5 Hal Keren yang Ada di Pasar Tiban Makassar

September 26, 2017


Pasar Tiban yang diselenggarakan di Trans Studio Mall Makassar baru saja usai, kegiatan yang bertajuk "Karya Anak Negri" ini telah sukses diselenggarakan dari tanggal 15-24 September 2017 yang lalu. Pasar Tiban by Anne Avantie merupakan sebuah konsep bazzar offline Mall dalam bentuk pasar tiban atau dalam bahasa Indonesia berarti pasar dadakan. Makassar kota Daeng ini merupakan kota yang ke-10 yang disinggahi oleh Pasar Tiban, di mana setiap bulannya Bunda Anne Avantie dan team mengelar Pasar Tiban di kota yang berbeda di Indonesia.

Mengapa kegiatan Pasar Tiban ini begitu istimewa??

Pastinya karena ada Bunda Anne Avantie di dalamnya, Bunda merupakan seorang designer hebat dengan bakat luar biasa yang sudah diakui oleh pecinta mode tanah air. Bukan hanya sekedar berbakat Bunda Anne Avantie juga merupakan seorang sosok wanita yang lemah lembut dengan jiwa welas asih yang suka menolong sesama. Saya teringat kata-kata beliau ketika membawakan workshop "Cinta Dalam Sepotong Baju" bersama para lifestyle blogger, beliau mengatakan  " Saya ingin menjadi cahaya, walaupun hanya setitik tetapi bisa menerangi banyak orang di sekitar saya ". Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Bunda Anne membuat Pasar Tiban. Padahal dengan posisinya saat ini, Bunda bisa saja santai atau ongkang-ongkang kaki menikmati keberhasilan hidup yang telah diraihnya setelah berkarya selama 28 tahun.


Alasan mengapa Bunda membuat Pasar Tiban adalah beliau ingin menjadi pembuka jalan bagi para pemilik UKM dan para designer lokal, Pasar Tiban dibuat agar para pengusaha UKM dan pengrajin kain bisa ikut serta menjual produknya sejajar beriringan bersama Label Anne Avantie. Brand Anne Avantie merupakan sebuah brand besar yang bisa menjadi magnet dan memiliki daya jual tingi untuk produk batik itu sendiri, karena itu Bunda memberikan kesempatan besar ini kepada sesama pelaku bisnis fashion dan pemilik UKM untuk melek branding dan untuk ikut memasarkan produknya di bawah atap Pasar Tiban. Selain di Pasar Tiban,  Bunda Anne juga membuat sebuah marketplace anneavantiemall.com untuk para pelaku UKM agar bisa menjual produknya secara online bersama-sama dengan produk Anne Avantie lainnya. 

Bagi saya bunda Anne Avantie merupakan sosok designer yang sangat inspiratif, beliau yang hanya mengenyam pendidikan sampai SMP dan tidak pernah belajar fashion secara profesional di sekolah mode.  Sudah bisa memberikan contoh nyata bahwa hal tersebut bukannlah sebuah alasan untuk gagal, dengan mengerahkan tekad baja, cinta dan kemampuan yang beliau punya, Bunda membuat mimpinya menjadi nyata. Perjalanan yang harus dilalui pastinya tidak mudah dan mulus begitu saja, beliau telah merasakan banyak asam garam kehidupan, dari merasa tidak percaya diri ketika harus putus sekolah di kelas 1 SMA, sampai ketika usaha yang telah beliau rintis hancur terbakar akibat kerusuhan pada tahun 1998. Beliau juga sering melihat hasil karyanya dijiplak secara terang-teranggan oleh banyak orang baik dari kelas penjahit biasa sampai kelas designer terkenal. Semua rintangan dan cobaan bisa beliau hadapi dengan mental baja, cinta kasih, kerja keras dan dedikasi, sampai akhirnya nama Anne Avantie berkibar di kancah fashion nasional. Beliau adalah salah satu sosok panutan saya, membuat saya yakin bahwa setiap orang berhak punya mimpi dan ketika punya mimpi kita wajib mewujudkannya sepenuh hati.

Ya' Pasar Tiban memang begitu istimewa karena ada cinta kasih Bunda Anne yang mengalir deras di dalamnya. Kegiatan di Pasar Tiban pun tidak hanya sekedar bazzar offline mall saja, ada banyak sekali hal keren dan menginspirasi yang bisa kalian temukan di sini. Hal apa sajakah itu? yuk kita bahas di bawah ini.

1. Bazzar Offline Mall



Pasar Tiban yang memang mengusung konsep pasar ini menghadirkan berbagai macam produk yang dihasilkan oleh UKM, UKM Plus, Busana dengan label Anne Avantie dari yang ready to wear sampai beberapa label lain yang dimiliki Bunda. Ada juga beberapa  produk herbal tradisional ,berbagai macam kain batik dan selendang. Lengkap semua ada dari pakaian wanita, pria dan anak-anak, jadi bisa belanja untuk semua anggota keluarga. Jika beruntung kalian juga bisa bertemu dengan Bunda Anne di sini, bahkan kadang ada flash sale dadakan yang memberikan discount spesial bagi para pengunjung yang sedang berbelanja. Produk yang dijual di sini berkisar dari 100K - 3 Juta Rupiah, lumayan variatif ya harganya.

2. Kegiatan Sosial dari Avantie Foundation

Sumber photo : habibapratiwi.blogspot

Kegiatan di Pasar Tiban tidak melulu kegiatan yang bersifat komersil dan mencari keuntungan. Seperti kita semua tahu Bunda Anne memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi dengan biasa melakukan kegiatan sosial di bawah naungan Yayasan yang dimilikinya. Ketika di Makassar Bunda Anne pun bekerja sama dengan dinas sosial untuk membagikan 100 buah kursi roda, tongkat bagi penyandang tuna netra, kruk dan 25 unit laptop bagi para penyandang tuna netra, tuna rungu dan penderita kusta.

3. Workshop Bersama Komunitas yang Ada di Makassar

Ka emaronie.com sedang diajarkan cara melilit kain oleh Bunda

Kedatang Bunda Anne benar-benar disambut meriah oleh warga Makassar, hal ini terlihat dari padatnya jadwal Bunda selama berada di sini. Salah satu kegiatan yang harus Bunda Anne lakukan adalah berbagi ilmu dengan memberikan workshop baik untuk pelaku UKM, komunitas dan para fans beliau. 

Saya merupakan salah satu orang yang beruntung karena bisa mengikuti workshop "Cinta Dalam Sepotong Baju" yang digelar di area Pasar Tiban TSM Mall Makassar. Di acara tersebut kami diberikan sepotong kisah perjalanan hidup Bunda Anne dari kecil hingga menjadi sukses seperti sekarang, pun kami diajarkan tentang branding diri dan juga diajarkan cara melilit kain untuk di padupadankan dengan kebaya.

4. Fashion Show Tungga Anne Avantie

Sumber photo : aisyahreyzz.blogspot


Pagelaran busana tunggal karya Bunda Anne Avantie merupakan salah satu rangkaian acara yang diikut sertakan dalam kegiatan Pasar Tiban di kota Makassar. Pagelaran busana yang bertajuk "Inspirasi Karya dan Cinta" ini diselenggarakan di Hotel Four Points Makassar pada tanggal 19 Sepetember 2017. Acara dibawakan oleh MC kondang Indi Barens, Indra Bekti dan Carendelano, kebayang dong kayak apa serunya acara pagelaran busana karya Anne Avantie ini. Para MC berhasil membawakan acara dengan sangat interkatif dan menghibur, merekapun ikut berlenggang lenggok di atas panggung fashion runway.

Semua busana yang diperagakan pada malam itu merupakan sebuah karya yang sangat cantik dan inspiratif, dibawakan dengan gaya koreografis yang keren dan menghibur. Para tamu undangan terlihat sangat antusias bertepuk tangan mengagumi setiap karya yang dipamerkan di acara fashion show, beberapa tamu undangan yang duduk sebelah saya malah tidak malu-malu ikut bernyanyi riang mengikuti lagu yang diputarkan selama acara berlangsung. Kehadiran model terkenal Kimi Jayanti dan Wulandari di tengah-tengah acara fashion show menjadi kejutan spesial bagi para tamu undangan.

Para Blogger yang menghadiri undangan fashion show

5. Berfoto Bersama Bunda Anne Avantie



Sudah bukan rahasia lagi jika Bunda Anne merupakan sosok yang ramah dan baik hati. Jika bertemu dengan para customer dan fans Avantie heart yang ingin meminta untuk berfoto, Bunda tidak ragu-ragu langsung meng-iyakan dan langsung siap berpose sambil memeluk kami (para fansnya). Satu persatu baik customer maupun fans yang mengajak berfoto dilayani dengan sangat baik padahal antrian para fans yang ingin berfoto panjang sekali, tidak ada kata lelah, tunggu dulu atau bahkan kata "nanti yaa..". Bunda selalu tersenyum ramah menerima kami dengan tangan terbuka, sebuah perilaku yang luar biasa yang patut kita contoh. 

Pertemuan saya dengan Bunda meninggalkan sebuah kesan mendalam di hati saya. Dari cerita yang Bunda ceritakan kemarin ada banyak pelajaran yang bisa diambil sebagai suri tauladan bagi saya.

Untuk kalian yang ada di Medan, siapkan diri kalian untuk menyambut Pasar Tiban 11 di Kota Medan pada bulan November 2017. Ssttt tanggalnya masih rahasia ya, biar nggak ketinggalan informasi tanggal pastinya follow aja Instagramnya Bunda. Siapkan diri kalian untuk menerima banyak cinta dari Bunda Anne Avantie. Terimakasih Bunda sudah mampir ke Makassar.

Apakah kalian salah satu penggemar Bunda Anne Avantie juga? yuk ceritakan di bawah ini, kenapa kalian mengagumi sosok beliau.





You Might Also Like

14 comments

  1. Bunda Anne Avantie sosok yang mengagumkan. Di balik nama besarnya, beliau tetap rendah hati dan selalu mau berbagi tanpa pamrih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka Ery, saya amaze sekali dengan pola fikir dan cara beliau memperlakukan orang-orang di sekelilingnya. Tokoh panutan banget yaa 👍

      Hapus
  2. Laff banget! Bunda anne ga cuma berkarya untuk Indonesia, tapi sangat berdedikasi terhadap mereka yang membutuhkan 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramah dan humble nya itu lho, bikin selalu diingat di hati. Contoh orang sukses dan hebat, tapi tetap merunduk seperti padi 👍.

      Hapus
  3. Tanganku di genggamnya ketika berfoto berdua, pic by emaronie.com, karena waktu berfoto pertama di kesempatan berbeda, saya bilang ke Bunda kalau tanganku suka dingin. Ternyata beberapa hari kemudian Bunda masih ingat kalu tanganku dingin waktu saya ingatkan saya Blogger yang kemarin menghadiri acara briefing bersama Bunda di Hotel Melia Makassar. aahh... saya praktekkan mi mulai sekarang kiat personal branding dari Bunda Anne waktu di workshop Cinta Dalam Septong Baju. Banyak cinta untukmu Bunda Anne kekasih hati dalam lintas agama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Anne Avantie so down to eart yaa. Sampai hafal sama blogger2 Makassar. Saya juga suka sekali sama ilmu branding yang Bunda share kemarin, langsuka sa simpan baik2 di dalam ingatan.

      Hapus
  4. for me, banyak bgt experience yg berharga dari acara ini, ketemu bloggers mom, sm teman2 blogger yang lain, bisa ketemu bunda yang auranya wah bgt. entah kenapa kalo dekat sm bunda itu auranya amazing gtu rasanya, mgkn karena orgnya baik bgt y teh jdnya bs ky gtu. Influencenya itu jd bkin melayang2. hihi

    habibapratiwi.blogspot.com

    oh y thanks for follow y teh :)
    New release jg nih, lifestyle blog: ashpeabyhabibapratiwi.blogspot.com sila mampir jika berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aura yang terpancar dalam diri seseorang itu menggambarkan apa yang ada di dalam diri mereka 😊. Bunda Anne memang sosok panutan ya, setiap orang yang bertemu beliau pasti merasa terinspirasi dan tersentuh oleh kebaikan hatinya.

      Hapus
  5. Lah? Jadi ternyata mak Awie kenal langsung sama mak Alfu? Baru tauu haha
    Ah, Anne Avantie ini menginspirasi sekali ya mak... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sama Alfu sama-sama tinggal di Makassar, bedanya Alfu penduduk asli, sedangkan aku imigran dari Tangerang Selatan 😂😂.
      Terimakasih Anindita sudah mampir di sini 🙏.

      Hapus
  6. Waaah...seneng pasti yaa bisa lihat langsung pagelaran busana Anne Avantie. Selama ini cuma bisa kepoin IG beliau. Kebaya kebayanya cantik cantik soalnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba seneng banget, selain karya Anne Avantie bagus dan cantik, kepribadian beliaupun sangat menginspirasi ❤️💐.

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community