di bangun mushola di samping kiri parkiran. Parkiran Motor yang tersedia bisa di bilang cukup, nggak luas2 banget sih tapi kalau untuk motor sih kayaknya cukup. Cuma Parkiran mobilnya yang agak bingung, karena pas saya datang kemarin susah terisi banyak motor.

Mushola Container di lantai 2

Overall kalau menurut saya Urbanistbox yang saat ini baru di isi oleh Ubox food court ini bisa di bilang cukup seru. Menawarkan konsep nongkrong2 yang bersahabat dengan kantong dan konsep yang unik banget. Cuma mungkin kalau mau datang ke sini agak sorean dikit, karena kalau matahari nya masih panas, area Ubox ini lumayan panas juga. Jadi enaknya datang di atas jam 16.00 WITA aja. Kalau malam malah lebih seru karena lampu yang bergantungan di atas area duduk sudah menyala. Seru nggak tuh...

Yuk ah cobain deh nongkrong di sini 


URBANISTBOX - EAT,WORK & PLAY

Jl. Pelita Raya No.41 Makassar
Ig : urbanistbox
LineId : @urbanistbox








You Might Also Like

10 komentar:

  1. Waah kak Awie review kopinya lengkap. Saya yang ngga doyan doyan banget sama kopi jadi pengen cobain kopinya ntar di URBANISTBOX :)
    makasih kak Awie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Yani πŸ™. Cobain Deh kopinya warung box, mantab banget πŸ‘

      Hapus
  2. Owh..ini bukanya mulai sore ya? Di containernya ada AC gak teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka baru buka jam 3 sore. Ndak ada AC ya Ka 😬

      Hapus
  3. Wah, cocok nih buat nongkrong cakep atau ketemuan sama client. Menunya banyaaak lagi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Imaniar, bener banget. Terimakasih sudah mampir.

      Hapus
  4. Pembahasannya lengkap dan unik. Foto-fotonya bercerita. Kereeen.
    Selamat, ya sudah jadi salah satu pemenang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Ka Niar. Aku kan belajar dari Kaka.

      Hapus
  5. kece banget tempatnya :)

    segala ada, lengkap dan instagramable bangeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget banget Mba, plus harga makanannya bersahabat di kantong aku banget he he he

      Hapus