Melihat Sunset Di Pantai Akkarena Makassar

Desember 28, 2016 fillyawie 0 Comments



Tinggal di Kota Makassar bisa berarti sebuah kesempatan untuk menikmati sunset setiap hari. Terlebih jika kita menempati hunian di dekat pesisir pantai seperti kawasan Losari atau Tanjung Bunga. Makassar merupakan Kota yang terletak di pesisir barat daya pulau Sulawesi ini, menawarkan banyak sekali tempat wisata pantai. Salah satu tempat wisata pantai yang cukup di kenal di Kota Makassar adalah Pantai Akkarena.

Pantai Akkarena terletak di tempat hunian dan bisnis properti kawasan Tanjung Bunga. Tidak jauh dari Akkarena terdapat Pusat Perbelanjaan Trans Studio Mall, yang berjarak kurang lebih 1 km dari tempat wisata ini. Sedangkan dari tempat tinggal saya di Jl. Mochtar Lufti kawasan Losari, ke pantai Akkarena hanya berjarak 5.5 km dengan menempuh waktu sekitar 15menit saja.

Apa yang istimewa dari pantai Akkarena ?? saya menilainya dari penilaian saya sebagai seorang warga baru di Makassar, yang baru menetap 2 bulan di sini.

Sejauh ini Akkarena merupakan pantai yang nyaman untuk di kunjungi, selain Losari. Tapi tetep beda lah Losari sama Akkarena. Bedanya apa? selain ke Losari Gratis sedang ke Akkarena harus bayar tiket masuk?

Konon kabarnya Akkarena merupakan salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk melihat matahari terbenam di Makassar. Kalau nggak percaya silahkan di gugling saja. Nah karena itu saya ingin merasakan melihat sunset di Akkarena. akhirnya weekend minggu lalu, saya sengaja datang ke sana pas jam nya sunset. Siapa tahu bisa ketemu sunset sambil berfoto-foto.

Tapi sayang sekali pas sore hari hujan turun, jadi sunset yang yang saya cari hanya terlihat bayangan saja. Mataharinya sembunyi di balik tebalnya awal. mungkin belum berjodoh untuk melihat sunset. Berarti harus mencoba ke sana lagi lain waktu.

Karena mendung tebal sehabis hujan, sunsetnya menghilang di balik awan.


Selain konon katanya tempat untuk melihat sunset Akkarena menawarkan banyak hal yang bisa kita jumpai di tempat wisata Pantai kebanyakan seperti Anyer, pantai Matahari dll. Bayar berapa masuk Akkarena? ketika masuk ke Pantai Akkarena, di pintu gerbang pengunjung di kenakan tiket masuk Rp. 10.000; perorang dan tiket Parkir Rp. 2.000; untuk kendaraan beroda dua dan Rp.5.000; untuk beroda empat.

Akkarena banyak menyediakan fasilitas bagi para pengunjung yang datang ke sana. Selain pengunjung bisa main air alias mandi air laut, di sana juga banyak terdapat fasilitas olahraga air. dan taman bermain bagi anak2 anda. Jadi kalau bosan bermain di pantai, bisa pindah ke taman bermain.

Foto di ambil ketika Sunset, jadi banyak wisatawan yang sudah menepi dari kegiatan mandi dan berenang di Pantai Akkarena.

Di Akkarena juga di sediakan Restoran, Mushola dan MCK. malah ketika ke sana saya lihat ada tulisan : dilarang membawa makanan dari luar. Saya fikir ada baiknya juga ketika pihak pengelola pantai meminta wisatawan membeli makanan dari dalam kawasan pantai saja. Selain untuk menggeliatkan ekonomi di wilayah sekitar, maksudnya bisa membantu masyarakat/tenant lokal yang berjulaan di kawasan Pantai. Selain itu juga bisa menjadi mencegah dari menumpuknya sampah di kawasan pantai. Kalau para wisatawan membawa Makanan sendiri, dan kemudian buang sampah sembarangan di sana. Terbayang seperti apa menumpuknya sampah. ah jangan sampai begitu ya..

Coffee anyone??

Dermaga pantai, dermaga yang bertiang beton dan berlantai kayu, merupakan salah satu keistimewaan Akkarena. Dermaga kayu ini terbentang sepanjang 150m, berfungsi sebagai dermaga kapal wisata, tempat menikmati sunset dan berfoto ria. Sayangnya saat ini dermaga kayu tersebut sudah terlihat cukup tua dan reyot. Beberapa kayu terlihat sudah menghilang alias bolong, beberapa kayu tidak ada pakunya sehingga kalau kita menginjaknya kayu tersebut akan terasa tidak stabil dan mengangkat. Ada sebaiknya para pengunjung berhati hati ketika berjalan di atas dermaga, terlebih jika membawa anak balita atau anak kecil yang aktif.
Walaupun begitu dermaga pantai Akkarena sangatlah sulit untuk di lewatkan begitu saja. rasanya belum afdol jika kita kesana tidak naik ke atas dermaga, untuk menikmati angin laut sambil menunggu sunset.


Hati2 jika berjalan di atsa dermaga, banyak kayu yang posisinya sudah tidak terpaku dengan baik.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berwisata ke Pantai Akkarena? Saya pun masih penasaran dengan sunset di Akkarena. Lain waktu saya akan datang kembali ke sini, untuk melihat sunset dari sini. 











You Might Also Like

0 comments: