Belajar Bareng Basic Blogging Skill Dari Zilqiah Angraini

Desember 21, 2016 fillyawie 3 Comments


Sebagai seorang blogger yang jarang nulis, senang rasanya ketika pindah ke Makassar bisa bertemu dengan teman2 yang suka ngeblog kaya Zilqiah Angraini. Bukan cuma sekedar blogger aktif dengan tulisannya yang keren, Zilqiah juga saya kenal sebagai salah satu pentolan (baca : orang penting) di MAM blogger salah satu Divisi di komunitas Blogger Makassar. silahkan cek blog nya Qiah untuk tahu lebih banyak tentang dia http://www.qiahladkiya.com/.

Awalnya teman teman di komunitas Kompakers Makassar banyak yang mau belajar ngeblog, baik yang belum punya blog maupun yang sudah aktif tapi mau belajar lebih dalam tentang Blog template.
kemudian Zilqiah sebagai salah satu anggota kompakers Makassar dan juga Blogger Makassar menawarkan diri unruk mengajarkan kita semua. 

Akhirnya hari selasa tanggal 20 Desember kemarin janjian lah kita di Chopper Cafe di Jl. Kasturi. selain tempatnya cozy, ada free wifi nya juga jadi kita bisa belajar sambil praktek.
Apa saja yang kita pelajarin kemarin,...



Kemarin Zilqiah mengajarkan kami semua tentang basic skill blogging, karena yang datang adalah teman2 yang pengen punya blog tapi belum bikin atau sudah punya blog tapi belum mulai menulis atau sudah lama nggak blogging jadi lupa (contohnya seperti saya he he he).

Banyak point penting dari belajar bareng kemarin, terutama basic skill point yang sering terlewat bagi blogger pemula. Nah ada 5 key point yang saya menurut saya harus langsung di praktekan di blog saya ini. Point - point tsb adalah, ...



1. Tampilan Blog
Tampilan blog adalah kunci utama dari blog anda, ibarat manusia tampilan blog anda mencerminkan siapa anda. Jadi untuk mendatang ketertarikan pembaca, kita harus rajin merapihkan dan memoles tampilan blog kita. Pilih template yang kita sukai, tambahkan widget yang menarik dan atur tampilan blog kita agar terlihat nyaman di lihat oleh pengunjung yang datang.

2. Batasi Tampilan Postingan Tulisan di Halaman Utama.
Menurut Zilqiah kita perlu membatasi jumlah postingan yang akan di tampilan di halaman utama, disarankan tidak terlalu banyak. Tampilan 3-5 Postingan tulisan terakhir saja. Agar pengunjung blog merasa nyaman dan tidak perlu scrolling down terlalu panjang  ketika melihat halam muka Blog kita.

3. Biasakan Menggunakan Jum Break Pada Setiap Postingan.
Apaan sih Jump Break ? Jump break adalah sebuah fitur yang ada di blogger, yang memiliki fungsi untuk memotong tulisan yang kita posting, agar terlihat lebih ringkas. Bahasa simplenya jump break itu tulisan "read more" atau "baca selengkapnya" yang biasa muncul di postingan tulisan.
Walaupun terlihat sepele tapi jump break memiliki efek yang cukup besar, selain tampilan blog  bisa terlihat rapi dan ringkas. Jump break juga bisa membuat para pengunjung penasaran untuk membaca lebihh lanjut tulisan di blog kita.

4. Maximalkan Pengunaan JavaScript Widget
Zilqiah menyarankan kita untuk memaksimalkan penggunaan fitur widget yang sudah di sediakan oleh blogger. Salah satunya widget html/javascript yang bisa kita maksimalkan penggunaannya untuk membuat tampilan widget yang isinya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita. 
seperti contoh tampilan widget Hi! tentang saya di sisi kanan blog ini, atau tampilan Follow Me yang menampilkan tautan social media milik saya.

5. Gunakan Free Blog Template dari Website Penyedia Blog Template
Kalau anda bosan dengan tampilan blog anda, atau tampilan yang di sediakan oleh blogger. Zilqiah menyarankan untuk menguduh template blog di website yang menyediakan blog template secara gratis. Pastinya ada kelebihan dan kekurangan dalam setiap tampilan blog yang di tawarkan, kan namanya juga gratis ya he he he. 
Jangan lupa untuk selalu back up Html code blog anda sebelum menggantinya dengan html code yang baru. Jadi kalau perubahan templatenya tidak sukses anda bisa mengembalikan tampilan blog anda yang lama.
Silahkan cek Blog Template Gratis di bawah ini,
Nah Fillyawie lagi coba pakai Blog template Masterpiece yang di sediakan oleh Gooyaabitemplate.

Gurunya ( Zilqiah )

Sebagian Muridnya (foto dari Zilqiah )

Ok cukup sekian dulu untuk tulisan kali ini, Terimakasih Zilqiah atas tips and tricknya dalam berblogging ria. Semoga ada kelas menulis berikutnya ya.


You Might Also Like

3 komentar:

  1. Huaaaaaaaa kak, diulas keren begini jadinya
    kak Awieee makasih yaa hahah padahal cuma sharing aja sih ini
    tp karena kak Awienya yg posting jadi informatif banged!!
    keep blogging kaaaaaaaak :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga Qiah, aku tunggu kelas belajar bareng Zilqiah berikutnya ya :)

      Hapus
  2. Banyak manfaat yg bisa di dapatkan dari belajar bareng. Saling berbagi pengetahuan akan memperkaya dan memperluas pengetahuan kita. Kereenn.... Awie....

    BalasHapus