Menuai Rupiah dari mengajarkan hobby yang kita cintai

Agustus 09, 2011 fillyawie 4 Comments


Assalammualaikum teman,

Kali ini saya mau sharing tentang bagaimana kita bisa mendapatkan penghasilan dari mengajarkan sesuatu yang kita suka. Tulisan ini saya dedikasikan buat teman2 yang berencana memulai karir mengajar di dunia aksesories. Pernah nggak kefikiran dengan membuat aksesories bisa mengajar di kelas aksesories… dan mendapatkan penghasilan dari itu semua? Bukankah tidak ada yang tidak mungkin … : )

Dahulu ketika saya memulai hobby saya di dunia aksesories ini, saya tidak pernah berfikir bahwa dengan membuat sesuatu yang saya suka ini bisa mendatangkan banyak kesempatan. Kesempatan yang sebelumnya tidak pernah terbersit dalam benak saya. Saya hanya yakin bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan cara bersungguh2 dan sebuah dedikasi tinggi, pasti akan menghasilkan sebuah penghargaan walau dalam bentuk sekecil apapun.

Ketika kita mau mulai karir mengajar dalam sebuah kelas aksesories baik yang kecil maupun besar ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan. Yang paling penting yang menjadi catat bagi kita adalah : jumlah peserta, Lama waktu dan budget. jangan lupa juga untuk mengetahui visi dan tujuan dari program pelatihan yang kita bawakan. Apa tujuan akhir yang harus di capai dari program yang kita bawakan ini. Contohnya : mengajarkan cara membuat aksesoris handmade di sebuah kelas dengan siswa berusia belasan sebagai bagian dari kurikulum kelas keterampilan, haruslah berbeda dengan cara mengajarkan di kelas dengan peserta ibu2 di program meningkatkan keterampilan guna meningkatkan penghasilan rumah tangga. 

jika teman ingin  mulai mengajar di kelas private mungkin cara pengajaran dan perhitungan cost nya bisa di tentukan dengan lebih mudah. Tapi bila teman mendapatkan tawaran mengajar di kelas besar ada beberapa hal yang sebaiknya kita susun sebaik mungkin. Hal-hal apa sajakah itu… mari satu persatu kita bahas,

1. Jumlah peserta, hal ini sangat penting untuk kita ketahui dari awal. Gunanya agar kita bisa menyusun budget dan biaya yang kita butuhkan. Selain itu jika jumlah peserta terlalu banyak, kita  juga harus menyiapkan beberapa hal tambahan seperti asisten yang siap membantu kita, tambahan tools dan bahan yang harus di sediakan, dsb. Agar acara belajar mengajar kita bisa terlaksana dengan effektif, dan para peserta bisa menyerap materi dengan maksimal. Jangan lupa memperhatikan siapa sih peserta kita? Dengan range usia berapa?

2. Lama waktu, ketika kita berencana mengajar di sebuah program/ kelas besar. Waktu merupakan hal yang sangat penting yang kita punya. Kita harus memperhitungkan waktu yang di butuhkan  dalam setiap materi yang akan kita bawakan, jangan sampai materi yang kita berikan terlalu banyak sedangkan waktu yang di sediakan terlalu sempit, atau sebaliknya.


3. Budget, Ketika kita akan memulai sebuah proposal program mengajar aksesories, ini adalah hal yang biasanya akan di tanyakan di awal pertemuan. Berapa budget yang anda punya? Berapa budget yang harus kami siapkan? Dan lain sebagainya. Untuk masalah ini saya sarankan teman untuk menjadi sangat fleksible. Kenapa begitu aw? Jika seandainya teman menemukan bahwa budget yang di miliki sebuah instansi, perusahaan atau bahkan sekolahan yang berencana menggunakan jasa kita sangat lah terbatas. Teman2  harus bisa menyusun materi yang sesuai atau jika tidak mengganti dengan bahan yang lebih terjangkau. Intinya adalah win win solution bagi kedua belah pihak.


4. Menyusun jadwal materi, tahukah teman hal ini sangat lah penting untuk kita lampirkan dalam proposal yang kita buat. Dengan jadwal materi kita tahu harus memulai dari mana? pastikan jadwal yang kita susun di mulai lah dari yang termudah, menengah sampai tersulit.  pastikan materi yang kita bawakan memiliki nilai tambah di setiap level yang kita bawakan 

5. Membuat modul atau slide presentasi, ketika kita mulai mengajar di sebuah kelas/program aksesories  pastikan teman2 sudah mempunyai buku atau e-book yang di buat sendiri untuk mempermudah kegiatan mengajar. Dengan begitu  teman2 tidak perlu repot lagi menggambarkan di papan tulis.atau kalau tidak buatlah sebuah presentasi dengan menggunakan slide dan projector. Hal tsb akan sangat membantu para peserta dalam memahami materi yang kita bawakan.


6. Siapkan kantong doraemon, siapkan rencana A-Z. selalu siapkan back-up plan, jika pada prakteknya kita menemui kendala atau kesulitan, jangan pernah panik. Pastikan materi tetap berjalan sesuai dengan rencana, walaupun harus di lakukan dengan cara atau bahan yang berbeda.

Selamat memulai karir baru teman2…

Oh ya … lain waktu saya akan membuat article tentang bagaimana cara mendapatkan kesempatan mengajar baik di kelas kecil… besar maupun di program2 khusus …. Di tunggu aja yach.

Semoga tulisan kali ini berguna buat teman2, jika ada yang ingin menambahkan tips yang kalian punya. Silahkan tuliskan feedback atau comment yang teman2 punya …

Terima Kasih














You Might Also Like

4 komentar:

  1. Tipsnya keren mba. Aku juga lagi memulai mengajar dari hobbiku ^__^

    BalasHapus
  2. Makasih mba Amanda .Congrats mba, Sukses terus bt mu yach mba. do not stop share and spread things that consist of quality and value ... those things, somehow could change people's life : )
    senangnya bisa berteman2 dengan orang2 hebat spt kalian ... #lompat2 ke udara

    BalasHapus
  3. ditunggu lanjutannya :))

    BalasHapus