Resep Gyoza Sayuran dan Ayam

Agustus 05, 2015

Pertama tertarik pengen bikin gyoza atau dumpling gara-gara keseringan nonton acara masak memasak dan makan makan di channel Jepang dan Korea.


Kebetulan pas beli minggu lalu beli buah di supermarket Rumah Buah, mereka jual kulit gyoza siap pakai. Jadi deh langsung di laksanakan ajah ya rencana makan gyoza nya.

Setelah browsing cara bikin gyoza, di sana sini. Akhirnya saya coba pake resep yang paling gampang ajah, plus saya memilih untuk memasak filling ( isian) gyoza nya terlebih dahulu. Alasannya, karena di kulkas adanya dada ayam utuh.  Saya cincang pakai pisau dan masak terlebih dahulu ajah biar yakin ayamnya bener2 mateng pas di makan 😁. Plus saya juga tambahkan wortel di dalam filling nya.

Resepnya :
Kulit gyoza
Air
Minyak wijen 1sdk mkn
Sawi putih
Wortel 1 buah
Bawang bombay 1/2 bulatan besar
Bawang putih 3-4 siung
Daun bawang
Dada ayam cincang kasar 
Minyak goreng 1/2 sdk teh untuk menumis

Bumbu:
Saos tiram (1 sdk mkn)
Kecap asin secukupnya
Kecap ikan ( 1 sdk mkn)
Gula ( 1/2 sdk mkn )
Penyedap ( bila suka)
Lada bubuk ( sedikit saja)
* saya memilih tidak pakai garam karena alasan kesehatan, tetapi kalau kurang asin dan mau di tambahkan garam. Saya sarankan tambahkan sedikit saja, krn kecap asin dan kecap ikan sdh bisa menjadi pengganti garam

Cara membuatnya,



Cara membuat filling :
Iris tipis sawi putih, taruh dalam wadah tambahkan taburan 1/2 sdk mkn garam. Diamkan 5-10 mnt. Kemudian peras irisan sawi dan bilas dengan air bersih.
Iris wortel tipis dgn bentuk korek api.
Iris bawang bombay, tipis2 spt wortel.
Iris bawang daun
Cincang bawang putih dan dada ayam

1. Masak filling
Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukan ayam cincang, setelah ayam setengah matang masukan bawang bombay dan wortel. Aduk aduk hingga merata, bumbui dengan saus tiram, kecap asin, kecap ikan, gula dan penyedap rasa ayam. Tambahkan lada bubuk bila suka. Kemudian masukan sawi putih, aduk rata. Tambahkan juga irisan daun bawang. Matikan kompor. Pastikan jangan memasak sayuran terlalu matang. Tiriskan hingga dingin

2. Membuat gyoza
Setelah filling dingin, mulai membuat gyoza. Dengan cara mengisi filling pada kulit gyoza, rekatkan kulit gyoza menggunakan air. seperti membuat pangsit. Susun gyoza yang telah di buat di atas piring yang di taburi tepung, agar tidak lengket



Setelah selesai membuat gyoza, siapka teflon atau penggorengan anti lengket untuk memasak nya.

3. Memasak gyoza
Taruh minyak wijen dalam penggorengan, susun gyoza dalam penggorengan, sejumlah yang diinginkan.
 Panaskan penggorengan, masak hingga bagian bawah gyoza berwarna coklat.
Setelah bagian bawah gyoza berwarna coklat, tambahkan 3/4 gelas air ke dalam penggorengan. Tutup penggorengan, masak gyoza sampai matang dengan melihat kulitnya berubah warna menjadi bening transparant.
Setelah gyoza matang, anggat dari penggorengan. Tiriskan.



Sajikan dengan kecap kikoman.

Selamat mencoba πŸ‘ŒπŸΌπŸ˜Š

You Might Also Like

1 comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Follow Me

Press

Blogging Community