Membuat bros capung terbang (free tutorial how to make dragonfly brooch)

02.45 fillyawie 1 Comments

Assalammualaikum 

Dear friends ... at this post I want to share another brooch tutorial.after I posted my 1st brooch (bros bunga dari manik pasir), now I want to share how to make brooch with a different technique and material.

I make this Tuts in Bahasa....for those who want to know the details in English please e-mail me at nurcahya_dewi@yahoo.com.

Bahan dan peralatan

1.  Sarangan bros ukuran 2 cm
2.  Manik daun sintetis ukuran 2,5 cm untuk sayap capung
3.  Manik daun ukuran 0.5cm
4.  Manik mutiara sintetis 8mm untuk kepala capung
5.  Manik mutiara sintetis 6mm untuk badan capung
6.  Manik mutiara ukuran 2mm untuk antenna capung
7.  Manik oval untuk bagian belakang badan capung
8.  Manik oval/tabung ukuran 0,5cm untuk kaki capung
9.  Kawat ukuran 0.4 mm
10. Pliers

langkah 1



 




Langkah ke 2

Jahit  manik2 daun akrilik yang akan di gunakan sebagai sayap melalui ujung kawat,masukan kembali kawat ke dalam lubang terdekat.tarik dengan cukup kuat sambil posisikan ibu jari menahan manik daun.ulangi sekali lagi agar posisi daun cukup kuat terpasang di atas sarangan atau tidak goyang2



Setelah satu sayap terpasang,lanjutkan menjahit manik daun yang ke dua tepat di lubang sebelah nya, lakukan 2 kali penjahitan hingga posisi ke dua daun kokoh terpasang di sarangan ( lihat gambar).

tips: Jika teman2 ingin mengencangkan jahitan manik2 caranya jahit manik2 dengan kawat  sebanyak 2 kali.Jahitan yang ke dua pastikan dilakukan dr arah yg berbeda, sehingga manik2 akan terpasang dengan kuat.(perhatikan gambar di atas yach teman2)

Langkah ke 3


sayap terpasang, kita lanjutkan dengan menjahit kepala capung. Gunakan manik mutiara ukuran 8mm di ujung sarangan tepat di bawah sayap capung (lihat gambar)



setelah kepala terpasang lanjutkan dengan badannya. Jahit manik2 mutiara jeruk 0.6mm tepat di belakang kepala capung.pasang 3 buah manik 0.6mm memanjang mengikuti lubang2 yang tersisa di sarangan ( lihat gambar).




 setelah 3 buah manik2 ukuran 0.6 mm terpasang,untuk fisnishingnya lanjutkan pemasangan manik 0.6mm dan mutiara oval secara bersamaan (lihat gambar)



cara pemasangannya , setelah kita memasukan manik 0.6mm dan oval, masukan ujung kawat ke manik2 yang berada di urutan ke3 dr badab capung, setelah masuk ke badan capung baru masukan manik2 ke dalam sarangan untuk menguncinya.lalu kemudian plintir kawat dr 2 manik2 tsb agar posisi manik terpasang lebih kencang.

 Nah... setelah kepala dan badannya terpasang ...jadinya kaya gini ya teman2..


langkah ke 4




untuk menutupi kekosongan yang ada di antara badan dan sayang capung, kita pasang manik2 daun dengan ukuran 0.5cm di area tsb.setelah terpasang dorong badan capung menggunakan ibu jari ke arah atas, mendekati sayap.nah kaya gini nich jadinya (lihat gambar)


Sekarang giliran kita pasang kaki capungnya (memang capung punya kaki berapa yach ... he he he )...
pasang manik oval ukuran 0.5cm tepat di bawah manik2 0.6mm sebanyak 3 buah.



Nah setelah jadi seperti ini...kita tinggal pasang antena capungnya. 


Pasang antena capung tepat di atas kepala, gunakan lubang yang masih tersisa di sarangan.jika lubang sudah terpakai semua, kita bisa menggunakan lubang sarangan yg kita pakai untuk memasang kepala.Cara memasangnya, masukan manik2 0.2mm ke dalam kawat, ketika kawat akan di tarik ke dalam sarangan bros. Sisakan 0,5-1cm dari kawat. Kemudian plintir kawat tsb dengan sempurna.Ulangi satu kali lagi.



Nah kurang lebih seperti ini nich jadinya... si capung yang sedang terbang...
mudah bukan teman2...


Langkah ke 5

langkah terakhir ... adalah memasang bagian belakang bros alias penitinya. FYI, tuk teman2 yang biasa menggunakan sarangan bros dengan klep, itu mudah bgt tinggal mengunci klepdan sarangan dengan tang datar di belakang bros.
Sedangkan jikan teman2 tidak mendapatkan sarangan bros yang dengan penutup ber klep. Jangan panik...cukup gunakan bantuan lem untuk mengunci sarangan dengan penitinya.
Lem yang di gunakan lem apa? bisa lem tembak...atau lem besi. tuk lem besi dengnan catatan ... menggunakannya harus hati2 (karena kalau kena tangan bisa bahaya lho!)...mengelem nya dengan sabar bgt.
maksudnya lem bagian atas terlebih dahulu posisikan sarangan dlm posisi berdiri. setelah lem bagian atas kering, baru deh lem yang bagian bawah. dengan begitu bros kita akan aman dari aliran lem yg bisa merusak kecantikannya...dan pastinya akan jadi lebih rapi lho....

Silahkan di coba... semoga berguna

Please post a comment, for feedback. thank you

You Might Also Like

1 komentar:

  1. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692 (http://www.pinboo.org) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

    BalasHapus