Makassar Baklave

Januari 09, 2017 fillyawie 7 Comments



Baklave menurut Wikipedia 

"Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut g├╝llach,"

Sejenis panganan asal Turki yanng bernama Baklava di hadirkan hari Senin, 9 Januari 2017 di Makassar. Hari ini telah di gelar soft launching dari product bernama Makassar Baklave, yang bertempat di gerai Makassar Baklave pertama di Indonesia yaitu di Jl. Sultan Hasanuddin Makassar. 

Makassar Baklave sendiri mengusung konsep toko oleh oleh, di perkenalkan oleh Artis Ibukota Irfan Hakim. Katanya sih ada kisah romansa dari Artis Irfan Hakim, yang menjadi alasan akhirnya membuat beliau membuka gerai baklave pertama ini di kota Makassar ini.

Foto Irfan Hakim pun terpampang di billboard besar depan gerai Makassar Baklave, seperti menjadi trade mark dari si empunya yang punya Makassar Baklave dan pastinya juga guna memudahkan pengunjung yang mencari toko Baklave. Makassar Baklave menghadirkan konsep baklave sebagai panganan yang bisa di jadikan oleh oleh dari kota Makassar, dengan jargon "oleh oleh na Makassar". Yang dalam bahasa Indonesia berarti Oleh oleh nya Makassar.

Sayangnya saat ini Makassar Baklave baru melayani konsep pembelian take away saja ya. Jadi para pembeli harus datang langsung untuk membeli ke toko jika ingin mencicipi rasa dari Makassar Baklave ini. Semoga kedepannya para pembeli bisa melakukan pembelian secara Online langsung ke websitenya atau melalui jasa antar belanja makanan yang banyak tersedia saat ini.


  
 Nah Bagaimana dengan Makassar baklave? sama persis kah dengan penjelasan Wikipedia di atas.

Karena saya belum pernah makan baklava yang asli dari Negara Turki, kodong na saya he he he. Jadi saya mencoba Baklave asal Makassar terlebih dahulu saja ya. 

 Teman teman para undangan yang hadir pada acara soft launching

Beruntung hari ini saya beserta teman2 kompakers Makassar sebagai salah satu undangan dari banyak undangan yang datang, di beri kesempatan untuk mencicipi Baklave si oleh oleh na Makassar ini. Kebetulan saya  berhasil mencicipi 2 rasa variant, yaitu Nutty Fruity dan Royal Chocolate. 

Makassar Baklave yang terdiri atas bolu cotton cake yang lembut di bagian bawah, berpadu dengan filo pastry yang renyah dan gurih di bagian atasnya. sedang di bagian tengahnya di isi oleh isian yang berbeda beda tergantung dari variant yang di pilih. Perpaduan antara kelembutan dan kerenyahan Baklave ini menghasilkan sebuah sensasi yang luar biasa, terutama bagi teman teman yang menyukai panganan gurih dan tidak terlalu manis.



Kalau saya suka sekali dengan yang Royal Chocolate, selain karena berisi selai coklat yang tebal dan lembut. Adonan cotton cake nya pun lembt dan berasa banget coklatnya. Sedang si filo pastry nya menjadi balancer karena berasa gurih walau di taburkan coklat serut di atasnya. Jadi enggak berasa eneg atau terlalu manis. Pokoknya suka banget lah sama si Royal Chocolate. Sedangkan untuk Baklave yang Nutty Fruity, terasa sangat gurih dengan cotton cake yang beraroma keju, dan taburan berbagai jenis kacang yang gurih dan wangi. Membuat baklave variant ini kayanya cocok buat yang  pengen makan banyak tapi takut timbangan naik he he he.
Makassar Baklave menawarkan 5 buah variant rasa Baklave yang terdiri dari:

1. Variant Nutty Fruity

Baklave dengan isian pistachio, walnut, cashewnut di dalammya. Di tambah aroma cranberry dan raisin.

2. Rich Cheese 

Merupakan Baklave dengan rasa gurihnya keju yang terasa kaya dengan lapisan filo yang pecah di mulut, berpadu dengan cotton cake yang lembut.

3. Oreo Blast

Dari namanya mungkin sudah menggambarkan isian baklave ini, berisi biskuit oreo yang di padukan dengan sensasi gurihnya keju di antara lapisan filo.

 Do you see that? ketebalan selai coklat yang sangat menggoda : )

4. Royal Chocolate

Baklave ini menghadirkan sensasi selai coklat berkualitas yang luar biasa enak dan lembut di bagian tengahnya. 

5. Banana Fluffy

Baklave yang berisi aroma pisang yang di padukan dengan filo renyah bertaburkan kacang yang gurih.

Semua Baklave yang di jual di Makassar Baklave di bandrol dengan harga Rp. 65.000 perloyangnya. setiap loyang terbagi menjadi 8 buah potong baklave. Lumayan kan bisa buat rame rame.

Nah kira kira kalian mau coba yang mana??

 Mba Cantik dan Mas Ganteng yang siap melayani para pembeli

Untuk saat ini Makassar Baklave baru hadir di kota tercinta Makassar ya. Jadi untuk teman teman di makassar dan sekitarnya hayuuu ah buruan cobain cita rasa Turki  yang di hadirkan oleh Makassar Baklave ini. Mumpung masih ada promo discount sebanyak 10% berlaku hingga tanggal 15 January 2017.Saya juga belum merasakan yang rasa keju nih, penasaran sama rasa kejunya yang kata teman teman kompakers berasa sangat gurih ini. Wajib di beli sepertinya : )

Jangki lupa juga, untuk hadir di acara grand launching Makassar Baklave bersama Irfan Hakim. Yang akan di adakan pada tanggal 15 january 2017 di gerai Makassar Baklave. Hayukk kita sama sama hadir di sana.

Goodie bags acara soft launching hari ini, Thank you Makassar Baklave.


Para cast film Silariang yang sedang mempromosikan film mereka di soft launching Makassar Baklave.



You Might Also Like

7 komentar:

  1. aww..aww..ada sedikit rasa menyesal nda bisa ikutan kemarin, baklava nya menggoda skali kak.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he Icha, masih ada grand launchingnya tgl 15 besok. So jangan sampe nggak datang cha, ntar nyeselnya 2x lho. Thank you cha sudah mampir di sini : )

      Hapus
  2. Wah, saya tidak hadiri acara sharingnya artis Silariang.

    Enak2 ya kuenya.

    Sayang kita tidak bertemu yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Mugniar,
      Saya datangnya jam 10 an pas dengan acara pembukaan dan sharing artis silariang.
      iya, enak2 semua :)
      Terimakasih mba sudah mampir kesini.

      Hapus
  3. aku belum semoat nyobain semua rasa. penasaran Sama rasa lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru cobain 3 rasa doang Ka, btw ka Lia terimakasih sudah mampir ke sini ya :)

      Hapus