Rabu, 12 September 2018

Manfaat dari Asuransi Mobil

Bagi keluarga kami mobil adalah kebutuhan tersier yang memberikan manfaat yang sangat besar. Ketika awal menikah saya dan Paksu langsung pindah ke Tangerang Selatan, mendekat ke kantor dimana Paksu bekerja pada waktu itu. Menjauh dari keluarga saya yang bermukim di Bogor Selatan, awalnya sih happy banget karena merasa akan punya pengalaman dan kawan-kawan baru disini. Tapi lama-lama suka kangen emak *hiks.

Mobil sudah menjadi kendaraan yang banyak berjasa bagi kami, saya yang anak Mama Papa ini sering sekali merasa homesick atau kangen sama masakan Mama. Kebayang kan kalau nggak punya kendaraan, saya harus naik kendaraan umum melintasi dua provinsi sekaligus. Kalau naik trans BSD harus ke Lebak Bulus dulu, dari situ baru lanjut naik bis ke Bogor. Begitupun kalau naik kereta, harus nyambung kereta ke Bogor di stasiun Tanah Abang.


Mobil pertama yang kami beli adalah Toyota Corolla tahun 1997, hahaha mobil tua ya. Saya dan paksu membeli mobil sesuai kemampuan kami pada saat saat itu. Inget banget pas awal-awal beli, trus jalan-jalan sama paksu baru jalan 10 kilo AC mobilnya mati wkwkwk. Akhirnya melipir bengkel untuk benerin AC dulu. 

Pernah juga kejadian pas lagi jalan sama keponakan, dia nurunin kaca pas mobilnya belum dinyalain akibatnya kaca mobil macet tidak bisa ditutup. Akhirnya sepanjang jalan kaca mobil tadi saya tutup pakai plastik dan solatip. Pada saat itu kami memang belum pakai asuransi mobil, ya mikirnya mobil tua ini nggak perlulah diasuransiin. Padahalkan makin tua usia mobil makin banyak masalahnya, sama persis kayak manusia. 😊



Alasan Kenapa Mobil Anda Harus Memiliki Asuransi




Belajar dari pengalaman mobil pertama, di mobil kedua kami jauh lebih bijak dengan mengasuransikannya. Apalagi mobil kedua kami adalah mobil kesayangan Paksu pada saat itu, saya ingat betul bagaimana Paksu menyayangi mobilnya *nangis di pojokan. Mobil kedua kami adalah Toyota Camry 2004, yang kami beli di tahun 2011 kalau nggak salah, soalnya saya nggak sayang sama dia jadi lupa tanggal belinya ☺. Hitungannya masuk ke mobil setengah tuwir lagi kan, wkwkwk. Karena bukan mobil baru, mobil kami cuma bisa diasuransikan untuk asuransi TLO (Total Lost Only) saja. FYI, untuk asuransi mobil ada dua jenis perlindungan yang bisa dipilih yaitu All Risk dan TLO. 

Walaupun Cuma bisa diasuransikan TLO, asuransi mobil tetap memberikan banyak manfaat bagi kami. Dengan memiliki asuransi mobil kami bisa mencegah resiko yang mungkin timbul di kemudian hari. Resiko rusak, ditabrak, hilang dan lain sebagainya bisa diatasi dan diantisipasi jika saja kami memiliki asuransi mobil. 

Yang pernah jadi saingan istri wkwkwk 😅
Masalah seperti mobil hilang, rusak parah akibat ditabrak atau menabrak, tidak menjadi kekhawatiran lagi. Sederhananya iya kalau pas mobil kenapa-kenapa pas ada uang untuk betulin atau gemana kalau mobil tabrakan dan rusak parah pas kami jalan ke luar kota yang tempatnya asing bagi kami. Bingung mau tanya ke siapa? Mau asal pilih bengkel, ngeri takut harganya digetok.

Jadi sebenarnya nggak perlu alasan untuk punya asuransi mobil, karena ketika kita mampu memiliki mobil sendiri asuransi sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang perlu dipenuhi.



Manfaat yang Bisa Didapat dari Asuransi mobil


Asuransi adalah sebuah jenis produk jasa keuangan dimana kita membayarkan sejumlah uang dimuka untuk mendapatkan manfaat dari resiko yang mungkin timbul dikemudian hari. Premi asuransi mobil biasanya dibayarkan setahun sekali.  Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari premi asuransi yang kita bayarkan setiap tahunnya. Salah satu manfaatnya saya tuliskan di bawah ini :

Memitigasi Resiko


Mencegah resiko yang mungkin timbul dikemudian hari, mulai dari resiko kecelakaan, hilang, ditabrak, menabrak, kebakaran dan resiko lainnya. Kalau ada asuransi minimal angka resiko dan biaya yang akan timbul bisa diklaim dan dibiayai oleh pihak asuransi.

Jaringan Bengkel di Seluruh Indonesia



Kondisi perjalanan saat ke Bulukumba, salah satu Kabupaten yang terletak di bagian ter-selatan dari Provinsi Sulawesi Selatan jaraknya cukup jauh dari Makassar.
Ketika memilih asuransi pastikan kalian memilih Asuransi yang memiliki jaringan bengkel mobil di seluruh Indonesia. Dengan begitu ketika berkendara dimanapun dan kapanpun dan mobil kalian mengalami mogok atau permasalahan lainnya, kita tinggal menghubungi pihak asuransi untuk memberikan informasi bengkel terdekat yang bekerja sama dengan pihak asuransi. Bahkan ada juga asuransi yang menyediakan layanan penjemputan dan mendatangi kalian yang sedang dalam keadaan kesulitan karena mobil mogok atau mengalami musibah lainnya. Jadi baca baik-baik ya manfaat yang ditawarkan dan jaringan yang dimiliki oleh provider asuransi.

Hemat Waktu


Memiliki asuransi sama juga dengan menghemat waktu, terlebih untuk anda yang sibuk harus bekerja dan tinggal di kota yang berbeda. Dimana urusan mogok dan kecelakaan kadang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Beruntung kalau kita sudah memiliki asuransi mobil, semua urusan yang berhubungan dengan bengkel bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dibantu oleh pihak asuransi. Tanpa mengenal waktu dan tempat.

Rasa Aman Saat Berkendara


Perasaan aman dan tenang adalah sebuah perasaan yang tidak bisa dinilai dengan materi, perasaan aman akan membawa kita pada kondisi hidup yang lebih baik. Manfaat dari memiliki asuransi mobil adalah kita bisa berkendara dengan perasaan tenang. Karena perkara kecelakaan saat berkendara adalah perkara takdir yang pastinya tidak bisa kita tolak atau hindari. Dengan memiliki asuransi setidaknya setelah terjadinya kecelakaan kita tidak perlu pusing memikirkan urusan biaya perbaikan mobil. Baik untuk mobil kita sendiri juga untuk mobil yang kita tabrak, semuanya bisa aman ditanggung asuransi. 

___

Ngomong-ngomong masalah asuransi mobil, kebetulan asuransi mobil saya sebentar lagi habis, mobil jenis city car yang saya bawa ke Makassar ini sudah satu tahun lebih saya asuransikan lewat dealer tempat kami membelinya dulu di BSD. Nah di tahun ke dua ini Mas yang bantu kami urus ke pihak asuransi kebetulan sudah pindah kerja dari sana. Mau nggak mau tahun ini harus cari asuransi sendiri deh. 😟



Karena kebetulan Paksu kerja di OJK, kemarin saya sempat tanya beliau kira-kira asuransi apa sih yang bagus. Maksudnya minta dikasih bocoran gitu, walaupun beliau bukan di bagian yang mengawasi Industri Jasa Keuangan Asuransi, tapi kan punya kenalan orang dalem yang tahu info-info akurat tentang asuransi yang bagus dan aman.

Setelah ngobrol panjang lebar sama Paksu, akhirnya beliau Cuma bilang : “ Banyak asuransi yang bagus dan aman, yang penting itu asuransinya harus terdaftar dan diawasi oleh OJK…”. Jawaban yang simple dan ngiklan banget kan. Ya ya ya mungkin Paksu butuh di-endorse sama provider asuransi. *modus 😊

Untungnya sebagai mamak zaman now yang banyak melakukan kegiatan hidup di dunia digital dan media sosial. Jadi saya lebih cepat tahu mengenai banyak informasi yang disebar di media online, seperti salah satunya ketika saya butuh informasi tentang asuransi mobil. Ketemulah saya dengan Futuready.com yang merupakan supermarket asuransi online yang memiliki lisensi resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Cocok banget nih buat Paksu. 😉

Namanya juga supermarket asuransi jadi di Futureready.com kita bisa mencari, membandingkan dan membeli produk asuransi secara online. Ada banyak sekali provider asuransi yang menjual produk asuransi mobil di Futureready.com, beberapa di antaranya ada ACA, Mandiri AXA, Avrist dan masih banyak provider lainnya.

Cara ngecek perbandingan harga preminya pun gampang banget, kalian tinggal masuk ke website Futureready.com pilih asuransi mobil terus input data harga, tahun dan plat kendaraan kemudian pilih jenis perlindungan dan provider asuransi. Kalian bisa langsung tahu berapa harga premi yang ditawarkan dari setiap provider, gampang banget kan. Khusus untuk asuransi mobil, persetujuan asuransi dilakukan tanpa menunggu survey, kalian cukup kirim foto kendaraan secara online.

Futuready.com juga menyediakan jasa konsultasi dan klaim asuransi secara online. Jadi semua transaksi dilakukan secara online, mudah dan hemat waktu. 

Saya sudah punya beberapa pilihan provider asuransi untuk asuransi all risk mobil city car saya, tinggal tunggu approval Paksu saja mau ambil yang mana.

Kalau kalian sudah punya asuransi mobil juga belum ? Sayang lho kalau mobilnya kenapa-napa…
Be First to Post Comment !
Git Agusti mengatakan...

Waah ternyata penting banget ya asuransi kendaraan itu, biar lebih tenang

tallysyifa mengatakan...

Kalau saya belum mengasuransikan mobil, Mba. Lha mobilnya juga belum punya, hehe. Btw, semakin banyak ya asuransi itu ada rumah, kendaraan, bahkan jiwa.. Nah yang futuready baru tahu saya, terobosannya bagus bisa online

Okti Li mengatakan...

Kita kan ga tahu apa yang akan terjadi besok ya. Meminimalisir risiko baiknya dengan merencanakan semua dengan matang, termasuk mengantarkannya di asuransi

Rani Yulianty mengatakan...

Penting banget punya asuransi mobil, kayak kemarin mobil suami ditabrak sepeda motor dan harus masuk bengkel, dengan asuransi mobil biayanya tercover, deh

Dwina mengatakan...

Punya Asuransi mobil itu penting ya, mba. Kasusku sama dengan mba Rani yulianty, kena tabrakan beruntun...untung mobil sudah diasuransikan.

Hanni Handayani mengatakan...

Klo saya karna belum punya mobil ya belum ada tapi kedepan pas ada mobil bakal di asuransi

Tika Samosir mengatakan...

Wah benar berarti banget ya asuransi mobil mba. Tidak hanya manusia diasuransikan.

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Memang asuransi kadang dibutuhkan banget ya mba, apalagi ketika berbicara mengenai mobil yang memiliki risiko besar kerusakan. Penting banget mah. Emang sih aku blm punya mobil jadi belum ngerasain ketika mobil mengalami kerusakan pas lagi dibutuhkan.

diane mengatakan...

Asuransi buat kendaraan pribadi gini emang penting banget.. biar gak nyesel ya kalo ada kejadian apa2.. Untung juga ada marketplace buat asuransi kayak gini.. lbh praktis dan efisien dlm memilih ya..

windhu mengatakan...

banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari premi asuransi yang kita bayarkan setiap tahunnya, ya... Jadi lebih aman dalam berkendara. Intinya, tidak hanya melindungi kendaraan aja.

Cerita Bang Doel mengatakan...

kalau hati bisa di asuransikan ga mba?? hehhe asuransi mobil memang penting.... aku aja pake asuransi

Novie Mochtar mengatakan...

Asuransi selalu juga jadi satu paket saat kita membeli mobil. Supaya gampang urusannya dan bisa tenang tidur. Palagi buat mamak-mamak begini yang suka feel sensi di jalanan sama daeng bentorrr, motorrr dan para tukang nyalib. Btw teteh kapan niih nyetir sendiri. Masih lebih enak disupirin paksu yeee.

Eryvia Maronie mengatakan...

Saya nih belum asuransiin mobil, hehe..

Lya Amalia mengatakan...

asuransi kendaraan di indonesia sekarang udah terasa sangat penting banget yaa mbak. betewe, aku naksir sama outfitnya yang dipake. hehehe

Rizka Edmanda mengatakan...

kak awie, aku salfok sama header blog mu, cakep deh hehehe.. btw iya nih akhir akhir ini aku juga jadi kepikiran pengen asuransiin mobil, kayaknya butuh..

Fillyawie mengatakan...

Iya Mbak Git, kalau buat aku dan suami rasanya lebih tenang kalau pakai asuransi.

Fillyawie mengatakan...

He he he semoga segera punya mobil ya mbak, kalau sudah punya jangan lupa untuk diasuransiin.

fillyawie mengatakan...

Bener banget teh.

fillyawie mengatakan...

Duh untung mobilnya diasuransiin ya, tapi penumpangnya nggak apa-apa kan mbak?

fillyawie mengatakan...

Alhamdulillah ya Mbak, untung diasuransiin ya.

fillyawie mengatakan...

iya mbak, penting banget pakai asuransi.

fillyawie mengatakan...

iya mbak, mobil juga wajib ya.

fillyawie mengatakan...

Iya butuh banget, nanti kalau sudah ada mobil jangan lupa diasuransikan ya.

fillyawie mengatakan...

Iya, semua bisa dilakukan online dari rumah.

fillyawie mengatakan...

Bener banget mas.

fillyawie mengatakan...

Wkwkwk kalau bisa kira-kira gemana ngitung preminya ya ?

fillyawie mengatakan...

Wwkwkwk jan mi suruh nyetir di Makassar deh, ngeri ka sama daeng bentor.

fillyawie mengatakan...

sok atulah.

fillyawie mengatakan...

He he he tabarakallahu Mbak lya.

fillyawie mengatakan...

Bikin sendiri Rizka, pakai photoshop, 10 menit juga jadi.

Shinta Juliana mengatakan...

Yap.. Asuransi itu merupakan perlindungan buat aset yg kita punya. Salah satunya mobil. Gak mau juga kan, mobil yg kita beli dengan susah payah dan harga mahal, yg tertunya punya banyak resiko tapi minim perlindungan..

Zilqiah Angraini mengatakan...

asuransi mobil ada masa aktifnya juga ya teh baru tau saya hiheheheh mau kabarin paksu ah soal asuransi mobil gini

tuty saca mengatakan...

Penting juga yaa ternyata soal asuransi mobil. Thanks for sharing kak

fillyawie mengatakan...

Bener banget mbak, belinya mahal2 jadi harus dirawat ya.

Sara Neyrhiza mengatakan...

asuransi buat driver cewek penting sih..hehe, apalagi kayak saya yang sering serempet sana sini apalagi di parkiran..hikshiks

Andiyani Achmad mengatakan...

setuju, penting banget asuransi mobil. kayak kemarin pas mudik mobil ku nabrak motor trus bempernya penyok. karena ada asuransi jadi tenang, bempernya diganti dong hehehe

Atisatya Arifin mengatakan...

Naah betul tuh asuransi mobil penting untuk proteksi diri. Tapi dengan catatan pilih asuransi yang sudah terpercaya yaa biar nanti proses klaimnya mudah. Oya kalau asuransi online gitu gimana kak? Rekomen nggak sih?

Desy Yusnita mengatakan...

Mobilku diasuransi, tapi paksu suka males nge-klaim, katanya sekalian aja. Kan aku yang gemes ya liatnya hehehe. Jadi pengen tau tentang futureready deh....

Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature