(Akhirnya) Mengganti Sub Domain Blogspot.com Dengan Domain Sendiri

Januari 18, 2017 fillyawie 5 Comments



Awalnya pas weekend kemarin Ka Lia Djabir sharing voucher discount untuk membeli domain di group Line MAM ((Makkunraina Anging Mamiri) Blogger . Voucher discount tersebut berasal dari sebuah website bernama www.qwords.com .

Saya yang udah lama ngeblog tapi jarang nulis plus blog nya masih pakai sub domain gratis dari blogspot.com ini tertarik untuk mencoba beli domain. Biar blog saya terbaca lebih keren karena pakai domain sendiri he he he. Nah ini tulisan khusus untuk blogger pemula, teman2 yang baru2 ngeblog atau blogger yang nggak jarang aktif kaya saya ini ( kalau yang udah expert, mohon di skip saja he he he).




Pada dasarnya dengan membuat Blog di  www.blogspot.com kita sudah dapat alamat blog kita sendiri. walaupun jadinya alamat blog kita akan menjadi xxxxx.blogspot.com. Kelihatan banget kan kita masih pakai fasilitas blogspot.com. Saya pun bertahun tahun pakai subdomain blogspot.com. Sampai akhirnya bergabung dengan teman2 professional blogger. Yang hampir semua blognya pakai domain mereka sendiri, dalam hati berkata : " kayanya seru juga kali ya, upgrade sub domain jadi domain sendiri". Makanya ketika Ka Lia Djabir sharing voucher discount, langsung saya cuss pesan.

Pas hari senin ((16 Januari 2017) saya langsung masuk ke website Qwords, mencoba melihat lihat kaya apa sih cara pesan domain. Biar blog saya https//:www.fillyawie.blogspot.com ini bisa berubah jadi www.fillyawie.com. Cerita di bawah ini adalah langkah nya saya lakukan waktu melakukan pembelian domain di Qwords,

1. Liat harga Domain .com, untuk personal web. cocok nggak harganya. Maklum ya namanya mamak2 kalau udah urusan uang, kudu harus teliti.

2. kemudian checking nama domain yang kita mau apakah masih tersedia atau enggak. 


Alhamdulillah, nama Domain fillyawie.com aman cyinnn, masih tersedia.  Setelah check nama, saya langsung masuk ke kolom chat, karena ya namanya juga mamak2, apa juga di tanyain ka ya. Basically pertanyaan saya lebih ke masalah tekhnis, seperti bagaimana cara mindahin nya (emang pindahan rumah yeyyyy!), kemudian apakah saya perlu beli hosting juga, kemudian bagaimana tulisan saya yang sudah saya tulis, apakah ntar bisa di direct ke alamat blog dengan domain sendiri ini. Pertanyaan pertanyaan awam semua kan, ketahuan gaptek he he he.


3. Lakukan pemesanan, dengan masukan nama domain yang di inginkan ke keranjang belanja anda


Jangan lupa untuk klik kolom  menambahkan fasilitas DNS manager yang di berikan secara gratis di Qwords.
Nah jika anda mempunyai voucher belanja domain, coba memasukan kode vouchernya ya sebelum check out. Biar bisa dapat discount makkk, setelah itu klik check out .
Ketika membuat pesanan anda juga akan di minta untuk mengisi alamat email sebagai nama username anda di qwords dan password logging untuk masuk sebagai Client loggin di Website Qwords.

4. Pihak Qwords akan mengirimkan email konfirmasi data Client Logging username dan password anda, yang akan gunakan nanti dalam pemasangan domain. Dan juga invoice, yang berisi jumlah tagihan yang harus anda bayar, cara pembayaranya dan due datenya.

5. Lakukan pembayaran, kemudian konfirmasikan pembayaran anda di sini  , kemudian pihak Qwords kengirimkan email balasan ke anda.

6. Setelah masalah pembayaran terselesaikan, akan akan di kirimkan email perihal konfirmasi Contact Information untuk domain yang anda sudah bayarkan. Contact informasi yang merupakan Email tsb pastinya haruslah email yang sama yang anda pakai untuk logging di blogspot.com ya. Jangan lupa tautan yang di kirim di klik untuk mengkonfirmasi.

7. Coba masuk ke client logging Qwords, masukan username dan passwordnya. Lihat apakah domain yang kita pesan statusnya sudah aktif, kalau sudah aktif bisa langsung mulai memasang domain tersebut di blog blogspot.com kita.
silahkan lihat tahapan cara pemasangannya di Sini  
Kalau teman teman merasa bingung dengan cara pemasangannya, kalian bisa coba mengontak CS di kolom chat atau hubungi Tim Support Qwords dengan cara mengklik tombol buka tiket yang tersedia di bagian bawah link yang saya share di atas.

Setelah selesai mengikuti langkah2 yang di jelaskan di tahap pemasangan, silahkan tunggu beberapa saat. Insya Allah kalau pemasangan anda sesuai dan benar, blog anda akan langsung berubah menjadi blog dengan domain sendiri.

Basically kalau menurut saya sih cara pemasangannya cukup mudah. Kenapa cukup mudah? karena buat orang kaya saya yang banyak gagal paham urusan teknologi kaya gini, Alhamdulillah bisa langsung terpasang. Asalkan mengikuti langkah2 yang di minta secara benar. Insha Allah bisa lah. Ya mungkin sebelum melakukan pemasangan jangan lupa baca Bismillah  terlebih dahulu dan makan nasi 1 piring dengan lauk pauk yang lengkap ya. Biar setronggg ...

Nama Domain saya langsung terpasang, yeyyy

Apa sih perbedaannya pakai sub domain dengan domain sendiri ?

Kalau menurut saya sih, ya nggak membawa perbedaan yang signifikant2 banget. Karena kan yang orang lihat dan tuju dari blog kita adalah isi atau kontent dari blog itu sendiri.

Perbedaannya adalah:
Dengan domain sendiri, blog kita terlihat lebih keren ( persepsi saja he he he ), mungkin untuk teman2 yang mau mulai blogging secara serius, blog dengan domain sendiri bisa sangat membantu untuk menampilkan kesan professional dan blogger serius atau serius nge blog.
Trus karena udah bayar buat sewa domain, masak blognya mau di biarkan terbengkalai kosong tanpa update tulisan2. Kan sayang ya, siapa tahu dengan domain sendiri kita bisa makin rajin nulis dan update blog he he he.

Semoga Tulisan saya bisa membantu atau memotivasi teman2 yang mau mengganti sub domainnya dengan dengan domain sendiri.

Wassalam


You Might Also Like

5 komentar:

  1. Selamat pindah ke blog barunya Mba :)
    Semoga terus semangat posting artikel ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak Mba Ndy atas motivasinya :)

      Hapus
  2. congratulatioooooooon kak awiee yeaaaayyy semangat nge blog nambah terusssss .. ka awie keren karena setting sendiri, saya terima beres kemarin hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu Thank you Qiah, hadeuh ini juga berhasil kayanya karena makan 2 piring nasi plus berdoa bolak balik biar nggak salah ngisi he he he

      Hapus
  3. yei baru bacaaa hhahahahaha seru ya pindah rumahnya :D

    BalasHapus