#SannengTalks10 : Membuat Long Term Life Plan ala Fillyawie

Oktober 16, 2017


Kalian pernah nggak membuat rencana hidup baik jangka pendek maupun jangka panjang? Rencana hidup yang di dalamnya terdapat banyak goals yang kalian ingin capai atau mungkin tempat yang ingin kalian kunjungi, achievement yang ingin kalian raih dan lain sebagainya. Walaupun ada juga beberapa orang yang berkata :  " The best life plan is no plan at at all..." ... " Ya udah jalanin aja hidup ini apa adanya, go with the flow gitu...". Kalau menurut saya sih semua kembali ke cara masing-masing orang dalam menetapkan dan menjalani hidupnya masing-masing, sok lakukan aja apa yang menurut kalian baik untuk dilakukan. Tapi untuk saya dan suami, kami termasuk salah satu orang yang suka membuat rencana hidup sebaik-baiknya. Makin direncanakan rasanya makin tenang, kalau bisa rencana hidup dibuat baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. 

Dan ketika Ka Ery melemparkan topik 'Seperti apa hidup kalian 10 tahun kedepan?.." sebagai tema #Sannengtalks10 minggu ini, rasanya nggak begitu sulit bagi saya untuk menuliskan beberapa goals dan rencana yang ingin saya capai dalam 10 tahun kedepan. Mungkin semua rencana itu nggak akan saya bahas secara details di tulisan ini, cukup saya catat dan simpan rapi di diary kesayangan saya. Hal itu pastinya akan saya baca dan review setiap waktu, agar rencana hidup yang ingin saya capai bisa terwujud dengan maksimal. Walaupun begitu rencana hidup bisa dirubah atau direvisi sesuai kebutuhan dan kondisi. Nggak perlu 'saklek' banget lah ya, yang penting hidup kita terencana dengan baik dan kita yang menjalaninya bisa bahagia lahir dan bathin. 


Kenapa sih kita perlu membuat perencanaan hidup ?

Ini kalau menurut saya ya, merencanakan masa depan sebaik-baiknya bisa membawa banyak keuntungan dan manfaat bagi kita. Dengan merencanakan segala sesuatunya dengan baik dan detail kita akan menjalani hidup lebih terarah dan fokus pada tujuan. Life plan akan memastikan hidup yang kita jalani sesuai dengan apa yang direcanakan, memastikan semua hal dan usaha dilakukan dengan maksimal. Apapun hasilnya nanti, kita sama-sama tahu kalau kita sudah berusaha semaksimal mungkin, jadi pada akhirnya tidak perlu ada penyesalan. Karena pastinya dalam hidup tidak semua rencana yang kita buat akan berhasil 100%, tetapi merencanakan dan melakukannya dengan cara terbaik merupakan sebuah usaha terbaik yang bisa kita lakukan.

Kalau ditanya 10 tahun kedepan hidup saya ingin seperti apa? sepertinya daftar yang akan saya buat akan panjang sekali dan saya kan orangnya pelit cerita tentang kehidupan pribadi 😅😆. Tapi untuk tulisan ini saya akan bagikan sedikit kisah pahit dan rencana yang akan lakukan untuk membuatnya manis 😉. " 10 tahun kedepan saya Insha Allah, lagi sibuk nganter anak sekolah. Insha Allah anak saya sudah di sekolah dasar.." itu jawaban pertama yang saya sampaikan pada Ka Ery. Keinginan saya mempunyai anak memang menjadi sebuah rencana hidup yang sampai saat ini tetap saya taruh dalam list "Awie's life Plan".

Walaupun seminggu lalu saya harus menerima kenyataan bahwa bayi yang saya sudah saya kandung selama 9minggu ini harus digugurkan (again!), karena ternyata janin tidak berkembang. Sedih Wie? halahh kejadian keguguran dan mengugurkan kandungan karena kondisi kandungan tidak baik sudah jadi cerita berulang dalam hidup saya, sepertinya secara mentally saya sudah lumayan setrong. Jadi hal tersebut saya lakukan dengan berani dan lapang dada. Berbagai macam test sudah saya jalani. dahulu ketika masih tinggal di Tangerang Selatan. Kemarin pun saya melakukan test yang sama lagi, karena kami memang berencana untuk tetap punya anak jadi kami lakukan ulang test TORCH dan kekentalan darah, menyusul test ACA dan beberapa test lainnya akan kami lakukan selanjutnya. Hasilnya??? sama seperti dulu hasilnya NEGATIF untuk torch dan keketalan darah. Terus yang lainnya?? nanti aja kita bahas di sesi khusus ya.

So baby plan is on the list, seperti yang telah saya sebutkan rencana ini selalu ada lama daftar life plan saya. Selain punya anak, saya dan Paksu juga merencakanan untuk kembali ke bangku sekolah. Khususnya buat paksu sih kalau rencana sekolah ini, nah rencana ini sudah kami buat secara matang dan masuk dalam daftar life plan jangka pendek kami. Rencana hidup 10 tahun kedepan yang pastinya ingin kami raih adalah pulang ke Jakarta, kembali tinggal di rumah kami di Tangerang Selatan atau di Bogor 😉. Ini bukan rencana yang mudah lho, sebagai pegawai lembaga Otoritas milik Negara. Paksu harus siap dipindahkan ke mana saja di wilayah nusantara, ada juga sih kantor perwakilan di beberapa negara di luar sana. Tapi beneran saya pengen pulang ke Jakarta biar bisa tinggal berdekatan dengan orang tua dan sahabat, seperti yang di sebutkan dalam pepatah jawa " mangan ora mangan sing penting kumpul". Tapi saya lebih memilih "urip sukses, mangan kenyang karo ngumpul " 😆. 


Membuat list rencana hidup rasanya mudah-mudah saja dibanding harus membuat strategy agar semua rencana tersebut bisa terlaksana dengan sukses. Untuk itu saya dan Paksu bisa menuliskan semua rencana dalam sebuah kertas, kemudian kami mendiskusikan beberapa strategy yang harus kami lakukan agar rencana yang kami buat bisa terlaksana dengan sukses. Untuk membuat life plan ala fillyawie, kami biasa melakukannya dengan menjalankan 4 langkah simple. 4 langkah sederhana itu adalah :

1. Membuat Prioritas


Membuat daftar prioritas hidup merupakan sebuah hal yang sederhana tapi bisa bikin senewen, terutama ketika membuat daftar ini saya harus berdiskusi dengan suami. Kebayang dong ya para lelaki egois ini pasti akan membuat daftar panjang nggak amat sangat nggak masuk akal. Hahaha malah curhat 😅😆. Ketika prioritas Teteh adalah melunasi kredit rumah dalam waktu 3 tahun kedepan, sedangkan Paksu memasukan sebuah kalimat " beli sedan baru" dalam daftar prioritasnya 😡. Ketika Teteh merencanakan effisiensi uang belanja agar persentase bucket tabungan bisa lebih besar, eh Paksu malah memasukan key word "drone" dalam daftar nya 😌. "Kamu kejammm Bang sama Hayati .."

Membuat daftar prioritas membantu kami dalam menetapkan hal-hal apa yang lebih penting untuk dilakukan dan dijadikan target dalam hidup ini, dan membuang hal-hal yang dirasa tidak begitu urgen atau masih bisa digantikan oleh hal lainnya. Seperti kuliah lagi lebih penting dibanding ganti mobil baru, kuliah bisa memberikan pengetahuan tambahan bagi Paksu dan bisa memberikan kesempatan berkarir yang lebih baik. Hal itu jauh lebih memberi kebaikan bagi hidup kami, dibanding kami harus mengalokasikan dana kuliah untuk beli kendaran lagi. 

2. Menetapkan Goals


Ketika kami telah sepakat dengan daftar prioritas yang kami buat, saya dan paksu kemudian menetapkan tujuan/pencapaian yang harus kami raih dalam jangka waktu tertentu. Dengan menetapkan jangka waktu, rencana akan terlaksana dengan lebih efektif dan kamipun jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk bekerja keras dalam mewujudkan rencana. Seperti rencana kami memulai kembali program kehamilan ini ada beberapa hal yang harus kami lakukan terlebih dahulu. Setelah berkonsultasi dengan 2 orang Dokter dari 2 rumah sakit di Makassar, dokter menyarankan agar kami menunggu kondisi saya kembali pulih dan saya kembali datang bulan. Karena biasanya dari beberapa kasus keguguran dan kuret yang pernah saya lakukan, mens/datang bulan tidak selalu langsung datang di bulan selanjutnya setelah keguguran. Kadang ada kalanya badan saya butuh penyesuaian, sehingga mens baru akan datang 2-3 bulan setelah kuret.

Karena program kehamilan adalah salah satu goals yang akan saya wujudkan, kami akan melakukan konsultasi secara intensif dengan dokter terkait hal-hal apa saja yang harus kami lakukan. Dan ketika kehamilan terjadi lagi, kamipun siap melalukan langkah-langkah antisipasi agar kehamilan selanjutnya bisa sukses dan sehat selalu sampai bayi lahir. Bassically setiap masa kehamilan saya, kami juga selalu berusaha melakukan langkah atisipasi, dari manggil suster untuk melakukan penyuntikan setiap hari ke rumah, minum obatlah inilah itulah dan berusaha melakukan semua saran yang diminta oleh dokter. Pada akhirnya ada 1 langkah yang harus selalu kami siapkan yaitu selalu berserah diri kepadaNya sambil selalu berusaha dan berdoa untuk hidup yang terbaik bagi kami sekeluarga.

Karena setinggi apapun rencana yang kita tetapkan, pada akhirnya cuma atas ijin Allah SWT lah hal tersebut bisa terwujud. Kita harus yakin apapun yang ditetapkan oleh Allah SWT, adalah sebaik-baiknya rencana bagi hidup kita. Dengan begitu kita bisa hidup dengan damai dan bahagia.

3. How To Get there?


Setelah menetapkan goals  yang ingin dicapai, tuliskan juga strategy dan langkah-langkah yang harus kami lakukan agar rencana tersebut bisa terwujud. Seperti rencana program kehamilan yang telah saya jelaskan diatas. Jangan lupa selalu siapkan plan A dan plan B, seandainya rencana kami tidak berujung pada kesuksesan, kami masih punya rencana cadangan yang bisa diwujudkan. Dengan begitu nggak perlu kecewa berlebihan, namanya juga hidup sis 😀✌.

4. Fokus dan Review


Kalau sudah punya goals, punya langkah stratergi untuk mewujudkannya. Yang kita butuhkan selanjutnya adalah fokus dan persistent dalam mewujudkan semua rencana hidup yang telah dibuat. Dalam hidup ini tidak ada yang mudah, pastinya kita akan menemukan banyak sekali rintangan dan cobaan. Tapi saya yakin bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan usaha yang maksimal pasti akan memberikan hasil yang terbaik. Kalaupun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang direncanakan, kita harus yakin bahwa proses tidak pernah menghianati hasil. Pasti akan ada jalan dan manfaat lain yang akan kita dapatkan. Selama kita menjalaninya dengan hati yang lapang, apapun hasilnya insha Allah kita bisa lebih ikhlas. 10 tahun itu lama, kalaupun hal-hal yang direncanakan ternyata menemui kegagalan masih ada banyak waktu bagi kita untuk mengulangi kembali prosesnya. Yang penting semangat Kaka!😉🙆.

Baca juga : Merdeka Menerima Hidup Apa adanya

Setelah menulis ini ada satu hal yang terbersit dalam fikiran saya, hal itu adalah : Seperti apa #Sannengtalks 10 tahun kedepan??? Apa yang akan kami tulis nanti? hehehe penasaran nggak sih??

Kalau kalian suka juga bikin life plan nggak?? Selain naik haji, kira-kira apasih rencana kalian di masa yang akan datang. Ini rencana naik haji saya yakin pasti ada di setiap daftar rencana masa depan setiap umat muslim ya 😊, ya siapa sih nggak mau naik haji ya? apalagi sekarang ini urusan naik haji adalah sebuah rencana menuntut kita untuk banyak bersabar karena daftar waiting list-nya Masya Allah panjang bener 😔. Tapi hal ini pula yang saya sukai dari para sahabat muslimin dan muslimat, walaupun daftar waiting list naik haji itu panjang tetapi kita semua tetap semangat dan yakin bisa mewujudkannya. Hidup naik haji !


You Might Also Like

22 comments

  1. Teteh yang sabar yaa dalam menghadapi ujian hidup. Allah pasti tau yang terbaik buat yangku & paksu #eh 😜
    Btw semoga segala impiannya 10 tahun mendatang bisa tercapai ya. Aamiin 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Makasih Ka Er, selalu support *Laff. Wkwkwk nama gue kenapa jadi berubah gini :)

      Hapus
  2. Ahhhhh tetehhh yangku akhirnya cerita di siniiii 😍😍😍 plong ya teh udah diceritain hehehe seperti biasa tulisan teh awie runut dibaca... 😘 Semangat untuk 10 tahun kedepannya teh. Aku meng-aamiin kan semua nya 🙏🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin allahhumma aamiin, Terimakasih Qiah *Laff. Selalu semangat insha Allah :).

      Hapus
  3. Aduuuhhh kenapa saya yang menangis?
    Ini semua pasti ada hikmahnya yaa teteh sayang, jangan berputus asa. Insya Allah rencanaNya nanti kan indah untuk semuanya. Saya mendoakan teteh dan paksu lulus ujian dan segera mendapat momongan. Yakin ya teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangki nangis Ka *hugs. Aamiin allahhumma aamiin, terimakasih banyak atas doanya Ka. Insha Allah, saya akan selalu berdoa agar doa dan keinginan saya bisa terkabul.

      Hapus
  4. Hebat kakak awie stronggg bangettt..😭 Semoga jalannya dimudahkan dan diberkahi untuk mewujudkan impian-impiannya. aamiinn *pelukKakAwie

    BalasHapus
    Balasan
    1. *hugs Evhy, terimakasih sayangku atas doanya. Doa yang terbaik juga untuk Evhy tersayang.

      Hapus
  5. Wih mantap, dengan demikian hidup Teteh ke depannya lebih terarah.
    Semoga planning momongan diijabah Allah, yah. In syaa Allah, tak ada yang tak mungkin (khusus soal anak, saya pun pernah mengalami kesulitan punya anak karena saya dan suami sama-sama tak subur, nyaris mandul tapi alhamdulillah Allah anugerahkan tiga anak :), ada ceritanya di blog
    Dari Tidak Subur Menjadi Subur (Tidak Ada yang Mustahil Bagi Allah) ---> teteup ya modus, biar teteh balik ke blog saya, bongkr-bongkar tulisan saya hihi. Oya, selain itu ada beberapa tulisan lain misalnya di tulisan berjudul 3 Keajaiban dalam Hidup Saya, wahaa ini mah dimodusin terusss :D)

    Baarakallahu fiik, ya teteh. Semoga tercapai semua goals-nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin allahumma aamiin, terimakasih banyak doanya Ka Niar. Doa terbaik juga untuk Ka Niar dan keluarga. Gapapa ka modus positive ini mah, mana Ka link nya??

      Hapus
  6. Mak, sedih banget kisahnya.. Huhu yang tabah ya mak, Allah pasti denger doa hambanya.. Semoga bisa secepatnya punya anak amiin.. ^^

    Semoga kita tetap fokus mengejar life plan kita ya mak.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah kehidupan Mba Anindita, ada suka dan duka *eaaa. Amiin terimakasih banyak doanya, doa yang sama untuk dirimu. Semoga Anin juga bisa meraih semua hal yang dicita-citakan.

      Hapus
  7. Sama bgt saya waktu ketahuan janin meninggal dalam kandungan, rasanya udah ga kaget lagi.. Semoga segala yang teh awie rencanakan bisa terwujud ya teh 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya ketemu teman yang paham banget perasaanku dan nggak bosen-bosen selalu mau mendengarkan cerita curcol tengah malam teteh wkwkwk. Aamiin makasih ya *peluk Alfu

      Hapus
  8. Semoga disegerakan punya momongan kak. Aamiin.. Dan segala rencana, impian dan harapnnya dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Sari, teriring doa yang sama untuk sari juga ya. Semoga kita segera dapat momongan *asik ada temen curhat lagi wkwkwkwk.

      Hapus
  9. Mak awiee, semoga segera diberikan gantinya yaaa... Duh aku bacanya ada yang sedih, ada yang ngikik pas paksunya masukin keyword drone... Hehhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, terimakasih banyak Mak Sumayyah. Semoga hal terbaik juga selalu datang ke kehidupan Mak sekeluarga ya. Saya butuh liburan Mak, nggak butuh drone wkwkwk

      Hapus
  10. Innalillahi wa innailahi rajiun..
    Tetehhhhh...setrong yah, semoga Allah mengijabah segala doa dan usaha ta..
    Sy ikutan larut sm tulisan ta'..😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah setrong Icha, Amiin terimakasih doanya. Doa teteh semoga tahun ini Icha juga segera dilamar ya *lho #hugs

      Hapus
  11. Semoga setiap ikhtiar, segala usaha yang dilakukan bisa membuahkan hasil dan terhitung ibadah, semangat teteh, yang setrong :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, Terimakasih banyak doanya Ka Nanie 🙏. Semoga yang terbaik juga selalu datang dalam hidup ka Nanie dan ka Abhar 😇.

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community