DIY Ladder Rack Serba Guna

Mei 10, 2017


Rak yang berbentuk tangga ( Ladder) merupakan salah satu product interior dan home dΓ©cor yang banyak di minati dan di jual pada saat ini. Banyak sekali toko atau department store khusus interior, home and living yang menjual ladder rack yang biasanya terbuat dari kayu. Salah satu contoh toko atau home depot yang menjual product semacam Ladder Rack adalah IKEA, IKEA menjual Ragrund ( Towel rack Chair ) seharga Rp. 799.000 yang terbuat dari bambu, merupakan produk multi fungsi sebagai towel rack (rak handuk) dan Kursi dalam 1 product. 



Ladder Rack bisa di bilang cukup nge hits banget beberapa tahun ini, semenjak berjamurnya toko OL dan semakin tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan Internet. Banyak sekali pengrajin dalam negri yang juga ikut membuat product serupa, dan di jual secara Online di Medsos semacam Instagram. Contohnya Ig ifurnholic yang juga menjual hanger Ladder seharga Rp. 275.000, yang di jual secara Online.

Ladder Rack yang biasanya di gunakan sebagai gantungan handuk, di buat dari kayu solid dan merupakan furniture yang di peruntukan untuk area kamar mandi kita. Tapi Ladder Rack bisa juga di fungsikan menjadi gantungan selimut atau payer set untuk di taruh di kamar tidur, atau bisa juga di jadikan rak menyusun buku atau majalah yang sedang kita baca di ruang keluarga. Karena bentuknya yang simple dan slim, jadi tidak memakan terlalu banyak space.

Kalau saya rencananya mau memfungsikan Ladder Rack ini jadi gantungan kalung dan berbagai macam aksesoris kesukaan, biar gampang nyusunnya saya tambahkan kaitan berbentuk S dari IKEA. 
Membeli Ladder Rack merupakan cara yang paling gampang, apalagi semenjak toko online dan jasa titip belanja di Instagram. Kayanya kegiatan belanja jadi semakin mudah dan nggak ribet. Tapi setelah menimbang nimbang mau beli di mana akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat Ladder Rack sendiri saja, di bantu Paksu sih pastinya.



Karena Awie saat ini untuk sementara waktu tingga di Kota Makassar,makanya  saya memilih membuat sendiri Ladder Rack ala Fillyawie. Kenapa buat sendiri? Ngirit ya? Tentu saja mengirit he he he, selain mengirit membuat project DIY merupakan salah satu alasan kenapa saya menjadi Bloggers. Jadi inilah Project DIY terbaru dari saya, setelah sekian lama nggak bikin project apa apa.



Dan Alhamdulillah di Makassar saya mempunyai teman yang punya persediaan kayu yang melimpah, Alhamdulillah di berikan bahan Ladder Rack ini secara gratis oleh ka Eva, Ig nya @Eva_Camunu. Jadi tinggal membeli dan menyiapkan bahan yang lainnya. Yuk sama sama kita simak cara membuatnya :

Tutorial

Siapkan bahan bahan dan peralatan yang di perlukan, berupa :




1. Kayu Plywood uk. 18mm. Dengan ukuran A=  6x122cm : sebanyak 2 buah 
dan B = 2x30cm : sebanyak 4 buah
2. Amplas ( Sand Papper )
3. Paku
4. Cat (bisa cat tembok + cak akrilik atau cat kayu)
5. Kuas cat
6. Palu

Langkah langkahnya

Silahkan Cek video tutorialnya di Link Youtube Fillyawie




1. Hal pertama yang harus di lakukan adalah menggabungkan kayu plywood B ke kedua sisi kayu A. dengan cara memakunya. Gabungkan ke 4 buah Kayu B ke kayu A, hingga terbentuk sebuah bentuk Tangga.



2. Setelah selesai membentuk rangka tangga, haluskan setiap sisi bagian dari kayu dengan mengunakan Amplas. Agar permukaan kayunya halus dan mudah untuk di cat.



3. Setelah seluruh permukaan kayunya di Amplas,kalian bisa mulai membubuhkan cat. Mau cat warna apa dan merek apa? Bebas silahkan pakai warna dan merek yang anda suka. Kalau saya cat pakai putih biar matching sama kaca dan meja rias di kamar tidur. Karena rencananya memang mau saya taruh di sana.
Cat sebanyak 2 kali pengecatan, agar tekstur kayunya tertutup dengan baik. Kemudian di jemur sampai kering ya.




4. Setelah ladder rack kering maka selesai dan bisa langsung di pakai deh, Ladder Racknya bisa di fungsikan sebagai gantungan majalah, aksesoris atau mukena juga bisa. Karena kualitas kayu yang saya pakai bukan kayu solid, saya memang memfungsikannya sebagai rak mukena atau aksesoris, atau barang barang yang ringan nggak terlalu berat. Sebetulnya Ladder rak ini lucu juga kalau di bikin rak tanaman gantung, nah kalau mau bikin rak tanaman sebaiknya menggunakan kayu solid biar tangganya kuat menahan beban tanaman.





Semoga tulisan saya kali ini berguna ya, jangan lupa share dan komen di bawah ini. 

Selamat mencoba πŸ˜‰



You Might Also Like

14 comments

  1. Bagusnya kak... kalau saya urusan palu memalu nda tau memangma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarmi Om Bush yang palukan saja 😬. Saya juga minta tolong Paksu ✌️. Terimakasih sdh mampir πŸ™.

      Hapus
  2. aih... kerennya...
    Emang ya, mba kalu bisa mah DIY, lebih hemat juga soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Anggraini, hemat banget. Dan ada kepuasan tersendiri ajah 😁. Terimakasih sudah mampir.

      Hapus
  3. ih jadi pengen nyobain deh...

    btw aku punya kardus gede bekas kulkas baru.. mau aku apaaiinnn ya biar manfaat masih pikir panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mba Icha.
      sama mba saya juga punya kardus bekas kulkas 😁, mau di buat storage box, di lapisi kain. Tapi masih angan2 mba, belum di kerjakan sedikit pun πŸ˜πŸ˜‚.

      Hapus
  4. kreatif mbak, lucu juga, patut dicoba nih di rumah, menyesuaikan dengan warna cat rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mba Evri, iya cat nya di sesuaikan biar matching. Jadi tambah betah di rumah πŸ˜ŠπŸ™.

      Hapus
  5. kereeennn kak awiee
    saya dari dulu sllu juga mau ber DIY sama suami
    apalah daya kesibukan masing2 ahhahaha apa emang dasar malas aja kami hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Qiah, ajakmi duozam ber diy, biar tambah seru πŸ˜‰

      Hapus
  6. Mau donk minta kayunya.. kenalin sama kak Eva boleh? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka nanti saya kenalkan ke Ka Eva πŸ‘πŸ˜‰

      Hapus
  7. Keren teh Awie... Saya juga sudah lama berniat mau bikin ini. Tapi sampai sekarang, masih angan saja.hahaha. Sekalian setelah renovasi rumah selesai saja.
    Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Saya juga. Masih ada plywood dr Ka eva yang belum saya apa2in, padahal rencana mau ini itu banyak sekali πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community