Bahagia Adalah ...

Juli 24, 2017 fillyawie 20 Comments



" bahagia/ba·ha·gia/ 1 n keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan): -- dunia akhirat; hidup penuh --; 2 aberuntung; berbahagia: saya betul-betul merasa -- karena dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga; " - http://kbbi.web.id/bahagia-


Apakah Anda sudah Bahagia??


Piknik yuk beb... biar bahagia ✌

Sebuah kata "Bahagia" ini mengandung arti yang sulit di gambarkan dan di contohkan. Bahagia adalah sebuah bentuk perasaan yang lo rasain di dalam hati tapi kalau lo di suruh menggambarkannya pasti lo akan diam dulu sejenak mencari2 kata yang tepat, kemudian mencoba lagi untuk memastikan kata2 tersebut sudah tepat atau belum dalam mendeskripsikan arti bahagia menurut lo. Apakah anda juga merasa demikian?

Yuk kita bahas arti bahagia di #SannnengTalks4 kali ini, nggak kerasa udah edisi ke-4 ajah nulis bareng teman2 blogger andalan dari Makassar. Alhamdulillah ketemu temen blogger yang sukanya saling ngingetin untuk banyak2in belajar tentang SEO, menulis yang baik, BW dan banyak hal tentang blogging lainnya. Nah bahagia nggak tuh ketemu temen kaya mereka? πŸ‘πŸ’“

" Happiness is not something you postpone for the future, It is something you design for the present " - Jim Rohn - 


Baca Juga yuk...


Bahagia Adalah ??


Es krim bisa jadi obat bahagian buat hati yang sedang panas..

Apasih bahagia itu? kalau saya di tanya pertanyaan itu ketika umur saya 17thn dan 20than mungkin saya akan menjawabnya dengan banyak jawaban yang sifatnya life's goal. Saya Bahagia kalau masuk universitas negri lah, bahagia karena  kerja di tempat yang keren lah, kalau bisa menaklukan dunia lah *endebre endebre. Tapi sayangnya sekarang umur saya sudah terlampau jauh dari angka tadi. Jadi arti bahagia menjadi sedikit berbeda, dan definisinya lebih di kerucutkan lagi. Kalau bahasa cliche nya mah : " Bahagia itu simple...", Ya iyalah bahagia mah simple/sederhana seperti yang selalu kita baca di quotes2, di captoin dan status banyak orang. Bahagia memang lebih simple untuk di tulis kan ya? tapi apa beneran hidup gue bahagia?. Trus kalau bahagia menurut lo dan gue adalah sederhana, kata sesederhana yang lo dan gue maksud bisa jadi berbeda. Karena sederhana menurut lo, belum tentu sederhana di mata gue.

Terlebih kebahagiaan merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan hidup setiap orang. Kita berlomba lomba mencari kebahagiaan, berusaha keras untuk mendapatkannya dan menghadirkannya dalam hidup kita. Padahal kebahagiaan kalau menurut saya sih, Bahagia adalah sebuah pilihan. seperti kutipan salah satu quotes yang saya angap keren banget ini ;

" Happiness is a choice. You can choose to be happy. There's going to be stress in life, but it's your choice whether you let it affect you or NOT. " - Valerie Bertinelli -

There's no such things as a perfect life!, di agama saya pun di ajarkan bahwa kesempurnaan  hanya milik Allah SWT. Jadi kalau arti bahagia menurut kita adalah sebuah kesempurnaan, pasti kita akan menemukan banyak sekali kekecewaan dalam hidup. Sebagaimanapun kita mencoba untuk mewujudkan hidup yang sempurna menurut kita, di tengah perjalanan kita pasti akan menemukan banyak hal tak terduga datang menghampiri. Hal tersebut bisa jadi membawa kesedihan, kekhawatiran bahkan kekecewaan. Tapi kalau kita menyadari bahwa ini lah hidup, dalam kehidupan ini tidak melulu harus bahagia. Karena dalam kekecewaan dan kesedihan yang datang, pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Belajar sabar dan menerima setiap hal yang datang dalam hidup ini, membuat kebahagiaan lebih mudah di rasakan di dalam hati.

Tapi ya kalau menurut mah, bahagia lo cuma lo yang tahu. Jadi bebas2 ajah lah ya, mau mendeskripsikan bahagia itu seperti apa. Seperti contohnya : "cari uang banyak biar bisa beli ini itu karena dengan beli ini itu gue bahagia cyiin.", ooo Okay πŸ‘. " Gue tuh bahagia kalau gue bisa pakai tas branded keluaran Perancis, rasanya itu lho #SWAG keren booo!", oo siapp πŸ‘Œ. " Gue tuh bahagia kalau gue bisa mendaki puncak Gunung Everest, rasanya gue berhasil menaklukan Dunia terlebih menaklukan ketakutan dalam diri gue sendiri.", wow Mantab Gan!πŸ‘. Setiap orang bebas menentukan kebahagiaan masing2, semua sah sah saja selama kebahagiaan itu kita usahakan sendiri, dan bukan merupakan kebahagiaan di atas penderitaan orang lain alias bahagia hasil merebut atau mendzholimi orang lain. Jangan sampe kaya gitu ya beb πŸ˜”.

Baca juga : #sannengtalks2 Lebaran VS Reuni

Bahagia adalah HAK Setiap Orang


" Every human being has the right to search for happiness, and by 'Happiness' is meant something that makes other people feel content" - Paulo Coelho -


Bahagiaku adalah secangkir kopi...

Setiap orang berhak untuk merasa bahagia, kebahagiaan merupakan hak dasar. Kita berhak merasa bahagia, begitupun kita wajib menghormati kebahagiaan orang lain. Walaupun pada praktek kehidupan sehari2, dalam upaya mewujudkan kebahagiaan kita tersebut kita tetap harus memperhatikan aspek2 kehidupan sosial, beragama dan bernegara.

Lo bahagia kalau garasi lo terlihat lega dan luas, dengan begitu lo parkir mobil lo di depan jalan atau di depan rumah tetangga. Mending parkirnya rapi, kalau parkirnya mengganggu stabilitas kenyamanan para pengguna jalan lainnya gemana? apa boleh begitu?

Kalau menurut saya sih, walaupun definisi bahagia itu bebas untuk di tentukan oleh setiap orang. Buka berarti kita seenak2nya, asalkan kita bahagian doang udah selesai. Yang ada kebahagiaan kaya begitu akan berpotensi mendatangkan masalah di kemudian hari. Jadi walalupun kita punya hak untuk merasa bahagia, dan berhak untuk melakukan segala usaha untuk mewujudkannya. Tapi tetep inget lho ya, ada banyak hal yang harus kita perhatikan dan fikirkan. Jangan sampai " Bahagia Mu adalah derita Ku ", bahagia yang kaya bengini nih yang malah akan mendatangkan banyak masalah dan musuh baru dalam hidup kita.

Walaupun begitu, kebahagiaan kita itu wajib banget untuk kita usahakan dan raih. Apalah hidup kita ini tanpa setitik kebahagiaan, bakalan gersang kaya gurun pasir yang kering kerontang. Kebahagiaan akan menciptakan sebuah perasaan puas dan senang dalam hidup, dan jiwa yang merasa senang akan mendorong kita untuk melakukan banyak tindakan yang positive. Dan tindakan yang positive akan mendatangkan manfaat bagi sekitar, memotivasi hidup kita dan orang lain. Juga akan menciptakan image yang baik bagi diri kita, mendatangkan banyak hal positive dalam hidup ini.

Hidup ini singkat cyiin, maka berbahagialah karena kita di beri kesempatan untuk hidup hari ini, besok dan seterusnya.

Bahagia Menurut Gue ...


Nemu beginian di halaman belakang ajah udah happy, apalagi kalau nemu sekoper uang πŸ˜…

Bahagia menurut gue bisa di deskripsikan menjadi puluhan, ratusan bahkan ribuan hal. Bahagia bukan melulu punya uang, pakai baju bagus, rumah rapih, makan enak dan hal tangible semacam itu. Bahagia itu adalah pilihan, sebuah tindakan di mana gue memilih untuk menerima apa yang gue punya dan berdamai dengan segala permasalahan di dalamnya. Karena gue percaya bahwa orang yang bahagia adalah aset dan obat bagi lingkungan di sekitarnya.

1. Sehat 

Kesehatan adalah alasan terbaik gue untuk menjadi bahagia. Bayangkan kalau kita sakit, harus berbaring di tempat tidur terus menerus, makan enggak enak, kepala sakit dan masih banyak lagi. Boro2 mikirin menjadi bahagia, mikirin sakit kepala yang terasa nyut nyut banget ajah udah berat banget. Jadi berhagaialah kalau kita sehat, setidaknya kita jadi punya lebih banyak kesempatan untuk melakukan banyak hal yang ingin kita lakukan. Bukan berarti juga kalau kalian hari ini sedang sakit kalian harus nggak bahagia, sakit bisa jadi pengingat kita akan masa2 sehat yang menyenangkan. Jadi kita bisa lebih menghargai kesehatan dengan lebih baik lagi. Sakit juga bisa menjadi pengugur dosa, Insha Allah kalau kita sakit dan ikhlas menerima cobaan sakit ini. Rasa sakit yang kita rasakan akan terasa lebih ringan.

Jadi kalau anda sehat, maka berbahagialah. Yuk Produktif...

2. Sederhana itu bahagia

Ini bukan iklan rumah makan yakk πŸ˜…, Ya Allah siang gini langsung kepikiran gulai ayam sama rendang *glek.

Semakin sederhana pola fikir kita makin mudah menciptakan kebahagiaan dalam hati. Jadi kalau gue bilang bahagia buat gue mah simple, cukup minum kopi di pagi hari sambil nonton serial CSI atau Law and Order ajah gue bisa happy. Apalagi kalau hari itu cerah, jadi habis minum kopi bisa langsung nyemur cucian di halaman belakang.

Tapi kebahagiaan nggak datang tiap hari, ada kalanya hidup gue juga sumpek sama suntuk banget. Beberapa kesumpekan bisa gue obatin dengan makan bakso atau asinan, kalau level nggak bahagianya makin tinggi gue bakalan coba buka OLshop deh beli kerudung baru, tas baru *lho lho apa2an πŸ˜…. *Eh tapi nggak selalu begitu lah ya, itu terjadi untuk special case aja. Seperti ketika baru dapet transferan dari hasil jadi buzzer contohnya πŸ˜†. Kalau bokek mah tetep ajah gue suntuk dan mumet cyiinn, namanya juga manusia kan ya.

Tapi ada hal yang ngaruh banget untuk menciptakan bahagia di hati gue. Kalau hati gue lagi sumpek nih ya, gue cari tulisan2 atau baca buku yang menyentuh hati gue. Cerita tentang perjuangan orang lain melawan sakit lah, melawan kesusahan lah, dan lain2nya lah. Langsung deh tuh, gue mewek sejadi2nya, dan bilang " nggak bersyukur banget lo yaaa, Aw... banyak orang di luar sana lebih susah dari elo tahuuu??". Dan seketika gue merasa bahagia ajah, karena ternyata gue masih punya alasan untuk banyak bersyukur.

Selain itu cara lain agar terbebas dari sumpek dan suntuk adalah : gue biasanya nonton ceramah ustadz di aplikasi saling sapa, banyak deh tuh ceramah Ustdaz yang menohok hati gue. Bikin gue langsung takut sama dosa dan merasa nggak bersyukur banget. Kondisi hati kayaknya langsung berubah, keimanan rasaya agak naik sedikit. Alhamdulillah πŸ‘Ό...

Nah laen cerita kalau pas gue sumpek pas ada acara jalan2, kemana? yurop?? ngimpi lo Aw 😏. Jalan2 nggak selamanya liburan #keuleus, coba deh lo jalan2 ke Enrekang misalnya. Lo nongkrong deh tuh depan Gunung Nona, lo liat di bawah sana ada banyak rumah penduduk dengan ladang tumbuhannya. Lo lihat baik baik bagaimana indahnya itu Gunung Nona, jadikan hal itu sebagai ibadah dengan berdecak kagum sambil memuji nama Allah SWT. Tadabur alam, sambil berdzikir Insha Allah hati lebih tenang. Atau gue pernah nih ya lagi sumpek banget, gue jalan ke Danau Manato. Gue lihat ini tempat jauh dari mana2, Ya Allah Mall aja nggak ada di sini. Tapi gue lihat banyak orang lagi pada piknik sama keluarganya di sana, gelar tiker sambil botram ( Botram = makan bersama, dalam bahasa Sunda ). Terus anak2nya berenang bebas di danau yang beningnya minta ampun, sambil becanda2 dan teriak bahagia. Sesumpek apapun gue, lihat pemandangan kayak gini dan mendengar orang2 pada teriak bahagia sambil berenang gini. Bikin hati gue langsung *nyess banget. Bahagia itu beneran sederhana, lo lihat orang lain happy aja langsung lo ketularan happy juga. As simple as that !

3. Berkumpul Dengan Orang2 Terkasih

Salah satu kebahagiaan yang hakiki buat gue adalah kalau gue pulang ke rumah Nyokap. Setua apapun gue sekarang, kalau udah balik ke rumah nyokap gue merasa jadi anak2 lagi. Nyokap gue mah Juara banget, apapun yang orang nilai baik tentang diri gue semua itu hasil ajaran dari nyokap gue. So' sesibuk apapun kita, coba deh sempet2in pulang ke rumah orang tua. Dulu pas masih tinggal di Tangerang Selatan tiap bulan gue wajib balik dan nginap di rumah Ortu. Tapi sekarang mah jauh nya minta ampyun, kadang sedih juga kangen pengen pulang tapi.... *ya sudahlah. Akhirnya kesedihan itu  gue bayar dengan sering menelpon Nyokap gue, seminggu ini gue hampir tiap hari nelponin dia. Dan kadang gue juga suka WA adek gue, sekedar nanya " follower nambah banyak cuy... OMG??", atau sekedar bilang " Tas lo baru ya dek, yang lama kirim dong ke Makassar .." πŸ˜…πŸ˜†. Ya begitulah gue, adek gue mah udah paham banget. Tuh kan males deh kalo gue cerita tentang diri gue sendiri, nanti ketahuan semua aslinya.

Selain Orang tua, dan sodara2 gue dan lainnya. Teman juga bisa menjadi alasan gue untuk bahagia, sekedar berkumpul atau nongkrong2 sama teman2 dekat bisa membuat hati kita lebih ceria. Apalagi kalau pas kumpul obrolannya di sisipi oleh berita2 gossip tingkat dunia, yuhuuuu rame deh ya. *eh tapi jangan jadikan gossip sebagai alasan buat bahagia lho, cukup jadikan gosip sebagai pemanis dalam percakapan aja πŸ˜…. Kerana apalah percakapan tanpa gosiip, bakalan garing cuyy persis kaya kanebo kering.

Berkumpul dengan orang banyak juga bisa mendatangkan banyak pelajaran buat kita, ketika kita semua saling bertukar informasi dan cerita pastinya akan banyak cerita orang lain yang bisa kita jadikan pelajaran. Dan kita ambil hikmahnya, agar kita mencontoh jika cerita itu mengandung kebaikan. Dan hikmah agar kita tidak mengalaminya, jika ceritanya mengandung keburukan. Pelajaran tentang kegagalan yang paling enak adalah ketika kita belajar dari orang lain. Kita jangan sampai mengalaminya, cukup melihat dan belajar dari orang lain. Walaupun begitu ketika kita harus mengalami kegagalan dan kekecewaan sendiri, jadikan hal tersebut sebagai #selfawarness dan #selfreminder agar tidak terperosok di lobang yang sama di kemudian hari. Kemudian bangkitlah secepatnya.

Nggak ada hidup yang isinya cuma bahagia dan ketawa2, semakin sering kita kecewa dan gagal kualitas kita makin teruji. Dan kita akan jadi manusia yang lebih menghargai kebahagiaan itu sendiri, karena di kecewain itu pedih beb!.



4. Ikhlas

Nih resep wajib banget kalau mau hidup bahagia, kalau lo iklas sama apapun yang hidup kirim ke elo. InshaAllah hidup lo akan terasa damai, kalau lo bisa ikhlas ridha menerima cobaan apapun dalam hidup ini. Ikhlas sebuah kata yang kayaknya lebih mudah di ucapkan dari pada di lakukan, saking susahnya untuk ikhlas kadang kita suka bilang " iya gapapa gue ihlas, asal....". Padahal kalau lo Ikhlas mah harusnya lo merasa ringan, nggak harus pake syarat2 lain yang memberatkan. "udah ikhlasin ajah, serahkan semuanya sama Allah SWT...Insya Allah ada gantinya." ... kalimat itu yang paling gue sering denger dari teman2 gue, kalau ada seorang temen yang lagi di rundung kekecewaan atau kehilangan dalam hidupnya.

Kalau lo tanya gue tentang ikhlas-an, salah satu pelajaran tentang ikhlas gue dapaet dari  3x kejadian keguguran yang gue harus alami di hidup gue. Banyak orang sering tanya menanya tetang hidup gue, beberapa yang orang yang tahu tentang hidup gue kadang juga suka sibuk komen. dari komen yang asik sampai nggak asik, dari komen membangun sampai menjatuhkan. dalam hidup dan pergaulan itu mah hal biasa cuy, nggak usah baper. Diemin ajah, cukup jawab apa yang menurut gue nyaman untuk di jawab. *Pan ini hidup gue ya kan πŸ˜…. di 8 tahun pernikahan ini kami masih mejalaninya berdua saja, dengan kejadian 3x keguguran yang semuanya harus berakhir di meja operasi nggak bikin hidup gue down qo. Kecewa itu pasti, namanya manusia kan ya pastilah punya hati buat merasa kecewa. Manusiawi banget itu mah.

Kenapa bisa begitu Wie? ada yang salah sama elo? lo nya kali yang nggak jaga? lo nggak takut makin tua?

Yaelahh hidup ini Allah yang punya, kalau Allah bilang berhenti ya pasti berhenti, bilang selesai udah kelar hidup lo...ya udah kelar beneran deh hidup gue. Kalau Allah bilang sabar, mungkin inilah latihan sabar buat gue. Gue nggak bakalan bisa sabar, kalau gue nggak ikhlas. Kalau udah ikhlas, InsyaAllah bisa sabar ngejalanin semua cobaan hidup ini. Dan kita kudu sabar karena Allah semata, sabar karena yakin di setiap kesulitan yang berikan oleh Nya, InshaAllah akan di kirimkan juga pertolongan dan kemudahan untuk kita.

Bersyukur gue masih bisa di kasih kesempatan buat ngerasain hamil, kalau kata Nyokap gue mah gue punya tabungan 3. Wajin untuk Berfikir positive terus, karena " Allah itu seperti yang kita fikirkan ..." itu yang di ajarakan sama Nyokap juga. Kalau kita berfikir Allah menetapkan ujian buat kita agar kita bersabar, Insha Allah suatu hari nanti kita akan mendapatkan hasil dari kesabaran yang kita jalani sekarang. Kalau lo fikir Allah itu jahat, nggak mau ngabulin doa dan keinginan elo. Apapun yang lo raih dalam kehidupan ini ngggak bakalan bikin lo Bahagia, mau kata dapet uang se-peti kemas kek, bisa beli pulau kek, bisa terbang ke planet Mars kek. Kalau lo definisi lo tentang bahagia adalah hal lain, dan bukan hal yang ada dalam hidup lo. Lo bakalan susah buat bahagia. Elo??? gue kali πŸ˜….

Makin lo Ikhlas menjalani hidup, makin lo bahagia. Bahagia itu buka apa kata orang, bahagia lo cuma elo yang ngerasain. So stop pleasing others, and pretending be happy.

Baca juga : #SannengTalks3 Temen Yang Suka Cerita Di Belakang

5. Masuk Surga

Surga itu kaya apa dan gemana masuknya? OMG mimpi lo Wie? *Eh emang lo nggak mau apa masuk surga??

Ya iya lah, sebagai seorang muslim gue wajib dan harus mimpi masuk surga. Surga itu udah jadi tujuan hidup gue, apa2 yang gue kerjain harus gue fikirin ini bakalan jadi dosa gue apa bakalan jadi amalan gue nih. Ketika gue berfikir dengan koridor berfikir kaya gitu, bikin gue jadi lebih positive dan hati2 dalam bertindak.

Mengejar kebahagiaan yang di ridhai oleh Allah itu penting banget buat gue. Karena jujur nih ya gue nggak mau lah setelah setengah mati menjalani hidup ini, mau di kata ngejalaninnya sambil susah, seneng, sakit, perih dan lainnya. *Eh ujung ujungnya gue baru tahu kalau yang gue jalanin ini salah, karena nggak sesuai dengan ajaran agama gue. Ya Allah, #amsiong banget kalau gitu mah.

Bermimpilah masuk surga, dengan begitu kita selalu berusaha terhindar dari hal hal bisa membuat amalan dan bekal ke akhirat kita hangus. Ya walaupun hidup gue belum bener2 banget yak masih banyak salah dan dosanya. api bukan berarti gue nggak boleh berharap *yakan. Hidup gue yang bergelimang dosa ini, karena kadang masih suka ngelawan sama Paksu, suka berbuat hal2 yang nggak baik kayak baca instagram gossip, ngomongin si anu begini begitu, dan masih banyak dosa dosa gue lainnya yang nggak mungkin gue sebutin satu satu di sini πŸ˜….

Tapi gue tetep berharap bisa masuk surga dan bakalan bahagia banget jika di akhirat kelak gue beneran bisa kesana, Aamiin Ya Allah. " Semoga ENGKAU mengabulkan doa hamba "

Nah simple nggak arti bahagia menurut gue?? tolong komennya dong kaka. Fell free to say anything, Insha Allah gue akan berlapang dada menerima saran dan kritikan kalian.


" A grateful heart is beggining of greatness. It is an expression of humanity. It is a foundation for development of such virtues as prayer, faith, courage, contentment, happiness, love and well-being. "
-James E. Faust Lov-




You Might Also Like

20 komentar:

  1. "Bahagia itu hak setiap orang tapi jangan pernah berbahagia di atas penderitaan orang lain"
    Aah...saya suka quote ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish persis mirip banget kan ka sama meme yang sempet ngehits : " jangan ada bunda, di antara RA dan NS". *lho apa2an ini kenapa gue malah nge gosip gini 😬✌️.

      Hapus
  2. MasyaAllah teh.. Tengkyuu nasihat2nya hihihi.. sesama bahagia dengan secangkir kopi bisalah ngopi kapan2 hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haishh apalah aku ini Tari, blogger hore2 gini πŸ˜¬πŸ™. Hayuk kapan yuk temani ngopi. Kontek2 dong, kapan bisanya.

      Hapus
  3. Kalau bahagia menurut saya itu adalah ketika saya bisa menikmati kehidupan saya saat ini dengan penuh rasa syukur. sakit pun tetap membuat saya bahagia karena saya tahu betapa nikmatnya sehat ketika jatuh sakit, jauh dari orang terkasih juga buat saya bahagia karena saya paham bagaiamana hidup jika jauh dari mereka. Awalnya berat memang, tapi bahagia itu kita sendiri yang menciptakan. tinggal pilih, mau terus bermuram durja atau berbahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget apa kata Bu Dokter satu ini. Setuju banget dengan Mba Liza, Bahagia itu kita sendiri yang meciptakan.

      Hapus
  4. Bahagia versi saya detik ini, kalau saya bisa tidur nyenyak. Habis begadang semalam belum tidur-tidur lagi... πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh simple banget bahagianya versi Ayi, tapi iya juga sih mendapatkan apa yang kita butuhkan membuat kita lebih mudah merasa bahagia.

      Hapus
  5. Setuju dengan teh Awie. Kita bebas bahagia tapi ingat batas jangan sampai malah membuat orang lain jadi menderita.
    Selain lima poin di atas, satu lagi yang membuat saya bahagia, berbagi. Entah kenapa kalau sudah berbagi, rasa bahagia terasa berlipat-lipat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benat sekali Inar, berbagi membuat kita bahagia. berbahagialah jika kita bagian dari orang2 merasa bahagia ketika berbagi. Alhamdulillah :)

      Hapus
  6. Ahhh mba awie postingannyaa 😍😭
    Kadang mmg manusia begitu, lupa .
    Kalau bahagia kadang sesukanya.. ga liat kiri kanan atas bawah ..
    intinya memang harus disesuaikan ya mbak syg.
    5 poin sudah mewakili mmg paling utama itu SEHAT!
    Semoga kita sehat dan bahagia selalu. Aamiin πŸ™πŸΌπŸ˜˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya fikir juga sehat paling utama, yuks jaga kesehatan.

      Hapus
  7. Inspiratif banget tulisannya kak Awie :)
    Kalau saya bahagia itu kalau di sekeliling saya bahagia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus sekali arti bahagia menurut Yani, berarti Yani orang yang nggak egois ya.

      Hapus
  8. Bahagia memang seringkali tidak bisa dinilai dengan uang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mba, memang priceless banget ya.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Banyak hal yang bikin saya bahagia..salah satunya, kalau bisa order makanan online tanpa harus keluar rumah..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha simple tapi ngena banget ya, saya juga lho termasuk yg bahagia banget kalau laper eh tinggal klik aplikasi ojek, trus pas makanannya nyampe rasanya kaya nemu harta berharga banget ya.

      Hapus
  11. Bahagia itu klo bakso saya hari ini habis terjual semua :D

    BalasHapus