Minggu, 18 Februari 2018

Making Your Life Style more Accountable with CASIO Calculator


Berbicara tentang urusan hitung menghitung dan matematika, ingatan saya seketika terbang ke masa kecil, puluhan tahun lalu ketika saya masih duduk di awal-awal sekolah dasar. Saya adalah anak yang pada saat masuk sekolah dasar berusia genap enam tahun, saat ketika mulai menerima pelajaran berhitung tambahan-tambahan dan pengurangan pada matematika saya termasuk dalam kategori anak-anak yang mengalami ganguan diskalkulia.

Diskalkulia adalah ganguan pada kemampuan kalkulasi secara matematis, gangguan pada kesulitan berhitung dan juga kesulitan mengkalkulasi. Karena itu pelajaran matematika adalah pelajaran yang tidak saya sukai sama sekali. Menakutkan, mungkin itu kata yang tepat untuk mengambarkannya.

Hal yang paling saya ingat tentang kesulitan kalkulasi adalah ketika ibu meminta saya untuk membeli garam bersama dengan bahan dapur lainnya ke warung yang berada di dekat rumah kami, saya selalu meminta ibu mengitungkan berapa jumlah kembalian yang harus saya terima. Ya bukan belajar menghitung total belanjaan sendiri kemudian menguranginya dengan uang diberikan ibu, saya malah selalu minta untuk disebutkan berapa kembalian yang harus saya terima.

Jumlah kembalian dan barang belanjaan pun saya hapal di sepanjang jalan, berulang ulang saya ucapkan agar tidak lupa. Ya sampai segitunya, pada saat itu saya memang tidak pintar berhitung dan selalu merasakan ketakutan ketika harus berhadapan dengan urusan hitung menghitung.

Akhirnya ibu sering menuliskan daftar belanjaan pada secarik kertas, tidak lupa beliau juga menuliskan jumlah kembalian yang harus saya terima. Ibu tahu sekali kalau anaknya mempunyai ketakutan dalam urusan hitung menghitung. Untuk menyiasati hal tersebut di zaman itu (sewaktu saya sekolah dasar), ibu membekali saya kalkulator lidi sebagai alat bantu berhitung.

Kalkulator Lidi adalah alat bantu hitung yang dibuat dari batang lidi yang dipotong-potong menjadi ukuran pendek sekitar 5-10cm, batang lidi berjumlah puluhan buah itu diikat dengan karet dan baru akan dikeluarkan ketika tiba pelajaran matematika. Lidi yang telah dipotong sedemikian rupa dijadikan alat bantu untuk menghitung soal matematika seperti : penambahan, pengurangan dan pembagian. Mungkin zaman now sudah tidak ada lagi menggunakan kalkulator lidi, entahlah.

Pelajaran matematika dan eksakta selalu menjadi pelajaran yang membuat saya sakit perut dan mengalami mimpi buruk. Pernah suatu waktu saat saya di sekolah menengah atas, saya mimpi dikejar-kejar rumus fisika hanya karena rumus yang saya hafal tidak satupun keluar dalam ujian sekolah. Ya' mungkin karena tidak suka sama pelajaran eksakta, jadi ada rasa terpaksa ketika harus belajar setengah mati. 😅

Ketakutan terhadap angka dan matematika tidak hanya berlangsung di masa kecil saja, sampai saya ini pun saya masih mengalami fobia angka. Hal tersebut saya rasakan dengan jelas ketika saya diminta untuk menghafal nomor telepon, menghitung jumlah harga setelah diskon atau menghitung total rekapan bills makanan ketika nongkrong bersama teman-teman. Menghapal nomor telepon sendiri saja susah, apalagi menghafal nomor orang lain, pun begitu dengan urusan hitung menghitung.

Kesulitan yang tergolong receh sih, tapi cukup bikin repot ketika dibutuhkan. Apalagi kalau kita sedang berada pada kondisi yang membutuhkan kemampuan berhitung dan membuat keputusan secara cepat, seperti contohnya ketika berada di mall saat diskon great sale atau shopping saat travelling. 😆

Shopping is My Mood Booster


Saya memang orang yang tidak begitu suka dengan urusan hitung-menghitung, soal hitungan hanya akan membuat perut saya sakit dan kepala pusing. Kalaupun harus berhadapan dengan urusan hitung-menghitung, hitungan yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah menghitung honor/gaji yang masuk dan menghitung diskon saat sale. 😁

Ya' saya termasuk orang yang gemar sekali belanja, baik belanja online maupun off line di mall. Buat saya shopping merupakan mood booster yang bisa membuat semangad dan mood kembali naik seketika. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Michigan mengatakan bahwa orang melakukan shopping akan tiga kali merasa tidak sedih dibandingkan dengan orang yang hanya browse tapi tidak jadi belanja. Ya pasti sedih dong ya kalau cuma sibuk milih-milih barang tapi nggak jadi beli, rasanya tuh kayak diberikan harapan palsu. 😭

Shopping memang bisa me-relief stress, bikin hati bahagia tapi bikin uang belanja berkurang *hiks.  Agar kegiatan belanja tidak menganggu kondisi keuangan keluarga, maka saya perlu bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak atau belanja lebih bijak.

Bagaimana caranya agar tidak kebablasan belanja? Saya biasa membagi penghasilan dan uang belanja menjadi beberapa bagian. Ada bagian yang harus ditabung, ada yang harus dipakai untuk bayar tagihan dan ada bagian yang bisa digunakan untuk belanja. Belanja pun dikategorikan menjadi belanja kebutuhan pokok dan belanja kebutuhan " selfish ". Barang-barang kebutuhan selfish ini biasanya berupa barang-barang yang saya beli untuk sekedar gaya. 😅

Barang fashion, skin care dan property photo termasuk dalam daftar barang selfish yang cukup menguras budget belanja saya setiap bulan. Barang yang nggak berguna-guna banget tapi tetep dibeli hanya untuk memuaskan nafsu belanja semata. Ada yang kayak begitu juga nggak ya ?

Kesukaan saya akan shopping membuat saya harus cermat dalam berhitung. Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk menjadi smart shopper yang bijak, salah satunya adalah dengan membuat daftar belanjaan dan wishlist terlebih dahulu. Juga membuat kategori barang sesuai dengan urgensinya dan usahakan untuk membeli barang yang penting dan dibutuhkan saja. Peraturan berlaku untuk semua jenis barang kecuali jika ada barang kebutuhan selfish yang sedang sale, peraturan pun gugur seketika.

Barang diskon adalah mood booster yang seketika bisa membuat saya menjadi lebih semangat dalam bekerja dan merasa lebih bahagia. Apalagi kalau barang yang di-diskon adalah barang yang sudah masuk dalam daftar wishlist saya selama beberapa lama. Shopping memang bukan small things, tapi menemukan barang discount saat belanja adalah small things yang bisa bikin hidup saya bahagia. Bahagia itu ternyata simple ya.


Sebagai pengabdi sale 😀, season sale sudah seperti arena hunger game yang wajib didatangi dengan perencanaan yang matang dan skill belanja yang terasah. Kemampuan belanja tersebut berlaku untuk barang kebutuhan pokok yang menunjang kehidupan sehari-hari dan juga barang lainnya penunjang gaya hidup. Barang kebutuhan pokok harus menjadi prioritas utama dan ditaruh di daftar teratas. Jangan sampai barang-barang kebutuhan pokok malah nggak terbeli dan barang selfish malah diborong. Pernah begitu ? tentu saja pernah. 😀

Fobia angka telah mengakibatkan banyak kerugian dalam hidup saya, karena tidak mau mengkalkulasi saya jadi malas membuat rincian daftar belanjaan bulanan. Kemalasan seperti itu bisa berakibat sangat fatal, kegiatan belanja yang tidak terencana bisa menyebabkan uang belanja habis sebelum waktunya, hal demikian bisa mengakibatkan terjadinya perang dunia dalam rumah tangga. 😢

Belajar dari banyak pengalaman tidak enak itulah, akhirnya saya membuat rincian belanjaan bulanan. Menghitung dengan cermat berapa budget yang harus dikeluarkan untuk belanjaan pokok dan belanjaan yang masih bisa ditunda, selfish-nya dikurangi lah ya. Nah' untuk memudahkan urusan hitung menghitung, saya membutuhkan calculator sebagai alat bantu. Untuk orang yang fobia angka seperti saya bantuan calculator akan membuat kegiatan hitung menghitung menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Cek dana belanja yang masih tersisa.

Selain membuat rincian belanja bulanan, tips lain yang bisa diterapkan untuk menjadi seorang smart shopper adalah dengan selalu update katalog diskon dan membeli voucher diskon belanja. Katalog diskon akan memberikan informasi seputar barang yang sedang diskon di waktu dan toko tertentu, informasi diskon adalah informasi yang sangat penting dan berguna untuk membuat perencanaan belanja. Membeli barang dengan harga yang lebih murah saat diskon adalah salah satu cara belanja pintar. Buat seorang ibu rumah tangga seperti saya harga detergent yang turun harga sebanyak lima ribu rupiah bisa menjadi mood booster yang bikin hati bahagia. 😀

Merencanakan kegiatan belanja dengan baik bisa berarti menyelamatkan diri dari nafsu belanja yang membabi buta, ada banyak cara untuk menyenangkan hati dan meningkatkan mood. Salah satunya adalah dengan cara menjadi wise shopper and make your life style more accountable. Shopping memang kegiatan yang menyenangkan, tetapi shopping yang bijak dan bertanggung jawab akan membuat kondisi keuangan kita terkendali, rumah tangga pun aman dan sejahtera. Apalah artinya gaya kalau tagihan kartu kredit membuat kita menderita.

CASIO Calculator 


Saya memilih CASIO My Style sebagai calculator yang saya gunakan untuk membantu dalam membuat perencanaan dan menghitung daftar belanja sebelum pergi ke mall atau supermarket. Kenapa CASIO? CASIO adalah perusahan teknologi Jepang yang telah berdiri dari tahun 1946 di Shibuya, Jepang. Produk pertama yang diproduksi oleh CASIO adalah calculator elektrik, kalkulator ini juga menjadi kalkulator elektrik pertama di dunia. Jadi saya nggak salah pilih dong ya. 

Casio calculator memiliki beberapa jenis dan kategori untuk memudahkan konsumen dalam memilih calculator yang sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Jenis dan kategori CASIO calculator dibagi menjadi 5 jenis/kategori, seperti disebutkan dibawah ini :

School and Lab
Calculator ilmiah yang mudah digunakan untuk membantu eksplorasi dan proses belajar dan mengajar. Calculator jenis ini diciptakan dalam berbagai varian sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti calculator akutansi, tehnik dan statistika. Calculator ilmiah menjadi media dan alat bantu dalam proses belajar mengajar agar murid bisa lebih mefokuskan waktunya untuk pemikiran matematika dari pada hanya sekedar berhitung.

Office
Calculator yang biasa digunakan di perkantoran untuk perhitungan yang autentik, cepat dan akurat. Terdiri atas type standar sampai heavy duty yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Home
Calculator dengan fungsi sederhana dan harga terjangkau. Sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Tersedia dengan varian berbahan plastik dan metal, ukuran dan designnya pun sangat ekonomis dan mudah untuk disimpan.

Shop
Calculator dengan kategori shop tersedia dalam aneka warna dan jenis, seperti jenis calculator anti air dan debu. Calculator yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti yang anti air dan debu bisa digunakan di pasar atau di bengkel. Ada juga calculator yang dilengkapi dengan fitur suara dan fitur cek untuk memudahlan proses perhitungan.

Travel
Calculator jenis travel merupakan calculator portable dengan bentuk mini yang nyaman dibawa saat bepergian. Tersedia dalam 8 sampai 24 digit, dengan ukuran yang sama.

Pilihan saya jatuh ke calculator jenis home yaitu coloful calculator dengan body plastik yang memiliki pilihan warna yang beragam. Alasan kenapa saya memilihnya adalah karena koleksi warnanya ciamik banget dan tampilannya enak dipandang mata. Pun mempunyai fungsi yang maksimal untuk membantu kegiatan sehari-hari saya.


Calculator jenis home dengan type : MS-7UC-PK yang saya pilih memiliki dimensi ( D x W x H) : 120x85.5X19.5mm dengan berat 70gram saja. Bisa dibilang memiliki ukuran yang cukup portable dan cukup ringan untuk masuk ke dalam tas.

Tahukah kamu, kalau setiap warna dari CASIO My Style Colorful Calculator dibuat untuk mewakili karakter pribadi yang berbeda-beda. Totalnya ada 10 warna yang dikeluarkan oleh CASIO colorful calculator. Nah untuk tahu warna yang sesuai dengan karakter kalian, silahkan coba untuk mengikuti test di www.knowyourcolor.id. Di website knowyourcolor.id kalian akan diminta untuk memilih jawaban  yang mengambarkan hal yang kalian sukai dan karakter yang menggambarkan diri kalian. Test-nya fun banget, makanya sebelum membeli calculator-nya mending coba ikuti test nya terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian.

Salah pilihan jawaban yang harus kalian pilih di test knowyourcolor
sumber photo : http://www.knowyourcolor.id/

Warna yang cocok dengan karakter saya
sumber photo : http://www.knowyourcolor.id/

Alasan Kenapa Kalian harus Mempunyai CASIO My Style Colorful Calculator


Selain karena alasan warnanya yang ciamik dan unyu-unyu,  ada banyak alasan kenapa saya memilih CASIO colorful calculator sebagai alat bantu berhitung. Sebagai perempuan yang cenderung impulsif dalam urusan belanja, saya memang terlalu lemah jika dihadapkan dengan barang yang mempunyai tampilan cute dan cantik. Tampilan yang cantik bisa dengan mudah menghipnotis, akhirnya saya akan pergi membelinya tanpa memperdulikan hal penting seperti fungsi dan kegunaannya. 😀

Untungnya CASIO calculator memiliki segudang kelebihan, baik secara fungsi maupun tampilan bisa mendukung gaya hidup saya. Mari kita simak 10 alasan kenapa kalian harus memiliki  CASIO My Style Colorful Calculator, seperti yang saya bahas dibawah ini : 

1. Mini Desk Type
CASIO colorful calculator dirancang khusus dengan bentuk dan design yang nyaman untuk dipegang. Tampilan pada keyboard pun di-design dengan tampilan yang informal dan nyaman dilihat.

2. 10 Digit
Bisa menampilan angka sampai 10 digit banyaknya.

3. Tax Calculation
CASIO My Style memiliki kemampuan menghitung TAX secara automatic, baik untuk perhitungan harga plus tax, harga dikurangi tax, diskon, harga penjualan, jumlah TAX, jumlah diskon dan jumlah margin. Semua fungsi itu terdapat di calculator CASIO My Style. Fitur yang penting banget untuk menghitung bills makanan ketika nongkrong bareng teman-teman di cafe.

4. Time Calculation
Kalkulasi waktu memudahkan kita untuk memasukan perhitungan jumlah nilai jam, menit dan detik.

5. 2 Way Power (Solar + Battery) 
CASIO calculator memiliki 2 fungsi tenaga yang bisa digunakan untuk menghidupkannya. Kedua tenaga itu adalah tenaga solar dan beterai.



6. Large Display
Walaupun bentuknya tergolong imut-imut, CASIO Calculator bisa dibilang memiliki display angka yang cukup besar. Sehingga angka yang ditampilkan dilayar calculator bisa terlihat dengan jelas.


7. Plastic Key
CASIO My Style Colorful Calculator diproduksi dengan menggunakan material plastik, di-design dan dibuat agar mudah digunakan. Karena dibuat dari plastik calculatornya pun terasa lebih ringan,  mudah dipegang dan  tidak licin.


8. Tampilan yang Stylish dan Colorful
Sebagai perempuan pastinya saya suka melihat suatu barang berdasarkan first impression, kalian gitu juga nggak sih? Semakin stylish dan cantik barang tersebut, biasanya saya semakin ingin memilikinya. Seperti yang terjadi ketika melihat CASIO colorful calculator ini, tampilannya yang stylish dan cantik membuat saya langsung ingin sekali memilikinya. Calculator dengan tampilan yang cantik bisa menjadi alasan agar saya rajin menggunakannya. Dengan tampilan yang unyu-unyu seperti ini,  mulai saat ini saya tidak perlu takut lagi sama angka. 😉


9. Keren Sebagai Property Photo
Apakah kamu termasuk blogger yang suka photography ? kalau jawabannya iya, saya menyarankan  kalian untuk memiliki CASIO My Style Colorful Calculator ini. Tampilan dan warna  dari calculator #CasioMyStyle ini tergolong dalam kategori terlalu cantik, dengan begitu bisa digunakan sebagai property foto yang bisa membantu menciptakan style flatlay photography yang keren.

sumber photo : www.mataharimall.com
10. Harga yang Affordable
Calculator yang memiliki fungsi untuk memudahkan kegiatan berhitung ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 90.000 saja.  CASIO colorful calculator bisa kalian dapatkan di website Matahari Mall, untuk mendapatkan discount sebesar 20% silahkan masukan code promo berikut ini : CASIOBLOGKH3260.





Saya menuliskan 10 alasan mengapa saya merasa perlu memiliki CASIO colorful calculator. Terlepas dari semua alasan yang telah saya sebutkan diatas, sebagai type orang yang mempunyai kesulitan dalam urusan hitung-menghitung dan menghafal angka, calculator adalah alat bantu hitung yang sangat membantu saya. Membantu baik dalam urusan berhitung pun dalam merencanakan masa depan saya. 

Berhitung dengan lebih cermat bisa membantu saya menyusun perencanaan belanja dengan baik, perencanaan belanja yang baik akan berakibat baik pula bagi kondisi keuangan keluarga kami. Kondisi keuangan yang baik akan memberikan banyak kesempatan yang baik di masa depan. 

Urusan hitung-menghitung uang belanja memang terkesan mudah dan receh banget ya, tapi bisa berakibat fatal kalau kita melakukan kesalahan dalam hitungan atau tidak cermat dan bijak dalam merencanakan. Kalau teman-teman di sini bagaimana? Kalian termasuk dalam type orang yang merencanakan urusan belanja atau enggak? ....


*Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba : CASIO My Style Blog Competition.



Sumber tambahan :
http://www.sahabatutama.com/index/news_detail/85/2017/03/29/jenis-dan-kategori-kalkulator-casiohttp://www.knowyourcolor.id/
http://www.casio-intl.com/asia/en/calc/products/MS-7UC-PK/
https://www.instagram.com/casiocalculator.id/
23 komentar on "Making Your Life Style more Accountable with CASIO Calculator"
  1. Jadi, kalku ini bisa langsung hitung tax? Bagus donk.. Nanti kalo kita nongki jangan lupa dibawa yaa biar kita gak ribet urusan hitung-hitung sawerannya, hihiii..

    Btw, good luck yaa teh.
    Penjelasannya panjang lebar. Semoga bisa cuzzz ke Jepang! Aamiiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap ka, akan selalu saya bawa memang. Soalnya kalkulatornya cantik sih.
      Aamiin terimakasih ka Ery 💕.

      Hapus
  2. Klo aku mah yg pasti pertama karena warnanya yg bikin syukaaaakkkk dan wajib pny kyknya nih... apalagi emang lumayan nolong bgt klo pas tang ting tung...keren laahhhh pokoknyahhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Miiee, kudu meuli atuh soalnya tampilan kalkulator nya anti mainstream. Terlalu cantik kalau dilewatkan 😁.

      Hapus
  3. Wah aku baru tahu ada ketakutan terhadap angka. Btw kalkulator casio ini memang legend banget ya. Dari aku kecil kayaknya sudah banyak dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tuh takut sekali sama soal hitungan, cuma nggak mau ketahuan orang jadi kadang pura-pura tahu aja terus diem dan bergaya kalem. padahal aku nggak tahu hasil penjumlahannya. *ngokk 😁

      Hapus
  4. Auuu..pink nya cakep banget mbaak, soft ya

    BalasHapus
  5. Semoga belanjaannya ga over budget, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi iya Mba, memang selalu harus sesuai budget mba. Kalau kelebihan berarti budgeht bulan depan harus dikurangi.

      Hapus
  6. Casio calculator emang kreatif ya,, ketika calculator sudah menyusup dengan cantik di dalam smartphone, si casio calculator nggak mau kalah cantik dan ngeluarin edisi kalkulator dengan pilihan warna yang seru. Good luck mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dini bener banget, Casio pinter banget ya bikin inovasi. Hati mamak mana tega ngelewatin barang secantik ini tanpa dibeli 😁.

      Hapus
  7. Keren bgt tulisannya teh, detil 😍 btw baru denger saya ada juga yang namanya fobia angka..trus itu juga si pinky lucunya, jadi bikin semangat oaa ngitung2 ya, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tuh paling nggak bisa hitung-hitungan. Makanya jangan suruh aku hitung bills di saat nongki2 yaa. Bisa salah semua hasilnya.

      Hapus
  8. Lengkap dan detail sekali informasinya. Betewe kalau shoping bisa bikin mood booster, berarti harus selalu bawa kalkulator dong biar tidak kebablasan. Bukannya bikin mood booster malahan bisa sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau shopping memang saya selalu ingat-ingat sisa budet yang masih bisa dibelanjakan, kalau over budget biasanya saya lihat lagi me money value apa barang yang akan saya beli. Kalau worth to buy banget, ya mau gemana lagi. Maafkan saya memang lemah 😭

      Hapus
  9. Baru lihat warnanya sudah tertarik Wi hehee. Memang ya Casio ini membantu banget saat belanja juga bs memperlancar bisnis. Kebayang klo salah hitung tanpa calcukator, bisa rugiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget ka, casio calculator adalah alat bantu hitung yang bisa memudahkan hidup dan memperlancar bisnis.

      Hapus
  10. Pink nya soft, perlu banget ini buat mengendalikan hasrat belanja yg kadang ga kekontrol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, perlu banget. Maklum perempuan paling nggak tahan kalau lihat tulisan sale di mall. 😁

      Hapus
  11. Aku juga doyan shopping buat mood booster tapi yang diskonan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha sama banget kalau dapat barang diskonan itu bahagia banget ya Mba. Bikin hati mendadak berbunga-bunga *lebay. 😁

      Hapus
  12. Wah, soft banget warna kalkulatornya. Kebetulan daku dapetin warna pink eh pas dicek bener tuh sesuai deng keribadianku hihihi... Emang sih meskipun sudah ada HP dan alat hitung lain, Casio masih tetap di hati dan dibutuhkan ya, mantap deh ngitungin duit terus :D

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature