Kawat VS Senar ( Dalam pembuatan Bros )

September 07, 2011

Dear kawan-kawan ...

Bagaimana liburan lebarannya? Semoga menyenangkan dan membawa berkah yach : )
Karena hari ini ada waktu senggang tuk memotret dan menulis, saya putuskan untuk menulis tentang "Kawat VS Senar" terutama sebagai bahan utama membuat bros. sebenarnya tulisan ini adalah hasil ngulik ketika harus mengajar di kelas aksesoris, he he he belajar dari banyak percobaan dan kegagalan. akhirnya bisa saya share dengan kawan-kawan di sini... mudah2an berguna ya

sebernarnya kedua bahan tsb bisa kita gunakan untuk membuat berbagai macam aksesoris..mau tahu gemana caranya yuk kita bahas di bawah ini.

Kenali sifat material yang akan kita gunakan
Secara sifat bentuknya ke-dua item ini mempunyai sifat yang sangat berbeda. Senar  mempunyai sifat kenyal dan lentur, sedangkan kawat mempunyai sifat kaku dan keras. Apaiya mereka bisa mempunyai fungsi yang sama dalam membuat aksesoris?

Senar yang berwarna transparant ini bisa di gunakan sebagai berbagai macam aksesoris lho ^_*. Selain itu harganya pun relatif sangat murah berbeda dengan temannya di bawah ini


 Kawat punya sifat yang keras dan kaku, tapi sangat lah applicable jika di gunakan dalam membuat berbagai macam aksesoris. bukan hanya bros kawat ini pun bisa di pakai untuk membuat gelang (check tutorial bracelet fillyawie yach ) atau mau di rajut juga boleh. selain itu kawat memiliki koleksi warna yang cukup beragam, bisa di sesuaikan dengan warna raw material lainnya yang akan di gunakan dalam project membuat aksesoris. memang harganya tidak semurah senar, tampilan aksesoris yang di buat menggunakan kawat mempunyai nilai jual yang lebih oke pastinya


Ukuran Senar
sebelum masuk ke pembahasan aksesoris sebaiknya kita perlu ketahui bahwa senar juga mempunyai ukuran sama seperti kawat. jika kawan-kawan biasa menggunakan kawat bros ukuran 0,4-0,5mm sebagai bahan membuat bros. menurut banyak percobaan yang telah saya lakukan ukuran senar yang paling ideal untuk membuat bros adalah 80-100.

Bagaimana cara melihat ukuran dalam senar?
ketika kawan-kawan datang ke toko bahan aksesoris untuk mencari senar, pastikan lihat catatan ukuran yang biasa di tempel di gulungan senar tsb. biasanya di tempel seperti tag harga yang kita biasa temui jika berbelanja di supermarket. sebelum memulai project aksesoris pastikan kawan2 menggunakan ukuran senar yang tepat.


Tahukah kawan-kawan dalam membuat bros kita tidak hanya bisa menggunakan kawat tapi juga bisa menggunakan senar. jika kawan-kawan berencana membuat bros menggunakan senar pastikan kawan-kawan membuat design dan manik2 yang tepat. kenapa begitu aw? karena sifat senar yang lentur pastinya tidak bisa di gunakan untuk memilin manik2 seperti pada kawat.tuasnya yang bisa ia lakukan hanya untuk menjahit saja. Juga tidak bisa bolak-balik di masukan di lobang sarangan yang sama, berbeda dengan kawat yang ujungnya keras dan tajam seperti jarum.

 Contoh bros menggunakan manik akrilik dan senar ukuran 80


Contoh bros di atas saya buat menggunakn senar ukuran 80, cara membuatnya relatif mudah. Tidak menggunakan metode khusus, cukup dengan mengikat senar dengan kuat setelah menyusun tiap-tiap akrilik. Sebagai catatan : bros di atas di buat tanpa sarangan, akrilik pada bros di rangkai satu persatu, setelah mendapatkan design yang diinginkan ikat senar dengan kuat. baru pasang peniti bros di belakang. cara memasangnya pun dengan ikatan sederhana hanya di lakukan beberapa kali sampai kita yakin ikatan tsb cukup kuat.
Bagaimana jika mau membuat bros dengan sarangan dan senar apa bisa? tentu saja kawan, tapi dengan catatan designnya di sesuaikan yach

Nah peniti bros yang di gunakan seperti gambar diatas  bukan peniti bros dengan klep yach, sarangannya tidak perlu di gunakan : )

tampak belakang bros saya : )

 Yuk kita compare dengan bros yang menggunakan kawat... 

Dalam pembuatan bros kawat yang biasa kita gunakan adalah ukuran 0,4-0,5mm, dengan kawat sebagai bahan pembuat bros sangatlah nyaman dan menyenangkan. Kenapa begitu ? walaupun sifat kawat kaku dan keras, kawat adalah media yang sangat ideal dalam membantu kita menciptakan berbagai macam design bros. dengan bantuan kawat kita bisa membuat bros berbagai bentuk dari sekedar bentuk bunga, binatang hingga abstrak. sifat kawat yang kaku sangatlah membantu  dalam membentuk  sungut dalam project bros capung terbang disini atau sangat nyaman guna memilin akrilik daun dalam project bros abstrak. selain itu jika kita membuat bros menggunakan material batu alam, kawan-kawan tak perlu meragukan kemampuan kawat dalam mengikat batu ke sarangan. Tak di ragukan pula nilai jual dan kekuatan kawat, secara saya telah membuat dan menggunakan bros fillyawie selama beberapa tahun, kebanyakan bros yang saya pakai tetaplah kuat walaupun kadang si kawat sedikit mencong ke kiri-kanan karena sering di gunakan. kalaupun mencong ke kiri-kanan, cukup dengan mengembalikan kawat ke posisi semula, maka bros anda tetap pada tempatnya : )



bros abtrak ini di buat menggunakan kawat bros berwarna hitam di atas sarangan ukuran 2cm. walaupun sarangannya kecil, dengan bantuan kawat kita bisa membuat design bros dalam bentuk atau model apa saja. sesuai keinginan kita, hanya dengan menggunakan tekhnik memilin kawat pada manik. Pilin-an manik di buat panjang keluar sarangan, sehingga bros terlihat besar dan ramai.



Details kawat yang di pilin

Banyak pertanyaan datang ke saya selain untuk bros senar bisa di pakai untuk membuat apalagi?

kawan-kawan saya yang baik hati, senar si material aksesoris yang cukup murah tsb, dapat kita gunakan dalam membuat banyak sekali jenis aksesoris. sebagai catatan : senar untuk membuat gelang atau kalung bisa menggunakan ukuran 100-150 tergantung dari raw material lain yang akan di gunakan. maksudnya? jika kawan-kawan mau membuat  kalung berbahan dasar batu atau manik kaca yang pastinya punya komposisi yang cukup berat, pastikan menggunakan senar yang tepat. jangan sampai kawan menggunakan senar yang terlalu kecil. senar dengan ukuran 80 tidak akan kuat menahan rangakaian batu alam sepanjang 50cm ke atas, kalauopun kawan mau menggunakan ukuran tsb pastikan mengunakan double senar dalam sebuah rangkaian kalung.

Biasanya banyak juga pertanyaan yang datang ke saya " bisa nggak pakai senar pancing"?

jujur kawan saya sendiri belum mencobanya karena suami dan saya tidak hobby memancing dan tidak punya alat pancing jadi saya blank, kalau di tanya hal ini ( kebetulan kami paling suka mengkonsumsi hasil dari memancing terutama yang sudah matang dan tersedia di atas meja he he he).
Tapi sekedar sharing dari banyak peserta pelatihan di BLKI yang pernah mencoba secara  langsung membuat bros akrilik dari senar pancing. Mereka sharing kepada saya bahwa senar pancing sifatnya terlalu lentur dan tipis, kurang begitu nyaman untuk di gunakan dalam membuat bros. beberapa teman yang sudah mencoba mengkatakan bahwa hasil membuat bros dengan senar pancing tidak sebaik menggunakan senar ukuran 80. Menurut hemat saya kalau untuk membuat bros saja kurang nyaman apalagi untuk membuat kalung atau gelang .. apalagi kalau harus di masukan ke dalam kodokan dan stopper ??? ini baru angan-angan saya, kalau ada teman yang sudah mencoba ...yuks sharing di sini ...

yuk kita lihat karya2 fillyawie yang menggunakan material senar ...


Cincin dari manik-manik dan senar.  Tehnik membuat cincin spt di atas, kita bisa aplikasikan untuk membuat kalung dan gelang ... seru yach  : )



kalung mutiara dari senar

dan masih banyak lagi kawan-kawan ...
ayo kita berkarya ... !!!

Selamat berkarya kawan... semoga postingan ini berguna buat kawan semua ...

Jika masih ada pertanyaan silahkan komen di sini yach ... Terimakasih banyak

salam dari penulis


You Might Also Like

2 comments

  1. Saya nyari bahan-bahan tersebut. Tapi belum mendapatkan. Apa hanya ada di toko Semarangkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba, untk wilayah semarang saya kurang tahu mba. Bahan aksesoris bisa di beli OL di acc. fb manik bros, koleksikikie. semoga membantu :)

      Hapus

Follow Me

Press

Blogging Community