Minggu, 03 Juni 2018

DIY Cara Membuat Gelang Elastis dari Manik-Manik ( DIY Stacking Bracelet)


Sambil ngabuburit yuk kita bikin aksesoris yang gampang tapi unyu-unyu. Aksesoris lucu yang lumayan simple dan kalau dipakai bisa bikin tampilan kita lebih keren. Artikel DIY kali ini akan membahas tentang cara membuat gelang elastis tumpuk (stacking bracelet) yang dibuat dari karet elastis dan manik-manik.

Proses pembuatannya cukup singkat dan gampang banget, proyek DIY ini bisa juga dilakukan oleh anak-anak tetapi tetap dibantu dan diawasi oleh orang dewasa ya. Mau tahu cara dan proses membuatnya? Mari kita simak langkah-langkah di bawah ini.



Bahan-bahan yang digunakan :




Karet elastis khusus untuk membuat aksesoris


Manik-manik kaca dan mutiara sintetis ukuran 6mm


Berbagai jenis charms yang telah dipasang jump ring, untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara memasang jump ring silahkan baca artikel ini.


Gunting untuk memotong karet.



Cara Membuatnya 




Masukan manik-manik kaca berwarna biru ke dalam karet. karetnya jangan dipotong terlebih dahulu ya. Biarkan manik-manik masuk terlebih dahulu. Karena kalau karet dipotong duluan, kalian akan kesulitan ketika memasukan manik-manik dan sulit menahan karet yang licin.


Setelah manik-manik dimasukan dalam karet, ukur ke pergelangan tangan, jika ukuran panjang karet sudah pas dan cukup baru potong karetnya. Lebihkan sekitar 10 cm, -+5cm di setiap ujungnya agar mudah untuk diikat nantinya.


Sebelum membuat ikatan, jangan lupa masukan charm yang telah disiapkan tadi.


Buat Ikatan mati sebanyak beberapa kali, pastikan ikatan kencang dan jarak antara manik-manik rapat.


Gunting sisa karet.


Try it on 😍


Ulangi proses nya kembali, pilih manik-manik dengan warna dan bahan berbeda. Untuk gelang yang ke-dua saya mengunakan manik-manik mutiara sintetis dengan permukaan seperti kulit jeruk, biasa disebut dengan nama mutiara kulit jeruk.


Buat ikatan kencang seperti contoh diatas.


Cute isn't it


Contoh gelang tumpuk yang telah selesai dibuat.


Gampang bukan cara membuatnya ? Kalian juga bisa membuat gelang seperti ini kembaran dengan sahabat atau putri tercinta. Bahan yang dibutuhkan pun relatif murah dan mudah didapatkan lho. Yuk berkreasi bersama keluarga, sambil ngabuburit tapi tetap produktif.

TIPS : untuk memudahkan proses memasukan karet ke dalam lubang manik-manik, potong ujung karet dengan bentuk meruncing/serong. Dengan begitu bentuk ujung karet akan seperti tajam seperti jarum, hal tersebut akan sangat memudahkan proses pembuatan gelang ini. Karena sifat karet yang elastis dan tidak kaku, jika ujung karet di potong dengan bentuk datar, akan menyebabkan karet mudah meleset ketika dimasukan manik-manik.

Semoga DIY kali ini bermanfaat ya, sampai jumpa lagi di artikel DIY berikutnya.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature