Leko Pacco Karya Appi Sayuti Menari-nari Di Femme 2017

April 03, 2017 fillyawie 4 Comments



Pada ajang Femme 2017, Appi Sayuti seorang Designer asal Sulsel berhasil menyulap Lontara Daun Talas menjadi rangkaian Design Pakaian ready to wear yang sangat cantik dan menarik. Tepatnya pada tanggal 2 April kemarin, di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Designer Appi Sayuti menggelar peragaan busana yang mengambil tema : Lontara Daun Talas, yang dalam bahasa bugis di sebut Leko Pacco. 

Femme 2017 merupakan kali ke-2 bagi Designer Appi Sayuti dalam menggelar Karya Design Batik Lontara yang ikut di dukung oleh DEKRANASDA ( Dewan Kerajinan Nasional ) kota Makassar . Menghadirkan 12 busana ready to wear, dengan details batik yang bergambar huruf Lontara berbaca Leko Pacco di setiap helai daun dalam baju yang di bawakan.

Designer yang sangat humble ini sempat menceritakan kepada saya secara langsung di dalam ruang media lounge, tentang bagaimana sebuah Akasara Lontara bisa menjadi Inspirasi design bagi dirinya. 
Menurut beliau  Lontara merupakan sebuah aksara yang tidak di miliki oleh suku lain di Indonesia.
Lontara merupakan turunan dari Sang Sekerta Wala Suji Appa Sulapa (Pelindung dari belah ketupat). Appi Sayuti juga memperjelas, bahwa lontara itu ya hurupnya berbentuk seperti ketupat dan potongan2nya.

Kemudian untuk menanyakan lebih detail tentang karya Design Leko Pacco ini saya di perkenankan untuk mengajukan pertanyaan via nomor WA miliknya. Kesempatan itu pun tidak saya sia siakan, setelah berfikir seharian akhirnya saya mengajukan 3 buah pertanyaan via WA kepada Designer Appi Sayuti. Pertanyaan saya adalah,


Q : Karena judul rancangan Ka Appi adalah Daun Talas, Apakah ada philosophy khusus dari Daun talas itu sendiri yang ingin di angkat dalam   tema Design Kali ini?

A : Saya kecil di daerah wisata malino, kaki gunung bawakaraeng, tanaman2nya tumbuh subur, salah satunya daun talas yg lumayan byk disekitar rmh, dari kecil sy pling suka gambar daun talas, uniknya krn air itu gak bisa menyatu di daunnya, byk yg menarik dari daun talas, pas banget krn lagi nyari yg tema alam yg ada bahasa makassarnya (yg bisa sy terjemahkan dalam Aksara Lontara) Leko Pacco

Q : Saya melihat Rancangan Ka Appi Kali ini, bergaya lebih loosen, dengan garis design yang simple. Apa yang menginspirasi Ka Appi, sehingga untuk Design kali ini membuat gaya design seperti itu?

A : Sy suka yg simple dan ringan, panggung runway dominan di isi dengan rancangan2 yg high fashion cenderung ke couture, dan ready to wear adalah "line" yg saya pilih setiap show

Q : Sebagai Local Designer, apa harapan Ka Appi untuk dunia Fashion di Sulsel. Menurut Ka Appi, apakah Masyarakat Sulsel, khusus nya Makassar sebagai Ibukota Provinsi sudah cukup berperan serta dalam mendukung karya2 Local Designer dan pengrajin2 Lokal ?

A : Masyarakat sulsel khususnya Makassar sangat concern dengan sesuatu yg berbau fashion, kiblat fashion sangat beragam
Kegiatan seperti Femme menjadi salah satu wadah yg sangat baik utk local designer, produksi dan kemasan acaranya sdh mengikuti national fashion event, jadi ini menjadi alat pacu yg luar biasa baik bagi insan2 yg ingin memarken hasil karyanya
Yg terpenting dari semua adalah kehadiran Fashion Blogger meliput seluruh aktifitas para pelaku bisnis fashion

Mari kita lihat bersama sama karya Ka Appi Sayuti, yang terinspirasi dari Lontara Daun Talas ini...














Sebuah Karya luar biasa bisa berawal dari ide  yang simple,  tetapi jika di buat oleh orang orang yang sangat kreatif dan berbakat seperti Ka Appi sayuti hal tersebut bisa menjadi sebuah Maha Karya. Mari kita bersama sama ikut serta dalam mendukung produk lokal, dengan begitu secara tidak langsung kita ikut serta meningkatkan dan mendukung penghasilan para pengrajin dan pekerja yang berada di Makassar.

Selain itu Appi sayuti secara cerdas ikut mengajarkan dan melestarikan Aksara Lontara yang merupakan kekayaan Sulawesi Selatan ini ke dalam sebuah media berbeda. Media fashion yang merupakan hal yang nggak akan pernah punah selama manusia ada. Karena dalam Fashion ada pakaian dan dalam pakaian ada fashion, dua hal yang tidak akan pernah bisa di pisahkan.

Sukses Ka Appi, untuk Leko Pacco nya. Dan saya pun akhirnya dapat pengetahuan tambahan tentang kebudayaan Sulsel. Terimakasih



You Might Also Like

4 komentar:

  1. Sukses buat Appi. Bangga kami!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka Er, Ka Appi adalah ibarat asset daerah yang luar biasa πŸ‘πŸ».

      Hapus