Jumat, 13 Desember 2019

Baju Bodo Hijab dari AIJ Galleri Makassar


Baju Bodo adalah pakaian tradisional perempuan dari Suku Bugis baik yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan dan juga Suku Bugis Pagatan yang berada Kalimantan, Indonesia.  Seperti baju tradisonal pada umumnya, saat ini baju bodo saat ini telah mengalami evolusi. Modifikasi design dan aplikasi banyak digunakan di baju bodo moderen yang ada di masa kini, pun ada baju bodo hijab yaitu baju bodo yang dibuat khusus untuk perempuan yang menggunakan hijab.

Sejarah Baju Bodo


Sebagai orang yang cinta pada tanah air, rasa cinta tersebut saya ekspresikan salah satunya adalah dengan mencintai wastra nusantara dan pakaian tradisional Indonesia. Sudah banyak wastra nusantara yang saya koleksi mulai dari kain yang berasal dari kain dari berbagai kota di Jawa, Sumatera dan Kain yang dari Sulawesi pun mulai saya koleksi. Mulai dari kain tenun Donggala, Toraja dan juga Sutera Bugis berhasil daya kumpulkan, walaupun hanya beberapa buah saja, tapi rasanya bangga dan bahagia bias memiliki wastra nusantara dari pulau yang saat ini sedang menjadi tempat persinggahan sementara saya.

Wastra nusantara sangat identik sebagai padanan pakaian tradisional nusantara. Seperti memakai baju bodo, pakaian khas Sulawesi ini sangat identik dengan lippa sabe atau kain sarung yang terbuat dari sutera dari Suku Bugis.

Tahukah kalian bahwasanya baju bodo yang kita kenal saat ini sebagai pakaian tradisional dari Suku Bugis, sebenarnya adalah baju Labbu yaitu baju bodo yang dibuat dengan kain lebih tebal, designnya lebih gombrang dan lebih panjang dari baju bodo sesungguhnya.

Sumber photo : https://id.wikipedia.org/wiki/Baju_bodo
Menurut Wikipedia Baju bodo sudah digunakan semenjak abad ke IX, berbentuk segiempat, berlengan pendek setengah atas bagian siku. Baju Bodo yang juga disebut baju Tokko pada saat itu dibuat dari kain muslin, kain tipis menerawang dan tembus pandang, ketika dipakai akan memperlihatkan tubuh bagian atas si pemakai. Di mana pada masa itu, hal tersebut merupakan hal yang lumrah-lumrah saja.

Penggunaan kain muslin dianggap cocok, karena kondisi cuaca di Makassar dan kebanyakan wilayah di Sulawesi bisa dibilang cukup panas. Kain muslin yang menerawang dengan tekstur yang renggang dan dibuat dari tenunan kapas dan benang katun, pastinya sangat nyaman digunakan di sini karena breathable fabrics.

Seiring berjalannya waktu dimana ajaran agama Islam mulai masuk dan dianut di Sulawesi, penggunaan baju bodo mulai diganti ke baju Labbu. Baju bodo yang dibuat dengan kain sutera yang lebih tebal dan tidak menerawang seperti kain muslin.


Cara Memakai Baju Bodo



Baju bodo hijab dari AIJ galleri Makassar yang dibuat dari bahan muslin

Baju bodo sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Bugis, baju bodo selalu dipakai dalam acara-acara adat dan perayaan seperti rangkaian acara pesta pernikahan, mulai dari acara lamaran, mengambil keputusan bersama, malam pingitan (midodareni) dan lainnya. Duh kalau ngomongin rangkaian pernikahan adat Bugis dan Makassar saya takut salah, karena masih kurang paham dan setahu saya rangkaiannya itu lumayan panjang. Mungkin suatu saat akan saya pelajari dan tuliskan di blog ini.

Sama seperti kebaya, baju bodo tidak hanya dipakai untuk cara pesta pernikahan saja, baju bodo juga digunakan untuk acara penting lainnya bahkan pergi ke undangan pun banyak yang menggunakan baju bodo. 

Baju bodo biasanya dipadankan dengan kain sarung sutera, cara memakainyapun bisa dibilang cukup gampang. Kain sarung dipakai dengan cara menggikatkan kedua ujung sarung, Buat ikatan sederhana dibagian perut kemudian sembunyikan di balik baju bodo. Kain sarung biasanya dipakaikan dengan longgar, tidak rapat atau ketat. Sehingga memudahkan kita untuk berjalan.

Cara styling baju bodo bisa dimasukan sebagian ke dalam kain, atau dibiarkan begitu saja seperti menggunakan atasan pada umumnya. Selain memakai sarung, baju bodo juga biasanya dipakai dengan aksesoris mulai dari gelang emas dan gelang di bagian atas siku, kalung dan juga bando khas tradisional dari suku Bugis dan Makassar.

Pada zaman dahulu kala warna baju bodo yang dipakai melambangkan usia dan status sosial sang pemakai. 

- Jingga dipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun
- Jingga dan Merah dipakai oleh gadis berusia 10-14 tahun
- Merah dipakai perempuan berusia 17-25 tahun
- Putih dipakai oleh pembantu dan dukun
- Hijau dipakai oleh perempuan bangsawan
- Ungu dipakai oleh janda
(Sumber : Wikipedia)

Saat ini baju bodo sudah mengalami banyak modifikasi, baju bodo moderen dibuat dengan dengan design yang berbeda, mulai dari aksen tumpuk, lipat bahkan penggunaan aksen bodir dan payet. Baju bodo telah berevolusi mengikuti tren dunia mode dan juga selera penggunanya.

Baju bodo yang awalnya dibuat dengan design lengan pendek pun mengalami perubahan. Saat ini ada baju bodo hijab, yaitu baju bodo dengan lengan panjang yang khususnya dibuat untuk para hijaber.


Baju Bodo Hijab dari AIJ Galleri Makassar




Mau pakai baju bodo tapi malas pakai manset tangan panjang, kalian bisa menggunakan baju bodo yang di-design khusus untuk hijaber. Baju bodo dengan lengan panjang bisa kalian beli dan sewa di AIG Galerri Makassar. 

Baju bodo dari AIJ Galeri Makassar di-design dengan bentuk persegi Panjang dibuat dari kain muslin, kainnya sedikit kaku dengan tekstur serat yang breathable tapi tidak begitu menerawang. Cutting baju bodo hijab dari AIJ Galleri Makassar sangat cantik, bikin badan saya yang cukup langsing jadi terlihat makin langsing dan tinggi.


Baju bodo hijab yang dibuat dengan aksen tambahan yaitu ikat lengan bagian siku, menjadikan baju ini terlihat seperti baju bodo tradisional berlengan pendek, setengah atas bagian siku. Bikin cantik effortless banget, tingal dipadankan dengan sarung dan hijab berwarna senada kalian sudah bisa duduk dipelaminan *eh gemana gemana 😂. Maksudnya kalian sudah langsung terlihat cantik dan anggun.

Untungnya saya sudah memiliki sarung dengan warna senada yang bisa dipadankan dengan baju bodo hijab dari AIJ Galleri Makassar, jadi keinginan untuk berfoto memakai baju bodo bisa terwujud deh.

Panjang baju baju bodo hijab bisa dibilang cukup panjang, sehingga bisa dipakai oleh kalian yang bertubuh pendek seperti saya ataupun yang bertubuh tinggi bak peragawati inshaallah nggak bakalan ngatung kependekan. Kalaupun ada satu dan lainnya yang ingin saya tambahkan, mungkin kalau boleh request lubang lehernya bisa dibuat sedikit lebih besar, karena kalau dipakai setelah kita pasang cepol hijab bajunya agak nyangkut di cepol. Maklum saya hijaber yang suka pakai cepolan rambut wkwkwk.

Toko online AIJ Galleri Makassar sudah beroperasi dari tahun 2016, fokus menjual produk fashion dengan segmentasi masyarakat menengah ke bawah. Jadi produk-produk yang dijual di AIJ Galleri Makassar, inshaallah harganya terjangkau ya.

Sima' taiya aksen pengikat lengan
Untuk produk baju bodo hijab bisa kalian beli dengan harga Rp. 100.000, sima' taiya atau pengikat lengan dijual dengan harga Rp. 30.000/sepasang. Kalau kalian pengen pakai baju bodo hijab tapi nggak mau membelinya atau nggak punya kelengkapan lainnya seperti sarung, kalian bisa menyewa baju bodo hijab lengkap plus aksesoris dan sarung dengan harga Rp. 175.000 saja.

Untuk sewa  baju hanya bisa dilakukan untuk kalian yang berada di Makassar dan sekitarnya ya. Untuk kalian yang ada di luar kota bisa membeli baju bodo hijab melalui toko online AIJ Galleri Makassar yang ada di Instagram : @aijgallerimks atau bisa juga melakukan pemesanan melalui whatsapps di nomor 085235799972.

Contoh kelengkapan baju bodo yang bisa di sewa di AIJ Galeri Makassar. Sumber foto : @aijgallerimks

Menggunakan pakaian tradisional tidak hanya untuk menunjukan jati diri dan asal usul kita, tapi bisa juga sebagai salah satu cara mencintai adat dan budaya Negara tercinta kita Indonesia. Seperti yang saya lakukan, gadis sunda yang berasal dari Bogor ini pun ingin mencoba memakai baju bodo, baju tradisional suku Bugis dan Makassar tempat tinggalnya saya saat ini.



Bagaimana rasanya pakai baju bodo dengan lippa sabbe?

Rasanya saya merasa cantik dan anggun dan makin cinta dengan adat budaya Bugis dan Makassar. Terima kasih AIJ Galleri sudah mewujudkan mimpi saya memakai baju bodo.

Bucket list checked!


11 komentar on "Baju Bodo Hijab dari AIJ Galleri Makassar"
  1. Aku baru tau baju bodo ada makna setiap warnanya soalnya selama ini akuvlihat baju bodo banyakan warna warni

    BalasHapus
  2. Saya suka model baju bodo yang masih tradisional kayak punya AIJ Galleri ini. Rasanya lebih male'bi kalo dipake.
    Kalo yang modern rasanya koq seperti mengkhianati adat istiadat ya, hehe...

    Btw saya fokus di lipa' sa'be-nya Awie. Cantik motifnya, khas tenunan Sengkang.

    BalasHapus
  3. Masya Allah, cantik, Teh.
    AIJ ini mengingatkan sama teman blogger dengan inisial itu. Punya siapakah AIJ yang di sini, Teh?

    BalasHapus
  4. Mba Awie cantik banget pake baju bodo dan kain berwarna merah mudanya. Seger kumelihatnya. Makasih, dari sini aku jadi belajar soal baju bodo dan sejarahnya. Termasuk penggantian bahan baku kain dari muslin menjadi labbu :) Dan ternyata beda usia, beda juga warna yang biasa dipakainya ya :)

    BalasHapus
  5. Ohhhh jd aslinya itu bahannya memang tipis gt ya mba. Duh sexynya perempuan Indonesia jaman itu yaaa. Aku suka baju bodo ini, bagus dipake org gemuk jg krn jd nutupin kekurangan.

    Trs kalau dipakein hiasa kepalanya yg kyk bando itu jd cantik bgt. Elegan.

    BalasHapus
  6. mamaku dulu punya baju bodo ini krn sempet lama tinggal di makasar walopun bukan org sana. dan aku suka dulu pinjam tiap ada acara 17an dr sekolah :D. krn biasany diminta pake baju tradisional mba. dan krn dulu tinggalnya di ceh, cm aku 1-1 nya yg pale baju bodo ini :D. bangga lah beda dr yg lain hahhaha

    BalasHapus
  7. Wow, si teteh pakai baju bodo miripmi ana'darana Sulawesi 🥰
    Saya lebih suka baju bodo kayak yang teh Awie pakai, lebih masuk khas tradisionalnya.

    BalasHapus
  8. Sudah lama nggak pake baju bodo nih, hehe. Model baju bodo yang teh Awie pake keren deh, suka liatnya. Btw baru tahu juga tentang sejarah baju bodo, ternyata memang aselinya dari kain yang tipis ya. Syukurlah sekarang sudah banyak model baju bodo yang disesuaikan dengan busana muslimah.

    BalasHapus
  9. suka sama warna baju bodo yg Teh Awie pake.. pinknya cantik.. bikin saya ingat masa2 dulu waktu kecil pernah pake baju bodo sebagai passappi.. dengan riasan menor buat anak2, tapi senang karna banyak tamu yg ajak salaman :)

    BalasHapus
  10. Adduuhh.. Teh, anggun banget liatnya dalam balutan busana tradisional Sulawesi Selatan. Teteh cuantiiiiikkk. Suka deh pokoknya.

    BalasHapus
  11. kakak cantik sekali, sehat selalu ya :D

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature