Sosialisasi Logo Branding Explore Makassar 2017

September 06, 2017


Sumber photo : http://pesona.indonesia.travel/berita/reposisi-logo-wonderful-dan-pesona-indonesia-2016/

Wonderful Indonesia Dan 10 Destinasi Wisata Indonesia



Bersamaan dengan penetapan logo terbaru Wonderful Indonesia 2017, Kementrian Pariwisata juga ikut menetapkan 10 Destinasi Branding yang akan mendukung pariwisata Indonesia di kancah Internasional. Ke-10 Destinasi Pariwisata Indonesia tersebut telah dilaunching di Gedung Sapta Pesona Jakarta, yang merupakan Kantor Kementrian Pariwisata (KemenPar) pada 14 Juni 2017. 10 Destinasi yang telah ditetapkan beserta branding dan logo pariwisatanya adalah : Bali-The Island of Gods, Stunning-Bandung, Majestic-Banyuwangi, Enjoy-Jakarta, Java-Cultural Wonder (Jogja-Solo-Semarang), Friendly-Lombok, Colorful-Medan, Wonderful-Riau Islands (Kepri), Explore-Makassar, Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat).

Ke 10 destinasi pariwisata ini merupakan bagian dari Branding Wonderful Indonesia 2017. Branding ini dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan wisatawan baik asing maupun lokal datang ke Indonesia dan daerah wisatanya. Dengan adanya branding destinasi daerah pariwisata, setiap daerah yang telah ditetapkan dalam 10 destinasi pariwisata bisa melakukan upaya promosi pariwisata yang bersinergi dengan promosi Wonderful Indonesia.


Menurut Mentri Pariwisata Bapak Arief Yahya, yang di kutip dalam siaran pers : Launching 10 Destinasi Branding Baru dan Pameran A New Chapter of WI. Bapak Mentri menyebutkan bahwa :" Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15juta dan meningkat menjadi 20juta pada tahun 2019".

Saat ini Indonesia berada diposisi ke-42 dalam Destinasi Wisata Dunia, dimana pada tahun sebelumnya berada di posisi 47 Dunia. Indonesia bahkan mengalahkan negara tetangga Malaysia yang berada di posisi 90-an. Harapan kedepannya Indonesia bisa meraih posisi yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Baca Juga : Durian Otong Emas Si Manis Berduri Dari Kab. Luwu

Explore Makassar Sebagai Salah Satu Destinasi Pariwisata Indonesia

Tari Paraga dipertunjukan sebagai tari pembukaan di acara kemarin

Pada tanggal 31 Juli 2017 lalu, di Hotel Aston makassar telah disosialisasikan kepada masyarakat dan media mengenai Logo Destinasi Branding Kota Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata dalam program Wonderful Indonesia. Acara yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Makassar ini dibuka oleh Wakil 2 Walikota Makassar Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si, yang dalam pidatonya mengucapkan rasa terimakasih yang dalam atas terpilihnya Makassar menjadi salah satu destinasi wisata dalam Wonderful Indonesia. Juga sekaligus menyatakan dukungan pemerintah Kota Makassar dan masyarakatnya agar program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si memberikan pidato sambutannya

Setelah Bapak Ir. H. Kusayyeng M.Si secara resmi membuka acara pada siang itu, sambut dilanjutkan oleh Ibu Elizabet Hutagaol yang merupakan Kepala Bidang Komunikasi Media Ruang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara KemenPar. Dalam Pidatonya Ibu Elizabet menyebutkan bahwa Kota Makassar memiliki potensi yang luar biasa dalam hal pariwisata. Baik dalam hal  budaya, kuliner, handycraft  dan juga menjadi gerbang penghubung antara wilayah barat dan timur Indonesia. Dengan begitu harapannya Makassar bisa menjadi tempat eksplorasi pariwisata bagi wisatawan dalam negri dan manca negara.

Ibu Elizabet Hutagaol ketika membacakan pidatonya

Ibu Elizabet menjelaskan alasan penggunaan gambar kapal phinisi yang dipasang pada logo eksplore Makassar. Pemasangan gambar kapal phinisi ini menggambarkan simbol jati diri, dari karakter masyarakat yang tegas dan berani. Selain memiliki nilai sejarah, Phinisi juga mencerminkan budaya bahari. Yang dianggap cocok dengan posisi geografis kota Makassar yang berada di waterfront city. Ibu Elizabet juga menyebutkan bahwa Branding Eksplore Makassar telah dipromosikan dibeberapa negara seperti Singapura, Malaysia, China dan Jerman.

Harapan kedepannya Logo Branding Explore Makassar bisa digunakan untuk produk lain selain produk pariwisata. Karena itu dibutuhkan dukungan dari banyak pihak baik dari Pemerintah maupun masyarakat luas, agar terlaksana dan suksesnya Branding Ekplore Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang mendunia.

Logo Branding Explore Makassar


Sumber photo : http://lintasterkini.com/

Dalam diskusi yang dipimpin oleh Bapak Hendra Nik A. selaku moderator dan juga Kepala Badan Promosi Pariwisata Dispar Makassar. Dalam diskusi bersama 2 narasumber yang di undang, yaitu Ibu Laila Chairi M.Si (Dosen Komunikasi) dan Bapak DR. Heri Margono. Dalam diskusi interaktif ini dijelaskan secara detail tentang Logo Explore Makassar baik secara filosopi dan komposisinya. 

Ibu Laila Chairi M.Si membawakan presentasinya mengenai Logo Branding Explore Makassar

Ibu Laila Chairi M.Si dalam presentasinya menjelaskan tentang Logo Branding Explore Makassar, bahwa dalam logo tersebut terdapat nilai nilai yang mencerminkan masyarakat kota Makassar. Nilai-nilai tersebut adalah : membumi, open, jujur, ramah, lembut, pantang menyerah, terbuka dan tegas. Beberapa nilai yang disebutkan tadi juga sering saya dengar dalam penjelasan karakter sombere.

Logo Explore Makassar menggambarkan nilai unsur budaya yang agung serta alam yang memukau. Masyarakat yang ramah dan siap menyambut pengunjung, menjadikan pintu gerbang modern yang menghubungkan anda dengan keajaiban Bumi Indonesia timur. Logo Explore Makassar merupakan logo yang terintegrasi dengan logo Wonderful Indonesia. Dalam penggunaan logo harus mengikuti aturan dan ukuran baku yang telah ditetapkan oleh KemenPar.

Sedangkan nara sumber lainnya yaitu Bapak DR. Hery Margono, memberikan penjelasan tentang percepatan dari program Explore Makassar. Bahwa untuk mensukseskan kegiatan Branding Explore Makassar harus memperhatikan unsur yang disebut 5A, yaitu : 
➤Attractiveness = adanya daya tarik yang menjadikan tempat pariwisata sebagai sebuah daya tarik yang membuat wisatawan ingin datang berkunjung
➤Access = Akses ke tempat wisata harus di bangun dengan baik
➤Amenities (fasilitas pendukung) =  Fasilitas pendukung wisata seperti hotel, jalan dan lain sebagainya harus di perhatikan dan di tingkatkatkan.
➤Awwarness = membangun kesadaran kesadaran masyarakat atas potensi lokal yang di miliki daerahnya
➤Anciliary = kesediaan orang untuk terlibat dari berbagai pihak, agar program Explore Makassar bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Jika ke-5 hal tersebut dapat terlaksana dengan baik, akan memberikan kemudahan bagi para wisatan baik asing maupun lokal untuk datang dan berkunjung ke Makassar.

Untuk mensukseskan sebuah brand menjadi dikenal dan memiliki daya jual yang tinggi, diperlukan proses yang panjang serta peran serta banyak orang. Tugas pempromosikan kota Makassar tidak hanya ada di pundak Pemerintah baik KemenPar dan DisPar Makassar saja, tapi juga membutuhkan dukungan sepenuhnya dari masyarakat kota Makassar. Mari kita sukseskan Branding Explore Makassar sebagai salah satu destinasi pariwisata Indonesia.  Dengan ikut serta membangun kesadaran masyarakat dan bersedia ikut serta untuk memasarkan pariwisata yang ada di kota Makassar.

Blogger bersama Bp. Hery Margono dan Bp. Roem dari Dispar Makassar

Yuk kita mulai dengan memperkenalkan 10 destinasi wisata yang ada di kota Makassar, ke-10 tempat destinasi yang saya tahu :
1. Pantai Losari
2. Pantai Akarena
3. Makan Syekh Yusuf
4. Benteng Fort Rotterdam 
5. La galigo Museum
6. Pelabuhan Paotere
7. Trans Studio Makassar
8. Monumen Mandala
9. Makan Pangerang Diponegoro
10. Masjid Amirul Mukminin  (Masjid Terapung)

Dari ke 10 destinasi wisata diatas, yang mana saja yang sudah kalian datangi? atau mungkin masih banyak destinasi lain yang saya belum ketahui, yuk tambahkan di bawah ini...



Sumber Tambahan : http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=3612

You Might Also Like

3 comments

  1. Banyak banget destinasi wisata di Kota Makassar. Mulai dr wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, dan belanja, semua lengkap!
    Makassar emang harus dieksplore, supaya kita tau kalo kekayaan pariwisata Makassar itu banyak.

    BalasHapus
  2. Makassar harus berbenah diri nih, siap sedia menyambut para wisatawan yg bakal berkunjung ke mks.

    BalasHapus
  3. Makassar harus berbenah diri nih, siap sedia menyambut para wisatawan yg bakal berkunjung ke mks.

    BalasHapus

Follow Me

Press

Blogging Community