Kamis, 22 November 2018

Kuliner di Kota Malang yang Legendaris Tapi Tetap Eksis


Malang adalah Kota kedua terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal sebagai kota wisata, khususnya wilayah Batu Malang yang memiliki banyak destinasi wisata yang cukup banyak diminati oleh pelancong domestik. Sebenarnya di Kota Malang sendiri ada banyak sekali destinasi  yang bisa didatangi oleh pelancong. Baik untuk wisata alam, sejarah dan kuliner.

Setelah berkali-kali merencanakan untuk menginjakan kaki di kota Malang, akhirnya saya berhasil mewujudkan rencana saya pada awal bulan november 2018 ini. Itupun rencananya cukup mendadak,  karena saya menyiapkan tiket dan keperluan lainnya sekitar 3 hari sebelum keberangkatan.

Liburan saya di Malang bisa dibilang cukup singkat namun sangat berkesan. Liburan di Malang mengantarkan saya pada banyak tempat. Utamanya berkunjung ke depot kuliner, ya depot sebutan lain untuk tempat makan.

Kota Malang memang terkenal dengan wisata kuliner yang bisa dibilang legendaris. Legendaris karena sudah ada dari zaman penjajahan dulu,  tapi sampai sekarang masih tetap eksis. Eksis dan terus diminati dan didatangi baik oleh para penggemar setianya maupun oleh para pelancong seperti saya.


Pesan Tiket Perjalanan ke Malang via Pegi-pegi





Dua hari Sebelum datang ke Malang saya sudah menyusun itinerary yang cukup padat, karena hanya punya waktu liburan sekitar 3 hari 2 malam saja. Jadi saya berusaha untuk membuat daftar liburan yang benar-benar  pas dan padat, tapi tetep jangan sampe ngos-ngosan pas liburan. Saking ingin didatangi semua destinasi 😀.

Untuk itu saya harus memastikan untuk memesan tiket pesawat yang jam berangkat dan pulangnya bisa menguntungkan itinerary yang telah dibuat. Semakin cepat sampai di sana berarti makin banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melancong atau berwisata kuliner.


Untuk mewujudkan mission not impossible ini saya dibantu sama platform online travel agent, biar praktis bisa transaksi via smartphone. Ada begitu banyak online travel agent di dunia ini 😊, biasanya saya cari online travel agent yang bisa memberikan informasi tiket pesawat ke Malang dengan harga terbaik.

Online travel agent pegipegi, bisa menjadi solusi untuk kalian yang sedang mencari tiket dan hotel untuk liburan. Bagi saya memesan tiket pesawat di pegipegi nggak hanya bisa membuat saya menghemat waktu, tapi beneran bikin semua rencana saya bisa terwujud dengan mudah dalam satu ketukan jari saja. 

Memesan tiket pesawat di sini, kita dengan mudah mengatur filter maskapai, waktu, harga dan transit. Jadi ya memudahkan saya mencocokan waktu sama itinerary. Tampilan hasil pencariannya enak dilihat tinggal scroll doang untuk melihat tiket mana yang cocok untuk itinerary dan dompet. 


Kuliner di Kota Malang yang Legendaris Tapi Tetap Eksis



Jalan-jalan tanpa icip-icip kuliner lokal rasanya liburan kita jadi kurang afdol. Apalagi Malang terkenal dengan wisata kuliner yang legendaris, sudah eksis puluhan tahun bahkan ada yang sudah buka dari sebelum Republik Indonesia Merdeka.

Kuliner tua tua keladi ini, usianya makin tua tapi penggemarnya makin banyak. Yang mengelola usaha kuliner sudah berganti  generasi, begitupun dengan penggemarnya.

Legendaris banget kan ? Apa seenak itu jadi bisa legendaris ?. Dari pada penasaran mending langsung icip-icip aja yuk. Ini dia daftar makanan legendaris tapi tetap eksis yang ada di Kota Malang.

1. Depot Soto Ayam Jalan Lombok



Depot soto ayam yang terletak di Jalan Lombok, Malang ini bisa dibilang sangat terkenal dan cukup legend. Depot ini telah hadir selama puluhan tahun, menjual cita rasa menu soto ayam yang berbeda dari soto ayam pada umumnya. 

Menunya cuma soto ayam, biasa atau spesial. yang bisa dipesan dengan nasi terpisah atau langsung disiram soto.  Berbeda dengan soto ayam pada umumnya, soto disini menambahkan irisan jeroan ayam dalam sotonya.


Ada juga taburan bubuk berwarna hitam ditambahkan jadi topping diatasnya. Bubuk yang ketika saya rasa-rasa, terasa seperti bubuk kelapa sangrai yang tumbuk halus. Kebayang dong rasa sotonya jadi makin endolita chaobella karena kuahnya jadi makin kental dan gurih.

2. Depot Hok Lay



Datang ke Malang tapi tidak mencicipi cwi mie Malang, cwie mie dengan taburan ayam cincang halus yang gurih kacida plus daun bawang dan pangsit goreng yang renyah. Duh bakalan bikin lupa diri bawaannya pengen nambah semanguk lagi. 😁


Selain cwi mie masih ada menu andalan yang wajib dicoba dan nggak kan kalian temui di tempat lainnya. Menu itu adalah es fusco, es susu coklat yang gurih dan manis sepertinya dibuat dari camputan susu murni dan coklat karena walaupun coklat rasa susunya menyisakan rasa gurih yang dalam.

Es Fusco dikemas dalam botol kemasan coca-cola, ya bakalan bikin salfok banget. Botolnya cola tapi isinya es susu coklat 😆. Kedua menu ini wajib kalian coba ketika mampir di sini. 

3. Depot Wedang Ronde Titoni



Wedang ronde telah menjadi menu yang banyak dijual di daerah baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Wedang ronde Titoni ini sudah ada sejak tahun 1948, jadi depot ini sudah ada sekitar 70 tahun lamanya. Legend abis !


Wedang ronde yang dijual di sini terasa sangat orisinil, manisnya pas dan isinya pun cukup sederhana. Ronde, candil berwarna merah dan kacang yang disangrai. Ukuran rondenya cukup besar berisi kacang tumbuk yang terasa kenyal dan gurih jika dikunyah, pas banget untuk menemani malam kalian di kota Malang yang dingin.

4. Toko Oen



Toko Oen adalah salah satu tempat kuliner yang terbukti masih eksis walaupun zaman telah berganti, toko ini telah ada dari tahun 1930. Toko yang menjual aneka camilan, minuman dan es krim merupakan salah satu tempat kuliner yang wajib banget didatangi. 


Lokasinya berada di pusat Kota Malang dan dekat alun-alun kota, bangunan tuanya yang masih terawat dan terlihat vintage sekali. Kalau datang ke sini jalan lupa untuk ngemil roti yang rasanya asli enak, beda banget sama roti zaman now dan kekinian. Rasa roti zaman dulu yang wangi butter, lembut tapi nggak kempes kalau digigit.


Begitupun dengan rasa es krimnya, rasa nya berbeda dengan es krim kebanyakan yang super creamy dan manis. Toko Oen akan sukses membawa kalian bernostalgia dengan rasa yang pernah kalian rasakan di masa lalu. Ya khusus kalian generasi 90-an yee 😆.



5. Bakso Malang President



Bakso malang adalah jajanan yang akan kalian temukan di setiap sudut kota ketika di sana, penjual bakso dengan gerobak dorong selalu ada di mana saja. Setelah mikir-mikir mau makan bakso malang di mana, pilihan saya akhirnya jatuh ke Bakso Presiden. Alasannya karena waktu itu sejalur dengan tempat wisata yang akan datangi 😀.


Depot bakso ini menyediakan banyak pilihan paket bakso dengan harga yang cukup terjangkau dan rasa yang endolita chaobella. Isian bakso yang gurih dan crunchy plus pangsit yang besar, somay dan tahu bakalan memanjakan lidah kamu. Kuah yang bening tapi gurih bakalan bikin kamu merasa kuahnya kurang banyak, alias pengen diseruput terus. 

---

Nah udah tahu kan kuliner legenda yang wajib kalian coba pas datang ke Malang. Kalau kalian ke sini kira-kira mau mulai dari depot yang mana dulu ?
18 komentar on "Kuliner di Kota Malang yang Legendaris Tapi Tetap Eksis"
  1. Bakso Malang ini favoritku juga, wajib dicicipi dan rasa gurihnya pas. Kalau cwi mie malah belum pernah nyobain, kayaknya mirip mie ayam pangsit ya

    BalasHapus
  2. Dari listnya Awie saya baru cobain menu Toko Oen yang legend banget.

    BalasHapus
  3. Mauuuuu ke Malang trus ke Batu, udah planning jg sih tp gak jadi2 huhuhuh. Kalo kulinernya so pasti pengen nyobain baksonyaaaaaaaa yg real! Ahahha di sini ala ala semua sih bakso malang nya

    BalasHapus
  4. Beberapa waktu lalu jalan ke Malang, tapi sayang saya tidak sempat hunting kuliner khasnya, next time kalo ke Malang lagi musti jajal yang ada di list, terutama bakso presidentnya... seger banget sepertinya

    BalasHapus
  5. Aku penasaran dengan cwi mienya mba, menggiurkan banget! (Baru jam 11 uda laper huhu)

    BalasHapus
  6. Oh di Malang ada juga Toko Oen ya? Saya kira di Semarang saja. Soalnya saya pernah juga ke Toko Oen tapi itu di daerah Semarang gitu...

    BalasHapus
  7. Duh, salah nih saya ke sini jam segini. Lapar lagiiii. Terutama lihat Cwi Mie-nya. Tinggal tambahin banyak sambel, maknyos!

    BalasHapus
  8. Malang, salah satu tujuan yg sudah ada dalam list, dan sudah ceki2 tempat penginapan melalui pegi2.

    Semoga rencana tahun depan, terwujud bisa menikmati kota Malang bareng sama temen2.

    BalasHapus
  9. Wah mantaps nih bikin aku beneran pengen ke Malang ..Mie Malang jd bikin ngiler nih...

    BalasHapus
  10. mau dong mba wedang rondenya,btw aku belum pernah nyobain pegipegi, mau ah nyobainnya

    BalasHapus
  11. Pesona Malang bikin laper pagi-pagi lihat kulinernya, terutama Wedang Ronde Titoni ini pas nih di kala dinginnya pagi merasuk ke sini

    BalasHapus
  12. Karena bacanya pagi-pagi jadi penginnya nyobain makanan di Toko Oen, mau sarapan enak nih roti sama es krim hihihi. Btw dalam 3 hari bisa segitu banyak jelajahi kuliner Malang hebat euy.

    BalasHapus
  13. Bakso presiden ini favorit aku banget mbak kalau ke Malang. Curcol rasanya mantap abizzz dan nggak pernah bosen

    BalasHapus
  14. Ya ampun ngiler banget liat kuliner ini, nanti kalau saya liburan ke malang mau mampir ah icip-icip

    BalasHapus
  15. Kebetulan Januari mau ke malang ahh mau coba semua kulineranya. . Bakso presiden kyabtrrkenal banget yaa

    BalasHapus
  16. Dari semua yang di listing, cuma Toko Oen yang baru ku datangi :(.

    BalasHapus
  17. jadi mau makan cwie mie nya deh, belum pernah. Hehehe

    BalasHapus
  18. Malang memang selalu merindukan selain banyak tempat wisatanya yang menarik juga wisata kulinernya yang beragam dan harganya pun juga lumayan

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature