Cara membuat Blog (How to make your own Blog)

Januari 28, 2012

Hi teman teman,

sudah lama sekali saya tidak menulis artikel atau membuat tutorial di blog ini. Tahun ini mudah-mudahan saya bisa lebih banyak berbagi tulisan atau tutorial yang bisa berguna bagi lebih banyak pengunjung blog Fillyawie.

Ide membuat tulisan ini berawal dari sebuah pesan singkat yang isinya "mba awie, gemana sih cara bikin blog yg bagus. atau yang bisa di tempel foto kita di atasnya". itu bukan pesan pertama yang pernah mampir ke hand phone saya. Jadi untuk menjawab pertanyaan itu saya mencoba menggambarkan gemana sih sara bikin blog. dengan cara yang gampang. mari kita bahas di sini teman.

Sebelum teman membuat blog di website yang menawarkan jasa pembuatan blog secara gratis. pastikan teman semua sudah mempunyai alamat email.  Dan secara khusus tutorial yang saya buat di sini di peruntukan untuk teman, yang mau membuat blog di www.blogspot.com

Setelah teman membuat email, silahkan buka www.blogspot.com. itu barulah teman bisa membuat alamat blog di sana. blog yang sesuai dengan kepribadian kita, menggambarkan diri kita atau informasi yang ingin kita bagikan  atau bahkan produk yang ingin kita perkenalkan ke dunia secara lebih luas.

Setelah blog selesai di buat, tantangan selanjutnya adalah bagaimana cara mendandani atau make over blog yang teman teman punya. sebenarnya tanpa harus di make over secara detail, situs blogspot sendiri sudah memberikan banyak features yang bisa teman pakai secara gratis. untuk features itu yuk kita bahas di sini.

1. Kenali dashboard anda

ketika teman sudah log in ke blogspot, teman bisa memulai petualangan di dunia maya yang luas ini. setelas sukses log in biasanya yang keluar pertaman kali adalah halaman dasboard seperti keterangan di bawah ini.


Dari dashboard ini kita bisa memulai acara mengutak-atik. Menu yang akan sering kita gunakan adalah ada di nomor 1-6.
1. menu untuk mem-post ing tulisan baru
2. menu untuk edit tulisan baik yang telah di posting  maupun belum
3. untuk melihat comment dari para pembaca atau pengunjung blog
4. di menu ini kita bisa mengisi tampilan nama blog yang kita inginkan, setting untuk comment dan masih banyak lagi. Baca sendiri yah : )
5. menu ini penting banget, di sini kita bisa merubah tampilan lay out blog kita. menjadi sesuai seperti yang kita inginkan
6. Di menu ini kita bisa melihat jumlah pengunjung yang mendatangi blog kita, posting apa saja yang paling banyak di cari, melalui media apa pengunjung anda menemukan blog ini, dan lain lain.
2. Membuat design blog yang sesuai dengan keinginan

mari kita mulai mnyesuaikan design blog sesuai dengan yang kita inginkan, di mulai dari menu di bawah ini



Ketika saya membuat blog Fillyawie saya  memulainya dengan menentukan template blog yang menurut saya sesuai dengan pencitraan label Fillyawie. akhirnya setelah beberapa kali berganti template, warna dan foto header. menurut saya template yang sekarang saya gunakan adalah yang paling sesuai dengan saya. di mana mencarinya dan bagaimana caranya. yuk kita bahas di sini.

1. Page element : di menu ini kita bisa membuat tampilan blog yang kita mau. seperti mau menampilkan gadget apa saja, mau menaruh gadget di sebelah mana. semua bisa di lakukan di menu ini
2. Edit HTML ; apa yach bahasanya ( maklum saya kan rada gatek). di menu ini teman bisa melihat template HTML yang kita gunakan. jika seandainya kita mau menggunkan template yang kita import dari website lain yang memberikan menu template keren plus gratis. nah, di sini nih di menu ini kita bisa mengganti template tsb. tetapi jangan lupa. biasakan meng copy template original yang kita punya. biar kalau ada masalah, data kita nggak hilang semua.
3. Template designer : di sini tempat meilih template yang di sediakan secara gratis oleh situs blogspot. kita bahas lebih dalam di bawah ya...

3. Pilih template yang paling yang kita inginkan

silahkan teman teman memilih template yang menurut paling keren disini.


Temukan template designer yang paling sesuai dengan anda. setiap template mempunyai keunikan masing2, contoh template Fillyawie, menggunakan template simple. template simple dengan tampilan clean mempunyai beberapa pilihan tampilan warna. Jika teman suka dengan tema tertentu silahkan di buka satu persatu yach.

4. Pilih Background

Setelah memilih template, untuk lebih mempercantik blog kita. teman bisa memilih backgroud/tampilan bagian belakang dari blog. Di sini pilihannya banyak sekali., jadi tidak perlu terburu-buru. kalau kira-kira tidak ada gambar yang cocok atau sesuai,  kita bisa meng-import gambar yang kita punya untuk menjadi background blog kita. pokoknya judulnya bebas !!!


5. Sesuaikan Lebar

 Menu Adjust width ini bisa di bilang penting banget untuk membuat tampilan blog kita enak di lihat. jangan tampilan blog sudah ok, tapi sayang posisi posting an kita terlalu besar atau kecil. Intinya menu ini membuat yang udah bagus jadi lebih enak di lihat.



6. Pilih Layout 

Ketika kita melihat sebuah bangun ruang, terkadang kita bisa menghayal mau diapakan dan di isi apa ajah bangun ruang yang kosong itu. Di sini lah sebuah layout/rancangan di butuhkan. Kalau seandainya blog kita adalah sebuah kotak kosong. kira-kira kita mau isi apa saja dan di taruh di mana saja. di menu ini Blogspot sudah menyediakan beberapa rancangan atau cara penataan yang bisa di pilih oleh para blogger. Terdiri dari Body layout dan Footer layout. Semua di sediakan secara bebas dan gratis.



7. Advance Miscellaneous 

Menu advance yang berada tepat di bawah menu layout ini gunanya untuk memilih hal-hal yang bersifat details banget. Details yang kaya apa? seperti untuk menentukan jenis font yang akan di tambilkan di tiap label, judul posting, tanggal dan lain sebagainya. kemudian untuk menentukan warna dari font yang dipih. dan masih banyak lagi.

Setelah teman teman meilih semua menu dia atas jangan lupa menyimpan semua perubahan yang sudah di buat dengan meng-klik menu "aplly to this blog" yang berada di sudut kanan atas.

Untuk hal yang lebih detail, seperti menempel foto di header kita bahas di tulisan selanjutnya yach

Semoga berguna dan selamat mencoba : )

Wassalam

-Awie-





You Might Also Like

4 comments

  1. makasi mba awie...jadi ga bingung lagi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 yach Malicka ... Terimakasih kembali : )

      Hapus
  2. salam kenal mba awie. tutorialnya bagus. ijin share di fb page Indonesia CraftyBlog ya. Saya juga sudah masukkan blog mbak awie dalam daftar di blog saya Indonesia CraftyBlog. Thanks tutonya.

    BalasHapus
  3. Salam kenal juga mba @Ayu. Kalau mau di share silahkan mba. mudah2an berguna. Terima kasih mba ayu

    BalasHapus

Follow Me

Press

Blogging Community