Pliers / Tang

Mei 19, 2011 fillyawie 0 Comments


Teman,kali ini fillyawie akan sedikit membahas  tema : ‘Tang/Pliers”. Buat pengrajin manik2 seperti saya tang adalah senjata wajib yang harus saya miliki. Dengan tang semua project accessories bisa saya buat dengan mudah. Seberapa penting nya tang dan hal apa saja yang harus kita perhatikan, yuks kita ngobrol sama2…

Tang di buat dalam berbagai macam jenis dan ukuran. Dan masing2 tang tersebut di rancang untuk mengerjakan pekerjaan2  khusus.maksudnya gmn awie?

Bagi teman2 yang sudah terbiasa membuat project manik2 dan aksesoris lainnya, pastinya sudah terbiasa menggunakan berbagai macam tang untuk pekerjaan2 khusus. Tang bukanlah alat dengan all-purpose tools/alat yang bisa kita gunakan untuk segala macam kepentingan. Tang kita gunakan untuk sesuai dengan kegunaan mereka masing2. Untuk lebih jelasnya saya akan jabarkan 3 jenis tang yang paling dasar dan wajib kita miliki jika kita ingin memulai project membuat aksesories. Tang jenis lain akan kita bahas di tulisan selanjutnya yach teman2..












1. Round Nose Pliers
Tang dengan ujung bulat adalah alat yang bisa kita gunakan untuk memegang, membentuk dan menekuk kawat.ujung tang yang berbentuk bulat dan agak meruncing kedepan sangat berguna dalam membantu kita membentuk loop. Tang ini juga membantu kita dalam membuka ring dalam project membuat kalung, gelang atau peniti.mungkin untuk teman yang belum pernah membuat peniti sebelumnya, dan merasa curious tentang bagaimana cara membuat lingkaran dalam peniti.Tang ini adalah tang akan membantu anda dalam menyelesaikan project membuat peniti kerudung.so' teman2 wajib punya tang ini.
Bahkan dalam satu kasus membuat bros, kadang saya menggunkan tang ujung bulat untuk membantu saya memasukan dan mengeluarkan kawat ke dalam sarangan. Ketika lobang sarangan hanya tersisa sedikit sekali.













2. Chain nose pliers
Tang datar dengan ujung lancip, bentuk dan fungsi tang ini sama dengan  tang datar. Hanya saja di ujung tang ini berbentuk lancip sehingga memiliki jangkauan yang lebih jika di banding dengan  tang datar.
Sebenarnya ada beberapa versi dari chain nose pliers ini, beberapa pengrajin aksesoris menggunakannya untuk mendapatkan bentuk dan ukuran loop kawat yang berbeda2.













3. Diagonal CutterPliers
Tang diagonal atau kawat pemotong atau tang potong diagonal adalah tang ditujukan untuk memotong kawat (tang ini biasanya hanya di gunakan sebagai pemotong saja.tidak bisa di fungsikan sebagai penjepit manik2 atau fungsi yang lainnya).Ada banyak jenis tang pemotong/cutter pliers, semuanya punya fungsi memotong.tapi pastinya tiap dari mereka punya spesifikasi masing2 seperti untuk memotong kawat dengan ukuran tertentu dan lain sebegainya.

Nah ... cukup sekian bahasan kita tentang tang kali ini. Lain kali saya akan membahas tang dengan jenis dan fungsi yang berbeda.


Semoga berguna...


Jika, teman2 berminat untuk memiliki tang sejenis seperti di atas. Silahkan datang ke http://fillyawie.multiply.com . kami menyediakan tang2 tsb dengan  harga yang sangat terjangkau.





You Might Also Like

0 comments: