Bersaing dengan Persaingan

Juni 09, 2011

Sebenarnya yang saya akan tulis kali ini adalah perasaan yang saya punya... ketika saya ingin keluar dari sebuah kotak yang tidak begitu luas agar saya bisa menjadi tidak rata2.

beberapa bulan ini saya banyak mendapat email dari teman2 baru yang belum saya temui secara langsung, mereka mengenal saya via blog dan website saya di multiply bahkan sebagian datang dari situs jejaring sosial yang lagi ngtrend2nya saat ini. saya ucapkan terimaksih buat teman2, yang sudah mau mengenal saya lebih dekat dan belajar membuat aksesorie dari tutorial amatir yang saya buat.

Dari banyak sharing dengan teman2 di internet dan di kelas aksesorie di mana saya mengajar, ada satu topik yang sama yang selalu di bahas.Topik tentang bagaimana susahnya menembus persaingan dunia usaha aksesoris saat ini. harus bersaing dengan begitu banyak pengrajin .... dengan design yang hampir2 mirip....dengan harga yang "extra ordinary" murah...trus kita harus bagaimana?

jujur teman2... bahkan topik itu pun selalu terngiang di telinga saya...bercokol di benak saya dan menjadi tantangan terbesar saya." mau bikin dan menjual aksesories yang gemana lagi aw???".trus bagaimana jika semua udah bisa bikin aksesoris sendiri ... nah lho...mau bagaimana?

Tidak lah mudah menaklukkan ketakutan dalam diri sendiri : (

Saya kadang sharing dengan banyak teman yang menjadi peserta di tempat saya mengajar. sebetulnya rumusan saya ini juga belum teruji 100%. hal tsb menjadi acuan saya agar tetap konsisten dan semangat dalam terus berkarya di dunia aksesoris ini. Amien

cara2 amatir saya yang saya share pada teman2 di kelas aksesoris itu adalah:

1. buatlah sesuatu yang berbeda. jika membuat sebuah design yang berbeda itu agak sulit (karena ternyata design tsb lagi ngetrend) buatlah dengan bahan yang berbeda. toh, banyak sekali bahan2 yang bisa kita gunakan.kalau mau update...maka kita pun harus sering2 atau secara reguler ke pasar2 yang menjual bahan mentah untuk aksesorie. semakin sering kita datang berkunjung, kemungkinan untuk mendapat kan stock bahan terbaru akan semakin besar.

2.Sering2 ikut bazzar, dahulu saya sering ikutan bazzar ( artinya sekarang sudah tidak pernah yach aw ~_~ )
dengan mengikuti bazzar kita bisa mendapatkan banyak keuntungan. satu kali dayung 2-3 pulau bisa kita lampaui. kita bisa promosikan brand aksesoris kita dengan membagikan2 kartu nama di sana, kita bisa menjual produk kita dalam jumlah besar di satu waktu saja, kita bisa mengembangakan jaringan dengan menambah teman2 sesama pengrajin dan amasih banyak lagi.

3.pastikan kita selalu up to date, buatlah produk2 yang selalu berbeda di setiap waktunya. jika kemarin teman2 membuat peniti menggunakan kristal dan lempeng tembaga, mungkin kali ini bisa mencoba menggunakan manik2 kayu atau di tambah rajutan.dengan begitu customer nggak akan bosen datang2 berkunjung ke toko kita.
4. Mulai membuat proposal pelatihan aksesoris. siapa bilang belajar membuat aksesoris hanya akan mendatang rejeki dengan cara menjual aksesoris buatan kita. masih banyak peluang lain yang bisa kita raih dengan menekuni dunia ini. kalau teman2 sudah bisa menjual aksesoris buatan sendiri dengan sukses saya yakin teman2 akan bisa memulai sharing ilmu dengan teman2 yang lain yang baru akan memulai eksistensinya di dunia aksesoris ini.cara gemana aw? mulai lah membuat iklan bisa di email bisa dalam bentuk flyer yang di sebar di sekitar tempat tinggal saja dulu. jika teman2 mau mengajar dengan jumlah murid yang lebih banyak, silahkan mencoba membuat proposal ke perkumpulan2 arisan, kegiatan ibu2 Dharma Wanita, sekolah2 atau balai2 pelatihan.siapa tahu proposal teman2 di terima dan teman2 bisa mendapatkan kesempatan mengajar di kelas yang lebih besar.Akhirnya kita bisa menginspirasi lebih banyak orang lain ( ho ho ho amien)....ikut serta menciptakan peluang usaha buat lebih banyak orang ....

5.  Sharing dengan tutorial dan tulisan... berteman dan bersaing adalah dua hal yang berbeda tapi bisa berjalan beriringan.blog ini adalah cara saya berkenalan dengan teman2 baru yang bahkan saya belum temui secara langsung, cara saya berpromosi diri gitu. Sharing dengan banyak teman tentang hobby atau rasa keingintahuan yang sama di bidang ini membuat saya banyak bisa belajar dari teman2, banyak di beri ilmu dan banyak di kasih masukan . walah uenak tenan....

6.This is me, ... saya berharap teman2 bisa mengenal saya lebih dalam dari Apa yang saya buat. saya belajar konsisten menjadi fillyawie, karena menjadi diri sendiri pastinya lebih meyenangkan dan tanpa beban.
saya adalah seorang perempuan berbadan petit, dengan cita2 dan harapan besar. Apa yang saya buat adalah apa yang saya rasa. tutorial yang saya buat adalah apa yang saya ajarkan di kelas2 aksesoris yang di adakan di tempat2 di mana diminta mengajar. semuanya asli saya #awiebanget.

dahulu saya takut apa yang saya buat tidak mungkin laku di jual, kalah bagus sama orang lain. toh saya tetap membuat aksesories sampai sekarang. kalau ini adalah jalan hidup yang di berikan TUHAN pada saya, saya yakin pasti ada maksudnya.. kenapa saya di pertemukan dengan  jalan ini. jadi tetaplah berusaha awie....

Semoga berguna buat teman2...Mohon maaf jika ada kata2 yang tidak berkenan...

You Might Also Like

2 comments

  1. setuju dgn konsep ini.
    dan benar, jika sudah sering blogwalking, nanti akan mampir ke situsnya orang1 di luar negeri , yg aktif dgn hanya menjual pola atau tutorial.

    berdagang sekaligus berbagi, adalah hal yg menyeimbangkan satu sama lain.

    teruslah mengajar ya Wie :-)

    semoga kelak bisa nyusul kamu, jadi 'dosen craft'

    BalasHapus
  2. @Mba orin...Jazaakallah
    yuks kita ciptakan environment pengusaha kecil di sekitar kita.
    Mba orin pasti bisa... Chayo...

    BalasHapus

Follow Me

Press

Blogging Community