#SannengTalks Pakaramula (The Beggining )

Juni 11, 2017 fillyawie 19 Comments


Hellow semuanya, Pada puasa kaga ? Bagi yang puasa di Makassar, Alhamdulillah hari ini hujan suasananya kondusif adem tentram banget buat puasa. Senin siang ini teteh mau sharing, jadi gini ceritanya pas semingguan kemarin saya, Qiah sama Ka Ery sempat ngobrol bareng2. Karena sama2 blogger, alhamdulillah obrolan kita selalu seputaran tentang blog ya belum meningkat ke seputaran gossip. Ada sih sharing gossip artis dikit lah, buat penyegaran dan lucu2an. Jadi kami bertiga ini suka sekali menulis tulisan tentang gaya hidup, rata2 sih tulisan kami tentang Makassar's life style, keluarga, tempat makan dan fashion review. Nah sebagai blogger kayanya qo blogpost kita flat banget kalau isi topiknya itu melulu ya, itu mah blog saya maksudnya. Setelah ngobrol panjang lebar, akhirnya kita bertiga ceritanya mau men-challenge diri kita masing masing untuk membuat tulisan yang sifatnya santai dan mengangkat cerita dan topik sehari2. Based on true story dan pengalaman kita.

Biar apa gitu? 

Jawaban politisnya : untuk mengasah kemampuan menulis. Tapi jawaban yang sebenarnya sih lebih dari itu, banyak hal yang pengen kita asah dan tingkatkan. Terlebih saya yang nggak pernah menulis cerita hidup saya di blog, langsung tertarik untuk ikutan challenge ini. Ya habis gemana, hidup saya mah flat banget, πŸ˜†πŸ˜†apa yang mau saya share. Eh ish gemana ya, saya ini memang termasuk pribadi yang cukup introvert dan tidak begitu nyaman jika harus membagikan cerita tentang hidup saya secara blak blakan. Ya mudah2an dengan ikutan tantangan ini saya bisa lebih buka bukaan dan sedikit vulgar gitu, lumayan buat penyegaran blogpost.

Baca Cerita Pakaramula lainnya di sini
Qiah I KaEry


Tulisan yang kami tulis akan memiliki Judul/Topik yang sama, tapi di bahas menurut pemahaman dan gaya bahasa kami masing2. Tulisan akan di posting setiap hari Senin di minggu ke2 dan ke 4 tiap bulannya,dan  akan menggunakan hashtag #SannengTalks. Sanneng = Senin dalam Bahasa Makassar. 

Di bawah ini adalah 3 alasan kenapa saya ikut serta dalam membuat blogpost #SannengTalks ini :

1. Bersama Lebih Kuat



“Bersatu kita teguh, bercerai …. Jangan ampe lah bercerai berat say buat anak2. Udah lah bersatu ajah, demi masa depan dan kebahagiaan anak2 “… *dramaisbegin. Jangan kaget ya akan banyak drama di tulisan saya ini, maklum cyiinn jaman dulu kebanyakan nonton Maria Mercedes sama Si Cantik Clara 😏.

Kalian tau dong yang namanya #thepowerofemak2, bayangin deh kalau emak2 ngantri mau beli beli gas 3kilo yang lagi langka keberadaannya. Eh trus agen gas tempat mereka  ngantri nggak mau jual itu gas 3 kilo ke meraka. Can you imagen what is going to happened ?? *mikir😠

Atau masih ingat cerita seorang Ibu Dokter cantik yang suaminya selingkuh sama teman kerjanya, dan cerita itu di posting di akun gossip terkenal se instagram  ig: Lambe_Turah. Tahu kan bagaimana reaksi mamak2 seIndonesia akan kasus ini, bagaimana komen mereka baik di IG Sesegosip, komen support di ig Bu Dokter cantik dan pastinya komen seru di ig si .... kalian taulah di ig mana. Lagi puasa, takut dosa kalau bergosip πŸ˜…. Ya kalau kalian belum tau tentang kasus ini, berarti kalian kurang kepo 😎, atau saya yang terlalu kreatif kekepoannya. 

Sama nih kaya kejadian beberapa hari kemarin, ketika photo nya Qiah dan teman teman arisannya dari postingan blognya, di posting di sebuah FB Fanpage bertajuk Berita Islami. Kemudian photo tersebut di kasih caption panjang yang membandingkan antara hijab syar’i dan hijab cabe2an. Caption bernada negative  dengan Bahasa yang kurang lebih membahasakan kalau orang2 di photo tersebut adalah hijabers Tukang nongkrong dengan gaya hijab cabe, haishhhh dan kemudian perang pun di mulai.

Kami para bloggers perempuan yang menjadi temannya qiah langsung turun gunung untuk membubuhkan komen yang meminta admin untuk mencopot photo tersebut dan memperhatikan etika jurnalistik dalam membuat tulisan atau postingan di sosmed/blog.

Karena yang turun gunung para blogger yang biasa menulis, komen yang kita tulis pastinya berusaha mempunyai tata bahasa yang baik tapi tajam dan tepat sasaran. Bukan komen asal berbahasa alay, yang penting eksis gitu. Ish apalagi komen komen kasar, dengan tujuan biar orang senapsaran pengen tahu siapa kita yang ujung ujungnya berimbas naiknya follower atau profile picture kita di SS dan di sebarkan sebagai akun bermulut tajam, terkenal deh lo. Terkenal sih, tapi terkenal sebagai hatters, ooghh No !

Karena kalau bersama kita merasa lebih kuat dan obrolan jadi lebih seru, jadi kami putuskan untuk bikin tulisan sama2. Syukur kalau tulisan kami bisa menginspirasi pembaca, ya minimal menghibur lah ya. Inilah persembahan dari kami, 3 buah tulisan yang menghibur yang bisa kalian baca di awal minggu. Biar hari Senin kalian nggak selow selow banget gitu ..

2. Mengasah kemampuan menulis


Namanya juga blog, isinya ya harus tulisan yaa… mau tulisannya tentang diri lo, hidup lo, hobby lo atau apapun yang kita anggap penting dan menarik untuk di tulis.  Dan menghasilkan tulisan yang tulus, menghibur dan informatif untuk di baca. Nulis itu nggak segampang itu tauk? Apalagi datengin orang untuk baca blog kita, susyahhhnya ampun ampunan. Eh tapi coba ikuti apa kata pepatah terkenal ini : " when there’s a will, there’s a way". Semakin sering kita menulis dan membaca buku atau Blog Walking , seiring dengan waktu pasti kemampuan menulis kita akan terasah dan menjadi lebih baik. *ngomong sambil ngaca… krik krik krik

Saya nih selalu punya ide untuk menulis, tapi selalu lupa menuliskannya wkwkwk. Pas tahun baru bikin resolusi, mau nulis minimal 1 tulisan tiap minggu. Dan pada kenyataannya semua hanyalah sebuah angan angan. Tiap ada ide nulis, buka laptop sambil nyalain wifi. Biar mata seger dan mood terbangun,  cari inspirasi sambil buka youtube dan pinterest. Dan akhirnya saya menghabiskan 2-3 jam nontonin video tutorial cara bikin alis yang cakep dan resep masakan korea, sambil sesekali buka hp untuk liat feeds di instagram, update photo challenge untuk #uploadkompakan, balesin kasih πŸ’— sampai liat Ig  gossip yang terbuka gemboknya wkwkwk karena memang saya ndak follow mereka serius ini beneran *puppyeyes. Atau liatin promo OL Shop πŸ˜†πŸ˜…. Dan kemudian pindah lagi ke laptop buka pinterest liat2 gaya fashion terkini dan updatean board yang saya follow. Setelah 3 jam berlalu kemudian laptop di tutup, dengan rencana besok akan menulis. Besok pun memulai hal yang sama persis, over and over again.

Nah kalau nulisnya barengan kan pasti akan saling ngingetin ya, kaya kemarin ini Ka Ery kirim chat,

Ka ery :“ Awie tulisku udah selesai. Besok jangan lupa ya posting #SannengTalks ?”.
Saya    : ya Allah Ka, saya belum nulis 1 kalimat2 acan ini ? “.

*kemudian drama di rumah saya di mulai… sibuk buka kulkas, ceritanya cepet2 mau masak menu berbuka, bolak balik kaya setrikaan sambil komat kamit nggak jelas ...*eh kemudian malah buka HP dan pilih aplikasi GO-Food. Ya itulah guweh yang sesungguhnya, simple banget kan hidup guweh. Makanya guweh males cerita πŸ˜…πŸ˜†.

Karena saya ini type orang yang lebih termotivasi kalau ada pressure, #SannengTalks ini merupakan sebuah pressure positive buat saya. At least ada 1 dead line setiap 2 minggu, yang membuat saya harus menulis, temanya juga di pastikan Tema/Topikyang kita banget. Taukan kalian siapa kita, Mahmud2 yang pengen rumah tangga sukses dunia akhirat sambil tetap menebar eksistensi di dunia nyata dan maya 😎.

3. Bikin Hal Cemen Terbaca Keren


Tantangan banget ini buat saya, bagaimana bisa menulis hal2 yang mungkin terdengar sepele atau nggak penting tapi tetap menarik untuk di baca. Secara kadang tulisan saya suka pakai bahasa2 yang agak kaku, kaku mirip kanebo kering *garing cyiin. Nah kemarin pas kami ngobrol2 tentang #SannengTalks ini kita setuju untuk membahas topik/masalah yang simple. Ya kurang lebih seputaran Topik Girl talks atau Mahmud talks gitu. Hal2 yang biasa kita jalanin atau temukan dalam rutinitas sehari2, mungkin terdengar cemen alias nggak penting di mata orang, tapi tetep seru untuk di ceritakan menurut versi kita.

Jangan bayangkan kita akan bahas tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berdampak pada tingkat kemacetan jalan, atau Lonjakan Harga Cabai Merah di sebabkan oleh ulah nakal para penimbun cabai, atau hal hal yang seperti itu lah pokoknya. Itu tidak akan pernah terjadi saudara saudara.

Kalau kata Ibu saya : “ Hidup mah yang simple simple aja “, apa yang bisa di bikin simple ya bikin lah sesederhana mungkin. Tapi simple bukan berarti kehilangan details untuk bahas. Sederhana dalam melihat sebuah hal/masalah bisa membuat hidup kita lebih nyaman untuk di jalani. Kemudian di bahas dengan bahasa sehari2 yang nyaman biar di baca enak. Tapi tetep jangan lupakan 1 hal penting, harus ada ‘sesuatu’ yang bisa di ambil oleh pembaca saya. Walaupun hal itu hanyalah sebuah senyuman ringan yang tersembul di wajah mereka, senyuman yang akan pernah kita lihat kan. Atau cibiran kecut ketika mereka selesai membaca tulisan ini karena mereka pikir ini nggak penting. Nggak apa2 lah, at least you’ve tried.

Cerita tentang hal cemen jadi inget hal cemen secemen2 nya yang saya punya tetapi selalu saya tanyakan sampa Paksu. Hal itu adalah salah satu doa yang selalu saya minta ke suami, 

Saya: “ Yangcu, doain aku ……… ……… ……. Dan jangan lupa doain aku awet muda ya”.  
Paksu : “ Tua itu udah keharusan, udah nggak usah di takutin hadepin ajah “. 
Saya : “ Jadi tua nggak apa2 sih Yang, tapi kalau tua2 awet muda ntar juga kamu yang seneng. Doain doang napa sih pake ribet banget !! “.

Sambil berargumen panjang lebar dengan bahasa2 ilmiah seperti face lift, laser therapy, minum kolagen sampai bawa2 keluarga Khadarshian sama beberapa nama artis Hollywood segala dalam argumen saya. Ya itulah saya yang sebenarnya sodara2. Dan Paksu udah paham banget wkwkwk. 

Mungkin nggak penting ya buat orang lain doain awet muda wkwkwk, cemen banget dan nggak penting banget lah buat orang lain. Kalau buat saya sih, doa mah apa aja yang penting doa yang baik2. Saya selalu minta di doakan oleh keluarga dan orang2 yang sayang sama saya, untuk di doakan sehat selalu, rezeki lancar, bisa punya keturunan, dan masih banyak lagi. Tapi Khusus buat Paksu doanya saya tambah, minta di doakan biar tetep terlihat muda di matanya, karena apapun yang akan kita hadapi kelak di masa tua. Semoga kita selalu ingat perjalanan yang telah kita lalui sejauh ini bersama, ketika kita masih sama2 muda dan Insha Allah sampai nanti kita menua bersama. Apalagi kalau tua nanti tetap terlihat awet muda, Ahlamdulillah sesuatu banget.

Itulah 3 alasan kenapa saya ikut dalam menulis #SannengTalks. Tulisan yang akan kami posting perdua minggu ini, kurang lebih kaya obrolan2 santai kami baik secara live atau di chat OL. Tetapi format obrolannya kami pindahkan dalam sebuah tulisan di blog.

Okay, cukup sekian obrolan minggu ini. Sampai ketemu 2 minggu lagi. Kalau habis baca, sok atuh tinggalin komen di bawah sini ya. Terimakasih …







You Might Also Like

19 komentar:

  1. Kerennya..niat bgt gitu bikin challenge demi tetap eksis ngeblog πŸ™ˆ menginspirasi sekali lhoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alfu, klo ada teman buat tulisan jadi lebih semangad nulis ya. *alesan padahal mah emang kadang males ajah πŸ˜‚

      Hapus
  2. Walopun panjang kebay tapi lucuuuu hahaha..
    Jadi gak sabar tunggu topik utk ST selanjutnya πŸ˜‰πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang saya sebenernya agal lebay dan alay gitu ka, makanya suka takut2 terungkap jati diri sebenarnya πŸ˜‚

      Hapus
  3. as always mbak Awie tulisannya selalu terbaca detail .. keep blogging deh ya kita semoga konsisten di tiap 2 minggunya #sannnengtalks <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk semangad menulis dan meng upgrade gaya penulisan blog yuks

      Hapus
  4. Berasa ikut ngerumpi baca tulisannya teh Awie mah hehe. Sama kayak saya, niat awal mau nulis.. Ujung-ujungnya buka-tutup Instagram-FB-Pinterest, trus lupa mau nulis apa hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ayi, wkwkkw ternyata sama ya problematika kita niatnya kenceng tapi eksekusinya nggak banget ya.

      Hapus
  5. Cieeeh awieee, thanks udah iklan di fb jd tau deh awie eksis dmn... kangen ma awie, jd seneng ktemu blog ini, sehat terus ya say, be positive as always, smoga bs silaturahim lg someday... luv u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu Nita hellow, selalu update tulisan di FB qo ta. Aamiin, mudah2an Nita juga selalu sehat dan bahagia yaa. Insha Allah Mudah2an oneday bisa silaturahim lagi ya πŸ’❤️

      Hapus
  6. Kalo rame-rame, saling support, menulis jadi semangat ya kak Awie! Inspiring :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Ka Ndy, kadang kalau nulis pake dateline itu antara stress tapi menantang. Tapi kalau ada temennya, malah jadi asik dan seru. Terimakasih Ka πŸ™πŸ’

      Hapus
  7. Waahh..... tulisan Awie mantap bangat say. Kalorinya banyaaakk. Sukses ya dek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak Ka Abby πŸ™πŸ’❤️

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya Mba seru banget, apalagj ibu2 kalau makin banyak yg kumpul pasti makin rame ya πŸ˜€. Terimakasih sdh mampir

      Hapus
  9. Hahaha lucunya tulisannya.

    Ini nonton Maria Mercedes usianya berapa? Saat itu saya kuliah .... jadi bahan tontonan dengan teman2 kuliah. APa kita seumuran, yah? Eh malah salfok hhaha.

    Gambar-gambarnya cakep-cakep kaka Awy, pengen dong diajarin poto2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Psst ini komen nyari teman yah hahaha (teman seusia, kan dikit tuh yang seusia saya)

      Hapus
    2. ka Niar, saya nonton Maria Mercedes Pas masih imut2 ka πŸ˜…. Lupa sih kelas berapa nya.
      Hayuk ka sama2 belajar photo pake HP yuu. saya juga masih belajar πŸ™πŸ’.

      Hapus